TUGAS TERSTRUKTUR METODE PENELITIAN

Dosen Pembimbing:

Mahasiswa:

RENY PUTRI LESTARI

071101531

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PONTIANAK 2008/2009

sedangkan relevan berarti informasi tersebut bermanfaat bagi pemakainya dan dapat dimanfaatkan untuk masa yang akan datang.ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA KEPEGAWAIAN PADA KANTOR SATU ATAP PEMDA TINGKAT II BENGKAYANG BAB 1 PENDAHULUAN 1. Akurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan dan tidak menyesatkan. Sebagai daerah otonomi yang baru. Latar Belakang Pada hakekatnya informasi merupakan hasil pengolahan data yang akurat dan relevan. Kabupaten Bengkayang dengan segala keterbatasan sumber daya yang ada ingin dapat bersaing agar lebih .1. Kebutuhan informasi yang semakin kompleks dan semakin mendesak sejalan dengan perkembangan suatu instansi membutuhkan suatu sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System) yang dapat melakukan fungsi-fungsi untuk menyediakan semua informasi dalam instansi dan untuk mendukung kegiatan operasional sehari-hari. Perkembangan kemampuan komputer mendorong perluasan pemanfaatan komputer dalam membantu penyelesaian pekerjaan perkantoran/instansi. dengan ketentuan data yang dimasukkan adalah benar.

maka perlu didukung oleh suatu perencanaan dan pengawasan sumber daya manusia yang baik. maka diperlukan suatu pola yang baik guna menangani proses penempatan pegawai. wewenang. Agar instansi pemerintah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. pengangkatan pegawai. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas. pendidikan dan pelatihan pegawai. ternyata sistem pengolahan data kepegawaian sangat komplek sekali. dan hak seorang pegawai yang sesuai dengan potensi dan kemampuannya. tanggung jawab. dan pensiun pegawai. Salah satu keunggulan yang harus dicapai adalah melalui penguasaan sistem informasi dengan memanfaatkan teknologi berbasis komputer yang ada. Demikian pula pada Bagian Administrasi Kepegawaian di Kantor Satu Atap Pemda Tingkat II Bengkayang dalam upaya untuk meningkatkan kualitas dalam hal pengolahan data pegawai dan untuk menata sistem informasi data kepegawaian. mutasi. agar sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu instansi menempati posisi atau tugas kerja. serta memiliki sumber daya yang berkualitas. Oleh karena itu penulis mencoba memberikan suatu solusi penanganan terhadap . Pada saat ini langkahlangkah menuju hal tersebut masih terbatas hanya pada pengolahan data yang bersifat manual melalui program aplikasi microsoft word untuk pengetikan surat atau berkas lainnya dan program aplikasi microsoft excel saja. sehingga diperlukan sebuah sistem yang dapat mengurangi terjadinya kesulitan dalam pengolahan data dari sistem pengolahan data kepegawaian yang ada saat ini.maju dari kabupaten lainnya di Kalimantan Barat.

.2. serta pensiun pegawai. maka penulis membatasi ruang lingkup penelitian hanya pada analisis dan perancangan sistem pengolahan data kepegawaian pada Kantor Satu Atap Pemda Tingkat II Bengkayang yang meliputi proses penempatan pegawai.1. mutasi pegawai.permasalahan tersebut di atas melalui perencanaan suatu sistem pengolahan data kepegawaian berbasis komputer. sub bagian umum kepegawaian. Permasalahan Adapun permasalahan yang penulis identifikasi dari hasil pengamatan yang penulis lakukan pada Kantor Satu Atap Pemda Tingkat II Bengkayang adalah.2. pendidikan dan pelatihan pegawai. Entitas yang saling terkait diantaranya adalah pegawai. akurat dan tepat waktu. terutama bagi user atau pengguna sistem yang terkait. sub bagian mutasi pegawai dan sub bagian pengembangan pegawai serta sub bagian diklat. sehingga diharapkan dapat membantu mempercepat dalam proses pengolahan data-data yang berhubungan dengan masalah kepegawaian. Ruang Lingkup Penelitian Agar permasalahan tetap terfokus pada objek yang akan dianalisis. bagaimana menghasilkan sebuah rancangan prototipe sistem pengolahan data dalam memenuhi kebutuhan pencarian data dan mekanisme penyajian informasi kepegawaian yang cepat. 1. Rancangan yang akan diusulkan berupa prototipe dengan menggunakan program aplikasi Visual Delphi. instansi. 1.

2. pendidikan dan pelatihan pegawai. . Untuk menghasilkan sebuah rancangan prototipe sistem pengolahan data kepegawaian.3. Tujuan Penelitian Tujuan yang akan dicapai dari hasil analisis Sistem Pengolahan Data Kepegawaian yang dilakukan pada Kantor Satu Atap Pemda Tingkat II Bengkayang adalah : 1. Bagi Penulis Untuk menambah pengetahuan penulis tentang bagaimana cara pelaksanaan Sistem Pengolahan Data Kepegawaian yang terjadi pada Kantor Satu Atap Pemda Tingkat II Bengkayang dan sebagai sumbangan pemikiran bahwa sistem informasi dapat memanfaatkan teknologi komputerisasi yang sedang berkembang sekarang ini.2. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian yang diperoleh penulis dari hasil penelitian pada Kantor Satu Atap Pemda Tingkat II Bengkayang adalah sebagai berikut : a.1. Untuk menyajikan sistem pengolahan data kepegawaian seperti proses penempatan pegawai. Tujuan dan Manfaat Penelitian Adapun tujuan dan manfaat penelitian yang ingin dicapai adalah sebagai berikut : 1.3.1. 1.3. mutasi pegawai serta pensiun pegawai digunakan oleh pihak manajemen.

Zulkifli Amsyah. Nama pengarang Judul buku Kota penerbit Penerbit Tahun Rangkuman buku : Drs. Bagi Kantor Satu Atap Pemda Tingkat II Bengkayang Untuk efektifitas efisiensi pekerjaan dalam pelaksanaan Sistem Pengolahan data Pegawai serta penyajian laporan dan informasi secara cepat. tepat dan akurat pada Kantor Satu Atap Pemda Tingkat II Bengkayang. Itu berati. dalam penyusunan perencanaan dan kebijaksanaan dimasa yang akan datang. kesuksesan organisasi dimana pun. Gramedia Pustaka Utama : 1977 : Semua organisasi di Indonesia harus menghadapi persaingan bebas pada era globalisasi perdagangan internasional yang secara perlahan tapi pasti sudah dimulai sekarang ini.b. DAFTAR PUSTAKA ATAU NAMA BUKU YANG DIPAKAI OLEH PENULIS DALAM MENYUSUN SKRIPSI INI. MLS : MANAJEMEN SISTEM INFORMASI : Jakarta : PT. jenis apa pun dan bergerak dalam bidang apa pun sangat tergantung pada tersedianya informasi yang relevan yang hanya dapat diperoleh melalui pengolahan data yang tepat. Diharapkan juga menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi pihak Kantor Satu Atap Pemda Tingkat II Bengkayang. Dalam manajemen sistem informasi kemampuan .

Basis data sendiri . serta pemrograman  Informasi untuk manajemen. Ir : BASIS DATA : Bandung : Informatika : 1999 : Basis data merupakan komponen penting dalam teknologi informasi.memproses data dan menggunakan informasi secara efektif merupakan suatu keharusan bagi organisasi agar dapat hidup dan bersaing. Tanpa kemampuan untuk mengelolanya. anda tak dapat mengubahnya menjadi informasi yang mendukung tujuan anda. sebuah teknologi yang paling dramatis tingkat perkembangan dan penerapannya pada kehidupan umat manusia diakhir milenium kedua ini. jaringan informasi  Komunikasi jaringan Dunia kita saat ini banyak dan terus semakin banyak kebanjiran data. pengolahan data. Nama pengarang Judul buku Kota penerbit Penerbit Tahun Rangkuman buku : Fathansyah. Untuk itulah buku ini antara lain membahas :  Jenis-jenis data  Analisis sistem informasi  Pemasukan.

. tapi juga pada betapa pentingnya membuat model data yang baik. Karena itu. buku ini sesungguhnya terbuka dan bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukan penguasaan pada aspek-aspek dasar kebasis dataan. sebagai wujud dari perancangan basis data.merupakan representasi digital dari kenyataan fisik dan logik dari sebuah sistem. Buku ini mencoba fokus pada ketiga hal itu : basis data. Setiap orang yang terlibat di dalam pembangunan dan penerapan teknologi informasi harus menyadari bukan hanya pada pentingnya basis data dan model data. berbagai contoh yang disajikan dalam buku ini juga diambil dari fakta yang dekat dengan dunia kemahasiswaan. Buku ini memang lebih ditujukan untuk membantu para mahasiswa. apa pun program studinya yang tengah mempelajari matakuliah Basis data yang lebih menekankan pada aspek perancangan basis data. Aplikasi basis data dan perkembangan teknologi baru. Kendati demikian. Mentransformasikan kenyataan dari sebuah sistem ke basis data bukanlah sebuah pekerjaan sederhana kita membutuhkan media antara orang menyebutnya sebagai model data. seperti DBMS. juga turut mewarnai buku ini. model data. dan bagaimana membuat model data yang baik. Sejumlah aspek lain yang relevan.

misalnya kemampuan operasi numerik.Nama pengarang Judul buku Kota penerbit Penerbit Tahun Rangkuman buku : M. Borland delphi 5. database dalam server lokal maupun database dalam server remote. Berbagai format database bisa diolah dengan Borland Delphi 5. Agus J. kemampuan grafik dan lainya-lainya.0 sangat dikenal sebagai bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas pengolahan database yang canggih dan hebat.0. Alex Media : 2000 : Borland delphi 5. Selain menyediakan berbagai fasilitas pemrograman yang bersifat umum. berbagai pengolahan database . Alam : BORLAND DELPHI VERSI 5. Buku ini dirancang supaya pembaca dapat mempelajari borland delphi 5. Struktur bahasa yang dipakai adalah bahasa object pascal yang sangat terkenal dan mendukung pemrograman berorientasi obyek yang dikenal sebagai bahasa OOP (Object Oriented Programming).0 secara mandiri.0 adalah bahasa pemrograman yang bekerja dalam MS-windows. baik database dalam komputer tunggal.0 BELAJAR SENDIRI : Jakarta : PT. Dalam buku ini dibahas dasar-dasar pemrograman.

relasi. menu. Disarankan supaya contoh-contoh program dalam buku ini langsung dicoba pada saat pembaca mempelajarinya. fungsi dan procedure . Topik yang dibahas dalam buku ini mencakup :         Mengenal dan membaca borland delphi 5. data gambar dan SQL Mencetak.0 Tipe data variabel dan operator Kontrol program Interaksi dengan borland delphi 5. setup disk.dan dilengkapi dengan contoh-contoh prpgram untuk mempermudahkan pembaca dalam mempelajarinya.0 lewat VCL Pengantar operasi database Pencarian data dan validasi Filter.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful