P. 1
Fungsi Puasa terhadap kesabaran

Fungsi Puasa terhadap kesabaran

|Views: 264|Likes:
Published by Hanin Nazilah

More info:

Published by: Hanin Nazilah on Jan 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/18/2014

pdf

text

original

HUBUNGAN / FUNGSI PUASA TERHADAP KESABARAN

Oleh: Hanin Nazilah Tiara Ulantika A. P Maharani A. P Reny Maziatul µIlmi

(02) (19) (20) (23)

Puasa melatih kesabaran karena dalam puasa diharuskan untuk bersabar. membiasakan bertindak benar. serta melawan hawa nafsu. melahirkan sifat sederhana. Agar tidak kehilangan banyak pahala. sehari- . apabila tidak bersabar akan kehilangan banyak pahala.  Puasa merupakan sarana latihan dan peningkatan disiplin. mendidik sifat terpercaya (amanah). melatih sifat sabar. menambah tekad yang kuat dan keuletan. orang akan berlatih sabar yang kemudiaan dapat menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

sabar ketika diberikan kesenangan oleh Allah. Zakaria.´ katanya. Ia mengatakan sifat sabar merupakan sifat yang sangat mendasar. sabar dalam kesulitan. ³Bulan Ramadan ini menjadi waktu yang paling tepat bagi untuk membentuk sifat sabar. Al-Baqarah: 155). Di dalam Al-qur¶an Allah SWT berfirman : Al³Sesungguhnya akan kami berikan cobaan kepada kamu sekalian dengan sedikit ketakutan. Dan berikan kabar buahgembira kepada orang-orang yang sabar´ orang(Q. Selasa (1/9) dalam kultumnya di Mesjid Mujahiddin. kekurangan harta. yaitu sabar menghadapi cobaan. Dikatakannya ada empat hal kita harus bersabar. kelaparan.S. jiwa dan buah-buahan. dan sabar saat beribadah. Al- .    Diungkapkan Ustad M.

Bersabarlah kita saat berpuasa dan menanti berbuka. ³Sesungguhnya hanya orangorangorang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. Dari empat hal pentingnya bersabar.    ³Keutamaan sabar laksana cahaya yang bersinar yang dapat menghilangkan kegelapan dan kesukaran hidup. bersabarlah kita menahan kantuk saat sahur. Zakaria menilai bersabar dalam beribadah menjadi hal utama di bulan Ramadan. Az Zumar (39):10) .´ (QS.´ ungkapnya. ³Di Ramadan ini. kita perlu melatih sabar dalam menghadapi persoalan hidup.³ tuturnya.

disebutkan bahwa ada beberapa orang sahabat Anshar meminta kepada Rasulullah SAW. Maka habislah apa yang ada pada beliau. Allah pun akan memberikan kesabaran kepadanya dan seseorang itu tidak akan mendapatkan anugerah yang lebih baik dan lebih lapang dibandingkan kesabaran´ (Muttafaq µalaih). Setelah beliau memberikan semua apa yang ada ditangannya. beliau bersabda kepada mereka ³Apapun kebaikan yang ada padaku tidak akan aku sembunyikan kepada kamu sekalian. maka beliau memberinya.a. Barang siapa menjaga kehormatan dirinya.  Dari Abu Sa¶id Sa¶d bin Malik bin Sinan AlAlKhudry r. Kemudian mereka meminta lagi dan beliau pun memberinya. .

Untuk mencapai shalat yang khusuk. sebaiksebaikbaiknya shalat itu ketika dilakukan dengan sabar baik dalam gerakannya dan bacaannya. mestinya dalam shalat kita harus tertib dalam rukun dan syaratnya. Bukhari dan Muslim). ath- . Dikatakannya. ³Janganlah kita tergesa-gesa tergesadalam gerakan dan bacaan saat shalat.   Dalam kultumnya. ³Barangsiapa bersabar maka Alloh akan memberinya kesabaran. Zakaria juga menyampaikan pentingnya sabar saat beribadah shalat. dan tidaklah Alloh memberikan rezeki yang lebih baik dan lebih luas bagi seorang hamba daripada sifat sabar.´ (HR. ath-Thabrani).´ anjurnya. Dalam hadist shohih juga disebutkan ³Sabar adalah setengah dari iman dan yakin adalah iman yang sempurna.´ (HR.

. Percayalah apa yang tengah kita jalankan saat ini. Sama sekali tidak ada yang sia-sia dalam proses yang siakita jalani. pasti akan ada buahnya kelak. Sabar dan ikhlas untuk terus berproses menjalani aktivitas yang tengah anda jalani ini. Dengan sabar dan ikhlas kita tidak akan mudah menyerah. Pantang berkata mundur.

merokok (menahan hawa nafsu) dari waktu imsyak sampai beduk magrib. Saat puasa adalah waktu yang kita tahan. waktu minum semua kita harus menunggu. melihat makanan yg menggiurkan dan sekali lagi kita harus sabar menunggu magrib untuk mengijinkan semua nya itu melintas di tenggorokan kita. Kita tidak makan. Saat menunggu itulah kita memerlukan kesabaran yang amat sangat. minum. . Dimana dijalan kita melihat minuman yang segar. Waktu makan.

ingin dapat jodoh harus sabar. semua hal yang kita jalani harus penuh dengan kesabaran karena dengan kesabaran. Sama seperti hidup ini semua yang dijalani harus dengan kesabaran. ingin punya jabatan harus sabar. hal-hal yang kita halkerjakan akan menghasilkan sesuatu yang maksimal dan mengurangi resiko µberantakan¶ dalam bekerja. . Ingin kaya harus bersabar.

jabatan. Kalau sekarang kita belum punya kekayaan. ketidakpercayaan dalam prosesnya.  Ada beberapa ustadz mengatakan. Allah sudah mengatur semua nya dan Allah juga yang sudah mengatur waktu nya. . ³coba terapkan prinsip puasa dalam kehidupan sehari hari. usaha. ihtiar dan pasti ada waktu nya di mana kita mendapatkan nya. jodoh kita harus bersabar. Memang waktu menunggu itu kadang ada kebimbangan. keresahan.´ Artinya jangan memaksa sesuatu yang belum saat nya tiba.

Tetapi saat waktu berbuka puasa tiba. Sama seperti puasa. buah yang segar dan itu seperti khayalan saat kita membayangkannya pada waktu dzuhur. dahaga dan lapar kita terbalaskan hanya dengan segelas es teh manis. . kolak yang gurih. saat menunggu magrib kita membayangkan es campur yg manis. soto yang panas.

tenang. rasa bersalah. Yang penting kita berdoa dan ihtiar. maka yang kita tunggutunggutunggu itu semuanya akan terasa nikmat. Coba bandingkan jika kita berbuka puasa di tengah hari. kalem apabila kita berbuka puasa pada waktunya. Jadi. Apabila kita menunggu dengan bersabar. takut. Menunggu itu pasti akan datang waktunya. tidak enak rasanya.  Kita akan duduk manis. pasti tidak nyaman. Allah memberikan pelajaran bagi kita bahwa kita harus sabar. . semua bercampur menjadi satu.

Terima Kasih Atas Perhatiannya .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->