Amonia adalah senyawa kimia dengan rumus NH3.

Biasanya senyawa ini didapati berupa gas dengan bau tajam yang khas (disebut bau amonia). Walaupun amonia memiliki sumbangan penting bagi keberadaan nutrisi di bumi, amonia sendiri adalah senyawa kaustik dan dapat merusak kesehatan. Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Pekerjaan Amerika Serikat memberikan batas 15 menit bagi kontak dengan amonia dalam gas berkonsentrasi 35 ppm volum, atau 8 jam untuk 25 ppm volum.[5] Kontak dengan gas amonia berkonsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan bahkan kematian.[5] Sekalipun amonia di AS diatur sebagai gas tak mudah terbakar, amonia masih digolongkan sebagai bahan beracun jika terhirup, dan pengangkutan amonia berjumlah lebih besar dari 3.500 galon (13,248 L) harus disertai surat izin.[6] Amonia yang digunakan secara komersial dinamakan amonia anhidrat. Istilah ini menunjukkan tidak adanya air pada bahan tersebut. Karena amonia mendidih di suhu -33 °C, cairan amonia harus disimpan dalam tekanan tinggi atau temperatur amat rendah. Walaupun begitu, kalor penguapannya amat tinggi sehingga dapat ditangani dengan tabung reaksi biasa di dalam sungkup asap. "Amonia rumah" atau amonium hidroksida adalah larutan NH3 dalam air. Konsentrasi larutan tersebut diukur dalam satuan baumé. Produk larutan komersial amonia berkonsentrasi tinggi biasanya memiliki konsentrasi 26 derajat baumé (sekitar 30 persen berat amonia pada 15.5 °C).[7] Amonia yang berada di rumah biasanya memiliki konsentrasi 5 hingga 10 persen berat amonia. Amonia umumnya bersifat basa (pKb=4.75), namun dapat juga bertindak sebagai asam yang amat lemah (pKa=9.25).

amonia
Ammonia adalah bahan kimia dengan formula kimia NH3. Molekul ammonia mempunyai bentuk segi tiga. Ammonia terdapat di atmosfera dalam kuantiti yang kecil akibat pereputan bahan organik. Ammonia juga dijumpai di dalam tanah, dan di tempat berdekatan dengan gunung berapi. Oleh itu, ammonia juga terdapat di planet dan satelit semulajadi planet lain. Pada suhu dan tekanan piawai, ammonia adalah gas yang tidak mempunyai warna (lutsinar) dan lebih ringan daripada udara (0.589 ketumpatan udara). Takat leburnya ialah -75 °C manakala takat didihnya ialah -33.7 °C. 10% larutan ammonia dalam air mempunyai pH 12. Ammonia dalam bentuk cair mempunyai muatan haba yang sangat tinggi. Ammonia cair terkenal dengan sifat keterlarutannya. Ia boleh melarutkan logam alkali dengan mudah untuk membentuk larutan yang berwarna dan boleh mengalirkan elektrik dengan baik. Ammonia boleh larut dalam air. Larutan ammonia dengan air mempunyai sedikit ammonium hidroksida (NH4OH). Ketumpatan maksimum bagi ammonia yang larut dalam air untuk membentuk larutan tepu adalah 880 kg m-3. 100 dm3 boleh berpadu dengan 100 cm3 air. Ammonia tidak menyokong pembakaran, dan tidak akan terbakar kecuali dicampur dengan oksigen, di mana ammonia terbakar dengan nyalaan hijau kekuningan muda. Ammonia boleh meletup jika dicampur dengan udara. Kegunaan Larutan ammonia boleh digunakan untuk membersih, memutih dan mengurangkan bau busuk. Larutan pembersih yang dijual kepada konsumer menggunakan larutan ammonia hidroksida cair sebagai agen pembersih utama. Tetapi, pengguna haruslah berhati-hati kerana penggunaan untuk tempoh yang lama mungkin boleh merangsangkan. Ammonia sangat sesuai digunakan sebagai bahan penyejuk udara, kerana ammonia mudah menukar bentuk menjadi cecair dalam tekanan. Oleh itu, ammonia digunakan dalam hampir semua penyejuk udara sebelum penciptaan penyejuk udara yang menggunakan freon. Freon

Konsentrasi larutan tersebut diukur dalam satuan baumé.cc/2009/06/amonia.25). amonia masih digolongkan sebagai bahan beracun jika terhirup.5 °C). namun dapat juga bertindak sebagai asam yang amat lemah (pKa=9. kalor penguapannya amat tinggi sehingga dapat ditangani dengan tabung reaksi biasa di dalam sungkup asap. Walaupun begitu.0306 g/mol[1] . Produk larutan komersial amonia berkonsentrasi tinggi biasanya memiliki konsentrasi 26 derajat baumé (sekitar 30 persen berat amonia pada 15.tidak merangsangkan dan tidak toksik.co. dan boleh digunakan begitu sahaja tanpa mencampurkan bahan kimia. Biasanya senyawa ini didapati berupa gas dengan bau tajam yang khas (disebut bau amonia).[6] Amonia yang digunakan secara komersial dinamakan amonia anhidrat.500 galon (13. Sekarang. dan pengangkutan amonia berjumlah lebih besar dari 3. tetapi ia boleh menyebabkan hakisan lapisan ozon.[5] Kontak dengan gas amonia berkonsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan bahkan kematian. penggunaan ammonia sebagai bahan penyejuk udara meningkat semula.248 L) harus disertai surat izin. Baja ini sesuai untuk penanaman tumbuhan yang bergantung kepada nitrogen. Walaupun amonia memiliki sumbangan penting bagi keberadaan nutrisi di bumi.html Amonia adalah senyawa kimia dengan rumus NH3. Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Pekerjaan Amerika Serikat memberikan batas 15 menit bagi kontak dengan amonia dalam gas berkonsentrasi 35 ppm volum.75). atau 8 jam untuk 25 ppm volum.[7] Amonia yang berada di rumah biasanya memiliki konsentrasi 5 hingga 10 persen berat amonia. tetapi memburukkan keadaan tanah. http://www. "Amonia rumah" atau amonium hidroksida adalah larutan NH3 dalam air.[5] Sekalipun amonia di AS diatur sebagai gas tak mudah terbakar. Istilah ini menunjukkan tidak adanya air pada bahan tersebut. Ammonia juga digunakan dalam pembuatan polimer dan bahan letupan. amonia sendiri adalah senyawa kaustik dan dapat merusak kesehatan. seperti jagung. cairan amonia harus disimpan dalam tekanan tinggi atau temperatur amat rendah. Amonia Umum Nama sistematis Nama lain Rumus molekul Massa molar Amonia Azana[1] Hidrogen nitrida spiritus Hartshorn Nitrosil Vaporol [2] NH3 17. Ammonia membentuk baja semula jadi ketika dicampur dengan air. Karena amonia mendidih di suhu -33 °C. Amonia umumnya bersifat basa (pKb=4.ekodokcell.

R23. R34.Penampilan Nomor CAS Sifat-sifat Massa jenis and fase Kelarutan dalam air Titik lebur Temperatur autosulutan Titik didih Keasaman (pKa) Kebasaan (pKb) Struktur Bentuk molekul Momen dipol Sudut ikatan Bahaya Bahaya utama NFPA 704 Gas tak berwarna berbau tajam [7664-41-7] 0. S16.34 °C (239.42 K) 651 °C -33.mobi/id/Ammonia .25 4. R50 S: (S1/2). data diatas diberikan dalam keadaan standar(25 °C.75 piramida segitiga 1. korosif 1 3 0 Flash point Pernyataan R/S Tidak ada[4] R: R10.73 °C (195.6942 g/L. S61 BO0875000 Angka RTECS Senyawa berhubungan Ion lain Amonium (NH4+) hidroksida (NH4OH) klorida (NH4Cl) Senyawa lain Hidrazin Asam hidrazoat Hidroksilamina kloroamina Kecuali dinyatakan sebaliknya.[3] 89.9 g/100 ml pada 0 °C. S36/37/39. kaustik. S45. -77.81 K) 9. 100 kPa)]] Sangkalan umum dan referensi http://wapedia.42 D 107.5° berbahaya. gas.

data diatas diberikan dalam keadaan standar(25 °C. 100 kPa)]] Sangkalan umum dan referensi http://wapedia.Senyawa lain Hidrazin Asam hidrazoat Hidroksilamina kloroamina Kecuali dinyatakan sebaliknya.mobi/id/Ammonia .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful