KARYA ILMIAH REMAJA bahan bakar yang dapat diperbaharui

NAMA : A.A BRIGITA A.K

SMA NEGERI 1 PALU
Jl. Gatot Subroto no. 70 Palu, SULTENG

Tak lupa juga salawat serta salam kepada junjungan kita nabi besar Muhammad beserta para pengikutnya. dan kami berharap karya ilmiah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Guru-guru yang telah memberi pengetahuan kepada kami. Bapak Drs. Dan teman-teman yang telah membantu Tidak ada yang sempurnah di dunia ini.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat tuhan yang maha esa karena berkat rahmat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan baik dan tepat waktu. Penyusun berterima kasih yang sebesar-besarnya pada : 1. 4. 3. 2 mei 2010 Penyusun . Orang Tua kami masing ±masing yang telah mendukung dan memberi semangat kepada kami 2. Abdul Chair A. untuk itu kami ingin meminta maaf apabila karya ilmiah ini memiliki banyak kekurangan. Mahmud selaku Kepala Sekolah SMA NEGERI 1 PALU. Palu. Tujuan pembuatan karya ilmiah ini adalah untuk menambah wawasan kita dan karya ilmiah ini berisi penelitian tentang bahan bakar listrik yang dapat di perbaharui guna membantu .

Sehingga perlu suatu upaya untuk mencari bahan subtitusinya agar pemadaman listrik tidak lagi terjadi karena akibat dari kekurangan bahan bakar. .cabang perusahaan penghasil listrik anatara lain PLTA ( pembangkit listrik tenaga air). sedangkan PLN diawasi oleh pemerintah. Namun. untuk mengatasinya PLN terkadang memadamkan listrik secara bergantian. PLN terkadang mamiliki banyak kendala antara lain sulitnya mendapatkan bahan pembangkit listrik misalnya batu bara karena pembangkit lisrik tersebut senagian besar adalah bahan yang tidak dapat di perbaharui atau jika sudah habis tidak dapat diadakan kembali. sampai lampu lalulintas sekalipun memerlukan listrik. Pemerintah sudah berusaha untuk mencari bahan pengganti seperti panel surya (untuk masyarakat di pedalaman yang sulit dijangkau PLN). dan PLTD (pembangkit listrik tenaga diesel). PLN memiliki cabang. Mungkin tidak semua wilayah di Indonesia mengalami pemadaman listrik tapi. tanpa listrik seluruh kegiatan tidak akan berjalan dengan lancar. rumah sakit.dan mikrohidro. bio gas ( bahan bakar pengganti berupa gas yang berasal dari kotoran hewan seperti sapi. Untuk mengatasinya di perlukan bahan subtitusi yang dapat menghasilkan listrik dengan biaya yang terjangkau. Perusahaan-perusahaan ini dikelola oleh pihak swasta tetapi di awasi oleh PLN.BAB I PENDAHULUAN a. sebagian besar dari wilayah Indonesia yang tertinggal maupun yang masih berkembang mengalami pemadaman listrik bahkan tidak sama sekali. kebau. dan sebagainya). PLN merupakan perusahaan monopoli yang menangani listrik di Indonesia. sebagian besar masyarakat masih bergantung pada PLN akibatnya pelanggan PLN semakin bertambah dan kapasitas yang dimiliki oleh PLN hanya kecil. PLTU (pembangkit listrik tenaga uap). Latar belakang Listrik merupakan kebutuhan pokok manusia dimasa sekarang ini. Pemasok listrik di Indonesia ini adalah PLN ( Perusahaan Listrik Negara ). Meskipun perusahaan monopoli yang artinya satu-satunya perusahaan yang menangani masalah listrik di Indonesia. Segala sesuatu di dunia ini memerlukan listrik dari kebutuhan rumah tangga.

Tujuan Tujuan pembuatan karya ilmiah ini adalah untuk mencari tahu apakah tumbuahan dapat dijadikan bahan subtitusi listrik. krisis energi sudah kita rasakan itu karena energy yang kita dapatkan selama ini berasal dari fosil-fosil tumbuhan atau hewan yang berarti bahan yang tidak dapat diperbaharui. Untuk itu saya menginginkan suatu bahan yang dapat menjadi pengganti energy selama ini yang dapat diperbaharui sehingga krisis energy selama ini dapat diatasi dan masyarakat tidak akan terbebani dengan mahalnya minyak. dan bahan bakar. sehingga jika sudah habis maka tidak dapat di adakan kembali seperti batu bara. c. Manfaat Manfaat penelitian ini adalah untuk mengurangi beban masyarakat terhadap bahan bakar minyak. d. Rumusan masalah Di era globalisasi seperti saat ini. minyak bumi. dan lain sebagainya. .b.

apalagi dengan mengurangnya minyak bumi yang akan digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energy.Diawali dengan penemuan bola lampu oleh Thomas Alfa Edison. saat ini seiring dengan bertambahnya populasi manusia di Indonesia semakin bertambah pula kebutuhan energy. Minyak bumi adalah bentuk endapan dari fosil-fosil mahluk hidup jutaan tahun lalu yang mengendap dan terkubur di dalam tanah. itu dikarenakan karena bahan bakar yang digunakan masih bergantung pada bahan yang tidak dapat diperbaharui sehingga jika sudah habis tidak dapat di adakan kembali seperti minyak bumi. dan batu bara. sudah merupakan hal yang biasa terjadi jika di daerah kita sering terjadi pemadaman listrik. kita tidak perlu menggunakan cahaya lampu minyak dan lilin tetapi sekarang kita sudah bisa menikmati terangnya dunia pada malam hari itu semua barkat ditemukannya energy listrik yang bersumber dari minyak bumi. PLTU. dan itulah yang kita manfaatkan selama ini. PLTD dan lain sebagainya . terbagi atas beberapa hal antara lain PLTA. dan selanjutnya adalah penemuan-penemuan tentang energy listrik merupakan awal terciptanya penerangan pada malam hari dengan bola lampu. PLN merupakan perusahaan monopoli yang mengurusi masalah listrik di Indonesia.

frase "jumlah listrik" digunakan juga dengan frase "muatan listrik" dan juga "jumlah muatan".  Sifat-sifat listrik Listrik memberi kenaikan terhadap 4 gaya dasar alami. dapat juga diartikan sebagai berikut: y y Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif. dan sifatnya yang tetap dalam benda yang dapat diukur. Melalui eksperimen. yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya. Besarnya gaya menarik dan menolak ini ditetapkan oleh hukum Coulomb. seperti elektron dan proton. . seperti petir. muatan-sejenis saling menolak dan muatan-lawan jenis saling menarik satu sama lain. Listrik digunakan dengan luas di dalam aplikasiaplikasi industri seperti elektronik dan tenaga listrik. dan arus listrik. Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. listrik membentuk interaksi fundamental yang dikenal sebagai elektromagnetisme. Ada 2 jenis muatan listrik: positif dan negatif. Dalam kasus ini. Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. medan listrik. Bersama dengan magnetisme. Beberapa efek dari listrik didiskusikan dalam fenomena listrik dan elektromagnetik. Listrik memungkinkan terjadinya banyak fenomena fisika yang dikenal luas. Listrik.BAB II TINJAUAN PUSTAKA Listrik merupakan suatu energy yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mempermudah pekerjaan yang kita lakukan. karena setiap teknologi yang diciptakan manusia memerlukan energy.

Jika listrik mengalir melalui bahan khusus. dapat dibandingkan seperti kutub negatif pada sistem listrik arus searah.5 C" berarti "kuantitas muatan listrik adalah 0. misalnya dari wolfram dan tungsten. Acuan ini. Dengan listrik arus searah jika kita memegang hanya kabel positif (tapi tidak memegang kabel negatif). Karena itu jika kita memegang sumber listrik dan kaki kita menginjak bumi atau tangan kita menyentuh dinding. misalnya yang tersimpan dalam batere.Satuan unit SI dari muatan listrik adalah coulomb. Demikian pula jika kita hanya memegang saluran negatif. kabel ini biasanya dinamakan kabel panas (hot). Simbol Q digunakan dalam persamaan untuk mewakili kuantitas listrik atau muatan. jadi jika listrik ingin dialirkan ke lampu misalnya. membuat listrik mengalir dari tangan ke kaki sehingga kita akan mengalami kejutan listrik ("terkena strum"). misalnya pada sebuah aki atau batere. Kabel ini pada dasarnya adalah kabel acuan tegangan nol. Dengan listrik arus bolak-balik. biasanya ada sedikit efek setrum. yang memiliki singkatan "C". Sifat ini dipakai pada elemen setrika dan kompor listrik. biasanya terdiri atas 3 kabel: y y Pertama adalah kabel fase yang merupakan sumber listrik bolak-balik (positif dan negatifnya berbolak-balik terus menerus). Pada aki mobil yang besar. listrik tidak akan mengalir ke tubuh kita (kita tidak terkena strum). maka satu kaki lampu harus dihubungkan . tidak akan memberi efek setrum pada tubuh. Semakin besar arus listrik. Contohnya. Listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.5 coulomb". Listrik mengalir dari kutub positif batere/aki ke kutub negatif. Bahan-bahan seperti itu dipakai dalam bola lampu (bulblamp atau bohlam). jika menggunakan sistem listrik 1 fase. dapat dibandingkan seperti kutub positif pada sistem listrik arus searah (walaupun secara fisika adalah tidak tepat). meskipun tidak terlalu besar dan berbahaya. perbedaan tegangan antara kabel listrik di tangan dengan tegangan di kaki (ground). Listrik bisa juga mengalir ke bumi (atau lantai rumah). Hal ini disebabkan oleh sistem perlistrikan yang menggunakan bumi sebagai acuan tegangan netral (ground). Kedua adalah kabel netral. cahaya pijar akan dipancarkan oleh logam itu. Listrik dapat disimpan. yang biasanya di pasang di dua tempat (satu di ground di tiang listrik dan satu lagi di ground di rumah). Setiap kali listrik mengalir melalui bahan yang mempunyai hambatan. maka panas yang timbul akan berlipat. yang biasanya disambungkan ke tanah di pembangkit tenaga listrik (di kantor PLN misalnya). Sistem listrik yang masuk ke rumah kita. Listrik yang kecil. Kabel ini adalah kabel yang membawa tegangan dari pembangkit tenaga listrik (PLN misalnya). "Q=0. maka akan dilepaskan panas.

karena merupakan syarat mutlak bagi keselamatan anda dari bahaya kejutan listrik yang bisa berakibat fatal dan juga beberapa alat-alat listrik yang sensitif tidak akan bekerja dengan baik jika ada induksi listrik yang muncul di chassisnya (misalnya karena efek arus Eddy). Ketiga adalah kabel tanah atau Ground. Pastikan teknisi listrik anda memasang kabel tanah di sistem listrik di rumah. acuan nol di rumah (kabel tanah ini) harus sama dengan acuan nol di kantor PLN (kabel netral). Dalam kejadiankejadian badai listrik luar angkasa (space electrical storm) yang besar. Pemasang ini penting. . ada kemungkinan arus akan mengalir dari acuan tanah yang satu ke acuan tanah lain yang jauh letaknya. kabel netral biasanya tidak menimbulkan efek strum yang berbahaya. ada kemungkinan si pemegang merasakan kejutan listrik. kabel ini benar-benar berasal dari logam yang ditanam di tanah dekat rumah kita. yang biasanya disambungkan ke tanah di rumah pemakai. Kabel ini adalah acuan nol di lokasi pemakai. Tindakan ceroboh seperti ini hanya akan mengundang bahaya karena chassis alat-alat listrik di rumah tersebut mungkin akan memiliki tegangan tinggi dan akan menyebabkan kejutan listrik bagi pemakai lain. Fenomena alami ini bisa memicu kejadian mati lampu berskala besar. namun karena ada kemungkinan perbedaan tegangan antara acuan nol di kantor PLN dengan acuan nol di lokasi kita.y ke kabel fase dan kaki lampu yang lain dihubungkan ke kabel netral. kabel ini merupakan kabel pengamanan yang biasanya disambungkan ke badan (chassis) alat2 listrik di rumah untuk memastikan bahwa pemakai alat tersebut tidak akan mengalami kejutan listrik. Walaupun secara teori. jika dipegang. kabel tanah seharusnya tidak boleh digunakan untuk membawa arus listrik (misalnya menyambungkan lampu dari kabel fase ke kabel tanah).

Admitansi. Impedansi. Kekuatan medan magnet Reluktansi L Induktansi Permeabilitas Susceptibilitas magnet Unit turunan ampere coulomb volt ohm ohm meter watt farad reciprocal farad farad per meter (dimensionless) siemens siemens per meter ampere per meter weber tesla ampere-turns per weber henry henry per meter (dimensionless Unit dasar A C V A A·s J/C = kg·m2·sí3·Aí1 V/A = kg·m2·sí3·Aí2 ·m kg·m3·sí3·Aí2 W V·A = kg·m2·sí3 F C/V = kgí1·mí2·A2·s4 Fí1 V/C = kg·m2·Aí2·sí4 F/m kgí1·mí3·A2·s4 í1 S = kgí1·mí2·s3·A2 S/m kgí1·mí3·s3·A2 A/m A·mí1 Wb T V·s = kg·m2·sí2·Aí1 Wb/m2 = kg·sí2·Aí1 A/Wb kgí1·mí2·s2·A2 Wb/A = V·s/A = kg·m2·sí2·Aí2 H/m kg·m·sí2·Aí2 H m . Jumlah listrik V Perbedaan potensial R. Listrik C Kapasitansi Elastisitas Permitivitas Susceptibilitas listrik e Konduktansi. Induksi B magnet. Susceptansi Konduktivitas Medan magnet. Z Tahanan. Kekuatan medan H magnet Flux magnet m Kepadatan medan magnet. Reaktansi Ketahanan P Daya.Simbol Nama kuantitas I Arus Q Muatan listrik.

jeruk. Masukan alumunium foil ke dalam tanah. cara kerja : y y y y bola lampu dirangkai dengan kabel dan ujung salah satu kabel tersebut dikaitkan dengan aluminium foil pisahkan sari buah dengan daging buah dengan cara diblender atau di parut masukan sari buah dan campurkan dengan tanah.1.BAB III METODE PENELITIAN 3.2. jeruk nipis. alat dan bahan : y y y y y Bola lampu Kabel Sari buah belimbing. dan belimbing wulu Tanah Penjepit/ alluminium foil 3. ( untuk setiap sari buah diperlakukan sama) .

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful