P. 1
sitem pemerintahan negara malaysia

sitem pemerintahan negara malaysia

|Views: 480|Likes:
Published by Sultan Daeng Raja

More info:

Published by: Sultan Daeng Raja on Jan 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/27/2013

pdf

text

original

SISTEM PEMERINTAHAN MALAYSIA

Federasi Malaysia adalah sebuah monarki konstitusional. Kepala negara persekutuan Malaysia adalah Yang di-Pertuan Agong, biasa disebut Raja Malaysia. Yang di-Pertuan Agong dipilih dari dan oleh sembilan Sultan Negeri-Negeri Malaya, untuk menjabat selama lima tahun secara bergiliran; empat pemimpin negeri lainnya, yang bergelar Gubernur, tidak turut serta di dalam pemilihan. Sistem pemerintahan di Malaysia bermodelkan sistem parlementer Westminster, warisan Penguasa Kolonial Britania. Tetapi di dalam praktiknya, kekuasaan lebih terpusat di eksekutif daripada di legislatif, dan judikatif diperlemah oleh tekanan berkelanjutan dari pemerintah selama zaman Mahathir, kekuasaan judikatif itu dibagikan antara pemerintah persekutuan dan pemerintah negara bagian. Sejak kemerdekaan pada 1957, Malaysia diperintah oleh koalisi multipartai yang disebut Barisan Nasional (pernah disebut pula Aliansi). Kekuasaan legislatur dibagi antara legislatur persekutuan dan legislatur negeri. Parlemen bikameral terdiri dari dewan rendah, Dewan Rakyat (mirip "Dewan Perwakilan Rakyat" di Indonesia) dan dewan tinggi, Senat atau Dewan Negara (mirip "Dewan Perwakilan Daerah" di Indonesia).222 anggota Dewan Rakyat dipilih dari daerah pemilihan beranggota-tunggal yang diatur berdasarkan jumlah penduduk untuk masa jabatan terlama 5 tahun. 70 Senator bertugas untuk masa jabatan 3 tahun; 26 di antaranya dipilih oleh 13 majelis negara bagian (masingmasing mengirimkan dua utusan), dua mewakili wilayah persekutuan Kuala Lumpur, masingmasing satu mewakili wilayah persekutuan Labuan dan Putrajaya, dan 40 diangkat oleh raja atas nasehat perdana menteri. Di samping Parlemen di tingkatan persekutuan, masing-masing negara bagian memiliki dewan legislatif unikameral (Dewan Undangan Negeri) yang para anggotanya dipilih dari daerah-daerah pemilihan beranggota-tunggal. Pemilihan umum parlemen dilakukan paling sedikit lima tahun sekali, dengan pemilihan umum terakhir pada Maret 2008.Pemilih terdaftar berusia 21 tahun ke atas dapat memberikan suaranya kepada calon anggota Dewan Rakyat dan calon anggota dewan legislatif negara bagian juga, di beberapa negara bagian. Voting tidak diwajibkan.

Kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri; konstitusi Malaysia menetapkan bahwa perdana menteri haruslah anggota dewan rendah (Dewan Rakyat), yang direstui Yang di-Pertuan Agong dan mendapat dukungan majoritas di dalam parlemen. Kabinet dipilih dari para anggota Dewan Rakyat dan Dewan Negara dan bertanggung jawab kepada badan itu.; sedangkan kabinet merupakan anggota parlemen yang dipilih dari Dewan Rakyat atau Dewan Negara. Pemerintah negara bagian dipimpin oleh Menteri Besar di negeri-negeri Malaya atau Ketua Menteri di negara-negara yang tidak memelihara monarki lokal, yakni seorang anggota majelis negara bagian dari partai majoritas di dalam Dewan Undangan Negeri. Di tiap-tiap negara bagian yang memelihara monarki lokal, Menteri Besar haruslah seorang Suku Melayu Muslim, meskipun penguasa ini menjadi subjek kebijaksanaan para penguasa. Kekuasaan politik di Malaysia amat penting untuk memperjuangkan suatu isu dan hak. Oleh karena itu kekuasaan memainkan peranan yang amat penting dalam melakukan perubahan.

Pembagian administratif
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Negara Bagian Malaysia

Peta pembagian wilayah Malaysia. Secara administratif, Malaysia memiliki 13 negara bagian (11 di Malaysia Barat dan 2 di Malaysia Timur) dan 3 wilayah persekutuan (semua tiga wilayah persekutuan digabungkan menjadi satu dalam bendera Malaysia) yang dilambangkan sebagai empat belas jalur dan sudut bintang di Bendera Malaysia yang dinamakan "Jalur Gemilang":

Malaysia Barat (Semenanjung)

Pulau Pinang Pulau Mutiara 10. Negeri Sembilan Darul Khusus 6. Putrajaya Malaysia Timur 1. Wilayah Persekutuan 1.1. Perak Darul Ridzuan 8. Kedah Darul Aman 3. Sarawak Bumi Kenyalang 3. Sabah Negeri Di Bawah Bayu 2. Perlis Indera Kayangan 9. Melaka Bandaraya Bersejarah 5. Selangor Darul Ehsan 11. Terengganu Darul Iman 12. Labuan Geografi Artikel utama untuk bagian ini adalah: Geografi Malaysia . Kuala Lumpur 2. Wilayah Persekutuan 1. Kelantan Darul Naim 4. Johor Darul Takzim 2. Pahang Darul Makmur 7.

000 km2. atau New Mexico. yaitu dari pinggir laut yang landai hingga hutan lebat dan bukit tinggi. dan luas wilayah sedemikian sebanding dengan luas wilayah Norwegia dan Vietnam. Putrajaya di pihak lain. Jumlah penduduk sedemikian cukup sebanding dengan jumlah penduduk Arab Saudi dan Venezuela. Puncak tertinggi di Malaysia (dan juga di Kalimantan) yaitu Gunung Kinabalu setinggi 4. sebuah negara bagian di Amerika Serikat. terletak di selatan negara bagian Johor.Peta Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur Pemandangan pantai di Pulau Tioman. Keduanya memiliki bentuk muka bumi yang hampir sama. jalur pelayaran terpenting di dunia. Iklim lokal adalah khatulistiwa dan dicirikan oleh angin muson barat daya (April hingga Oktober) dan timur laut (Oktober hingga Februari).2 meter di Sabah. terletak di antara Sumatera dan Semenanjung Malaysia. dengan jumlah penduduk kira-kira 27 juta dan luas wilayah melebihi 320. dipandang sebagai ibukota administratif pemerintahan persekutuan Malaysia. tetapi Kuala Lumpur masih dipandang . Selat Malaka. Meskipun banyak cabang eksekutif dan judikatif pemerintahan persekutuan telah pindah ke sana (untuk menghindari kemacetan yang tumbuh di Kuala Lumpur). Malaysia terdiri atas dua kawasan utama yang terpisah oleh Laut Cina Selatan.095. Kuala Lumpur adalah ibukota resmi dan kota terbesar di Malaysia. adalah tanjung paling selatan benua Asia. Malaysia adalah negara berpenduduk terbanyak ke-43 dan negara dengan daratan terluas ke-66 di dunia. Tanjung Piai.

yang bersama-sama dengan damar dan kayu gelondongan. . nenas. sumber daya hutan dikelola pada landasan yang berkelanjutan. Alor Star. dan tembakau mendominasi pertumbuhan sektor itu. Pemerintah Malaysia merencanakan pengayaan tanah seluas 312. ditaksir 59% daratan Malaysia masih berupa hutan. Miri. Tentang sumber daya hutan. dengan adanya komitmen pemerintah untuk melindungi lingkungan dan sistem ekologi. Tetapi. Sebagai tambahan. Kuala Lumpur juga merupakan pusat perdagangan dan keuangan Malaysia. Malaysia adalah salah satu pengekspor terbesar karet alam dan minyak sawit. Perluasan industri damar yang cepat. dampak ikutannya adalah menurunnya laju penebangan pohon. Minyak sawit juga merupakan pembangkit utama perdagangan internasional Malaysia. kakao. Kota Kinabalu. telah menghasilkan masalah erosi di hutan-hutan negara ini.30 kilometer persegi dengan rotan di bawah kondisi hutan alami dan di sela-sela tanaman karet alami sebagai komoditas panen perantara. dan Petaling Jaya. diketahui bahwa usaha penggelondongan dimulai untuk membuat kontribusi berarti bagi ekonomi Malaysia pada abad ke-19. dan pertambangan. Kota Melaka. kehutanan. Salah satu kebun teh di Malaysia. Kota utama lain termasuk Ipoh. lada. George Town. Sumber daya alam Malaysia diberkati dengan sumber daya alam semisal sektor pertanian. Kuching. khususnya setelah era 1960-an. Di sektor pertanian. Kini.sebagai ibukota legislatif Malaysia karena di sanalah beradanya kompleks gedung Parlemen Malaysia. sejumlah wilayah yang substansial diperlakukan sebagai hutan produksi (silvikultur) dan upaya penghutanan kembali terhadap lahan hutan sudah dilakukan. Johor Bahru.

Pada 2004. pernah menjadi arus utama ekonomi Malaysia. fosfat.[66] Pemerintah menaksir bahwa pada laju produksi terkini. Tiap-tiap negara bagian memelihara hak untuk menguasai sumber-sumber daya alam di dalam wilayahnya. kaolin.18 milyar barel. Malaysia pernah menjadi penghasil timah terbesar di dunia hingga runtuhnya pasar timah di permulaan tahun 1980-an. Mustapa Mohamed. timah memainkan peran dominan di dalam ekonomi Malaysia. Petronas melaporkan bahwa cadangan minyak dan gas di Malaysia berkisar pada ekuivalensi 20.Untuk terus memperkaya sumber-sumber hutan. Karet. merawan dan sesenduk juga ditanam. bauksit. Tetapi. menyatakan bahwa cadangan minyak bumi Malaysia berada pada kisaran 4. dan bebatuan dimensi seperti granit juga blok dan lempengan marmer. dan batu bara bersama-sama dengan mineral industri seperti tanah liat. Pada 1972 minyak bumi dan gas alam mengambil alih timah sebagai komoditas utama sektor pemurnian mineral. Pada 1 Januari 2007. Timah dan minyak bumi adalah dua sumber daya mineral utama yang menjadi penyokong ekonomi utama Malaysia. besi. Sarawak. dan Terengganu memiliki sumbangan penting bagi ekonomi Malaysia. silika. kini digantikan oleh minyak sawit sebagai komoditas ekspor utama pertanian Malaysia. Pada abad ke-19 dan ke-20. Mineral lain menurut tingkat kepentingan dan keberartiannya adalah tembaga. barit. Malaysia akan mampu menghasilkan minyak sampai 18 tahun dan gas sampai 35 tahun ke muka. . Penemuan minyak bumi dan gas alam di ladang minyak lepas pantai Sabah. sedangkan cadangan gas alam bertambah menjadi 89 triliun kaki kubik (2.500 km³). Pada saat yang sama. kontribusi timah semakin menurun. Pada 2004. Malaysia menduduki peringkat ke-24 menurut cadangan minyak dunia dan ke-13 menurut cadangan gas. batu gamping. spesies damar yang cepat-tumbuh seperti meranti tembaga. 56% dari cadangan minyak ada di Semenanjung sedangkan 19% di Malaysia Timur. pemerintah persekutuan menguasai minyak dan gas. seorang menteri di Departemen Perdana Menteri.84 milyar barel. penuaian pohonpohon berharga tinggi seperti jati dan pohon lainnya untuk dijadikan pulp dan kertas juga dianjurkan. Sejumlah emas dengan kadar minimalis juga diproduksi. Negara bagian yang memiliki minyak dan gas diberi royalti. Sementara itu.

bumiputra non-melayu menjadi kelompok dominan di negara bagian Sarawak (30%-nya adalah Iban). Malaysia memiliki 10% sampai 20% pekerja imigran dengan besarnya ketidakpastian jumlah pekerja ilegal.Sebagian besar komunitas India adalah Tamil (85%). Terdapat sejuta pekerja imigran . seorang Muslim dari ras manapun yang menjalankan kebiasaan dan budaya Melayu dapat dipandang sebagai Melayu dan memiliki hak yang sama ketika berhadapan dengan hak-hak istimewa Melayu seperti yang dinyatakan di dalam konstitusi. Sebaran penduduk sangat tidak merata. tetapi berbagai kelompok lainnya juga ada. dan komunitas Kristang yang kuat di Melaka. Oleh karena itu. Menurut definisi konstitusi Malaysia. Masuknya ras lain sedikit banyak mengurangi persentase penduduk pribumi di kedua negara bagian itu. secara teknis. orang Melayu adalah Muslim. dengan Suku Melayu sejumlah 50. Melebihi separo bagian dari keseluruhan penduduk. Sejumlah kecil orang Khmer dan Vietnam menetap di Malaysia sebagai pengungsi Perang Vietnam. dan 17%nya adalah Bajaus).4% menjadi ras terbesar dan bumiputra/suku asli (aborigin) di Sabah dan Sarawak sejumlah 11% [67] keseluruhan penduduk. dan Gujarat. Keturunan Eropa dan Eurasia termasuk Britania yang menetap di Malaysia sejak zaman kolonial. Sebagian lagi penduduk Malaysia berdarah campuran Timur Tengah.7% penduduk adalah Tionghoa-Malaysia. menggunakan Bahasa Melayu. 23. Thailand. dengan lebih dari 17 juta penduduk menetap di Malaysia Barat. Hingga abad ke-20.Demografi Artikel utama untuk bagian ini adalah: Demografi Malaysia Penduduk Malaysia terdiri dari berbagai kelompok suku.1% penduduk. dan Indonesia. Punjab. yang menjalankan adat dan budaya Melayu. terutama asal Indonesia. Karena tumbuhnya industri padat tenaga kerja. kebanyakan dari mereka mengamalkan kepercayaan tradisional tetapi kini telah banyak yang sudah memeluk Kristen atau Islam. mereka biasa disebut Orang Asli. sedangkan tidak lebih dari 7 juta menetap di Malaysia Timur. termasuk Malayalam. Juga terdapat kelompok aborigin dengan jumlah sedikit di Semenanjung. sedangkan India-Malaysia sebanyak 7.Bumiputra non-Melayu itu terbagi atas puluhan kumpulan ras tetapi memiliki budaya umum yang sama. dan mendekati 60% penduduk Sabah (18%-nya adalah Kadazan-Dusun.

untuk menegakkan undang-undang imigrasi negara itu.800 dari Indonesia. gambaran 25% ini diduga kurang dari setengah gambaran yang diperkirakan oleh lembaga-lembaga swadaya masyarakat. Malaysia menampung pengungsi dan pencari suaka mendekati angka 155. Tetapi.[69] Komisi Pengungsi dan Imigran Amerika Serikat menamai Malaysia sebagai salah satu dari sepuluh tempat terburuk bagi pengungsi karena adanya praktik diskriminasi negara kepada pengungsi. Sebagai tambahan. Kristen di Malaysia. 69. dan Malaysia menugaskan RELA. Dari jumlah ini.7 juta penduduknya terdaftar sebagai pekerja imigran ilegal menurut sensus terakhir. milisi sukarelawan. menurut World Refugee Survey 2008. Negara bagian Sabah sendiri memiliki hampir 25% dari 2. dan Hindu di Malaysia Masjid Ubudiah adalah masjid bersejarah yang terkenal di Kuala Kangsar.500 pengungsi dan pencari suaka berasal dari Filipina. Buddha di Malaysia. hampir 70. Petugas Malaysia dilaporkan memulangkan pendatang secara langsung kepada penyelundup manusia pada 2007. yang diterbitkan oleh Komisi Pengungsi dan Imigran Amerika Serikat.700 dari Myanmar.yang legal dan mungkin orang asing ilegal lainnya. . dan 21. Agama Artikel utama untuk bagian ini adalah: Agama di Malaysia Informasi lanjutan: Islam di Malaysia.700.

Semua orang Melayu dipandang Muslim (100%) seperti yang didefinisi pada Pasal 160 Konstitusi Malaysia.[73][74] Muslim dituntut mengikuti keputusan-keputusan Mahkamah Syariah ketika mereka berkenaan dengan agama mereka. Agama rakyat.6 persen Agama Tionghoa tradisional. sedangkan 1. seperti pembangunan sarana ibadah dan perayaan upacara keagamaan di beberapa negara bagian. Malaysia adalah masyarakat multi-agama dan Islam adalah agama resminya.3 persen Hindu.6%) dan Kristen (9. Sisanya dianggap memeluk agama lain. kaum non-Muslim mengalami berbagai batasan di dalam kegiatan-kegiatan keagamaan mereka. 6. Tambahan lagi. 19. termasuk di . Konstitusi Malaysia secara teoretik menjamin kebebasan beragama.9%).6%). Kristen adalah agama dominan bagi komunitas non-Melayu bumiputra (50.4 persen penduduk memeluk agama Islam.8%).1 persen Kristen. 9.[72] Statistik tambahan dari Sensus 2000 yang menunjukkan bahwa Tionghoa-Malaysia sebagian besar memeluk agama Buddha (75. dan keyakinan lain.2 persen Buddha.1% dilaporkan tidak beragama atau tidak memberikan informasi. semua nonMuslim yang menikahi Muslim harus meninggalkan agama mereka dan beralih kepada Islam. Jurisdiksi Mahkamah Syariah dibatasi hanya bagi Muslim menyangkut Keyakinan dan Kewajiban sebagai Muslim.3% digolongkan secara resmi sebagai pengikut agama rakyat. dengan sejumlah kecil mengikuti Kristen (7.5%).7%) dan Muslim (3.Masjid Negara Malaysia. Sebagian besar orang IndiaMalaysia mengikuti Hindu (84. Sementara.3% diketahui sebagai Muslim dan 7. dan 2.1%) dengan tambahan 36. misalnya Animisme. dengan sejumlah signifikan mengikuti ajaran Tao (10. Menurut gambaran Sensus Penduduk dan Perumahan 2000. hampir 60. Sikh.

pengadilan tertinggi di Malaysia) pada prinsipnya tidak dapat memberikan putusan lebih tinggi daripada yang dibuat oleh Mahkamah Syariah. Awal tahun 2010 dalam putusan Pengadilan Tinggi yang memutuskan mengizinkan surat kabar Katolik the Herald untuk menggunakan kata Allah untuk Tuhan telah memicu dibakarnya lebih dari 4 bangunan gereja dan beberapa lainnya dirusak massa di Kuala Lumpur ibu kota Malaysia. Pengadilan-Pengadilan Sipil (termasuk Pengadilan Persekutuan. dan biasanya mereka segan untuk memimpin kasus-kasus yang melibatkan Islam di dalam wilayah atau pertanyaan atau tantangan terhadap autoritas Mahkamah Syariah. yang memiliki hierarki yang sama dengan Pengadilan Sipil Malaysia. . di mana pengadilan sipil telah memerintahkan non-Muslim untuk mencari pertolongan dari Mahkamah Syariah.antaranya pernikahan. Meskipun menjadi pengadilan tertinggi di negara itu. khususnya yang melibatkan kasus-kasus perdata di antara Muslim dan non-Muslim. dan hubungan internal sesama umat. Pendidikan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Pendidikan di Malaysia Multimedia University. kemurtadan. Tidak ada pelanggaran perdata atau pidana berada di bawah jurisdiksi Mahkamah Syariah. warisan. Hal ini menyebabkan masalah-masalah yang cukup mengemuka.

[79] Sebagian besar anak-anak Malaysia mulai bersekolah pada usia tiga sampai enam tahun.Tetapi. Di kelas lima pendidikan tahap dua (Form Five). tetapi ada sedikit taman kanak-kanak yang dijalankan pemerintah. Di akhir Form Three. yang . SPM). PTS digunakan untuk mengukur kemampuan siswa-siswi yang cerdas. Sekolah berbahasa asli (Sekolah Jenis Kebangsaan) menggunakan bahasa Cina atau bahasa Tamil sebagai bahasa pengantar. Anak-anak mulai bersekolah dasar pada usia tujuh tahun selama enam tahun ke muka. meloncati kelas 4. PMR. program ini dihapus pada 2001. Sekolah Menengah Kebangsaan menggunakan bahasa Malaysia sebagai bahasa pengantar. siswa-siswi diuji di dalam Penilaian Menengah Rendah. Sebagian besar taman kanak-kanak dijalankan pihak swasta. Kampus Malaysia.Universitas Nottingham. Terdapat dua jenis utama sekolah dasar yang dijalankan atau berbantuan pemerintah. yaitu kelas tiga. Sebelum melanjutkan ke tahap pendidikan sekunder. siswa-siswi di kelas 6 dipersyaratkan untuk mengikuti Ujian Prestasi Sekolah Dasar (Ujian Pencapaian Sekolah Rendah. Khusus mata pelajaran Matematika dan Sains juga bahasa non-Melayu. Pendidikan tahap dua di Malaysia dilaksanakan di dalam Sekolah Menengah Kebangsaan (setara SMP+SMA di Indonesia) selama lima tahun. Sebuah program yang disebut Penilaian Tahap Satu. Pendidikan di Malaysia dipantau oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah Persekutuan. di Taman Kanak-Kanak. dan memungkinkan mereka naik dari kelas 3 ke kelas 5. UPSR). dan sebelum itu semua pelajaran non-bahasa diajarkan di dalam bahasa Malaysia. ini berlaku mulai tahun 2003. siswa-siswi mengikuti ujian Ijazah Pendidikan Malaysia (Sijil Pelajaran Malaysia.

lebih lazim disebut di dalam bahasa Cina. terbagi ke dalam Tahap Junior (3 tahun) dan Tahap Senior (3 tahun). National-Type Secondary School (Sekolah Menengah Jenis Kebangsaan) yang juga disebut Mission School (Sekolah Dakwah). yang sebagian besar di antaranya berbahasa pengantar bahasa Cina.setara dengan bekas British Ordinary pada tahapan 'O'. . yaitu National Secondary School (Sekolah Menengah Kebangsaan). yang dikenal sebagai Unified Examination Certificate (UEC) (Ijazah Pengujian Bersama) di Menengah Junior 3 (setara Penilaian Menengah Rendah) dan Menengah Senior 3 (setara tahap A). di dalam sistem matrikulasi. memungkinkan siswa-siswi mengikuti Penilaian Menengah Rendah dan Sijil Pelajaran Malaysia juga. Belajar di sekolah independen memerlukan waktu 6 tahun untuk tamat. Sekolah Berasrama Penuh. siswa-siswi yang menamatkan program 12 bulan di perkuliahan matrikulasi (kolej matrikulasi di dalam bahasa Malaysia) dapat mendaftar di universitas lokal. Juga terdapat 60 Chinese Independent High School di Malaysia. hanya 10% dari bangku yang tersedia bagi siswa-siswi non-Bumiputra dan sisanya untuk siswa-siswi Bumiputra. Siswa-siswi akan mengikuti uji standardisasi yang diadakan oleh UCSCAM. Sebelum perkenalan sistem matrikulasi. Sejumlah sekolah independen mengadakan kelas-kelas berbahasa Malaysia dan berbahasa Inggris selain berbahasa Cina. Technical School (Sekolah Menengah Teknik). Chinese Independent High School dipantau dan distandardisasi oleh United Chinese School Committees' Association of Malaysia (UCSCAM. siswa-siswi yang hendak memasuki universitas publik harus menyelesaikan 18 bulan tambahan sekolah sekunder di Form Six (kelas 6) dan mengikuti Sijil Tinggi Persekolahan Malaysia. Tetapi. yang setara British Advanced atau tahap 'A'. Sekolah tertua di Malaysia adalah Penang Free School. Religious Secondary School (Sekolah Menengah Agama). juga sekolah tertua di Asia Tenggara. tetapi. dan MARA Junior Science College (Maktab Rendah Sains MARA). tiap-tiap sekolah independen bebas menentukan keputusan. Karena perkenalan program matrikulasi sebagai alternatif bagi STPM pada 1999. Dong Zong ). STPM. tidak seperti sekolah pemerintah. Pendidikan tahap dua nasional Malaysia dibagi ke dalam beberapa jenis.

Irlandia. Australian International School. Australia. Sebagai tambahan. Sebagian besar lembaga memiliki pranala pendidikan dengan universitasuniversitas seberang lautan semisal di Amerika Serikat. Satu contoh adalah SEGi College yang bermitra dengan University of Abertay Dundee. dan University of Nottingham Malaysia Campus. Siswa-siswi lokal maupun internasional dapat meraih kualifikasi asing identik ini di Malaysia dengan biaya rendah. elc International school (kurikulum Britania). Britania Raya. Polandia. Sebuah kampus cabang dapat dilihat sebagai µkampus lepas pantai¶ dari universitas asing. Amerika Serikat. Kanada. Malaysia (kurikulum Australia). Universitas Sains Malaysia. Rusia. Misalnya Multimedia University. Sekolah-sekolah ini utamanya dibuka karena bertambahnya penduduk ekspatriat di negara ini. Republik Rakyat Cina. Universitas swasta juga mendapatkan reputasi yang cukup untuk pendidikan bermutu internasional dan banyak siswa-siswi dari seluruh dunia berminat memasuki universitas-universitas itu. Curtin University of Technology Sarawak Campus. Jerman. Britania Raya. dan Australia. Garden International School (kurikulum Britania). International School of . memungkinkan mahasiswa menghabiskan periode perkuliahannya dengan mendapatkan kualifikasi seberang lautan. dan lain-lain. Siswa-siswi juga memiliki opsi untuk mendaftar di lembaga tersier swasta setelah menamatkan pendidikan sekunder. Jepang dan negara-negara di Timur-Tengah seperti Yordania dan Mesir.Mahasiswa Malaysia belajar di luar negara seperti di Indonesia. Selandia Baru. Alice Smith School (kurikulum Britania). Universitas Putra Malaysia Universitas Teknologi Malaysia.Terdapat universitas publik seperti Universitas Malaya. Kampus cabang universitas asing di Malaysia adalah: Monash University Malaysia Campus. Singapura. Ada juga mahasiswa Malaysia di beberapa universitas di Korea Selatan. Sekolah internasional memberi para siswa kesempatan untuk mempelajari kurikulum dari negara lain. Sebagai tambahan untuk Kurikulum Nasional Malaysia. Swinburne University of Technology Sarawak Campus. dan Republik Ceko. Universitas Teknologi Petronas. Malaysia memiliki sekolah internasional. Sekolat internasional termasuk: Sekolah Indonesia (kurikulum Indonesia). Lodge International School (kurikulum Britania). Universitas Teknologi Mara. India. empat universitas bereputasi internasional telah membuka kampus cabangnya di Malaysia sejak 1998. Perancis. yang memberikan kuliah dan penghargaan yang sama seperti kampus utamanya. dan Universitas Kebangsaan Malaysia.

dan perbaikan pelatihan dan perluasan pelayanan jarak jauh (telehealth). Upaya-upaya terbaru untuk menghadirkan banyak fasilitas ke kota-kota lain dihambat oleh kurangnya ahli untuk menjalankan peralatan yang tersedia dari para investor. dan lain-lain. Penang (Kurikulum Cina-Taipei). Ini berarti semua kenaikan lebih dari 2 miliar ringgit Malaysia (lebih dari 6. Lycée Français de Kuala Lumpur (Kurikulum Perancis). The Chinese Taipei School. pemerintah berkehendak untuk memperbaiki banyak sektor. International School of Penang (Kurikulum Britania dan Sarjana Muda Internasional). Kesehatan Informasi lanjutan: Daftar Rumah Sakit di Malaysia Masyarakat Malaysia menempati tingkat kepentingan pada perluasan dan pengembangan kesehatan.Kuala Lumpur (kurikulum Amerika dan Sarjana Muda Internasional). Kuala Lumpur and The Chinese Taipei School. Baru-baru ini dokter-dokter asing juga ditugaskan untuk bekerja di sini. Tetapi masih juga sejumlah kekurangan tenaga medis. termasuk perbaikan rumah sakit yang ada. Sistem kesehatan Malaysia memerlukan para dokter untuk melaksanakan tugas tiga tahun pelayanan di rumah sakit umum untuk meyakinkan sumber daya manusia rumah-rumah sakit itu tetap terjaga. terkhusus memperhatikan kenaikan minat orang asing yang datang ke Malaysia untuk . RUmah sakit swasta umumnya tidak dilihat sebagai investasi ideal²sedikitnya perlu waktu sepuluh tahun sebelum investor meraih untung. hasilnya pelayanan dan perawatan kesehatan tertentu hanya ada di kota-kota besar. khususnya yang berpengalaman spesialis.5 triliun rupiah). pertambahan jumlah klinik umum. dan tidak seperti banyak rumah sakit umum. Japanese School of Kuala Lumpur (Kurikulum Jepang). 5% anggaran pembangunan sektor sosial pemerintah adalah untuk kesehatan masyarakat²penaikan lebih dari 47% dari periode sebelumnya. membangun dan melengkapi rumah sakit baru. situasi itu kini berubah dan perusahaan kini melihat wilayah ini lagi. Bertahun-tahun lalu pemerintah telah memperkuat usaha untuk memutakhirkan sistem dan menggaet lebih banyak investor asing. diperlengkapi dengan fasilitas diagnosis dan visualisasi terbaru. Namun. Sebagian besar rumah sakit swasta berada di perkotaan. Dengan menaiknya harapan hidup dan bertambahnya penduduk.

. Setiap warga negara diberi selembar kartu identitas biometric smart chip. dan harus membawa kartu itu kapanpun.tujuan perawatan kesehatan dan fokus pemerintah terbatu untuk membangun industri pariwisata kesehatan. Ekonomi Artikel utama untuk bagian ini adalah: Ekonomi Malaysia Menara Kembar PETRONAS. pada umur 12 tahun. simbol Malaysia Semenanjung Malaya dan pastinya Asia Tenggara menjadi pusat perdagangan di kawasan selama berabad-abad. Kewarganegaraan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Kewarganegaraan Malaysia Sebagian besar orang Malaysia diberikan kewarganegaraan oleh lex soli.Kewarganegaraan di negara bagian Sabah dan Sarawak di Malaysia Timur berbeda dengan kewarganegaraan di Malaysia Barat untuk tujuan imigrasi. Berbagai komoditas seperti keramik dan rempah aktif diperdagangkan bahkan sebelum Kesultanan Melaka dan Singapura mengemuka. yang biasa disebut MyKad.

kantor pusat raksasa minyak nasional. dimulai dengan Rencana Lima Tahun Malaya Pertama pada 1955. Malaysia mulai meniru ekonomi Empat Macan Asia (Taiwan. Ketika Malaya bergerak ke arah kemerdekaan. mengatur tempo ekonomi Malaysia lebih baik sampai abad ke-20. Pada abad ke-17. pohon karet dan kelapa sawit diperkenalkan untuk tujuan komersial. Malaya menjadi penghasil timah. Britania membawa Tionghoa dan orang India untuk bekerja di pertambangan. istilah perencanaan diganti dan dinomori. Ketika Malaysia didirikan. dan mengisi kekosongan ahli profesional. perkebunan. karet. dimulai dengan Rencana Malaysia Pertama pada 1965. Hong Kong. Pertumbuhan cepat ekonomi dan kemakmuran Malaysia dicirikan oleh Menara Petronas. Di dalam waktu lama. beserta bahan mentah lainnya. mereka didirikan di beberapa negara bagian. beberapa di antaranya menetap di Malaysia. Korea Selatan. Pada 1970-an. sejak Britania Raya mulai mengambil alih sebagai administrator Malaya Britania. dan minyak sawit terbesar di dunia. Kemudian.Menara Petronas di Kuala Lumpur. Kendati banyak dari mereka kembali ke negara asal mereka setelah kontrak dipenuhi. pemerintah mulai menerapkan perencanaan ekonomi lima tahunan. Sebagai ganti kebergantungan pada Suku Melayu sebagai sumber tenaga kerja.Tiga komoditas ini. dan Singapura) dan berkomitmen kepada transformasi dari ekonomi yang .

termasuk pengutamaan penerimaan kerja. Pada periode yang sama. Baru-baru ini banyak debat muncul sekali lagi tentang hasil dan relevansi NEP. beasiswa. Sedikitnya tenaga kerja segera dipenuhi dengan mengalirnya jutaan pekerja imigran. perdagangan. kendati secara resmi berakhir pada 1990 dan diganti dengan Kebijakan Pembangunan Nasional (NDP).Tujuan utamanya adalah menghilangkan keterkaitan ras dengan fungsi ekonomi.Pada dasarnya. Malaysia merasakan tekanan hebat semasa krisis ekonomi pada tahun 1998 dan kemerosotan dalam sektor teknologi informasi pada tahun 2001. Penguasaan Tionghoa terhadap sektor ekonomi negara yang dimiliki pihak lokal telah banyak diserahkan demi menguntungkan Bumiputra/Melayu di banyak industri strategis/penting seperti distribusi turunan minyak bumi.3% disebabkan pengurangan 11% dalam bilangan ekspor tetapi paket perangsang fiskal yang besar telah mengurangi dampak tersebut. Akibatnya. transportasi. Dengan investasi Jepang. setelah Peristiwa 13 Mei.bergantung pada pertambangan dan pertanian ke ekonomi berbasis manufaktur. Ledakan ekonomi yang cepat memicu macam-macam masalah pemasokan. Sebagian besar profesional per kapita masih didominasi orang India-Malaysia. ekspor Malaysia menjadi mesin pertumbuhan primer negara ini. PLC yang kaya akan modal tunai dan konsorsium bank-bank segera menguntungkan pertambahan dan mencepatnya pemulaian pembangunan projek-projek infrastruktur besar. Ini . pertumbuhan Malaysia bergantung pada ekspor bahan elektronik seperti chip komputer dan sebagainya. Sebagian pihak berdalih bahwa NEP jelasjelas berjaya menciptakan pengusaha dan tenaga profesional Melayu kelas menengah-atas. akses mendapatkan rumah murah dan tabungan yang dibantu. pemerintah berupaya mengurangi angka kemiskinan dengan Kebijakan Ekonomi Baru Malaysia (NEP) yang kontroversial. Kendati beberapa perbaikan di dalam kekuatan ekonomi Melayu secara umum. pemerintah Malaysia memelihara kebijakan diskriminasi yang menguntungkan Suku Melayu di atas suku lain . banyak di antaranya ilegal.Perlakuan khusus ini memicu kecemburuan dan kebencian di antara non-Melayu dan Melayu. KDNK pada tahun 2001 hanya meningkat sebanyak 0. Kejayaan atau kegagalan NEP menjadi bahan perdebatan. pendidikan. dan lain-lain. pertanian. kerusuhan antaretnis pada 1969. dan rencana lima tahun pertama mulai menerapkan NEP sebagai Rencana Malaysia Kedua.Malaysia secara konsisten menerima lebih dari 7% pertumbuhan PDB disertai dengan inflasi yang rendah pada 1980-an dan 1990-an. industri-industri berat mulai dibuka dan beberapa tahun kemudian.

300 poin ke kisaran 400 poin dalam hitungan pekan.S. Makalah itu menyimpulkan bahwa kontrol yang ditentukan pemerintah Malaysia tidaklah memperparah tidak pula membantu pemulihan.50 per USD ke. karena modal menguap ke luar negara. . Seperti negara lain yang dipengaruhi krisis. Kuala Lumpur. Faktor terbesar adalah menaiknya jumlah ekspor komponen elektronik. terjadi penjualan singkat spekulatif mata uang Malaysia. yang disebabkan oleh kekhawatiran dampak kedatangan tahun 2000 (Y2K) pada komputer dan perangkat digital lain yang lebih tua. Pada Maret. ditulis oleh Jomo K.80 terhadap dolar Amerika Serikat. yang disebabkan oleh menaiknya permintaan komponen di Amerika Serikat. Universitas Malaya. Penanaman modal asing jatuh pada tingkatan yang berbahaya.80 per USD. pasca-memudarnya Y2K pada 2001 tidak memengaruhi Malaysia seperti banyak negara lain. Bank Negara Malaysia menentukan pengendalian modal dan mematok nilai tukar ringgit Malaysia pada 3. 2005. ringgit. Setelah penangkapan kontroversial menteri keuangan Anwar Ibrahim. dari departemen ekonomi terapan. tindakan yang mengejutkan analis asing. Indeks komposit Bursa Malaysia terjungkal dari hampir 1. Bagaimanapun. MYR 4. Kemudian. Malaysia menolak paket bantuan ekonomi dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia. peremajaan ekonomi juga bergulir dengan defisit anggaran dan belanja pemerintah besar-besaran di tahun-tahun setelah krisis. menghantarkan kejutan besar bagi ekonomi Malaysia. (Lihat George Soros) Tanpa memperhatikan sebab dan akibat klaim. Tetapi. nilai ringgit jatuh dari MYR 2. sebuah Dewan Aksi Ekonomi Nasional dibentuk untuk mengantisipasi krisis moneter.berakhir ketika krisis finansial Asia 1997 melanda pada musim gugur 1997. United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) menerbitkan sebuah makalah tentang sumber-sumber dan langkah pemulihan Malaysia. Satu kemungkinan adalah bahwa para spekulan mata uang mengalami kebangkrutan keuangan setelah jatuh di dalam aksi serang mereka terhadap dollar Hong Kong pada Agustus 1998 dan setelah rubel Rusia tumbang. Ini menjadi bukti yang lebih jelas bahwa ada sebab-sebab dan dampak-dampak lain yang mungkin lebih bersesuaian untuk pemulihan.

harapan apresiasi lebih jauh menjadi bisu karena aliran modal melampaui USD 10 miliar. Malaysia mencabut larangan penjualan singkat. Howard J. dan utang luar negeri yang rendah. di dalam sebuah pertemuan di Kuala Lumpur.Malaysia menikmati pemulihan ekonomi lebih cepat dibandingkan dengan jiran-jirannya. Akun saat ini berada di surplus struktural. Malaysia mempunyai sejumlah elemen makroekonomi yang stabil (di mana tingkat inflasi dan tingkat pengangguran tetap di bawah 3%). prospek jangka panjang kelihatan kurang baik disebabkan kurangnya perubahan dalam sektor badan hukum terutama sektor yang berurusan dengan utang korporat yang tinggi dan kompetitif. Nilai tukar yang dipatok dibuka kembali pada Juli 2005 untuk nilai tukar mengambang yang terawasi setelah satu jam pemberlakuan yang sama oleh Cina. direktur London School of Economics. tidak ada keraguan bahwa sektor perbankan menjadi lebih kenyal terhadap serangan luar negara. tetapi terasa lebih stabil. memberikan bantalan bagi pengambangan modal. Ini memungkinkan Malaysia untuk tidak mengalami krisis yang sama seperti Krisis finansial Asia pada tahun 1997. Pada September 2005. Infrastruktur . Harga-harga aset kini. memperingatkan para pejabat Malaysia bahwa jika mereka ingin pasar modal fleksibel kembali.Kini.Pada pekan yang sama. Malaysia dipandang sebagai negara industri baru. simpanan pertukaran uang asing yang sehat. Kendati kontrol dan penjagaan ekonomi bukan menjadi alasan utama pemulihan. mereka harus mencabut larangan penjualan singkat. Tetapi pada Desember 2005. Pada Maret 2006. Sementara langkah pembangunan kini tidak secepat dulu. Davies. di banyak cara negara ini belum mengalami kepulihan pada tingkatan pra-krisis. Bagaimanapun. ringgit menguat satu persen dibandingkan mata uang utama lainnya dan diharapkan akan mengalami apresiasi lebih jauh. fraksi dari ketinggian pra-krisis mereka. Walau bagaimanapun.

yang juga melebar hingga Singapura. Jalur itu bagian dari Jaringan Jalur Cepat Asia. . di samping pesawat udara sebagai modus utama atau alternatif transportasi bagi penduduk pedalaman. Jalan di Malaysia Timur dan pesisir timur Semenanjung Malaysia relatif kurang terbangun. jalan berkerikil. terentang dari ujung utara dan selatan Semenanjung Malaysia. E1 adalah bagian Utara Kuala Lumpur. panjang keseluruhan Sistem Jalur Cepat Malaysia adalah 1. yang juga menghubungkan Thailand dan Singapura. Juga ada rel pendek di Sabah yang dioperasikan oleh Sabah State Railway yang utamanya mengangkut komoditas. Akibatnya. sedangkan E2 adalah bagian selatan). Jejaring itu menghubungkan semua kota besar dan sekitarnya: Klang Valley. Pada 2006. masing-masing di Bukit Kayu Hitam dan Johor Bahru. Jalur motor utama (E1 dan E2. Semua itu berupa jalan yang sangat berkelok-kelok melewati pegunungan dan belum dilapisi aspal.471. bagian dari Jalur Cepat Lembah Klang. Artikel utama untuk bagian ini adalah: Transportasi di Malaysia dan Komunikasi di Malaysia Lihat juga: Bangunan dan struktur di Kuala Lumpur dan Bangunan dan Struktur di Putrajaya Malaysia memiliki jalan-jalan besar yang menghubungkan semua kota besar di pesisir barat Semenanjung Malaysia. sungai masih menjadi jalur transportasi penting. Jasa kereta api di Malaysia Barat dioperasikan oleh Keretapi Tanah Melayu dan memiliki rel cukup banyak yang menghubungkan semua kota besar dan kota kecil di semenanjung. dan Penang satu sama lain. Johor Bahru.6 kilometer.Jalur Damansara.

Terdapat jasa penerbangan harian Timur dan Barat Malaysia. dan Bandar Udara Internasional Senai. yang menyediakan produk-produk dan pelayanan dari sambungan tetap. Dia juga melaporkan bahwa pemerintah menargetkan penggunaan 5% pada 2006 dan berlipat dua menjadi 10% pada 2008. Telekomunikasi internasional disediakan melalui kabel bawah laut dan satelit.Juga ada pelabuhan di negara ini. AirAsia. and Tawau. angka ini didasarkan pada banyaknya pelanggan. Di Kuala Lumpur. Kota Kinabalu. AirAsia mengoperasikan Low Cost Carrier Terminal (LCCT) di KLIA. Juga ada bandar udara di kota-kota kecil. Tetapi. Kuantan. Kuching. Bandar Udara ditemukan di pelosok negara. juga jasa akses Internet dial-up dan broadband. Pada Desember 2004. Pelabuhan penting lainnya dapat ditemukan di Tanjung Kidurong. Miri. sambungan bergerak. satu-satunya pilihan yang tepat bagi konsumen perjalanan dari dua belahan negara ini. Bandar udara penting lainnya termasuk Bandar Udara Internasional Kota Kinabalu.45% di tiga triwulan. Sandakan.004 orang di Malaysia menggunakan jasa broadband. Lim Keng Yaik mendorong perusahaan-perusahaan telekomunikasi lokal dan penyedia jasa untuk membuka mil terakhir dan harga lebih murah agar menguntungkan pengguna. Bandar Udara Internasional Langkawi. sedangkan satuan persentase rumah tangga mencerminkan situasi lebih akurat. Salah satu perusahaan telekomunikasi terpenting dan terbesar di Malaysia adalah Telekom Malaysia (TM). Bandar Udara Internasional Kuching. Malaysia adalah rumah bagi maskapai udara murah di kawasan ini. Pasir Gudang. TM memiliki semi-monopoli jasa sambungan telepon tetap di negara ini. Bandar Udara Internasional Penang. Penang. Menteri Energi. Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) adalah bandar udara terbesar di negara ini. Ini menggambarkan kenaikan 0.85% atau 218. Air. AirAsia berbasis di Kuala Lumpur dan memelihara penerbangan ke Asia Tenggara dan Cina. Pelabuhan besar adalah Port Klang dan Tanjung Pelepas di Johor. dan Komunikasi Lim Keng Yaik melaporkan bahwa hanya 0. Budaya . Jasa telekomunikasi antarkota disediakan di Malaysia Barat terutama oleh riley radio gelombang pendek. juga pelabuhan udara perintis domestik di kawasan perkotaan Sabah dan Sarawak.

Murut. . Budaya Malaysia merujuk kepada kebudayaan semua masyarakat majemuk yang terdapat di Malaysia dan berbagai suku di sana. Kenyah. Kebudayaan Kadazan-Dusun 5. seperti: 1. cincang daging dan daun bawang. dan Music of Malaysia Seorang juru masak sedang membuat martabak telur. sejenis kue panci yang diisi telur. dan Bidayuh. Kayan. Kebudayaan India 4. Kebudayaan Dayak. Kelabit. Kebudayaan Tionghoa 3. Lun Bawang.Artikel utama untuk bagian ini adalah: Budaya Malaysia Lihat pula: Tourism in Malaysia. di Kuala Lumpur. Iban. Cuisine of Malaysia. Kebudayaan Melayu 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->