MUSIK TRADISIONAL

Musik Tradisional Indonesia Juli 5, 2008 NKRI adalah sebuah negara yang meliputi ribuan pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, dimana dari sekian banyaknya kepulauan beserta masyarakatnya tersebut lahir, tumbuh dan berkembang berbagai budaya daerah. Seni tradisional yang merupakan jati diri, identitas dan media ekspresi dari masyarakat pendukungnya. Hampir seluruh wilayah NKRI mempunyai seni musik tradisional yang khusus dan khas. Dari keunikan tersebut bisa nampak terlihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya. Seni tradisonal itu sendiri mempunyai semangat kolektivitas yang tinggi, sehingga dapat dikenali karakter dan ciri khas masyarakat Indonesia, yaitu yang terkenal ramah dan santun. Untuk lebih mengenal lebih dekat musik tradisional kita dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok yaitu : 1. Instrumen Musik Perkusi. Perkusi adalah sebutan bagi semua instrumen musik yang teknik permainannya di pukul, baik menggunakan tangan maupun stik. Dalam hal ini beberapa instrumen musik yang tergolong dalam alat musik perkusi adalah Gamelan, Kendang, Kecapi, Arumba, Talempong, Sampek dan Kolintang, Rebana, Bedung, Jimbe dan lain sebagainya. a. Gamelan adalah alat musik yang terbuat dari bahan logam, gamelan berasal dari daerah Jawa tengah, Yogyakarta, Jawa Timur juga di Jawa Barat disebut dengan Degung dan di Bali disebut Gamelan Bali. Satu perangkat gamelan terdiri dari instrumen saron, demung, gong, kenong, slentem, bonang, peking, gender dan beberapa instrumen lainnya. Disamping itu gamelan mempunyai nada pentatonis/pentatonic.
1

Jungga dari Sulawesi Selatan. Rebab terbuat dari bahan kayu dan resonatornya ditutup dengan kulit tipis. Sasando adalah alat musik petik berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur. Pad awalnya arumba menggunakan tangga nada pentatonis namun dalam perkembangannya menggunakan tangga nada diatonis. Kecapi adalah alat musik petik yang berasal dari daerh Jawa Barat. Rebana adalah jenis alat musik yang biasa di gunakan dalam kesenian yang bernafaskan Islam. h. Jawa Timur dan Bali kendang selalu digunakan dalam permainan gamelan baik untuk mengiringi tarian. kecapi ini terbuat dari bambu dengan diberi dawai/senar sedangkan untuk resonasinya di buat dari anyaman daun lontar yang mempunyai bentuk setengah bulatan. Talempong adalah seni musik tradisi dari Minangkabau. Kendang adalah sejenis alat musik perkusi yang membrannya berasal dari kulit hewan (kambing). wayang dan ketoprak. f. Arumba (alunan rumpun bambu) berasal dari daereah Jawa Barat. Tifa adalah alat musik sejenis kendang yang dapat di jumpai di daerah Papua. mempunyai dua buah senar/dawai dan mempunyai tangga nada pentatonis. Talempong adalah alat musik bernada diatonis (do. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu yang dipenuhi dengan ornamen/ukiran yang indah. Alat musik ini mempunyai tangga nada diatonis yang semua instrumennya terdiri dari bas. Di Jawa Tengah. Kendang atau gendang dapat dijumpai di banyak wilayah Indonesia. mi. Maluku dan Nias. melodis dan ritmis. Di daerah Jawa Barat kendang mempunyai peranan penting dalam tarian Jaipong.b. g. c. e. la. d. Instrumen Musik Gesek. Instrumen musik tradisional yang menggunakan teknik permainan digesek adalah Rebab. Bahan dasar dibuat dari kayu dan cara untuk memainkan alat musik ini di pukul dengan menggunakan stik. kotak kayu tersebut berguna sebagai resonatornya. Jawa Tengah. Sampek (sampe/sapek) adlah alat musik yang bentuknya menyerupai gitar berasal dari daerah Kalimantan. 2. Bentuk organologi kecapi adalah sebuah kotak kayu yang diatasnya berjajar dawai/senar. Kolintang atau kulintang berasal dari daerah Minahasa. si. Yogyakarta. Alat musik yang menyerupai kecapi adalah siter dari Jawa Tengah. Rebab berasal dari daerah Jawa Barat. fa. sol. Alat musik petik lainnya yang bentuknya menyerupai sampek adalah Hapetan dari daerah Tapanuli. Jakarta (kesenian betawi). Instrumen musik tradisional lainnya yang mempunyai 2 . re. rebana dapat dijumpai hampir di sebagian wilayah Indonesia. do). Arumba adalah alat musik yang terbuat dari bahan bambu yang di mainkan dengan melodis dan ritmis.

Berikutnya Ldr. serunai dapat dijumpai di Sumatera Utara. Untuk memudahkan anda memutar dalam media player. serompet. Jawa Barat. saya ripping kedalam format mp3. Rebab jenis ini dapat dijumpai di Bali. sebuah CD original dalam format cda. Pangkur lanjut 3 .  -$9$1(6(086. 3. Seni musik tradisional yang menggunakan alat musik seperti ini adalah kesenian rakyat Tapanuli. Suling Lembang berasal dari daerah Toraja yang mempunyai panjang antara 40 ± 100 cm dengan garis tengah 2 cm. Jawa dan Kalimantan Selatan.& Inilah oleh-oleh sebagai hadiah dari adik yang habis mudik ke Solo. Madura dan Papua. Suling adalah instrumen musik tiup yang terbuat dari bambu hampir semua daerah di Indonesia dapat dijumpai alat musik ini. Tarompet. Instrumen Musik Tiup. selompret adalah jenis alat musik tiup yang mempunyai 4 ± 6 lubang nada dan bagian untuk meniupnya berbentuk corong. Kalimantan.bentuk seperti rebab adalah Ohyan yang resonatornya terbuat dari tempurung kelapa. Musik Jawa dalam CD tersebut adalah berupa gegendingan Uler Kambang dilanjutkan Kutut Manggung diteruskan Playon laras pelog pathet barang. Jawa Timur. Saluang adalah alat musik tiup dari Sumatera Barat.

Uler Kambang. Ia memohon kepada Tuhan YME. (This gending tells about a love of a wife to her husband. penyanjungnya terhadap burung piaraannya. gending untuk mengiringi peperangan. she was sorrowfully letting him go while she prayed for his safety. However. i. a turtle dove. This attitude should be an example to love animals). Rambangan Asmorodono.e. out of his knowledge she went after him to battlefield cause she could not let him get injured in war). When her husband said goodbye to her to go defence their country in battlefield. sang istri dengan sedih mengijinkannya sambil berdoa didalam hati untuk keselamatan suaminya itu. i. He prayed to God for the Princess will respond his love). He always commit and never weary to feed it everyday. Kutut Manggung. (His praise to his pet. Ketika suaminya pamit ke medan perang untuk membela negara. to encourage soldier who were fighting in battlefield). yaitu burung perkutut.e.Rambangan Asmorodono kemudian Srepeg terus Rambangan Gobyog laras slendro pathet manyura. yaitu untuk memberikan semangat kepada para prajurit yang sedang bertempur di medan perang. Namun lalu dengan diam-diam ia menyusul suaminya ke medan perang karena khawatir suaminya mendapat kecelakaan disana. 4 . (Gending for accompany war. mencerminkan kecintaan seorang istri kepada suaminya. melambangkan seorang pemuda yang sedang jatuh cinta. Dengan tekun dan tidak jemu-jemunya ia memberi makan dan minum setiap hari. just like keeping a Princess. agar cintanya terbalaskan oleh sang Putri. bagaikan merawat seorang putri. (Simbolized a man who is falling in love. Srepeg.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful