STANDARD OPERATING PROCEDURE ( S O P) JUR. MATEMATIKA, FAK.

MIPA UNHAS

HASIL LOKAKARYA S.O.P JUR. MATEMATIKA 9 - 20 AGUSTUS 2005

1

STANDARD OPERATING PROSEDUR ( S O P) JUR. MATEMATIKA, FAK. MIPA UNHAS HASIL LOKAKARYA SOP JUR. MATEMATIKA 9 AGUSTUS 2005

Tujuan: Standard Operating Procedure( SOP) diciptakan senantiasa untuk memberikan kepastian jaminan mutu dari Jurusan Matematika Pelaksanaan SOP: Standard Operating Procedure( SOP) dilaksanakan secara bertahap dan akan dibentuk Komisi Pengawas Pelaksanaan SOP yang berfungsi sebagai Quality Control Team Pelaksanaan Lokakarya: Tempat: Jurusan |Matematika, Fak. MIPA, UNHAS Waktu : 9 -20 Agustus 2005 Peserta: Semua Dosen Jurusan Matematika yang aktif( 21 orang)

2

DAFTAR STANDARD OPERATING PROCEDURE( S.O.P) A. STANDARD OPERATING PROSEDUR BIDANG AKADEMIK A.1. PENGURUSAN KRS OLEH MHS A.2 PENGLOLAAN DATA RAPOR, DATA MHS BARU, DATA LULUSAN, DATA KEHADIRAN DOSEN, PADA PERKULIAHAN SEMESTER PANJANG DAN PENDEK A.3 PELAKSANAAN PENGAJARAN MATAKULIAH DAN PRAKTIKUM A.4. PELAKSANAAN UJIAN MATAKULIAH/ PRAKTIKUM A.5 PELAKSANAAN SISTEM EVALUASI BELAJAR MAHASISWA A.6 PEMBAGIAN MATA KULIAH A.7 PEMBUATAN JADWAL PELAKSANAAN PERKULIAHAN A.8 MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN PERKULIAHAN A.9 PELAKSANAAN PENGUMUMAN NILAI UJIAN A.10 PENUNJUKKAN DOSEN PENGUJI A.11 PENGURUSAN KESIAPAN UJIAN KOMPREHENSIF / UJIAN SKRIPSI KESIAPAN UJIAN SKRIPSI A.12 PEMBUATAN / PENGEMBANGAN KURIKULUM PS A.13 PELAKSANAAN BIMBINGAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR A.14 REKRUITMEN ASISTEN LAB. DAN TPB A.15 PELAKSANAAN UJIAN KOMPREHENSIF DAN UJIAN SKRIPSI Ujian Skripsi A.16 PENGGUNAAN KOMPUTER DI LAB. KOMPUTER
A.17

PEMELIHARAAN DAN PENGAMANAN KOMPUTER DI LAB

A.18 PELAKSANAN SEMINAR MAHASISWA ATAU DOSEN B. PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT B.1 PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN C. PENGEMBANGAN STAF DOSEN C1. PENGIRIMAN STAF UNTUK STUDI LANJUT ATAU PENGEMBANGAN JURUSAN

3

3 PENERBITAN JURNAL ILMIAH JURUSAN 4 .5 PERMINTAAN BARANG HABIS DARI DOSEN KE JURUSAN E. PENGGUNAAN KARYA ILMIAH DAN HASIL PENELITIAN UNTUK KENAIKAN PANGKAT C3.2.1.7 PELAKSANAAN TRANSPARANSI KEBIJAKAN PIMPINAN JURUSAN DAN KEUANGAN JURUSAN E.2 PEMBUATAN EVALUASI DIRI PS F. PENGEMBANGAN MANAJEMEN JURUSAN E.6 PERMINTAAN SPJ OLEH DOSEN E.3 TRANSAKSI PEMINJAMAN BARANG JURUSAN E.KERJASAMA DENGAN PIHAK LAIN D.9 PENGADAAN DAN INVENTARISASI BARANG E. E.4 PEMBERIAN SURAT KETERANGAN KEPADA MAHASISWA . 8 PEMBUATAN JOB DESKRIPTION ( PEMBAGIAN TUGAS/KEWENANGAN) DALAM JURUSAN E.5 PENINDAKAN TERHADAP DOSEN YANG MELANGGAR DISIPLIN AKDEMIK JURUSAN C.C.1 PEMBUATAN PROPOSAL HIBAH KOMPETISI F.6 PENENTUAN WAKIL JURUSAN DALAM SENAT DAN PENENTUAN DOSEN UNTUK MENDAPATKAN JABATAN DILUAR JURUSAN MATEMATIKA D. KOORDINATOR TPB) E. KETUA LAB.2 KERJASAMA PENELITIAN DAN PENGABDIAN D. PENGEMBANGAN STAFF C.3 KEGIATAN KERJA SAMA DENGAN PIHAK LUAR E. PEDOMAN KERJASAMA DENGAN PIHAL LAIN D.2 PENGARSIPAN SURAT-SURAT E.1 PEMILIHAN PIMPINAN JURUSAN( KETUA JUR. KETUA PS.10 RAPAT/PERTEMUAN JURUSAN F.4 PEMBINAAN DOSEN MUDA C. SEKR JUR. PENGEMBANGAN INSTITUSI JURUSAN MATEMATIKA F.

2 PENELUSURAN ALUMNI 5 .G.1 KEGIATAN KEMAHASISWAAN G. KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI G.

Satu lembar fotokopian disimpan mahasiswa. c. mengisi Kartu Prestasi Akademik(KPA). 1. 1.1 PA menetapkan jadwal perwalian sesuai kalender akademik dan MHS tidak boleh diwakilkan dan Mahasiswa mendapat KRS sesuai aturan yang berlaku serta mahasiswa memfotokopi KRS satu kali. menggunakan KRS fotokopian untuk menetapkan matakuliah yang akan diprogramkan. KRS tidak boleh kotor. satu lembar fotokopian disimpan PA sebagai arsip. 1.7 Mahasiswa memfotokopi KRS asli yang sudah ditandatangani PA sebanyak tiga kali. b.B.6 PA menulis dengan jelas jumlah sks mk yang diprogramkan pada KRS dan menandatanganinya 1. PENGURUSAN KRS OLEH MHS 1.5 Mahasiswa menandai matakuliah yang disetuji PA pada KRS asli. Mencetak perintout mk yang diprogramkan. menyerahkan ke Subag akad fakultas sebelum batas waktu penyerahan berakhir 6 .4 PA memberikan informasi tentang tingkat kesulitan mk yang diprogramkan serta bagaimana startegi belajar yang benar 1. untuk: a.8 PA menyerahkan KRS asli dan satu lembar fotokopian ke SJ.3 PA memeriksa kelengkapan data isian KRS. Diinput ke dalam SIAA untuk keperluan penerbitan Daftar Hadir Perkuliahan (DHK) dll. kemudian kembalikan kepada PA.1. 1.2 Mahasiswa menghadap PA untuk konsultasi pengambilan matakuliah dengan menunjukkan rapor semester sebelumnya. 1.9 Mahasiswa mendapatkan berupa printout mk yang diprogram. 1. 1. dan menetapkan jml sks yang diprogramkan berdasarkan IP semeseter sebelumnya dan prasyarat matakuliah. STANDARD OPERATING PROSEDUR BIDANG AKADEMIK A.10 Jurusan mengumpulkan KRS sampai 2 hari sebelum batas waktu penyerahan KRS ke universitas. diperiksa dan ditandatangani Pimpinan Jurusan d.

dan diarsipkan dalam bentuk terjilid per semester/ per tahun. DATA KEHADIRAN DOSEN.5 jurusan mendapatkan data mahasiswa baru mengenai: Nama dan NIM dari fakultas/ universitas paling lambat 2 mgg sebelum kuliah dimulai 7 . IPS rata-rata mahasiswa.1 dosen menyerahkan nilai mk masing-masing ke SJ paling lambat 1 mgg setelah tanggal pelaksanaan UAS menurut jadwal.13 PA mempertimbangkan alasan pembatalan/penggantian mk yang diajukan mahasiswa.11 1. 2. DATA MAHASISWA BARU 2. DATA LULUSAN. dan mencetak nilai untuk diklarifikasi oleh penanggungjawab mk yang selesai paling lambat 2 hari setelah nilai diserahkan 2. dan memberikan atau tidak memberikan persetujuan sebelum perkuliahan minggu kedua. dan mahasiswa mendapatkannya paling lambat pada hari ketiga masa perwalian.2 PENGLOLAAN DATA RAPOR.4 Jurusan mencetak semua output yang diperlukan untuk evaluasi pelaksanaan perkuliahan semester sebelumnya seperti: tabulasi jumlah peserta permatakuliah tabulasi nilai setiap matakuliah. jml sks terlaksana.1. 2. DATA MHS BARU.12 Mahasiswa mengambil KRS di SJ 2 minggu sebelum perkuliahan dimulai. sks beban per dosen. sebagai arsip tetap menggatikan arsip fotokopi Apabila terdapat mk yang telah diprogramkan dalam KRS tidak dapat diikuti mahasiswa karena sesuatu hal.3 Jurusan menerbitkan KHS. Pembatalan/ penggantian mk dilakukan pada minggu pertama perkuliahan 1. PADA PERKULIAHAN SEMESTER PANJANG DAN PENDEK PENGELOLAAN NILAI/ RAPOR 2. A. mahasiswa dapat mebatalkan/ mengganti dg sks yang sama mk tsb atas persetujuan PA dan Ketua Jurusan.2 Jurusan menginput nilai ke SIAA .

jurusan menerbitkan jadwal kuliah semester depan. 2. dan selesai paling lambat minggu keempat perkuliahan DATA LULUSAN 2.11 Jurusan mencetak DHK perkuliahan perkuliahan dimulai 2. dosen mengambil DHK di SJ. fotokopi ijazah. 8 .9 mahasiswa didaftar mengikuti wisuda setelah mengisi BA.2. 3. 2.3 PELAKSANAAN PENGAJARAN MATAKULIAH DAN PRAKTIKUM PERKULIAHAN 3.6 jurusan juga mendapatkan data dari mahasiswa baru mengenai: Biodata Maba1 (BM).10 Jurusan mencetak data alumni yang diperlukan dari SIAA DATA KEHADIRAN DOSEN 2.3 Jurusan mengadakan rapat penetapan dosen per mk paling lambat 3 mgg sebelum kuliah dimulai.2 Penangungjawab matakuliah minimal berpangkat Lektor atau berpendidikan S3. 3.7 semua data tersebut dimasukkan dalam SIAA oleh SJ.dan Rapor SLTA paling lambat akhir minggu kedua setelah kuliah dimulai 2.12 setiap pelaksanaan perkuliahan. pas foto. mengembalikan setelah perkuliahan selesai. UAS. UAN.1 Paling lambat awal masa perwalian. mengisi lengkap.14 Jurusan membuat laporan pelaksanaan perkuliahan setiap hari Sabtu siang untuk laporan minggu berjalan.8 Jurusan menyiapkan formulir Biodata Alumni2 (BA/contoh ada di subag akademik) dan disiapkan juga dalam SIAA 2.13 Jurusan menginput data DHK ke SIAA 2. dan diinput oleh SJ ke dalam SIAA 2.15 tatap muka perkuliahan dan pencapaian materi kuliah minimal 80% 2.16 Jurusan membuat rekapitulasi kehadiran perkuliahan pada akhir semester untuk evaluasi pembuatan rancangan kebijakan A.

14 Pelaksanaan praktikum mematuhi tata tertib lab. 3. dan DH praktikan. dosen penaggungjawab mengisi Berita Acara Praktikum5 yang berisi topik praktikum. 3.13 Pelaksanaan praktikum diawasai oleh dosen atau asisten. dosen PJ.16 Nilai praktikum ditetapkan proporsi nilainya dari total nilai matakuliah 9 .5 Penanggung jawab matakuliah menyerahkan GBPP dan Kontrak Perrkuliahan ke SJ sebelum perkuliahan dimulai. 3.4 Setiap matakuliah mempunyai GBPP3 dan Kontrak Perkuliahan4 yang sesuai dengan format AA/PEKERTI 3.9 Setiap lab mempunyai tata tertib penggunaan lab yang disusun oleh kepala lab dan disetujui dalam rapat jurusan. ekperimen dll) 3. asisten. yaitu mahasiswa diberi peran lebih banyak mengkaji dan mencari informasi dari beragam sumber pembelajaran atau dosen menggunakan kombinasi beberapa metode pembelajaran (ceramah. 3. mahasiswa dan dosen mengisi daftar hadir yang telah disediakan jurusan. dan bahan ajar berbahasa indonesia yang dibuat oleh tim dosennya. dan diselenggarakan sesuai jadwal PRAKTIKUM 3. 3.11 Jadwal dan biaya praktikum ditetapkan oleh laboratorium yng bersangkutan.15 Setiap pelaksanan praktikum. 3.7 Pelaksanaan perkuliahan lebih bernuansa pembelajaran yang menyenangkan.6 Setiap matakuliah wajib menggunakan minimal satu referensi dalam bahasa Inggris.12 Setiap praktikan memiliki buku penuntun dan membayar biaya praktikum kepada Lab paling lambat satu minggu sebelum praktikum dimulai. hari/tanggal/jam/. diskusi. 3.8 Setiap perkuliahan. dan alat yang digunakan/ software-hardware.10 Setiap praktikum sebagai pelengkap matakuliah mempunyai buku penuntun 3.3. 3.

4.A.2 Pemberian ujian sebagai unsur penilaian hasil belajar sangat tergantung pada karakteristik matakuliah. Yang dimaksud kegiatan pembelajaran adalah kegiatan yang harus diikuti mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan suatu matakuliah yang telah disepakati dalam Kontrak Belajar. metode penilaian dicantumkan dalam Kontrak Belajar. tidak semua matakulian perlu melakukan ujian tradisional untuk mendapatkan nilai hasil belajar. abaikan prosedur 6 s/d 8 berikut dan taati apa yang disepakati dengan mahasiswa dalam Kontrak Belajar. jika tidak. dan UAS dilakukan pada minggu ke-16 atau ke-17.4 Nilai hasil belajar suatu matakuliah merupakan akumulasi dari nilai penguasaan teori dan nilai praktikum. kecuali bila ada halangan yang tidak dapat dihindari.9 Ujian tengah semester (UTS) dapat diselenggarakan oleh seorang dosen apabila telah mengcapai 80% tatap muka dan bahan ajar dari paruh pertama kegiatan pembelajaran.3 Nilai praktikum dapt diperoleh dari ujian praktikum yang diselenggarakan seminggu setelah semua acara praktikum selesai dan atau kumpulan nilai acara-acara praktikum. yaitu ujian tengah semester dan ujian akhir semester. 4. 4. Nilai praktikum hanya ada untuk matakuliah yang dilengkapi praktikum.1 Ujian merupakan bagian penilaian dari beberapa bentuk penilaian lainnya. 4. 4. dan tidak ada susulan. 4. ujian diawasi langsung oleh dosen/asisten bersangkutan.4. PELAKSANAAN UJIAN MATAKULIAH/ PRAKTIKUM 4. 4.5 Jika ujian merupakan bentuk penilaian suatu matakuliah maka minimal dua ujian yang perlu dilakukan.8 UTS dilakukan pada minggu ke-7 atau ke-8.7 Ujian akhir semester (UAS) dapat diikuti oleh seorang mahasiswa apabila telah mengikuti 80% dari semua kegiatan pembelajaran.6 Ujian tengah semester (UTS) dapat diikuti oleh seorang mahasiswa apabila telah mengikuti 80% dari paruh pertama kegiatan pembelajaran. dan tidak ada susulan 4. 10 .

A.9 Ujian akhir semester (UAS) dapat diselenggarakan oleh seorang dosen apabila telah mengcapai 80% tatap muka dan bahan ajar dari seluruh kegiatan pembelajaran. dan akhir masa studi. (c) pemberian nilai matakuliah pada akhir semester disertai dengan catatan kekurangan/ kelebihan setiap mahasiswa. 5. 11 .3 EB dilakukan: setiap akhir semester. maka PA harus memberi perhatian dan mencarikan pemecahan bersama mahasiswa. 10 semester pertama. 8 semester pertama.7 Pada akhir semester ke-8 perlu lagi dilakukan evaluasi kemajuan belajar mahasiswa. bila belum melulusi 120 sks dengan IPK < 2.1 Evaluasi belajar mahasiswa dapat dilakukan dalam dua bentuk: (1) Evaluasi Sinambung. belajar. 5. (b) memberi respon/ jawaban umum tugas/PR/kuis yang telah diberikan.4 Berdasarkan segmen EB pada angka 3 di atas.5 PELAKSANAAN SISTEM EVALUASI BELAJAR MAHASISWA 5. 5.6 Khusus empat semester pertama. 5. 5. keduanya akan memberikan hasil: kurang belajar. dengan hasil evaluasi tercatat dalam kartu hasil studi. diikuti dengan rekemendasi yang disampaikan kepada mahasiswa. 5.2 EB bertujuan mengecek setiap saat apakah mahasiswa melakukan pembelajaran atau tidak yang dilakukan dengan cara: (a) setiap awal kuliah dosen menanyakan materi yang telah diajarkan sebelumnya. berdasarkan capaian hasil belajar yang dicetak dari SIAA. pujian atau teguran dan nasihat yang perlu menjadi perhatian untuk kemajuan belajar. atau belajar baik. (2) Evaluasi Berkala. Ketua Jurusan menyampaikan evaluasi hasil belajar mahasiswa kepada mahasiswa dan orangtua mahasiswa. perlu mendapat teguran keras. bentuk pemecahan ditulis dan dilaporkan kepada Ketua Jurusan dan orangtua mahasiswa. yang intinya berisi laporan kemajuan belajar. mahasiswa perlu mendapat pantauan yang sangat cermat oleh PA.8. 4 semester pertama.4.5 Apabila dalam evalusi belajar mahasiswa mendapat teguran.

dibuat kelas paralel.6 Pembagian Mata Kuliah 6.1 Sekretaris jurusan membuat jadwal [matriks] perkuliahan dengan memperhatikan level mata kuliah (level MK yang sama tidak tabrakan).5. 6.2 Perkuliahan dilaksanakan dalam rentang waktu yang ditetapkan pada kelender Akademik UNHAS 7. perlu mendapat pengarahan dari PA.1. Pasal 14 ayat 2] 6. kecuali atas permintaan (pengunduran diri) dosen bersangkutan 6. A. yang operasioanalnya atau tim dosen yang [Peraturan ditetapkan oleh Dekan atas usul Ketua Jurusan 12 .7 Suatu mata kuliah diasuh oleh seorang dosen Akademik . A.1 Monitoring perkuliahan dibawah koordinasi Sekretaris Jurusan melalui pemantauan daftar hadir [absensi] perkuliahan.2.Umum : Bab IV .8 Pada akhir semester ke-10 dievaluasi lagi.7 Pembuatan Jadwal Pelaksanaan Perkuliahan 7.8 Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Perkuliahan 8. Pembagian mata kuliah semester panjang dilakukan paling lambat 2 minggu sebelum perkuliahan dimulai Pembagian mata kuliah semester pendek dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum perkuliahan dimulai.8 Mata kuliah yang pesertanya melebihi kapasitas kelas .3 Dosen MK tidak dibenarkan melakukan perubahan jadwal secara permanent A.5 Pembagian mata kuliah (semester panjuang dan semester pendek) dilakukan melalui rapat juirusan.4 6. Pembagian mata kuliah semester pendek didasarkan pada pengasuh mata kuliah semester panjang.3 6. 7. 6. bila belum lulus 140 sks dan atau Skripsi masih kurang 80%. dengan mempertimbangkan beban SKS dosen. Pembagian mata kuliah didasarkan pada peta bidang keahlian dosen.

10 Penunjukkan Dosen Penguji 10.3 Pengumuman nilai sementara harus lengkap terdiri atas semua komponen evaluasi belajar mhs(semua nilai mentahnya) 9. jika memang ada keraguan dengan nilai yang diberikan oleh dosen.3 Teknis pelaksanaan monitoring diputusakan oleh Jurusan 8. dan 2 orang dosen lainnya 10.2 Monitoring kehadiran dosen didasarkan pada fakta / bukti tertulis [absensi] 8.1 Nilai ujian sementara diumumkan paling lambat 7 hari setelah jadwal ujian. bidang Aljabar.dilakukan oleh sekretariat Jurusan [Peraturan Akademik . 1 orang Sekretaris dan 3 orang anggota penguji Dosen penguji exofficio masuk dalam anggota penguji Dosen penguji minimal lektor atau doktor bidang Analisis. dan mhs diberikan kesempatan untuk menyampaikan keberatan nilai. 1 orang dosen PA. Mhs diberi hak untuk mengetahui hasil lembar pekerjaannya A. bidang statistik. 9. masing-masing merupakan penguji 13 . Bab IV . ayat 3] 8.2 10.5 orang dosen penguji PS Matematika.9 PELAKSANAAN PENGUMUMAN NILAI UJIAN 9. 8.4 Hasil monitoring perkuliahan dievaluasi dalam rapat kinerja jurusan.4 Susunan penguji terdiri atas.4 Rumus nilai harus jelas dan transparan. bidang matematika terapan dan bidang komputasi 10.1 Penguji terdiri atas 5 orang dosen. 9.5. 1 orang Ketua.2 Pengumuman nilai tetap( permanen) paling lambat 10 hari setelah ujian berlangsung 9. terdiri atas 2 dosen pembimbing( penguji exofficio).Pasal 14.5 Setiap akhir semester dosen melakukan presentasi hasil kinerja perkuliahannnya pada beberapa MK dianggap perlu A. Umum.3 10.

menghadap ketua lab yang menaungi judul skripsinya.13 mhs mengambil SK Penguji di bagian akademik Fakultas Mhs menyerahkan 1 lembar forokopi SK kepada TU. 10.12 10.10. melalui mhs ybs paling lambat 1 hari setelah mhs tsb memberikan usulan pembimbing dari ketua lab kepada ketua Jurusan.14 Setiap dosen yang berhak menguji. untuk diusulkan nama pembimbingnya kepada ketua PS.11 ecara periodik. maksimum menguji 10 mhs dalam setiap semesternya 14 . bidang statistika terapan. dan 1 lembar untuk arsip PS 10. dan bidang komputasi 10. PS membuat daftar penguji dan pembimbing dan ditempel di papan pengumuman.8 Usulan susunan pembimbing dan penguji yang dibuat ketua PS‚ dibuat rangkap 8 ( delapan).10 Ketua Jurusan mengusulkan tim penguji kepada dekan fakultas MIPA untuk diterbitkan SK penguji studi mengadministrasikan dalam buku daftar pembimbing dan penguji 10. 1 lembar untuk mhs. bidang statistik. yang terdiri atas 1 lembar ke ketua jurusan sebagai dasar pengusulan SK penguji/pembimbing ke Fakultas.6 orang dosen penguji PS Statistika.9 10. Ketua lab harus membuat arsip pengusulanya dalam sistem administrasi labnya.7 Mhs dengan membawa rencana judul skripsinya. bidang Aljabar.8 Ketua PS mengirimkan usulan tim penguji kepada ketua jurusan. sebagai arsip jurusan 10. agar dapat diketahui oleh mahasiswa dan dosen 10. masing-masing merupakan penguji bidang Analisis. Dan Ketua PS menyimpan arsipnya dalam administrasi PS. 10. 5 lembar masing-masing untuk para penguji.

2 11. Struktur MK dalam Kurikulum. yang berisi tentang telah selesainya proses pembimbingan materi skripsi kepada koordinator ujian. Prospek Alumni. Konsistensi produk-produk instruksional terhadap Kompetensi yang ingin dicapai.12 Pembuatan / pengembangan kurikulum PS 12. jika tidak. dosen penguji meminta konfirmasi kesediaan menguji dan jadwal ujian kepada semua tim penguji.5 11. maka koordinator ujian surat tsb menjadi arsip koordinator ujian. 12.8 11. perlu pemberitahuan kepada Apabila ujian dilaksanakan selain hari sabtu.4 Setelah menerima surat tsb. Kesiapan Ujian Komprehensif 11.10 Mhs menyerahkan fotokopi SK penguji kepada koordinator ujian Koordinator ujian menentukan jadwal ujian Apabila ujian dilaksanakan selain hari sabtu. 11.9 11. penguji paling lambat 3 hari sebelum ujian.11 Pengurusan Kesiapan Ujian Komprehensif / ujian Skripsi Kesiapan ujian skripsi 11. dll. maka koordinator ujian Koordinator memberikan konfirmasi jadwal ujian kepada ketua meminta konfirmasi jadwal ujian kepada semua tim penguji penguji.3 11.6 Koordinator memberikan konfirmasi jadwal ujian kepada ketua Ketua penguji membuat undangan ujian dan disampaikan kepada penguji. 11.2 Tim melakukan evaluasi berbagai aspek kurikulum (Kompetensi Kurikulum.A.) setiap tahun (Format evaluasi segera dirancang dan disepakati) 15 .11 Ketua penguji membuat undangan ujian dan disampaikan kepada penguji paling lambat 3 hari sebelum ujian A. koordinator mengatur jadwal ujian dan Ujian yang dilaksanakan pada hari sabtu.1 Jurusan membentuk tim evaluasi kurikulum. dosen penguji berhak menolak atas pelaksanaan ujian. 11.7 11.1 Pembimbing memberikan surat persetujuan ujian.

sehingga dosen pembimbing bersama dengan mahasiswa bisa menetapkan cakupan isi TA. Pembimbing. 13.3 Jurusan mengadakan rapat dengan agenda khusus tentang rekomendasi tindak lanjut hasil evaluasi kurikulum dari Tim minimal setiap 2 tahun (Catatan: Rekomendasi dapat berupa pengembangan aspek-aspek mikro maupun makro kurikulum) 12. dan Ketua Jurusan perlu membuat evaluasi untuk mempertimbangkan rekomendasi: (1) mengingatkan mahasiswa.4 Jurusan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) untuk mengimplementasikan hasil rekomendasi No. format penulisan.1 Mahasiswa yang telah memprogramkan TA menyusun proposal atas bimbingan dosen yang telah ditetapkan melalui SK Dekan.13 PELAKSANAAN BIMBINGAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR 13. sistematika penulisan.3 Mahasiswa mengikuti seminar proposal atas persetujuan Tim Penguji Dosen pembimbing harus mengetahui kemampuan mahasiswa. dan lain-lain yang menyangkut Tugas Akhir tersebut. tetapi belum rampung.4 Dosen Pembimbing bertanggung jawab mengenai kelayakan isi. Sidang Sarjana. Kepala Lab.12.6 Mahasiswa yang telah memprogramkan TA lebih dua semester.2 13.2. 16 . 12. 13. 13.6 Penggantian Kurikulum dilakukan setiap 4 tahun sekali A.5 Dosen pembimbing bersama dengan mahasiswa membuat Jadwal Bimbingan secara teratur minimal sekali seminggu dan dicatat dalam Kartu Kontrol Bimbingan TA12 oleh masing-masing pembimbing. 12. atau (3) mengganti topik/ pembimbing sebagai usaha terakhir. Dalam pelaksanaan bimbingan dosen pembimbing membagi tugas.5 Semua dokumen yang terkait didokumentasikan tersendiri dengan baik. 13. (2) melakukan pembimbingan intensif.

5 Jurusan menerbitkan SK asisten yang diterima atas usulan Kepala Lab.2 Mahasiswa dari luar Fakultas MIPA dapat menjadi asisten matakuliah Matematika Dasar. sesuai dengan pedoman ada dalam buku Dosen penguji skripsi . 14. maka ujian skripsinya ditunda sampai seminarnya selesai 15. 14. yang kebetulan dalam waktu bersamaan harus berkas ujian.6 Setiap penguji diberikan waktu menguji maksimum 15 menit. dengan syarat telah lulus Matematika Dasar dengan nilai A dan lulus test. yaitu Map Sebelum ujian skripsi dimulai. buku berita acara ujian dan piranti lainnya kondisi mhs kepada pembimbingnya tatatertib ujian dalam ruangan ujian Pedoman Penyususnan Skripsi JM. DAN TPB 14. Paling lambat satu minggu sebelum asisten bertugas.15 PELAKSANAAN UJIAN KOMPREHENSIF DAN UJIAN SKRIPSI Ujian Skripsi 15.4 15.1 Asisten suatu matakuliah/praktikum adalah mahasiswa aktif Fakultas MIPA yang telah mengikuti matakuliah tersebut dengan nilai minimal B dan lulus test.3 Calon asisten mengajukan surat lamaran yang ditujukan kepada Kepala Lab ditembuskan kepada dosen matakuliah/praktikum dengan melampirkan Rapor yang memuat MK tersebut dan Surat Pernyataan Asisiten6 bersedia melaksanakan tugas.6 Mhs mempersiapkan perlengkapan ujian yang diperlukan.2 15. A.4 14. 17 .1 15.memberitahukan kepada mhs yang akan diuji tentang Pemberian nilai ujian skripsi . menghadiri seminar proposal.14 REKRUITMEN ASISTEN LAB.A. Ketua penguji .6 Asisten melaksanakan tugas sesuai Uraian Tugas Asisten7 yang akan diberikan melalui kegiatan penyegaran angka 5 di atas. perlu dilakukan penyegaran atau penataran. 14. tim penguji meminta informasi tentang Sekretaris ujian memeriksa kelengkapan administrasi ujian skripsi. 14.5 15.3 15.

16 Setiap dosen penguji.7 15. ditetapkan oleh jurusan atas usulan lab.16 PENGGUNAAN KOMPUTER DI LAB.1 Setiap penggunaan fasilitas Lab wajib dikenakan biaya pemeliharaan.13 Sebelum ujian dimulai.10 etua penguji mempersilahkan mhs memberikan saran dan kesankesannya kuliah di UNHAS 15. 16.9 Semua acara ujian skripsi harus diumumkan di papan tulis oleh Setiap dosen penguji. diarsipkan di jurusan Ujian Komprehensif 15. 15. dalam waktu yang bersamaan hanya boleh menguji secara paralel maksimum 2 mhs 15.3 Setiap pengguna fasilitas lab.2 Biaya pemeliharaan fasilitas lab.14 Setiap Bidang dalam ujian komprehensif harus diujikan oleh dosen penguji 15. 16. wajib mematuhi Tata Tertib Lab8.15 Komprehensif dibuka oleh ketua penguji dan dapat ditutup oleh ketua atau sekretarisnya 15. 18 . agar dapat diketahui susunan pengujinya menguji secara paralel maksimum 2 mhs 15.12 1 (satu) Lembar hasil ujian skripsi yang sudah dilengkapi dengan IPK dan jumlah total SKS.15.19 Sistem penilaian mengikuti aturan penilaian yang telah ada A. KOMPUTER 16. Ketua penguji . diumumkan oleh ketua penguji koordinator ujian.4 Pengelola lab wajib membuat jurnal bulanan yang dilaporkan kepada jurusan setiap bulannya.17 Ujian komprehensif dilakukan secara lisan dalam ruang tertutup yang hanya boleh dihadiri oleh para penguji dan mhs bersangkutan 15.18 Setiap penguji diberikan waktu menguji maksimum 15 menit. 16.memberitahukan kepada mhs tentang tatatertib ujian dalam ruangan ujian 15. dalam waktu yang bersamaan hanya boleh Hasil ujian skripsi.8 15.11 etua penguji menyampaikan kewajiban lulusan untuk menyumbang buku kepada jurusan 15.

(4) ketertiban pemakai lab. (3) kehandalan piranti pendukung. jadual penggunaan lab.1 Kepala Lab menunjuk pengelola dan asisten secara bergilir mengemban tangungjawab pengelolaan lab secara tertulis. lama penggunaan. A. dan (5) keamanan dari kehilangan alat. PEMELIHARAAN DAN PENGAMANAN KOMPUTER DI LAB 17.16. dan biaya pemasukan-pengeluaran lab. 16. Khusus bagi mhs.2 Asisten lab yang sedang bertugas wajib memeriksa dan melaporkan kelengkapan fasilitas lab sebelum dan sesudah aktifitas lab secara tertulis. minimum 5 hari sebelum seminar dilaksanakan 18.6 Setiap pengguna fasilitas lab yang terbukti melakukan pengrusakan / penghilangan fasilitas lab akan diberikan sanksi denda ataupun sanksi lainnya. dan memberikan 1 (satu) exemplar makalahnya kepada kordinator seminar.1 Mahasiswa / dosen yang akan melaksanakan seminar. jumlah pengguna.3 Proposal disampaikan kepada semua pembimbing dan penguji paling lambat 3 hari sebelum seminar 18.2 Proposal disampaikan ke koordinator. (2) kebersihan dalam dan sekitar lab.4 Mhs yang melakukan seminar wajib menggunakan pakainan atas putih. bawah hitam oleh seseorang. diharuskan menyampaikan rencana seminarnya kepada koordinator seminar.18 PELAKSANAN SEMINAR MAHASISWA ATAU DOSEN 18.5 Jurnal bulanan memuat rincian aktifitas lab. 17. dan biaya harus atas persetujuan Kepala Lab. 17. waktu.17 19 . 17. proposalnya harus ada tandatangan dari pembimbingnya sebagi bukti telah disetujuinya proposal tersebut 18.4 Peminjaman dengan cara pemindahan alat keluar dari lab Kartu Pinjaman Alat11.3 Tanggung jawab pengelola lab meliputi: (1) pemeliharaan perangkat keras dan lunak komputer. mengisi A.

Tidak lulus< 2 Keindahan B.5.3 Setiap proposal yang dibuat.13Nilai A>=3. Penguasaan metode yang akan digunakannya( 25%).18. 1.2 Pimpinan jurusan selalu mengingatkan dan mendorong dosen untuk membuat proposal atas penawaran tersebut. 2. materi presentasi(20%) 18. Sistematika proposal(20%).8 Setiap seminar diberikan waktu maksimum 30 menit.12Penilaian menggunakan angka 0 s/d 4 dengan 1 desimal.4 Proposal benar-benar dibuat oleh tim penelitinya 20 . judul dalam buku seminar 18. dan diserahkan kepada koordinator seminar. Nilai akhir seminar adalah rata-rata dari semua nilai dari dosen 18. PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT B. terdiri atas 10 menit presentasi dan 20 menit tanya jawab. Kemampuan berargumentasi(15%). 1.1 PENGAJUAN PROPOSAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 1.9 Tanya jawab dilakukan setelah presentasi selesai 18.6 Koordinator seminar mencatat nama mhs. hingga batas akhir penawaran. hendaknya dapat melibatkan mahasiswa dalam tim penelitinya 1.10Setelah selesai seminar.11Penilaian seminar dilakukan oleh semua dosen yang hadir.75. 2<= C < 2.5.5 Seminar baru dapat dimulai jika minimal 1 (satu) pembimbing dan 1 (satu) penguji telah hadir 18. dosen pembimbing memberikan penjelasan tentang hal-hal yang dianggap perlu diketahui dalam proposal tersebut 18.1 Setiap penawaran penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang masuk kejurusan harus ditempel di papan pengumuman dosen. dan penilaian terdiri atas komponen: Pemahaman landasan teorinya ( 20%). Koordinator seminar wajib menghentkan seminar yang telah melampaui batas waktu seminar 18.7 Materi seminar harus ditayangkan dengan menggunakan OHP atau LCD 18.75<= B< 3.

6 Penelitian LITMAS yang diterima oleh institusi penyandangi dana. harus diseminarkan di Jurusan. sesuai kesepakatan dalam rapat jurusan 1. atau (2) kompetisi terbatas.5 Dosen muda diwajibkan melakukan peningkatan kemampuan bahasa asing dan keterampilan yang mendukung proses pembelajaran dan pengembangan jurusan. 1.10 Proposal yang akan diajukan harus mendapatkan tandatangan ketua jurusan C. 1. 1.7 Dalam hal tertentu. Penggunaan Karya Ilmiah dan Hasil Penelitian untuk kenaikan C.4 Laboratorium dapat mengajukan program pengembangan staf kepada Jurusan untuk di usulkan ke Dekan. dan anggota lab menyiapkan proposal penelitian dan atau pemberdayaan masyarakat (LITMAS) minimal dua judul setiap semester.1 Pengiriman staf untuk studi lanjut bertujuan untuk pengembangan jurusan/institusi dan sesuai dengan visi dan misi jurusan/ program studi. 1. Pengiriman Staf Untuk Studi Lanjut atau Pengembangan Jurusan 1. 2. 1.2 Pengembangan staf yang berada dibawah kewenangan jurusan diputuskan oleh jurusan.5 Setiap lab mempunyai road map penelitian. melalui rapat jurusan ditetapkan pengajuan proposal berdasarkan: (1) kompetisi penuh.1. Pangkat. 1.3 Setiap dosen / staf wajib mengembangkan kemampuan keilmuan melalui pendidikan lanjut baik degree maupun non degree. 1.2.9 Jurusan dan Lab masing-masing mendapat konstribusi dari dana LITMAS. 1.8 Setiap proposal dan laporan LITMAS wajib diserahkan ke jurusan untuk diarsip dan dicatat dalam buku administrasi penelitan dan pengabdian pada masyarakat. Dalam hal mendesak dapat disetujui hanya oleh Majelis Jurusan dan harus dijelaskan pada rapat jurusan. Pengembangan staf Dosen C1.1 Karya ilmiah atau hasil penelitian yang dipergunakan untuk keperluan kenaikan pangkat antara lain memenuhi: 21 .

Statistika. harus sesuai dengan Visi dan Misi jurusan Matematika Pengembangan staff dapat berupa studi lanjut.2 Pembinaan dosen muda (asisten ahli) dilakukan melalui penelitian bersama dan tim pengajaran 4. ii. Penunjukan staf pengajar yang akan mengikuti kegiatan pengembangan staf.2 Ketua Jurusan dapat menandatangani karya ilmiah atau hasil penelitian yang diajukan untuk keperluan kelengkapan kenaikan pangkat bila menunjukkan bukti telah diseminarkan.1 Dosen muda wajib mendapat pembinaan. workshop. 2.3 Dosen yang akan mengusulkan kenaikan ke golongan IV/b atau keatas harus mempunyai karya ilmiah yang telah diseminarkan dalam seminar nasional atau internasional. harus berdasarkan keputusan rapat jurusan Setiap staf yang telah selesai melaksanakan proses pengembangan staff.4 3.5 3.1 3.3 Dosen muda tidak dibolehkan menentukan penilaian akhir hasil evaluasi belajar mhs 22 . Pengembangan staff 3. magang penelitian. harus mempunyai kegiatan yang terprogram dan diseminasikan hasilnya untuk setiap tahunnya.4 Pembinaan Dosen muda 4. diwajibkan mensosialisasikan hasil yang diperoleh. penelitian dan pengabdian pd masyarakat. Telah dipublikasikan dalam majalah ilmiah yang memiliki ISSN.i. seminar 3. Komputasi atau Matematika terapan Pengembangan staff.3 Setiap dosen minimal mempunyai salah satu minat bidang studi Analisis. C3.6 Setiap kelompok minat bidang studi. Telah disetujui dan ditandatangani oleh ketua jurusan. sebelum memegang mata kuliah secara mandiri 4. 2.2 3. pelatihan. postdoctor. kepada para dosen di jurusan Matematika C. Aljabar. kursus.

5 Jurusan berhak menarik dosen yang menjabat diluar atas dasar bahwa dosen yang bersangkutan merugikan nama baik jurusan. sehingga tidak dapat menjalankan tugas mengajarnya di Jurusan matematika 5.2 Ketua jurusan segera melakukan peringatan dan pemanggilan terhadap dosen tersebut secara langsung.5 Penindakan terhadap dosen yang melanggar Disiplin Akdemik Jurusan 5. 5.1 Penentuan wakil jurusan dalam senat fakultas/ universitas. harus segera dipanggil pulang oleh jurusan. 23 .5 Dosen pembina harus dapat mengarahkan dosen muda untuk studi lanjut pada bidang ilmu yang digeluti bersama.5 Apabila tidak ada respon dari dosen ybs.4 Dosen yang mendapat jabatan diluar institusi jurusan matematika. maka jurusan harus segera melaporkan kepada Fakultas dan Universitas untuk meminta penindakan lebih lanjut 5. dilakukan melalui persetujuan rapat jurusan 6.4 Proporsi dosen muda dalam tim pengajaran harus lebih kecil dari pada dosen pembinanya 4.6 Penentuan wakil jurusan dalam senat dan penentuan dosen untuk mendapatkan jabatan diluar jurusan Matematika 6. 5.3 Dosen yang akan mendapat jabatan diluar jurusan matematika harus mendapat kan persetujuan dari jurusan melalui pimpinan jurusan 6.2 Wakil yang dipilih harus mampu memperjuangkan aspirasi jurusan 6. harus dapat memberikan keuntungan bagi jurusan 6.3 Apabila tidak ada respon dari dosen ybs. C.4. C.1 Yang dimaksud dosen tidak aktif mengajar adalah dosen yang meninggalkan jurusan tanpa izin jurusan / Fakultas / Universitas selama 1 semester atau lebih. maka jurusan segera melaporkan kepada Fakultas / Universitas untuk dilakukan penindakan lebih lanjut.4 Dosen yang telah selesai studi lanjutnya.

harus diberitahukan kepada jurusan tentang besarnya dana yang digunakan 2. . menyampaikan rencana kerjasama tsb kepada para dosen untuk mendapatkan tanggapan atau dukungan dari para dosen Pelaksanaan kredibilitas jurusan 3.2 3.3 Setiap kesepakatan kerjasama dengan pihak luar yang melibatkan jurusan/ Fakultas/ UNHAS harus diketahui ketua jurusan Ketua jurusan.4 Setiap kegiatan dosen yang menggunakan( mengatas namakan) jurusan( MIPA atau UNhas ) .2 Pelaksanaan kerjasama jurusan dengan pihak luar harus dapat menguntungakan pihak jurusan dan tidak merugikan pihak luar 1. Pedoman kerja sama pihak luar SECARA UMUM 1. harus dicatat dalam data base kerjasama jurusan D.2 Kerjasama Penelitian /Pengabdian masyarakat 2.1 Setiap dosen /kelompok dosen yang melakukan penelitian/ kerjasama dengan pihak luar harus mendapat izin dari jurusan 2.4 Semua bentuk kerjasama.D.1 3. harus dapat memberikan keuntungan secara finansial atau keuntungan lain kepada jurusan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat D.1.3 Kegiatan kerja sama dengan pihak luar 3.3 Kerjasama yang mempunyai nilai finansial.1 Setiap kesepakatan kerjasama dengan pihak luar harus melibatkan ketua jurusan 1. harus dapat memberikan keuntungan secara finansial atau kerjasama jurusan dengan pihak luar harus dapat menguntungakan pihak jurusan dan tidak merugikan pihak luar dan menjaga 24 . Matematika yang menggunakan( membawa nama) Jurusan / Fak. / Univ.4 Setiap kegiatan dosen Jur. harus memberikan fee kepada jurusan sesuai dengan aturan yang berlaku/ disepakati di juruan 2.2 Kerjasama yang mempunyai nilai finansial.KERJASAMA DENGAN PIHAK LAIN D.3 Pelaksanaan kerjasama dengan pihak luar harus menjaga kredibilitas jurusan 1.

FMIPA Unhas yang aktif.7 Calon harus mencalonkan diri atau dicalonkan oleh sekelompok dosen Pemilihan CKSJ dilakukan paling lambat satu bulan sebelum masa jabatan Pemilihan CKSJ diselenggrakan melalui rapat dosen jurusan. 1.10 1.6 1. E. yang aktif. PENGEMBANGAN MANAJEMEN JURUSAN E. KETUA PS.9 1. Rapat dosen jurusan yang disebutkan pada point 6 diatas sah. bila dihadiri ketua / sekretaris jurusan berakhir. 25 . minimal 2/3 dari jumlah dosen aktif.3 Calon Ketua Jurusan (CKSJ) adalah dosen Jurusan Matematika FMIPA Unhas Calon Mengetahui dan Memahami serta mampu melaksanakan cara Calon Sekretaris Jurusan adalah dosen Jurusan Matematika FMIPA Unhas yang aktif. pengembangan jurusan dan meningkatkan mutu pendidikan.13 Dosen yang terpilih menjadi CKJ adalah dua orang yang mendapat suara Dua orang CKJ terpilih masing-masing mengajukan dua orang bakal CSJ. SEKR JUR. dipilih oleh peserta rapat jurusan. dan mempunyai kepedulian yang tinggi atas pengembangan jurusan. Calon Ketua PS dan Kepala laboratorium adalah dosen Jurusan Matematika Pemilihan KPS dan Kalab diselenggrakan melalui rapat dosen jurusan.1 1.keuntungan lain kepada jurusan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak jurusan.4 1. Dosen aktif adalah dosen Jurusan Matematika FMIPA Unhas yang aktif menjalankan tugas fungsionalnya di Jurusan Matematika FMIPA Unhas 1. minimal Lektor dihadiri minimal 2/3 dosen aktif. KOORDINATOR TPB) 1.11 1. Matematika FMIPA Unhas yang aktif dan mempunyai kepedulian yang tinggi atas pengembangan jurusan. minimal Asisten Ahli.5 1. CSJ terpilih adalah yang mendapat suara terbanyak.2 1.1 PEMILIHAN PIMPINAN JURUSAN( KETUA JUR. minimal Lektor dan berbadan sehat. KETUA LAB. KPS dan Kalap terpilih adalah mereka yang medapat suara terbanyak. Calon Koordinator Bidang Matematika MKU adalah dosen Jurusan terbanyak.8 1.12 1.

26 . 3.1 Semua surat masuk maupun surat keluar harus diagendakan dan diarsipkan oleh Jurusan. 2. jenis. 3. di Copy oleh mahasiswa dan diserahkan kepada Jurusan untuk diarsipan. kemudahan dalam pengelolaan dan pencarian kembali.15 Pemilihan KB diselenggrakan melalui rapat dosen jurusan. 2.2 Pengarsipan dikelompokkan berdasarkan. brosur. 2. dihadiri minimal KBM terpilih adalah yang medapat suara terbanyak E. dan keterlambatan pengembalian barang dikenakan sanksi /denda. kegunaan dan Tahun.1.3 Lama peminjaman barang memiliki batas waktu maksimal yang diatur jurusan atau Laboratorium. dll].4 Peminjaman atau penggunaan alat / fasilitas Laboratorium Komputer harus sepengetahuan/izin penanggung jawab Laboratorium yang bersangkutan. 3.5 Surat-surat yang sifatnya publik [peraturan akademik. dalam hal ini secretariat Jurusan. penawaran penelitian.2 Semua bentuk peminjaman dan pengembalian alat / perpustakaan melalui transaksi dengan format baku yang ditetapkan Jurusan atau Laboratorium terkait.14 1. PA.[SK penguji.3 Transaksi Peminjaman Barang Jurusan 3. efisiensi.4 Pemberian Surat Keterangan kepada Mahasiswa 2/3 dosen aktif.5 Segala biaya kerusakan atau penghilangan barang-barang pinjaman ditanggung oleh sipeminjam.4 SK Penguji / Pembimbing. sifat. E. E. diagendakan oleh sekretariat Jurusan. 3. di copy dan didisposisi oleh Ketua atau Sekretaris jurusan dan disebarluaskan kepada staf dan mahasiswa serta brosur aslinya disimpan sebagai arsip jurusan.pembimbing. kelender akademik.2 Pengarsipan Surat-surat 2.3 Format dan teknik pengarsipan dibuat oleh Jurusan dengan memperhatikan . penugasan] 2.1 Semua barang-barang dan Buku Perpustakaan Jurusan harus diinventarisir dan dilakukan pengecekan setiap akhir tahun oleh Jurusan.

3 setiap perjalanan dinas yang dibiayai harus disertai dengan SPPD dan dicatat dalam pembukuan SPJ jurusan.1 setiap tahun anggaran.2 Secara berkala. 6.1 Setiap dosen yang meminta barang habis.2 Jurusan Membuat sistem pembukuan SPJ 6. Format tersebut ditetapkan oleh Jurusan 4. berhasil. jurusan mengumumkan besarnya dana perjalanan dinas yang tersedia dan bentuk perjalanan dinas yang dapat dibiayai 6. dengan nilai tidak berhasil. serta SPPD yang telah diisi dan tiket perjalanan 6.3 Semua Surat Keterangan yang dikeluarkan Jurusan harus terdokumentasi [diarsipkan] bersama surat permintaan mahsiswa. atau sangat berhasil.5 PERMINTAAN BARANG HABIS DARI DOSEN KE JURUSAN 5. jurusan menyampaikan persediaan barang habis yang ada di jurusan E. 6. harus mengisi buku administrasi pengeluaran barang yang ada di jurusan 5.4 dosen yang memohon dana perjalanan dinas menunjukkan dokumen alasan perjalanan dinas 6. sopan. transparan. menganut pelayanan optimal. efektif dan efisien E.4. [Format formulir permintaan surat keterangan disediakan Sekretaris Jurusan] 4.7 Setiap anggota jurusan yang akan berangkat karna menjalankan tugas akan diberikan SPJ bila keuangan jurusan memungkinkan 27 .4 Dalam pelayanan pemberian surat keterangan kepada mahasiswa harus ramah.6 PERMINTAAN SPJ OLEH DOSEN 6. 4. dan dibedakan menurut jenis dan peruntukannya.2 Surat Keterangan untuk mahasiswa ditandatangi Ketua Jurusan setelah di disposisi oleh Sekretaris Jurusan.6 Ketua jurusan memberikan penilai perjalanan.5 sepulang perjalanan dinas dosen bersangkutan menyampaikan laporan perjalanan dinas dan hasil perjalanan yang telah dilakukan.1 Surat-surat keterangan untuk mahasiswa mempunyai format baku.

ketua Lab dan lainya) menyampaikan laporan tertulis hasil kinerjanya dan keadaan keuangan jurusan. 8 Pembuatan Job Deskription ( pembagian tugas/kewenangan) dalam jurusan 8.1 Pembuatan job diskription harus sesuai dengan analisis job yang telah dilakukan dan dibutuhkan di jurusan 8.1 Setiap semester pimpinan jurusan dan jajaranya( ketua PS. dan hasil keputusan harus segera disosialisasikan kepada semua dosen 7.6.9 Pengadaan dan Inventarisasi barang 9.3 Setiap job dalam job diskription.9 Pemberian SPJ. 8. senantiasa hanya untuk kepentingan tugas dari jurusan E. dilakukan melalui internet E. harus melalui analisis kebutuhan barang dan disetujui dalam rapat jurusan 9.5 Job diskription diusulkan oleh ketua jurusan dan disahkan dalam rapat jurusan E. diadministrasikan dalam pembukuan barang 28 .2 Job diskription harus jelas dan tidak tumpang tindih 8. penjelasan kegunaan. menggambarkan tugas dan tanggungjawab yang harus dijalankan. sepanjang dananya masih tersedia 6.1 Pengadaan barang.7 PELAKSANAAN TRANSPARANSI KEBIJAKAN PIMPINAN JURUSAN DAN KEUANGAN JURUSAN 7. kepada semua dosen dalam rapat koordinasi jurusan 7.8 Setiap dosen dan pegawai berhak untuk meminta SPJ dalam rangka tugas resmi dari jurusan. apabila telah disetujui minimum 2/3 dari jumlah dosen yang aktif. asal barang dan penaggungjawab kemanannya Semua barang inventaaris.4 Job diskription harus sesuai dengan kewenangan herarkhis di jurusan 8.3 Sosialisasi keputusan jurusan bagi dosen yang sedang studi lanjut.2 9.3 Setiap barang inventaris jurusan.2 Kebijakan jurusan yang diperoleh melalui keputusan rapat jurusan dikatakan sah. mempunyai nomor inventaris.

6 Hasil Keputusan) sesuai dengan sistem pengarsifan yang 29 . (Undangan. 1. F. 1. jurusan melakukan pemeriksaan terhadap keberadaan dan kondisi barang yang hasilnya diadministrasikan dalam pembukuan barang E.10 Rapat/Pertemuan Jurusan 10.1 Jurusan harus segera merespon setiap penawaran hibah kompetisi yang diperoleh. Daftar Hadir. 10. 1. 10.3 Taskforce bertanggung jawab menyusun draft proposal program yang akan diajukan untuk selanjutnya disepakati dalam rapat Jurusan.1 Penentuan Agenda Rapat oleh Jurusan (Jurusan sebaiknya memiliki tim untuk mengkaji kelayakan agenda rapat yang diusulkan) 10.4 Setiap tahun.5 Komponen Tim taskfore meliputi unsur Pimpinan Jurusan.2 Jurusan membentuk tim Taskforce melalui rapat jurusan yang dilengkapi dengan SK Ketua Jurusan.6 10.3 Pelaksanaan Rapat harus dihadiri minimal 2/3 dosen yang aktif.6 Jurusan harus sepenuhnya memberikan dukungan yang dibutuhkan tim taskforce. PENGEMBANGAN INSTITUSI JURUSAN MATEMATIKA F. kecuali hal-hal mendesak yang disepakati 10.4 Jurusan mensosialisasikan hasil-hasil keputusan rapat/ pertemuan yang telah diperbaiki tatabahasanya (dalam format file elektronik) kepada semua dosen 10. 1.5 Mengarsipkan semua kelengkapan rapat benar.4 Ketua pelaksana PHK sedapat mungkin dari tim taskforce atas persetujuan rapat jurusan. Dosen yang kompeten.2 Mengundang secara tertulis paling lambat dua hari sebe-lumnya. Notulen. dan pegawai. 1.1 Pembuatan Proposal Hibah Kompetisi 1. unsur tim evaluasi diri.9.

2. maupun action plannya 2. dengan menggunakan prinsip-prinsip manaJemen modern.1 Jurnal Ilmiah Jurusan senantiasa dijamin untuk dapat terbit 2 kali setahun 3.1 Evaluasi Diri (ED) harus dilakukan minimal setiap tahun.5 Setiap dosen Setiap semester wajib.1. 2.2 Pembuatan Evaluasi Diri PS 2. dan dipresentasikan dalam rapat jurusan setiap tahun untuk disepakati .8 Jurusan/PS.7 Penentuan analisis SWOT.2 Jurusan membentuk Tim Taskforce ED (melibatkan unsur pimpinan jurusan. harus didasarkan atas hasil laporan ED Tim Taskforce melalui rapat jurusan/rapat PS. F. identifikasi masalah.6 Jurusan memberikan imbalan kepada Tim task force setiap semester. 2. F.3 Tim pengasuh jurnal( dewan redaksi dan tim pencetakan) mempunyai masa tugas tertentu dan di SK kan oleh ketua jurusan 3. dosen. 2. 2.7 Pelaksanaan semua program-program dalam proposal harus disepakati melalui rapat jurusan.2 Penerbitan jurnal dilakukan oleh tim redaksi dan tim pencetakan jurnal 3. pegawai dan mahasiswa) melalui kesepakatan rapat jurusan. setelah itu harus segera dibuat Tim task force Evaluasi diri pengganti. sesuai tanggungjwab yang tercantum dalam SK nya 3. 2.4 Masa tugas tim Evalusi diri adalah 1 tahun. menghasilkan 1 ( satu) paper yang bermutu untuk diterbitkan dalam jurnal 30 .3 Tim Taskforce dapat ditinjau dan direvisi kapan saja melalui rapat jurusan apabila tim dipandang oleh jurusan tidak dapat melaksanakan tugasnya secara optimal.5 Tim Taskforce ED bertanggung jawab mengolah semua data akademik atau data lainnya setiap semester. setelah memberikan laporan ED-nya. dan di SKkan oleh Ketua Jurusan.4 Setiap anggota pengasuh jurnal harus bekerja secara baik dan penuh tanggung jawab.3 Penerbitan jurnal Ilmiah Jurusan 3.

3. KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI G.10 Ketua Jurusan / ketua PS/ pengasuh jurnal.6 Hasil penelitian mhs dan dosen yang bermutu. peningkatan skill [pengelolaan diri. G.1 Kegiatan Kemahasiswaan dibawah koordinasi Ketua Jurusan.7 Seluruh kegiatan kemahasiswaan harus sepengetahuan dosen Pembina 1. dan dibantu oleh dosen Pembina Kemahasiswaan 1.1 Kegiatan Kemahasiswaan 1. 3. adaptasi] serta ikut mendukung pengembangan Jurusan sesuai visi-misi Jurusan. mempunyai wewenang penuh untuk menerima atau menolak paper karena pertimbangan tertentu. harus ada paper yang berasal dari luar jurusan matematika / perguruan tinggi lain 3.4 Kegiatan kemahasiswaan harus mengutamakan segi manfaat dan menunjang tugas-tugas akademik mahasiswa 1. kepekaan social. 1.7 Dewan redaksi jurnal.5 Kegiatan Kemahasiswaan diarahkan untuk peningkatan kemampuan akademik. dapat diusulkan diterbitkan di jurnal 3.8 Setiap edisi penerbitan jurnal. 1.9 Setiap dosen yang akan mendapatkan jurnal yang diterbitkan.11 Jurnal harus dipublikasikan kepada instiusi lain. 31 . secara gratis dan memberikan kesempatan untuk menjadi kontributor paper.3 Dosen Pembina Kemahasiswaan mempunyai tugas terhadap penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan dan bertanggung jawab kepada Jurusan 1.2 Jurusan menunjuk dosen Pembina Kemahasiswaan yang dianggap memiliki kapabilitas dan kemampuan untuk itu 1. harus membeli dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pengasuh jurnal 3.8 Dosen Pembina Kemahasiswaan melaporkan hasil kegiatan Kemahasiswaan dalam rapat jurusan pada setiap akhir Tahun Ajaran.6 Kegiatan ekstakurikuler kemahasiswaan tidak boleh mengganggu atau menghalangi kegiatan kurikuler. senantiasa meminta secara aktif(menagih) paper-paper kepada semua dosen 3.

yang mewakili setiap angkatan yang sudah memiliki alumni. yang di SK-kan oleh Jurusan. 20 AGUSTUS 2005 32 . yang meliputi skema attributattribut database Riwayat Alumni sbb: Stb. 2. 2. Tlp (Rumah.Hp) 2.2 Penelusuran alumni 2. (Fotocopy SKTim dan Subtim dikemas bersama dalam Buku Alumni) 2.4 Tim bersama subtim secara priodik (Bulan Januari dan Juli ) melakukan penelusuran alumni dan melaporkan hasilnya di depan rapat jurusan.G. Alamat Kantor. Kantor.2 Tim melakukan penyempurnaan data alumni. baik dalam kemasan buku/manual maupun dalam kemasan elektronik.1 Jurusan membentuk tim Penanggung Jawab Penelusuran Alumni dari dosen. Tahun Lulus.3 Tim membentuk subtim. Tahun Pertama Kerja. Nama Kantor Tempat Kerja.6 Jurusan mengarsipkan semua dokumnen yang terkait dengan pengumpulan data alumni. Nama Alumni. TERIMA KASIH MAKASSAR. Gaji Pertama.

..... pilihan ke: ...... Golongan Darah: ...................... : ............................. 6....... Alamat di Makassar : : : : : Agama : 5........... Tandatangan/nama jelas 2........ Rata-rata Nilai UAN : UAS : SLTA/Jurusan : ............... 8..... ................Pekerjaan: ...... BIODATA ALUMNI Nama lengkap : 33 ........... bersaudara 9................... B..... cm/ ......... Terlampir fotokopi: (1) ijazah SLTA (2) nilai UAN/UAS (3) Rapor SLTA Makassar............/thn ijazah .......................................... ................ Tinggi/ berat badan : ................................................. Dibuat dengan benar oleh ............................. Diterima Jurusan Matematika......../thn ijazah .......................... 7...................... Jenis Kelamin 4..... dari ................. DATA DIRI 1.................LAMPIRAN: 1....... Tempat/tgl lahir 3.......................... Pendidikan:. Kegemaran: ........ Anak ke:.................../thn ijazah ... Ibu Alamat/ tlp: ........ thn akademik.............. ORANG TUA/ KELUARGA Ayah Nama Pendidikan terakhir Pekerjaan Alamat/tlp WALI/ BILA TIDAK DITANGGUNG ORANG TUA Nama :.... Riwayat Pendidikan/nama sekolah/kota-kabupaten SLTP Sekolah Dasar : .......................................... BIODATA MAHASISWA BARU A..kg 10................................. Nama Lengkap 2.............. ...

BERITA ACARA PRAKTIKUM 34 .NIM Lulus tanggal : : 3.

................................................................. (ttgn) 3.. 4... untuk tahun................Pada hari ini ... KepalaLab.....././............................................ 5......................... 4............................ 1.....................................................................................unit.................................... bulan ............. ...... .......................unit.......(ttgn) ..................................... .........../.............................. 5........................................................... 2.................................... (ttgn) Catatan Kerusakan: ... ........... Dengan acara paraktikum 1.......unit................ telah tanggal .................................. praktikan (daftar hadir terlampir) Dosen Penanggungjawab Asisten (ttgn) 2.........../.... 2........................ .......................................................... ........... 3....................... .................................................................... ............. ......unit Diikuti oleh .................................................................................................................... ....... Cara pemulihan kerusakan Makassar............. diselenggarakan praktikum matakuliah : ..... Menggunakan alat 1......... ................. 4....................unit........... ........................ ........ 3.... ........... ............. ................................../........................ . SURAT PERNYATAAN ASISTEN 35 ..............

....................... 1............. Makassar.................................. ........... :............ ...................... ....................................................................................... . Matakuliah : Semester . dan apa bila saya menginkarinya maka saya bersedia menerima sanksi sesuai keputusan Ketua Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin................. ..................................Yang bertanda tngan di bawah ini adalah asisten: 1...................................... Yang Membuat Pernyataan Materai secukupnya 1.......................................................................... : ............................................ ......................... Praktikum : Semester .............. 2.......................................................... Semester ........ ................................................... 2. ...... Nama NIM Alamat/tlp : .................. Tandatangan dan nama jelas 36 ............................................. Semester ................ Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sungguh-sungguh tanpa paksaan dari siapapun............................................................... 2.... Dengan ini menyatakan bahwa saya bersedia mematuhi dan melaksanakan tugas dan kewajiban asisten sebagai mana yang tercantum dalam naskah URAIAN TUGAS DAN KEWAJIBAN ASISTEN............................. ..