TUGAS SEMISTERAN NAMA NIM : ABDUL KARIM : 08 21 701

Mt. Pelajaran: Pengembangan Kurikulum PAI di SMP dan SMA Dosen : Amir Rusdi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

SMP Kelas/Semester : VII / 2 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

I. Standar Kompetensi : Membiasakan prilaku terpuji . II. Kompetensi Dasar: Menjelaskan arti kerja keras, tekun , ulet, dan teliti. Analisis; Sebaiknya jangan terlalu banyak prilaku terpuji yang di masukan dalam kompetensi dasar, cukup 1 atau 2 prilaku terpuji yang di bahas karena tidak efektif untuk mencapai standar kopetensi yaitu; ’Membiasakan prilaku terpuji’, dengan waktu yang di alokasikan di atas. III. Indikator: 1. Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya 2. Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya 3. Menjelaskan arti ulet dan menunjukkan dalilnya 4. Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya

Materi tadi memamg cocok dengan indikator di atas tapi tidak mengarah pada standar kopetensi. arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya 2. Di samping itu di jelaskan. Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya 2. Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya. arti ulet dan menunjukkan dalilnya. dan teliti. Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya 3. V. IV. Jika tujuannya agar siswa dapat menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya ini tidak sesuai dengan standar kopetensi yaitu. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat : 1. Akan lebih baik jika dalam indikator tersbut di berikan juga contoh atau riwayat hidup orang yang memeliki sifat tekun dan mau bekerja keras sehingga anak didik paham. 4. ’Membiasakan prilaku terpuji’. tekun . Analisis. . Artinya besar kemungkinan prilaku terpuji hanya sebatas di mulut siswa tetapi tidak menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. apa manfaat dan apa pula mudharatnya baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.Analisis. 1. Materi Pembelajaran : Prilaku terpuji kerja keras. Analisis. Menjelaskan arti ulet dan menunjukkan dalilnya. arti teliti dan menunjukkan dalilnya. 4. ulet. bagaimana hidup orang yang memilki sifat tersebut dengan yang tidak. arti tekun dan menunjukkan dalilnya 3.

VI. Bila dalam indikator di berikan contoh atau riwayat hidup orang yang memeliki sifat tekun dan mau bekerja keras di sertai manfaat dan mudharatnya maka akan mempermudah untuk menerapkan metode belajar nomor 2 dan 3. ulet. tekun . Metode Pembelajaran : 1. tekun . dan teliti. dan teliti 3. tekun . Drill (latihan) Siswa berlatih prilaku kerja keras. ulet. 2. VII. Siswa mencari Arti kerja keras. Siswa mengadakan tanya jawab tentang Pengertian kerja keras. 2. dan teliti . b. ulet. ulet. tekun. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan doa sebelum belajar. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan terjemahannya. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat. dan teliti b. Resitasi (Penugasan) Siswa menunjuk teman lain untuk menampilkan contoh prilaku kerja keras. dan teliti dengan dalilnya sekali . Kegiatan Inti a. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca salah satu surat pilihan dari al-Qur’an secara bersama-sama. dan teliti Analisis. Siswa berlatih menampilkan contoh prilaku kerja keras. c. Tanya jawab Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian dan arti kerja keras. d. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran : 1. Kegiatan Pendahuluan a. ulet. c. tekun . ulet. tekun .

Untuk alat/sumber belajar lumayan cukup untuk tingkatan SMP. Kartu ayat dan CD/VCD. tekun. Alat/Sumber Belajar : 1. Saya akan mengomentari kegiatan pendahuluan belajar pada bagian (b) bahwa. IX. Siswa mencari cara yang mudah untuk membiasakan prilaku kerja keras. 3. ! b. Penilaian : 1. Analisis. 2. Tim MGMP PAI. Tanjung Mas Inti.. 2. Al Qur’an dan Terjemahnya. VIII. Bentuk Instrumen : Uraian. Guru memberikan kesimpulan tentang prilaku kerja keras. Artikan prilaku kerja keras. Artikan Prilaku tekun dengan dalilnya ! . Semarang. Teknik Penilaian : Tes Tulis. dan teliti b. Siswa bersama-sama membaca satu ayat al-Qur’an sebagai penutup kegiatan pembelajaran yang ada hubungannya dengan prilaku kerja keras. guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an lantas pertanyaannya. tekun. ulet. PT. kapan yang lain dapat kesempatan? Dan bagian penutup sebaiknya di tutup dengan salam lalu do’a sesudah belajar. 1995. 3. dan teliti. 2005. ulet. Sidoarjo. Analisis. Soal/Instrumen : a. ulet. Pendidikan Agama Islam kelas VII. Duta Aksara Mulia. CV.d. Kegiatan Penutup a. dan teliti 3. tekun . Departemen Agama.

Artikan Prilaku teliti. Imron. Subchi. M. Mengetahui Guru Mata Pelajaran Drs. Artikan Prilaku ulet. Analisis. Saya tambahkan sedikit bagi siswa yang di pandang sudah menerapkan prilaku terpuji tersebut di beri hadiah sebagai motivasi dan bagi yang belum di ingatkan.c. d. 131847230. BA Nip. . dan teliti dengan dalilnya !. dan teliti dengan dalilnya !.Pd. M. H.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful