PERBEDAAN PERILAKU AGAMA KELOMPOK SANTRI DAN ABANGAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT PANTURA DESA KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN

CIREBON

Yang Disusun Oleh: ABDUL RIFA’I NIM. 505720081 Telah Diujikan Pada Tanggal 7 Mei 2010 Dan Dinyatakan Memenuhi Syarat Untuk Memeroleh Gelar Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I) Dengan Penguji Ketua Anggota Sekretaris Anggota

Prof. Dr. H. Adang Djumhur, S., M.Ag NIP: 1959 03211983031002 Pembimbing/Penguji I,

Prof. Dr. H. Abdullah Ali, M.A NIP: 1949 11271980031001 Pembimbing/Penguji II,

Prof. Dr. H. Abdullah Ali, M.A NIP: 1949 11271980031001

Prof. Dr. H. Adang Djumhur, S., M.Ag NIP: 1959 03211983031002 Penguji,

Prof. Dr. H. Imron Abdullah, M.Ag NIP: 195408101989031002 Direktur,

Prof. Dr. H. Adang Djumhur, S., M.Ag NIP: 1959 03211983031002

Dedi Djubaedi. Pembimbng II. H. H. 131 404 221 PROGRAM PASCASARJANA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) CIREBON 2010 . Maksum. Prof. MA NIP. Dr.LEMBAR PERSETUJUAN PERBEDAAN PERILAKU AGAMA KELOMPOK SANTRI DAN ABANGAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT PANTURA DESA KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON TESIS Diajukan Oleh: ABDUL RIFA’I NIM. MA NIP. 150 235 951 Dr. 505720081 Telah disetujui pada tanggal Desember 2010 Pembimbing I.

Pernyataan ini dibuat dengan sejujurnya dan dengan penuh kesungguhan hati. MA . kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk sumbernya dan disebutkan dalam daftar pustaka. sesuai peraturan yang berlaku. Cirebon.PERNYATAAN KEASLIAN Bismillahirrahmanirrahim Yang bertanda tangan di bawah ini: Nama NIM Konsentrasi : ABDUL RIFA’I : 505720081 : Psikologi Pendidikan Islam pada Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon Program Studi : Pendidikan Islam Menyatakan bahwa TESIS ini secara keseluruhan adalah ASLI hasil penelitian saya. Dr. Desember 2010 Yang menyatakan ABDUL RIFA’I NIM. Maksum. H. disertai kesiapan untuk menanggung segala resiko yang mungkin diberikan. 505720081 Prof. apabila dikemudian hari ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan atau ada klaim terhadap keaslian karya saya ini.

Dr. Desember 2010 Pembimbing I. telah dapat diujikan. H. Direktur Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon diCIREBON Assalamu'alaikum Wr. Dedi Djubaedi. Bersama ini kami kirimkan naskahnya untuk segera diujikan dalam sidang ujian tesis Program Pascasarjana STAIN Cirebon.Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon NOTA DINAS Lampiran Perihal : 5 (lima) lembar : Penyerahan Tesis Kepada Yth. Wb. MA NIP. Setelah membaca. Wassalamu'alaikum Wr. 150 235 951 Dr. H. kami berpendapat bahwa tesis saudari Siti Maryam Munjiat yang berjudul PERBEDAAN PERILAKU AGAMA KELOMPOK SANTRI DAN ABANGAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT PANTURA DESA KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON. Cirebon. MA . Prof. meneliti. Wb. dan merevisi seperlunya. Maksum. Atas perhatian saudara saya sampaikan terima kasih.

MA NIP. Desember 2010 Pembimbing II. H. Wb. 131 404 221 PERSEMBAHAN . Direktur Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon diCIREBON Assalamu'alaikum Wr. meneliti. Setelah membaca. telah dapat diujikan. Dedi Djubaedi. Bersama ini kami kirimkan naskahnya untuk segera diujikan dalam siding ujian tesis Program pascasarjana STAIN Cirebon. kami berpendapat bahwa tesis saudari Siti Maryam Munjiat yang berjudul PERBEDAAN PERILAKU AGAMA KELOMPOK SANTRI DAN ABANGAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT PANTURA DESA KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON. Wb. dan merevisi seperlunya. Dr. Atas perhatian saudara saya sampaikan terimakasih. Cirebon.Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Cirebon NOTA DINAS Lampiran : 5 (lima) lembar Perihal : Penyerahan Tesis Kepada Yth. Wassalamu'alaikum Wr.

Dengan rasa kasih sayang yang dalam. Amiin ya Rabbal 'alamiin. Ulfah mudah-mudahan Allah menempatkan mereka pada derajat yang mulia di dunia dan di surga-Mu. Selama perkuliahan dari tahun 2008 sampai masa bimbingan Tesis banyak didapat penulis hal dan sesuatu yang baru serta kedewasaan dalam kedisiplinan ilmu yang melewati masa suka dan duka. Mudah-mudahan Allah SWT Sang Pencipta alam semesta. Juga ucapan terimakasih serta penghargaan pada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelesaian S2 dari awal sampai penyusunan Tesis ini yaitu pihak MTs Raudlatut Tholibin Depok Cirebon. Alhamdulillah penyusunan Tesis ini dapat terselesaikan yang tentunya penulis merasakan akan kekurangan baik analisa maupun deskripsi dalam tulisan tersebut adalah keterbatasan penulis semata akan disiplin ilmu yang dikuasai sehngga masih jauh dari apa yang diharapkan. Fudoli (alm) berikut ibu terkasih Hj. Adalah atas motivasi dari si kecil Ahmad Ahfasy Rizza yang banyak melibatkan pada sisi spiritualitas penulisan tesis ini serta sang suami tercinta yang rela meluangkan waktunya untuk memberi masukan dan pandangan pada penulsan tesis ini juga tidak dipandang sebelah mata yaitu dukungan material serta do'anya dari kedua orang tua dalam penyusunan tesis ini. Khana yang telah menghibahkan program pascasarjana serta dorongan hidup dari ayahanda H. penulis sampaikan rasa terimakasih kepada kakak-kakakku dan semua saudaraku. Abidin dan H.Puji dan syukur penulis persembahkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Riwayat Hidup . Semua itu tidak lepas karena hidayah dan 'inayah-Nya yang melimpah ruah. keponakanku baik langsung atau tidak yang telah memberikan support dan harapan-harapan (do'a) pada penulis untuk meneruskan studinya pada jenjang yang lebih tinggi dari mereka yaitu Pascasarjana STAIN Cirebon. Maha Bijaksana Maha Pengasih lagi Maha Penyayang memberikan balasannya yang lebih baik atas kebaikan dan amal sholeh yang telah dilakukan. Penulis juga goreskan tulisan ini untuk mertua H. Keikhlasan dan kepeduliannya pada anak-anaknya untuk menimba ilmu yang luas dan bermanfat untuk diri dan masyarakatnya serta penuh kasih dan sayang dilimpahkan pada si Ganteng Ahmad Ahfasy Rizza Rifa'I dan si Cantik Zahwatus Sa’adah selama ditinggal untuk menggapai cita yang mulia.…hanya pada Allah SWT bermuaranya rasa syukur tersebut dan ridla-Nya yang selalu diharap. tidak ketinggalan isteri tercinta Siti Maryam Munjiat yang tidak terbatas meluangkan waktu dan kesempatannya. Segalanya.

Bersamaan itu pula penulis melanjutkan studinya di Program Pascasarjana STAIN Cirebon Konsentrasi Psikologi Pendidikan Islam. Jenjang pendidikan dilanjutkan pada Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo Kediri (1994-1999) kemudian melanjtkan Strata I Fakultas Adab Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1999-2004). Jenjang pendidikannya dimulai dari Sekolah Dasar IPPOR Negeri Karangkendal serta Madrasah Ibtidaiyyah Baabusaalaam Karangkendal Kapetakan Cirebon(1982-1988). Pada 28 Januari 2005 telah resmi menjadi warga blok Cibogo Desa Warujaya Kec. Sebelum nikah tinggal di Karangkendal Kapetakan Cirebon.Rifa’i. Pengabdian akademik dimulai dengan menjadi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Tsanawiyah (2005-Sekarang) pada Yayasan Pendidikan Islam Raudlatut Tholibin Warujaya Depok Cirebon. KATA PENGANTAR .Abdul Rifa’i lahir di Cirebon 16 Oktober 1976 dari orang tua Ayah H.(1988-1991). Depok Kab. Ahmad Ahfasy Rizza Rifa’i dan Zahwaatus Sa’adah. Selang satu tahun kemudian (28 Januari 2005) menikah dengan Siti Maryam Munjiat –adik kelas selama akademisi di IAIN SUKA YK. Fudoli (alm) dan ibu Hj. dan Madrasah Aliyah Negeri Ciwaringin (1991-1994) tinggal di Pesantren alBarkah Babakan Ciwaringin. Pada tahun 2005-2006 melanjutkan Akta-IV STAIN Cirebon dan alhamdulillah sekarang telah dikaruniai 2 anak (laki-laki dan perempuan). Pada tahun 2007-2008 masuk menjadi Asisten Dosen di STAIN Cirebon dan tahun Akademik 2009/2010 menjadi Dosen Tidak Tetap di STIKES Cirebon Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Ulfah. melanjutkan pada MTs. Negeri Karangkendal. Cirebon oleh ikatan nikah. Baabussalaam Karangkendal -sekarang sudah MTs.

Dr. 2. 4. Bapak Prof. 3.Ag selaku Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. fasilitas. H. . H. aamiin. para sahabatnya yang dengan sepenuh jiwa dan raganya mengais ridla dan hidayah-Nya serta para pengikutnya dan dengan penuh harap kami sebagai umat yang mendapat syafaat darinya.Bismillaahirrahmaanirrahiim. Tentunya. MA selaku Pembimbing I. penulis dengan penuh kesadaran bahwa tidak akan terwujud sebuah tesis ini tanpa adanya bantuan dan bimbingan. Abdullah Ali. Untuk itu penulis menghaturkan terima kasih kepada yang terhormat: 1. karunia dan hidayah-Nya. Merupakan persyaratan dalam rangka memperoleh gelar Magister pada Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Psikologi Pendidikan Islam (PPI) IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah penyusunan tesis ini. dan kesempatan yang didapatkan selama ini. puji syukur kehadirat Allah SWT. Dr. Attabiq Luthfi selaku Pembimbing II. M. yang telah memberi rahmat.. Bapak Prof. Dr. Alhamdulillaahirabbil'aalamiin. Matsna selaku Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sholawat dan salam kami sanjungkan selalu kepada Nabi besar Muhammad SAW. Adang Djumhur Salikin. Bapak Prof. Bapak Dr. sehingga tesis yang berjudul PERBEDAAN PERILAKU AGAMA KELOMPOK SANTRI DAN ABANGAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT PANTURA DESA KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON ini penulis dapat menyelesaikannya dengan baik.

pembaca. tokoh Masyarakat.5. 7. moril dan spiritual. dan khususnya bagi penulis. Dalam penulisan tesis ini tidak terlepas dari keterbatasan keilmuan dan pengetahuan penulis. Kata akhir dari penulis semoga sedikit banyak tesis ini memberi kontribusi berupa kemanfaatan dan hikmah bagi pecinta dunia pendidikan. dengan penuh harap penulis membuka dan menanti masukan. Mei 2010 Penulis . Cirebon. Oleh karena itu. Yayasan Raudlatuttholibin khususnya pada MTs Raudlatut Tholibin Warujaya Depok Cirebon. kritikan dan saran pada semua pihak yang peduli demi kelengkapan tesis ini. dan pihak-pihak yang terlibat selaku obyek penelitian tesis ini. Orang tua penulis dan semua pihak yang telah memberikan kontribusinya materi. 6. Kuwu Desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.

yaitu sebagai golongan sosio-religius. lewat sesuatu yang tampak darinya dalam pelaksanaan. Abangan. Psikologi adalah studi tentang esensi perilaku. selain itu juga mendeskripsikan perilaku agama kelompok masyarakat santri dan abangan. Perbedaan Perilaku Agama Kelompok Santri dan Abangan di Lingkungan Masyarakat Pantura Desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon Santri dan abangan untuk skala nasional seperti yang diungkapkan Geertz dalam penelitiannya di Mojokuto-Pare. dan Santri adalah bukan kategori-kategori absolut akan tetapi sesuatu yang dinamis. dan kedua sebagai kekuatan sosial politik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan –field reserch yang bersifat deskriptif analitik yaitu agar obyek penelitian bisa dijelaskan dan dijabarkan serta menganalisis perilaku keagamaan masyarakat Karangkendal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelompokkan sosial masyarakat Pantura di Karangkendal Kapetakan Cirebon berdasarkan klasifikasi kelompok santri dan abangan menurut konsep Geertz. fenomena kedua varian itu ternyata masih bisa ditemukan dan dibuktikan keberadaanya meskipun tidak secara total sepenuhnya sama dengan yang dipotret oleh Geertz. NIM 505720081. Kediri sepakat untuk tidak relevan lagi. Akan tetapi. tentang perilaku secara umum.ABSTRAK Abdul Rifa’i. Hal yang penting juga adalah bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan perilaku agama antara kelompok santri dan abangan di lingkungan masyarakat pantura Desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. tindakan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Dalam memperjelas pengertian abangan-santri dilihat dari dua segi. dengan tekun dan rajin. Kondisi geografis. klimatologis dan subur-tandusnya suatu daerah berpengaruh terhadap tingkah laku orang-orang setempat. Demikian pula yang terjadi di Karangkendal Kapetakan Cirebon adalah kasuistik yang tidak sama dengan daratan Mojokuto-Kediri. Satu hal yang perlu dilihat adalah pengelompokkan sosial Jawa yang pedalaman dan pesisiran. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful