Apa Itu Front Office dan Back Office??

Posted on Oktober 9, 2009 by dahnash| 1 Komentar

Setiap bisnis yang mengandalkan pelayanan langsung kepada customer atau pelanggan, istilah front office dan back office bukanlah istilah yang asing. Dunia perhotelan, travel agent, dan swalayan adalah sedikit contoh dari bisnis yang menerapkan system ini. Secara garis besar, front office adalah orang atau sekelompok orang yang berurusan langsung dengan customer terkait dengan jasa yang ditawarkan. Customer atau calon custmer datang mencari informasi atau melakukan transaksi jual beli dilayani oleh staff front office. Sedangkan back office adalah orang atau sekelompok orang yang bertugas mengurusi laporan-laporan penjualan, keuangan maupun masalah administrasi dan tidak secara langsung melayani konsumen. Untuk bisnis swalayan/minimarket/supermarket/mall, petugas seperti kasir, pramuniaga, supervisor adalah staff-staff yang bertugas sebagai front office. Khusus untuk kasir, mereka mendapat tugas khusus selain menerima pembayaran- seperti yang sering kita lihat di mall/minimarket/swalayan, juga bertugas memberi laporan penjualan kepada staff back office agar staff back office mendapatkan informasi lengkap tentang ketersediaan barang / stock, profit yang diperoleh, serta hal lain yang terkait dengan transaksi penjualan. Selain hal tersebut, staff back office memiliki tanggung jawab lain yaitu mengecek stock barang yang hampir habis, mengecek barang-barang yang sudah dekat masa kadaluarsa, melakukan pemesanan/order barang ke supplier, mengecek barang yang kurang laku untuk di retur/diganti, urusan hutang piutang/kredit, serta laporan lain yang sudah tersaji lengkap dalam computer dengan software khusus. Satu hal yang pasti, staff back office membuat laporan tersebut dan diserahkan kepada atasan. Khusus untuk kredit, tidak semua swalayan/minimarket menerapkan system ini, namun digunakan atau tidak-fasilitas ini sudah ada dalam setiap software yang lengkap.

Pengertian Hotel dikutip dari Surat Keputusan Menparpostel yaitu : SK: KM34/HK103/MPPT-87.Pada saat ini kita coba membahas tentang unsur akomodasi Perhotelan ini. yang dikelolah secara komersial serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan dalam surat keputusan. makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum. PERANAN FRONT OFFICE . khususnya Font Office Hotel (Kantor Depan Hotel) Sebelum itu kita lihat kutipan tentang pengertian Hotel dibawah ini. Hampir semua kegiatana yang ada dikantor (front office) depan berhubungan dengan tamu. yaitu : Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagaian/seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan.Kita bisa bayangkan betapa sulit dan repot bila transaksi-transaksi maupun laporanlaporan tersebut dilakukan tanpa bantuan software yang berkualitas. baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena itulah banyak orang berlomba-lomba menawarkan software kepada pelaku usaha minimarket/swalayan dari yang harganya sangat murah hingga software yang harganya selangit. Fungsi & Peranan Front Office Pada Sebuah Hotel Salah satu unsur akomodasi pada industri Pariwisata kita adalah Perhotelan. Oleh sebab itu Front office memiliki fungsi dan peranan penting dalam operasi sebuah hotel.

Front office mampu melakukan tindakan secara diplomatis yaitu menjaga dan menetralisir suasana hubungan baik dengan pihak lain yang berhubungan dengan hotel. Selain menjual produk hotel seperti kamar. Penyimpan Data (Record Keeper). karyawan front office harus dapat berperan secara aktif sebagai orang yang berhubungan dengan masyarakat. karena pada front office ini lebih banyak berhubungan dengan tamu dibandingkan departemen lain. front office merupakan tempat untuk menyelesaikan masalah tamu. Pemecah Masalah (Problem Solver). Front office departement merupakan sumber dan pusat penyimpanan data dalam kegiatankegiatan sehari-hari dihotel. terutama keluhan-keluhan tamu. Pemberi Informasi (Information Giver). Sebagai Koordinator Kegiatan Pelayanan (Service Coodinator). petugas yang berada di front office diharapkan mampu memberikan keterangan yang jelas dan benar tentang fasilitas dan produk hotel dan harus mengetahui kejadiankejadian serta peristiwa-peristiwa penting diluar hotel yang berhubungan dengan kebutuhan tamu. Dapat Melakukan Tindakan Secara Diplomatis (Diplomatic Agent). front office juga berperan sebagai tempat koodinator pelayanan . Diharapkan dapat berperan sebagai internal public reletions yang memberikan citra baik terhadap tamu hotel. terutama masyarakat pengunjung yang datang kehotel. Sebagai Wakil dari Hubungan Masyarakat (Public Relations Agent). juga mampu menjual fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Hotel. Orang-orang Yang Mampu Menjual (Sale Person). Ada 8 peran penting dari Front Office Departemnt. dalam keadaan tertentu front office dapat berperan sebagai wakil dari manajemen. Sebagai The Hub of Activities. antara lain : y y y y y y y y Merupakan Wakil dari Manajemen (Management Representative).Front Office mempunyai macam-macam peran. setiap mereka yang berada di front office diharuskan mampu dan memiliki Salesmanship. seperti menyelesaikan masalah tertentu yang biasanya diselesaikan oleh pihak manajemen.

menampung. menyelesaikan keluhan tamu Melayani penitipan barang-barang berharga Melakukan kerja sama yang baik dengan departemen lain untuk kelancaran operasional hotel y y y .informasi dan kegiatan departemen lain di komunikasikan melalui Front Office. FUNGSI FRONT OFFICE DEPARTEMENT y y y y y y y y Menjual Akomodasi Hotel Menyambut dan mendaftar tamu-tamu yang akan check ± in Melayani pemesanan kamar Memantau perkembangan situasi kamar (Room Status) secara akurat Menyiapkan berkas-berkas pembayaran tamu (Guest bill) Menangani semua surat yang masuk ke dalam dan keluar hotel Menangani fasilitas komunikasi Melayani dan memberikan informasi serta permintaan-permintaan pelayanan lainnya Melayani.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful