MEMAHAMI KOMUNIKASI BISNIS

 Tujuan Pembelajaran:  Mampu membedakan komunikasi verbal & non verbal  Mampu menjelaskan terjadinya proses komunikasi  Mampu mengidentifikasikan sebab-sebab munculnya kesalahpahaman dalam komunikasi  Mampu menjelaskan cara untuk memperbaiki komunikasi.  Arti :  Komunikasi adalah : ³Proses pertukaran informasi antara individu2 melalui suatu sistem biasa baik melalui simbol, sinyal maupun perilaku & tindakan.´  Komunikasi Bisnis adalah :´Komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal´.
Memahami Komunikasi Bisnis 1

Memahami Komunikasi Bisnis 2 . presentasi. misal . Bentuk komunikasi terbagi atas: Komunikasi Verbal (Verbal communication) : Merupakan bentuk komunikasi yang disampaikan kepada pihak lain melalui tulisan (written) dan lisan (oral). melalui proses penyampaian pesan melalui tulisan (written) atau lisan (oral) disertai bahasa tubuh (gerak isyarat dan tindakan). menonton televisi dsb. Intinya: Komunikasi ini bertujuan agar audience memahami apa yang disampaikan oleh komunikator. terutama yg berhubungan dengan peristiwa lalu. dan membentuk situasi menjadi lebih menarik dan menggairahkan. Penyampaian komunikasi secara verbal dianggap lebih leluasa.Bentuk Dasar Komunikasi   1. Orangnya = komunikator = harus tahu bagaimana menempatkan kata yg membentuk suatu arti. mendengar radio. mendengarkan & membaca . berbicara & menulis.

e-maill. hands-out. surat penugasan untuk kegiatan perusahaan Surat telefax. Naskah. Laporan formal. spanduk. poster. baliho dsb.Komunikasi Lisan Penyampaian perintah. iklan. brosur. Memahami Komunikasi Bisnis 3 . sebagai bahan masukan untuk menyusun strategi. telex untuk koresponden dengan pihak ketiga antar bagian perusahaan. rencana kerja. penjelasan dan bimbingan tugas kepada bawahan Presentase bisnis di depan forum atau audience Berdiskusi dalam suatu tim kerja Berbagai wawancara kerja Pembicaraan bisnis melalui telepon atau teleconference Komunikasi tertulis      Formulir. kertas kerja Sarana promosi. atau pengambilan keputusan. memorandum.

gambar dan statistik  Penerima pesan terpisah jarak jauh  Memerlukan laporan. grafik. Komunikasi Lisan Diperlukan bilamana pesan yang akan disampaikan sgt penting dan rahasia dan membutuhkan tanggapan yg cepat dari penerima pesan 2. data atau dokumen tertulis untuk arsip  Tidak dibutuhkan tanggapan cepat dari penerima pesan Memahami Komunikasi Bisnis 4 . Komunikasi Tertulis  Pesan atau objek yg ingin disampaikan cukup banyak dan komplek perlu penjelasan panjang lebar atau teknis. perlu visualisasi pesan dlm bentuk angka.Bentuk Komunikasi 1.

Kemampuan mendengar yang baik merupakan hal yang sulit. orang sering kesulitan memahami pesan penting dari suatu bacaan. Bisnis terkadang cenderung lebih suka memperoleh/ mendapatkan informasi daripada menyampaikan sehingga sangat dibutuhkan keterampilan mendengar (listening) dan membaca (reading).memo & laporan).lanjutan Catatan : o o o o o o Pesan yang penting dan kompleks. Berbicara dianggap lebih praktis dalam menyampaikan pesan bisnis. Berhubungan dengan keterampilan membaca . Komunikasi yang efektif adalah komunikasi 2 (dua) arah. sehingga informasi efektif yang tinggal memiliki tingkat reduksi yang besar. Memahami Komunikasi Bisnis 5 . lebih tepat disampaikan dengan menggunakan tulisan (surat.

bagian terpenting dari proses mendengar. harus memusatkan perhatian pada pembicaraan yang tengah berlangsung atau bahan yg sedang dibaca. dimana perlu diputuskan mana informasi yang penting dengan cara :Mencari ide pokok (main idea) dan ide-ide pendukung (supporting idea) secara rinci. Memahami Komunikasi Bisnis 6 . Menafsirkan dan menilai informasi .o Pendekatan untuk mendengar dan membaca yang efektif : o o o Mencatat informasi . Harus disadari bahwa untuk konsentrasi terhadap bacaan ataupun pendengaran perlu dibangun melalui tindakan yang berulang-ulang / latihan.

Jenis-jenis Komunikasi Verbal Mendengarkan 45% Membaca 16% Memahami Komunikasi Bisnis 7 .

Komunikasi ini sering dilakukan secara tidak sadar . Tindakannya alami dan jarang direncanakan sebelumnya (mengerutkan dahi)  Pentingnya Komunikasi Nonverbal: Isyarat komunikasi nonverbal sangat penting untuk menyampaikan perasaan dan emosi. karena tingginya tingkat kepercayaan terhadap kebenaran pesan ± pesan yang disampaikan dengan bahasa isyarat. ekspresi. simbol dan warna . berbeda dgn verbal ( ³tolong bukakan pintu itu´ . dengan penyampaian pesan yang cenderung spontan. dilakukan dengan gerakan tubuh. Memahami Komunikasi Bisnis 8 . Kebaikan Komunikasi ini adalah ³Kesahihannya (reliabilitas)´. selain itu arti pentingnya adalah karena sifatnya yang efisien ( melambai dsb). secara sadar sudah mempunya tujuan dan maksud). Komunikasi Nonverbal ( Nonverbal Communication) : Suatu bentuk komunikasi yang memiliki bentuk kurang terstruktur sehingga sulit dipelajari.1. sehingga mampu mendeteksi kecurangan atau menpertegas kejujuran pembicara.

Tujuan komunikasi nonverbal terdiri dari enam (John V. Thill dan Courtland Bovee) : 1. Menyediakan / memberi informasi Mengatur alur suatu percakapan Mengekspresikan emosi Memberi sifat. atau mengembangkan pesan-pesan verbal. Mempermudah tugas-tugas khusus. 3. menentang. 6. melengkapi. 2. sering terjadi penggabungan antara komunikasi verbal dan nonverbal dalam situasi tertentu. misalnya dalam mengajarkan permainan/olahraga tertentu. 5. Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain. 4. Memahami Komunikasi Bisnis 9 . Tujuan Komunikasi Nonverbal komunikasi nonverbal dpt berdiri sendiri tp sering berkaitan dgn ucapan (lisan).

suara dan penampilan.Relevansi Komunikasi nonverbal dalam dunia Bisnis: Dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan potensi kepemimpinan seseorang. karakteristik atau ekspresi wajah. dengan kemampuan mengelola kesan yg dibuat dgn bahasa isyarat. ia dapat melakukan komunikasi dengan baik. Memahami Komunikasi Bisnis 10 . Keuntungan yang didapat lawan bicara : kemampuan menafsirkan maksud dan sikap seseorang dengan baik dan akurat.

shg dipilih saluran komunikasi (v dan non v. penerima bekerjasama dgn mengartikan pesan. agar dpt dipahami . 1. 3. Penerima menginterpretasikan pesan.PROSES KOMUNIKASI Komunikasi adalah proses transaksi (dua arah) yg dinamis dan dapat dibagi atas fase: Pengirim mempunyai gagasan . 6. Penerima bereaksi dan mengirimkan umpan balik. menyerap dan memahaminya. Pengirim mengirimkan pesan. 2. ingin diungkapkan Pengirim mengubah gagasan menjadi pesan . 4. lokasi penerima dll. lisan dan tertulis ) dan media tergantung pesan. Memahami Komunikasi Bisnis 11 . Penerima menerima pesan. 5.

PROSES KOMUNIKASI Memahami Komunikasi Bisnis 12 .

Bentuk Hambatan Komunikasi:  HAMBATAN KOMUNIKASI ANTAR MANUSIA:  Perbedaan Persepsi dan bahasa ( persepsi thdp roti. ³penerima memahami pesan yang dimaksudkan oleh pengirim´.HAMBATAN KOMUNIKASI Keberhasilan jika . Gangguan .  Perbedaan budaya  Gangguan fisik. kue dsb)  Pendengar yang buruk  Gangguan emosional . banyak kesalahpahaman yg menyertai pesan emosional. Memahami Komunikasi Bisnis 13 . segala campur tangan dalam proses komunikasi yang mengubah atau mengaburkan yang diartikan oleh pengirim (berbagai bentuk hambatan komunikasi).

Bagaimana Pengalaman Bersama Mempengaruhi Pemahaman. Memahami Komunikasi Bisnis 14 .

Penyaringan yang tidak tepat.HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI Kelebihan beban Informasi dan Pesan yang bersaing.  Menyaring : menyingkat informasi sblm pesan diteruskan kepada orang lain (sekretaris. mesin penjawab. Iklim komunikasi Tertutup dan tidak memadai: gaya manajemen yang mengarahkan dan otoriter menghambat pertukaran informasi secara bebas dan terbuka/ciri komunikasi efektif. asisten. voice mail). Memahami Komunikasi Bisnis 15 .

informasi dan maksud baiknya. Sifat komunikator yang baik:  Persepsi . mereka mampu membaca jawaban anda dgn tepat dan terus-menerus menyesuaikan untuk mengoreksi kesalahpahaman. mereka memelihara hubungan yg bersahabat dan menyenangkan. dapat memperkirakan bagaimana anda menerima pesan mereka.  Kendali . ketika mereka selesai berbicara. bisa menyadarkan. mengantisipasi reaksi anda dan membentuk pesan sesuai dengan kebutuhan. mereka membentuk jawaban anda. anda percaya pada isi pesan. walaupun ada perbedaan.  Ketepatan. anda mempunyai gambaran mental yang sama.  Keserasian.  Kredibilitas .Cara mengatasi hambatan dan memperbaiki komunikasi. mereka menciptakan ³pertemuan pikiran´. mengubah pendapat dll. mereka dapat dipercaya. Memahami Komunikasi Bisnis 16 .

 Menciptakan dan memproses pesan secara efektif dan efisien Memahami Komunikasi Bisnis 17 .  Menggunakan teknologi secara bijaksana dan bertanggung jawab untuk memperoleh dan berbagi informasi.Pedoman efektif mengatasi hambatan dan memperbaiki keterampilan komunikasi :  Memelihara iklim komunikasi terbuka  Bertekad memegang teguh etika berkomunikasi  Memahami kesulitan dalam komunikasi antar budaya  Menggunakan pendekatan komunikasi yg terpusat pada penerima.

Temukan kasus2 krisis komunikasi dari media massa 4. Siapkan satu profil perusahaan seluler 2. Membuat surat-surat bisnis dlm klp anda 6. Membuat laporan bisnis sesuai dg bidang bisnis anda Tugas individu Memahami Komunikasi Bisnis 18 .Tugas: Buat kelompok belajar yg terdiri dr 6 kelompok Masing-masing kelompok akan mendapat tugas yang berbeda topiknya 1. Buat proposal bisnis sesuai dg perusahaan anda 5. Siapkan satu profil perusahaan operator 3.

Bagmanai menurut pendapat anda? Bagaimana cara anda dalam memperbaiki komunikasi? Memahami Komunikasi Bisnis 19 . dan komunikasi bisnis menurut anda bagaimana suatu proses komunikasi terbentuk dan bagaimana diagramnya? Ada banyak masalah yang berkaitan dg munculnya kesalahpahaman dlm komunikasi. komunikasi interpersonal.KUIS Menurut anda apa itu komunikasi? Ada dua bentuk komunikasi yaitu verbal dan non verbal. Apa pengertian dr masing-masing komunikasi tersebut? Apa perbedaan antara komunikasi intrapersonal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful