P. 1
TINJAUAN PUSTAKA

TINJAUAN PUSTAKA

|Views: 742|Likes:
Published by Rizky Hardiansyah

More info:

Published by: Rizky Hardiansyah on Jan 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2013

pdf

text

original

TINJAUAN PUSTAKA

Jaringan dalam biologi adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama dari sekumpulan jaringan yang akan membentuk organ. Cabang biologi yang mempelajari jaringan adalah histology. Sedangkan ilmu biologi yang mempelajari jaringan dalam hubungannya dengan penyakit adalah histologi (Anonymous, 2009 )

Jaringan di bedakan menjadi dua, yakni jaringan tumbuhan dan jaringan hewan. Jaringan tumbuhan adalah sekumpulan sel-sel tumbuhan yang mempunyai bentuk, asal, fungsi dan struktur yang sama. Jaringan pada tumbuhan di bedakan menjadi dua yaitu meristem primer dan meristem sekunder. Sedangkan jaringan hewan adalah sekumpulan sel-sel hewan yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama, di bedakan menjadi empat yakni jaringan otot, Jaringan ikat, Jaringan syaraf dan jaringan ephitelium.

Jaringan tumbuhan adalah sekumpulan sel-sel tumbuhan yang mempunyai bentuk, asal, fungsi dan struktur yang sama. Pada jaringan tumbuhan terdiri atas jaringan meristem dan jaringan permanen. Jaringan meristem adalah jaringan yang sel-selnya selalu membelah, JAringan meristem di bedakan menjadi dua yaitu meristem primer yang terdapat pada titik tumbuh dan meristem sekunder terdapat pada cambium. Sedangakan jaringan permanen adalah jaringan yang tidak meristematis. Jaringan primer di bedakan menjadi 4 yaitu jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan penyokong (kolenkim dan skelerenkim) dan jaringan pengangkut( xylem dan Floem )(Anonymmous, 2009).

Jaringan hewan adalah sekumpulan sel hewan yang mempunyai sttruktur dan fungsi yang sama. Jaringsn di dalam tubuh hewan mempunyai sifat yayng khusus dalam melakukan fungsinya seperti jaringan otot, Jaringan ikat, Jaringan syaraf dan jaringan ephitel. Berdasarkan fungsinya, jaringan epitel di bedakan menjadi empat yaitu epitel proteksi, epitel kelenjar , epitel absorbs, dan epitel sensori dan berdasarkan bentuknya yaitu epitel pipih selapis, epitel pipih berlapis, epitel kubus selapis, epitel kubur berlapis, epitel silindris selapis, epitel silindris berlapis, epitel silindris bersila, dan epitel transisional. Jaringan otot dibedakan menjadi tiga, yaitu jaaringan otot ppolos, otot larik dan otot jantung sedangkan jaringan ikat di bedakan menjadi enam yakni jaringan kartilago, jaringan orleon, jaringan darah, jaringan limfa, jaringan lemak, jaringan ikat padat, dan jaringan ikat longgar. (Laila, 2004)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->