PERADILAN MASA DINASTI ILKHANIYAH DAN TIMURIYAH Dinasti Ilkhaniyah .

A

Asal-usul Dinasti Ilkhaniyah.1 Dinasti Ilkhan adalah sebuah dinasti yang dibangun oleh orang-orang Mongol, ketika mereka berhasil menginvansi dan menguasai Baghdad sebagai pusat kekuasaan dari Khilafah Abbasiyah. Dinasti Ilkhan berdiri pada tahun 1258, pada saat Khulagu Khan berhasil memantapkan kekuasaannya di Baghdad dengan membunuh seorang khalifah terakhir Abbasiyah yaitu Al Mu’tashim. Ilkhan sendiri artinya warga khan yang agung. Ilkhan juga adalah gelar yang diberikan kepada Hulaghu Khan sebagai bentuk penghargaan terhadap prestasi-prestasinya yang diperolehnya ketika sukses melakukan perluasan wilayah dan mengalahkan setiap musuh-musuhnya. Dinasti Ilkhan memerintah di wilayah yang memanjang dari Asia Kecil di Barat dan India di Timur dengan ibukotanya Tabriz. Di wilayah itu sekarang membentang negara Turki, Syiria, Irak, Iran, Uzbekistan dan Afghanistan. Selama dinasti ini berkuasa, terdapat 16 raja yang pernah berkuasa. Di antara rajaraja tersebut adalah Khulaghu Khan sang pendiri, anak dari Tuli Khan, cucu Jangis Khan, beragama Syamanism. Masa kekuasaannya selama tujuh tahun, kemudian digantikan anaknya yang bernama Abaga Khan, salah satu penguasa Dinasti Ilkhan yang memerintah paling lama, yaitu selama 17 tahun (1265-1282 M). Selanjutnya, penguasa ketiga adalah Ahmad Teguder (1282-1284 M). Pada tahun 1284, ia dibunuh oleh Argun, yang kemudian menggantikannnya menjadi raja Dinasti Ilkhan (1284-1291M). Raja yang keempat ini adalah penganut agama Kristen Nestorian militan, yang karena kefanatikannnya banyak melakukan tindakan refresif dengan mengusir dan membunuh orang-orang. Selanjutnya raja kelima adalah Gaygathu (1291-1295M). Ia kemudian digantikan oleh Baydu yang memerintah tidak lama, kurang lebih dari setahun, yakni .masih dalam tahun 1295 Dari masa Hulagu Khan sampai Baydu, kecuali Ahmad Teguder, seluruh penguasa Dinasti Ilkhan adalah non-Muslim.

kemudian digantikan oleh Abu Said (1317-1335 M Dinasti Ilkhan mengalami kemunduran pasca pemerintahan Abu Said. Ia mengendalikan pemerintahan Dinasti Ilkhan selama kurang lebih 14 tahun. Diprediksikan pada periode ini tidak ada sebuah perkembangan yang berarti bagi masyarakat Muslim terutama yang . Figur Muhammad Khudabanda Uljaetu di samping sebagai seorang yang taat memegang agama Islam. adalah pemeluk agama Islam. Jahan Timur. Mahmud Ghazan digantikan Muhammad Khudabanda Uljaetu (13041317 M). sampai . Islam mulai meraih kemenangan yang sangat besar terhadap agama Syamanism. (. sampai kemudian wilayah kekuasaannnya digantikan oleh dinasti-dinasti lokal seperti Dinasti Jalayiriyah. Mahmud Ghazan (1295-1304). Muzhaffariyyah dan Sarbadariyyah. ia adalah seorang penganut dan pembela madzhab Syiah. pada masa ini Dinasti Ilkhan diperintah Raja Arpha.menyangkut perkembangan Islam dan peradabannnya Sebuah tanda-tanda angin baik dari Dinasti Ilkhan terhadap umat Islam muncul pada masa penguasa Dinasti Ilkhan yang ketujuh dan setelahnya. Mereka semua adalah figur raja-raja yang lemah. Sati Bek dan Sulaeman.kekuasaannya Peradilan Ilkhaniyah .Dengan demikian umat Islam yang ada di kawasan tersebut diperintah dan dikuasai oleh penguasa-penguasa Dinasti Ilkhan yang non-Muslim. tepatnya di tahun 1336 M kekuasaan dari Dinasti Ilkhan sudah punah dan sisa-sisa dari wilayah kekuasaannnya diambil alih dan dipersatukan oleh Timur Lenk sebagai satu kesatuan integritas di bawah panji-panji . Musa. Muhammad. di masa ini banyak terjadi perpecahan dan pertikaian.2 Rezim Ilkhan di Iran merupakan sebuah negara taklukan yang dibentuk dari sebuah pasukan besar yang terdiri dari aristokrasi . sampai dengan dekade keempat dari abad XIV. Bahkan pada periode ini ketika tekanan kultural dan keagamaan dari lingkungan Persia semakin besar. maka para penguasa dari Dinasti Ilkhan mulai merenggangkan hubungannnya dengan raja-raja agung di Cina.

B . ketika rezim tersebut terpecah menjadi beberapa daerah propinsial yang terlibat .Asal-usul Dinasti Timuriyah . dan ulama perkotaan Iran. elit militer mongol dan turki telah berpindah ke agama Islam dan mengambil legitimasi kulturalnya dari tradisi . Lebih dari itu pemerintahan Ilkhan bergantung kepada dukungan keluarga-keluarga bangsawan setempat sebagaimana yang terjadi pada beberapa rezim Seljuk sebelumnya. Kelompok aristokrat ini memandang diri mereka memiliki rasa superioritas sehingga merasa berhak mendominasi dan memungut pajak kepada rakyatnya.Mongolian dan juga sumber-sumber kesustraan Iran Dinasti Timuriyah . Da’i. Yasa. Ia menetapkan hak-hak dan kewajiban kalangan elit dan pengesahan pemerintahannya.1 Rezim Ilkhan berlangsung hingga tahun 1336. Sekalipun demikian mereka membawa fase baru bagi kultur tersebut. Padang rumput dan tanah garapan dipadukan menjadi sebuah pertanahan yang disebut tuyul. tentang distribusi hak mengumpulkan pajak. Pada masa pemerintahan Ghazan. pedagang.sejumlah jabatan lainnya Selain kesadaran diri atas superioritasnya negara Ilkhan tidak mengembangkan sebuah identitas kebahasaan atau identitas keagamaan yang baru di Timur tengah. Inspektur pasar dan . sebuah konsep yang memadukan cita-cita Mongolian tentang distribusi padang rumput dan konsep administratif Iran. Rasa superioritas ini terungkap dari sebuah hukum tertinggi yang dimilikinya. Ilkhan menyatukan diri dengan para birokrat. Mereka mengisi jabatan Qodi. Ulama melanjutkan atau memperkokoh kedudukan mereka sebagai elit lokal. Bangsa mongol memerintah Iran melalui pembagian tanah kepada kepala-kepala militer untuk mengelolanya atau memungut pajak atasnya.militer kesukuan yang bersekutu dengan dinasti yang sedang berkuasa. bangsa mongol justru terserap ke dalam Islam dan ke dalam kultur persia. Berbeda dengan bangsa Arab yang berhasil mengubah identitas kebahasaan dan keagamaan di wilayah Timur tengah. Selanjutnya kepala-kepala militer tersebut membagikan tanah tersebut diantara anak buah mereka.

Tughluq Temur Khan setelah melihat keberanian dan kehebatan Timur. Ini mengakibatkan negara-negara tersebut dikuasai oleh kekuasaan baru yang dibangun oleh Tamerlane (1370-1405) dan keturunanya yang . Sang penakluk ini lahir dekat Kesh (sekarang Khakhrisyabz. sejarah keperkasaannya bermula setelah Jagatai wafat. Ia sering diberi tugas untuk menjinakkan kudakuda binal yang sulit ditunggangi dan memburu binatang-binatang liar. Taragai menjadi gubernur Kesh. Sejak usia masih sangat muda. Akan tetapi.memperkenalkan sebuah fase baru perkembangan kultur Tamerlane atau Timur Lenk adalah keturunan Mongol yang sudah masuk Islam. setahun setelah Timur Lenk diangkat menjadi gubernur. tahun 1361 M. dan kemudian dia juga melawan Amir Hussain (iparnya sendiri) dan memproklamirkan dirinya sebagai penguasa tunggal di Transoxiana. Amir Qazaghan Ketika Qazaghan meninggal dunia. Keluarganya mengaku keturunan Jengis Khan sendiri.persaingan diantara satu dengan yang lainnya. Timur Lenk mengabdikan diri pada Gubernur Transoxiana. putera Jengis Khan. Timur Lenk bangkit memimpin perlawanan untuk membela nasib kaumnya yang tertindas. kepala Suku Barlas. berhasil mengalahkan Tughluk Temur dan Ilyas Khoja. menawarkan kepadanya jabatan gubernur di negeri kelahirannya. Akan tetapi. dan meninggal di Otrar pada tahun 1404 M. keberanian dan keperkasaannya yang luar biasa sudah terlihat. Tawaran itu diterima. datang serbuan dari Tughluq Timur Khan. Ilyas Khoja menjadi gubernur Samarkand . Ayahnya bernama Taragai. Uzbekistan). ia sudah terlibat dalam banyak peperangan an menunjukkan kehebatan dan keberanian yang mengangkat dan mengharumkan namanya di kalangan bangsanya. pemimpin Moghulistan. keturunan Karachar Noyan yang menjadi menteri dan kerabat Jagatai. pada tanggal 8 April 1336 M/25 Sya'ban 736 H. sebelah selatan Samarkand di Transoxiana. pelanjut Jagatai dari keturunan Jengis Khan. kota hijau. Sewaktu berumur 12 tahun. masing-masing Amir melepaskan diri dari pemerintahan pusat. Tughluq Temur mengangkat puteranya. Suku Barlas mengikuti Jagatai mengembara ke arah barat dan menetap di Samarkand. yang menjarah dan menduduki Transoxiana.

Transoxiana. Hal ini membuat Timur Lenk tidak puas. dan guru bagi pangeran-pangeran muda.2 Ketika sedang berkuasa Timur melancarkan sejumlah penaklukan berskala dunia secara luar biasa. Amir Husain. Sejak tahun 1379 sd 1402 ia berhasil menaklukan Iran. Karena ambisi itulah ia kemudian berbalik memaklumkan perang melawan Amir Husain.betanggung jawab langsung kepadanya Setelah kematian Timur pada tahun 1405 imperium yang dibangunnya terbagi menjadi dua wilayah. tetapi dengan penuh kewaspadaan ia membatasi kekuasaan mereka dengan terus-menerus mengadakan pergantian jabatan mereka secara berkala. walaupun iparnya sendiri. pelanjut Jagatai dan keturunan Jengis Khan . Setelah itu pada 10 April 1370 M. Dalam pertempuran itu ia berhasil membunuh Amir Husain di Balkh. Bahkan sejumlah penaklukan yang dilakukannya diatasnamakan untuk memperjuangkan Syari’ah Islam yang merupakan hasil dari legitimasi kekuasaan yang dilimpahkan oleh para ulama kepadanya saat itu. dan mengangkat senjata memberontak terhadap Tughluq Temur Khan. Anatolia. ia memproklamirkan dirinya sebagai penguasa tunggal di . dan pengumpul pajak yang . Untuk memerintah kekuasaannya Timur mengangkat beberapa putraputra dan cucunya sebagai gubernur propensial. Tokoh-tokoh Islam bekerja kepadanya sebagai qadi. Timur juga didukung oleh elite muslim setempat termasuk Syaikh Al Islam (Kepala Dewan Konsultan Islam) di Samarkand dan kalangan sufi yang menjadi penasehat spiritualnya. Dan Ia menjadikan Samarkand sebagai ibukota kekuasaanya. dan Syria Utara.Pemerintahan dan Peradilan masa Timuriyah .dan Timur Lenk menjadi wazirya. diplomat. India Utara.Timur Lenk berhasil mengalahkan Tughluq Temur Khan dan Ilyas Khoja. Keduanya tewas dalam pertempuran. melantik beberapa jenderal. sehingga ia menjadi penerus penguasa-penguasa Mongol cabang Chaghatay di Transoxania. Ia segera bergabung dengan cucu Qazaghan. dibawah pemerintahan Ulugh Beg (1404 – 1449) dengan Transoxiana . Pertama. Ambisi Timur Lenk untuk menjadi raja besar segera muncul.

kefilsafatan. Selain itu juga Samarkand dibangun sebagai kota Ilmu pengetahuan yang diwakili oleh kalangan sufi Naqhsabandiyah dengan diikuti oleh kalangan pedagang dan pengrajin.sebagai ibukota yang sebagai pusat kemajuan arsitektural. Ulugh Beg sendiri adalah seorang astronom dan memiliki observatory yang besar khusus dibangun untuk murid-muridnya. Kedua. dan Ilmu pengetahuan Islam.keras . turut dalam shalat jama’ah. Shah Rukh adalah seorang muslim yang taat. dibawah pemerintahan Shah Rukh (1407 – 1447) dengan pusat pemerintahan di Herat. Ia mengepalai 10 masyarakat yang dimana petugas inspektor pasar diberi wewenang menggeledah rumah-rumah pribadi dan menghancurkan minuman . tekun menjalankan puasa Ramadhan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful