P. 1
SURGA

SURGA

|Views: 186|Likes:
Published by Linda Widiachristy

More info:

Published by: Linda Widiachristy on Jan 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2014

pdf

text

original

SURGA WANITA AHLI SURGA CIRINYA Wanita Ahli Surga Dan Ciri-Cirinya Ahad, Setiap insan tentunya

mendambakan kenikmatan yang paling tinggi dan abadi. Kenikmatan itu adalah Surga. Di dalamnya terdapat bejana-bejana dari emas dan perak, istana yang megah dengan dihiasi beragam permata, dan berbagai macam kenikmatan lainnya yang tidak pernah terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga, dan terbetik di hati. Dalam Al Qur'an banyak sekali ayat-ayat yang menggambarkan kenikmatan-kenikmatan Surga. Diantaranya Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman : "(Apakah) perumpamaan (penghuni) Surga yang dijanjikan kepada orang-orang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa dan baunya, sungaisungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamr (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari madu yang disaring dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?" (QS. Muhammad : 15) "Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk Surga). Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam Surga kenikmatan. Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian. Mereka berada di atas dipan yang bertahtakan emas dan permata seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. Mereka dikelilingi oleh anakanak muda yang tetap muda dengan membawa gelas, cerek, dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir, mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih dan daging burung dari apa yang mereka inginkan." (QS. Al Waqiah : 10-21) Di samping mendapatkan kenikmatan-kenikmatan tersebut, orang-orang yang beriman kepada Allah Tabaraka wa Ta'ala kelak akan mendapatkan pendamping (istri) dari bidadari-bidadari Surga nan rupawan yang banyak dikisahkan dalam ayat-ayat Al Qur'an yang mulia, diantaranya : "Dan (di dalam Surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik." (QS. Al Waqiah : 22-23) "Dan di dalam Surga-Surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan, menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni Surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin." (QS. Ar Rahman : 56) "Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan." (QS. Ar Rahman : 58)

"Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan penuh cinta lagi sebaya umurnya." (QS. Al Waqiah : 35-37) Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam menggambarkan keutamaan-keutamaan wanita penduduk Surga dalam sabda beliau : " ... seandainya salah seorang wanita penduduk Surga menengok penduduk bumi niscaya dia akan menyinari antara keduanya (penduduk Surga dan penduduk bumi) dan akan memenuhinya bau wangi-wangian. Dan setengah dari kerudung wanita Surga yang ada di kepalanya itu lebih baik daripada dunia dan isinya." (HR. Bukhari dari Anas bin Malik radliyallahu 'anhu) Dalam hadits lain Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : Sesungguhnya istri-istri penduduk Surga akan memanggil suami-suami mereka dengan suara yang merdu yang tidak pernah didengarkan oleh seorangpun. Diantara yang didendangkan oleh mereka : "Kami adalah wanita-wanita pilihan yang terbaik. Istri-istri kaum yang termulia. Mereka memandang dengan mata yang menyejukkan." Dan mereka juga mendendangkan : "Kami adalah wanita-wanita yang kekal, tidak akan mati. Kami adalah wanita-wanita yang aman, tidak akan takut. Kami adalah wanita-wanita yang tinggal, tidak akan pergi." (Shahih Al Jami' nomor 1557) Apakah Ciri-Ciri Wanita Surga Apakah hanya orang-orang beriman dari kalangan laki-laki dan bidadari-bidadari saja yang menjadi penduduk Surga? Bagaimana dengan istri-istri kaum Mukminin di dunia, wanita-wanita penduduk bumi? Istri-istri kaum Mukminin yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya tersebut akan tetap menjadi pendamping suaminya kelak di Surga dan akan memperoleh kenikmatan yang sama dengan yang diperoleh penduduk Surga lainnya, tentunya sesuai dengan amalnya selama di dunia. Tentunya setiap wanita Muslimah ingin menjadi ahli Surga. Pada hakikatnya wanita ahli Surga adalah wanita yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Seluruh ciri-cirinya merupakan cerminan ketaatan yang dia miliki. Diantara ciri-ciri wanita ahli Surga adalah : 1. Bertakwa. 2. Beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, hari kiamat, dan beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk. 3. Bersaksi bahwa tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat,

dia mengetahui bahwa Allah melihat dirinya. fakir miskin. Ikhlas beribadah semata-mata kepada Allah. berdzikir mengingat Allah ketika sendiri atau bersama banyak orang dan berdoa kepada Allah semata. jika dia tidak dapat melihat Allah. Ciri-ciri tersebut bukan merupakan suatu batasan tetapi ciri-ciri wanita Ahli Surga seluruhnya masuk dalam kerangka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Berinfak. memberi kepada orang. Ihsan. dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Menyambung silaturahmi dengan karib kerabatnya. Adil dalam segala perkara dan bersikap adil terhadap seluruh makhluk. 5. tawakkal kepada Allah. 4. 8.. bertaubat kepadaNya. takut terhadap adzab Allah. niscaya Allah memasukkannya ke dalam Surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai sedang mereka kekal di dalamnya dan itulah kemenangan yang besar. 10. anak yatim. 14. menahan amarah dan memaafkan manusia." (QS. Menjaga lisannya dari perkataan dusta. An Nisa' : 13). Berbakti kepada kedua orang tua. . Demikian beberapa ciri-ciri wanita Ahli Surga yang kami sadur dari kitab Majmu' Fatawa karya Syaikhul Islam Ibnu Tamiyyah juz 11 halaman 422-423. 11. Menghidupkan amar ma'ruf dan nahi mungkar pada keluarga dan masyarakat. Menepati janji dan amanah yang diberikan kepadanya. 9. Allah Ta'ala berfirman : " . dan bersabar atas segala takdir-takdir Allah serta mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan kepadanya. serta berbuat baik terhadap hewan ternak yang dia miliki. 12. Menyambung tali persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya. 6. dan naik haji bagi yang mampu. baik ketika lapang maupun dalam keadaan sempit. mengharap rahmat Allah. mencintai Allah dan Rasul-Nya. Gemar membaca Al Qur'an dan berusaha memahaminya. dan memaafkan orang yang mendhaliminya. 7.berpuasa di bulan Ramadlan.. dan seluruh makhluk. menahan pemberian kepada dirinya. yaitu beribadah kepada Allah seakan-akan melihat Allah. saksi palsu dan menceritakan kejelekan orang lain (ghibah). 13. Berbuat baik (ihsan) kepada tetangga. sahabat terdekat dan terjauh. 15.

tampan-tampan. (76:21) a Kenikmatan berupa makanan dan minumanan Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih. dan naungan yang terbentang luas. tidak ada permusuhan dan kesombongan diantara mereka bail di dalam hati maupun jiwa raganya. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara. Kenikmatan-Kenikmatan Surga Yang Kekal Abadi a Kenikmatan berupa pakaian Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. sehingga daging. (44:53) berhadap- Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak. suaranya merdu seperti NAbi Dawud. mau makan dan minum sudah tersedia tanpa harus memasak terlebih dahulu. dan buah-buahan yang banyak. mereka tidak punya rambut kecuali alis dan bulu mata. tidak mempunyai kutu. tidak meludah dan tidak ingusan. dan pakaian mereka adalah sutera. (56: 20-21) Berada di antara pohon bidara yang tak berduri. hadapan.Ahli surga itu gagah-gagah perawakannya. setiap satu pakaian bisa berubah-ubah 70 kali dalam waktu 1 jam. terhormat dan termulia dan tanpa mati. kulit dan tulang sumsum mereka semua merasakan kenikmatan surga. minum. dan jima’ (bersetubuh) seratus kali lipat kekuatan mereka di dunia dan tidak mempunyai rasa letih. dan pohon pisang yang bersusun-susun . mereka tidak pernah kencing dan buang air besar. (56: 28-32) . tidak berlumpur dan tidak punya kotoran. tanpa sakit tanpa duka selamalamanya. (22:23) Mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal. tubuhnya mulus-mulus(putih bersih). dan air yang tercurah. budi pekertinya seperti Nabi Muhammad SAW. dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih. umrnya rata-rata seperti Nabi Isa (muda belia). tingginya sama dengan Nabi Adam. Setiap orang mempunyai pakaian 70 macam. Orang lelaki diberikan kekuatan dalam makan . dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.

(76-21) Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu yang sebahagiannya kamu makan. (76: 17-18) Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak. laksana mutiara yang tersimpan baik. (44:54) Dan ada bidadari-bidadari bermata jeli. (77:42) (44: Di dalam kedua syurga itu ada dua buah mata air yang mengalir. (43:73) Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman 55) Dan buah-buahan dari yang mereka ingini. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari. mata air yang minum daripadanya orangorang yang didekatkan kepada Allah. Maka ni'mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (55: 50-53) Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutera. (76: 14) Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas yang campurannya adalah jahe. mata air yang daripadanya hamba-hamba Allah minum. (83: 25-28) Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas yang campurannya adalah air kafur . . sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil. laknya adalah kesturi. yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya.Mereka diberi minum dari khamar murni yang dilak . dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba. (76: 5-6) Dan naungan dekat di atas mereka dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya. Dan buah-buahan di kedua syurga itu dapat dari dekat. dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih. Dan campuran khamar murni Itu adalah dari tasnim. (55: 54) a Kenikmatan berupa pasangan hidup Demikianlah. Maka ni'mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Di dalam kedua syurga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan.

(55:54) . (56:18) Mereka berada di atas dipan yang bertahta emas dan permata. (76:19) a Kenikmatan berupa perkakas . dan tidak pula oleh jin. dan bantal-bantal sandaran yang tersusun... sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan. penuh cinta lagi sebaya umurnya. (55:56-58) a Kenikmatan berupa pelayan Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda (56:17) Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. dan gelas-gelas yang terletak . (52:20) Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutera. tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka . dan permadani-permadani yang terhampar. (83:23) Dengan membawa gelas. (15:47) Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas. (43:71) Mereka di atas dipan-dipan sambil memandang. (56-35-37) mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli. mutiara yang bertaburan. (56:15-16) dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. (52:20) Di dalam syurga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya. (88:13-16) Mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli.(56-22-23) Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dengan langsung dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. Dan buah-buahan di kedua syurga itu dapat dari dekat. kamu akan mengira mereka. dan piala-piala . cerek dan minuman yang diambil dari air yang mengalir. seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. (56:34) Di dalamnya ada takhta-takhta yang ditinggikan. Maka ni'mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.. Apabila kamu melihat mereka..

dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap mata dan kamu kekal di dalamnya". mereka tidak merasakan di dalamnya matahari dan tidak pula dingin yang bersangatan. dan mereka kekal dalam meni'mati apa yang diingini oleh mereka. akan tetapi surga itu: “Disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Ali Imran:133) dari dua jenis makhluk manusia. . sedang untuk mereka sendiri apa yang mereka sukai . di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh di dalamnya apa yang kamu minta. mereka itu dijauhkan dari neraka. (21:101-102) KEADAAN WANITA DI SURGA Oleh: Sulaiman ibn Shalih al Kharasyi Sesungguhnya surga dan kenikmatannya tidaklah khusus bagi kaum laki-laki saja. mereka tidak mendengar sedikitpun suara api neraka. laki-laki dan perempuan.a Kenikmatan berupa suhu udara yang sedang Di dalamnya mereka duduk bertelakan di atas dipan. Maha Suci Allah. (43:71) Dan mereka menetapkan bagi Allah anak-anak perempuan . (16:57) Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat. (76: 13-14) a Kenikmatan berupa perkara-perkara yang diinginkan Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas.” (QS. sebagaimana Allah Ta’ala telah mengabarkan yang demikian. Dan naungan dekat di atas mereka dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya. (41:31) Bahwasanya orang-orang yang telah ada untuk mereka ketetapan yang baik dari Kami.

! Cukuplah baginya mengetahui dan meyakini bahwa hanya dengan sekedar masuk ke dalam surga.” (QS. Wal’iyadzubillah. 2.” (QS. Apa yang akan diperlakukan terhadapnya? Kemana ia akan pergi? Bagaimana nasibnya? Dan pertanyaan-pertanyaan yang lain. maka mereka itu masuk ke dalam surga. Adakalanya dia mati setelah pernikahannya. az Zukhruf:71) Dan sebelum itu semua cukuplah baginya firman Allah tentang penduduk surga yang artinya: “Allah ridha terhadap mereka dan mereka ridha terhadap-Nya.“Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal shalih.” (QS.” (QS. dan kekekalan yang abadi. 5. al Maidah:119) Di dunia. Adakalanya dia meninggal sebelum dia menikah. baik laki-laki maupun perempuan sedang ia orang yang beriman. an Nisa’:124) Hendaklah setiap wanita tidak sibuk pikirannya dengan banyak pertanyaan dan penyelidikan tentang perincian masuknya dia ke dalam surga. Seakan-akan dia akan maju menuju padang pasir yang mematikan. al Hijr:48) Dan firman Allah “Dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya. Adakalanya dia meninggal setelah dia dicerai / ditalak dan sebelum menikah dengan suami yang lainnya. Cukuplah baginya firman Allah tentang surga yaitu: “Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan daripadanya. Dan yang demikian itu akan berubah menjadi kebahagiaan yang terus menerus. Adakalanya dia sudah menikah akan tetapi suaminya tidak masuk ke dalam surga bersamanya. . akan sirna segala kepedihan dan kesusahan yang pernah dia alami. wanita tidak akan keluar dari beberapa keadaan berikut ini: 1. Adakalanya suaminya meninggal. dan dia tinggal dalam keadaan tanpa suami hingga dia mati. 4. 3.

” 2. 4. maka sesungguhnya Allah akan menikahkannya dengan suami yang bisa menyenangkannya di surga.6. sekalipun isterinya itu banyak.” (al Tadzkirah:461. dikarenakan .” (HR. 5062) Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata: “Jika seorang wanita belum menikah di dunia. Wanita shalihah yang suaminya tidak masuk surga juga demikian. Berdasarkan sabda Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam: “Isteri itu untuk suaminya yang terakhir. kemudian dia tinggal dan tidak menikah sesudahnya sampai meninggal. Tafsir al Qurthubi:18/170. Muslim. maka dia akan menjadi isteri suaminya tersebut di surga. mereka dinikahkan oleh Allah di surga dengan Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. maka salah seorang diantara mereka menikahinya. Karena tidak ada yang pantas menjadi pendampingnya kecuali Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. al Baihaqi:7/70. maka sesungguhnya dia untuk suaminya yang terakhir. Adapun wanita yang telah meninggal sebelum bersuami. dan isterinya masuk surga. kemudian dia menikah lagi setelahnya. Adapun wanita yang meninggal setelah pernikahannya. dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengatur tentang hal itu: 1. Thabrani. maka di surga dia akan tetap menjadi isteri dari suami yang ditinggal mati dulu. 3. Abu Ya’al dll). ad Durr al Mantsur:6/395. Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata:”Jika seorang wanita termasuk penduduk surga dan dia belum menikah atau suaminya yang dulu (di dunia) bukan termasuk penduduk surga maka sesungguhnya jika dia telah masuk surga kemudian di sana ada penduduk surga yang belum menikah dari golongan laki-laki. kemudian dia menikah dengan orang lain setelahnya.” (HR.” (Lihat Tafsir Ibnu Katsir:4/495 pada surat at tahrim. Faidhul Qadir hadits no 7989. Maka bagi setiap keadaan ada balasan yang sepantasnya di surga. 5. maka dia akan dinikahkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla di surga dari seorang laki-laki dunia yang Allah kehendaki. Adapun wanita yang suaminya meninggal lebih dulu. Wanita yang mati dalam keadaan ditalak atau janda maka iapun akan dijodohkan oleh Allah seperti wanita yang pertama. maka isterinya diwariskan kepada ahli surga sebagaimana isteri Fir’aun diwarisi oleh ahli surga. 6. Dan berdasarkan perkataan Hudzaifah kepada isterinya:”Jika engkau berkeinginan menjadi isteriku di surga. Fathul Qadir:4/231). maka janganlah menikah setelah (kematian)ku.” Saya katakan:”Bahkan bisa saja dijodohkan dengan laki-laki yang sekufu (sebanding) meskipun laki-laki itu sudah mempunyai isteri lebih dari satu. Ini adalah keadaan kaum wanita di dunia. berdasarkan hadits Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam: “Dan tidaklah di dalam surga itu ada seorang yang bujang. 8/225). Maka kenikmatan surga tidaklah terbatas hanya pada kaum laki-laki. Adapun wanita yang suaminya meninggal. Hisyam ibn Khalid berkata:”Suami masuk neraka. akan tetapi diperuntukkan bagi laki-laki dan perempuan. Adakalanya suaminya meninggal. seperti Asiyah isteri Fir’aun dan Maryam binti Imran. Dan diantara bentuk kenikmatan surga adalah pernikahan.

yang suaminya masing-masing meninggal dunia sebelumnya maka jika semuanya masuk surga dia disuruh memilih salah satu di antara para suaminya itu. Fatawa al Ramli:6/268 dll. lihat al Mathalib al Aliyyah :2/67. dimanakah suaminya. tahqiq Hamid Ahmad Thahir:460) Syaikh Athiyah Saqr dari al Azhar memandang bahwa ini adalah termasuk perkara ghaib yang seharusnya dikembalikan kepada Allah dan tidak bisa kita pastikan kecuali dengan kabar yang qath’i (pasti).” (Silsilah as Shahihah. mungkin ada yang berkata:”Sesungguhnya telah diriwayatkan di dalam do’a jenazah kita berdo’a: “Dan gantilah dia dengan suami yang lebih baik dari suaminya. Adapun jika dia telah menikah maka makna “lebih baik dari suaminya” adalah lebih baik darinya dalam masalah sifat-sifat yang ada di dunia. Pendapat ini didasarkan pada hadits Anas radhiallahu anhu dalam Mu’jam al Kabir. lihat Ihya’ Ulumuddin : 3/45. bahwa Ummu Habibah menanyakan kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam tentang wanita yang bersuami lebih dari satu. Ini adalah hadits shahih. al Qurthubi dalam al Tadzkirah. Musykilul Atsar: 1/376. Tafsir al Qurthubi. dia menolak dan berkata: Saya mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: “Isteri itu untuk suamimu yang terakhir” maka saya tidak ingin mengganti Abu Darda’ dengan yang lain. dikarenakan mereka adalah isteri-isteri beliau di surga.” Maka jika dia telah menikah. oleh karena itulah Allah mengharamkan isteri-isteri Nabi untuk menikah setelah beliau. yang jika ia diberi kebebasan untuk memilih pasti memilihnya. dikarenakan pergantian ada kalanya dengan pergantian zatnya sebagaimana seandainya engkau menjual kambing dengan onta . (Fatawa al Azhar:10/28) Selain itu ada pendapat ketiga yang mengatakan bahwa wanita yang pernah bersuami lebih dari satu. namun pendapat ini tidak menyertakan dalil. sementara kita tahu bahwa suaminya di dunia adalah suaminya di surga. maka maknanya adalah lebih baik dari suaminya yang diperkirakan untuknya seandainya dia tidak mati (kemudian menikah). Kemudian. maka Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam menjawab:”Ia untuk yang terbaik akhlaknya. Ibnul Qayyim dalam Hadil Arwah: 158 dari Ummu Salamah. Wahai Ummu Habibah baiknya akhlak telah membawa kebaikan dunia dan akhirat. Satu pendapat mengatakan: wanita itu untuk suaminya yang paling baik akhlaknya. bagaimana kita berdo’a untuknya dengan do’a ini. 3/275). Juga berdasarkan ucapan Ummu Darda’ (Hujaimah bin Hayy al Aushabiyyah) ketika dilamar oleh Mu’awiyyah radhiallahu anhu.” (Hadits Dha’if.seorang wanita di surga untuk suami-suaminya yang terakhir di dunia. Menurutnya pendapat yang lebih mirip dengan kenikmatan surga yang agung adalah pendapat yang kedua. al Jami’ al Shaghir. yaitu untuk suaminya yang terbaik. surat al Ahzab:229.? Jawabannya adalah sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah: ”Jika dia belum menikah. Wallahu a’lam. maka jika dia belum menikah.

” (QS. dan adakalanya dengan pergantian sifat sebagaimana seandainya engkau berkata:” Mudah-mudahan Allah mengganti kekufuran orang ini dengan keimanan. Maka kadang-kadang kaum wanita bertanya-tanya tentang sebab hal tersebut! Jawabnya adalah : Pertama: Sesungguhnya Allah “Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai.” Sebagaimana pula firman Allah yang artinya: “(yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit. dan tidak pernah disebutkan yang semisal ini untuk kaum wanita. Ibrahim:48) Bumi yang dimaksud adalah bumi. sebagaimana firman Allah yang artinya: “Dan apakah patut (menjadi anak Allah) orang yang dibesarkan dalam keadaan berperhiasan. maka kerinduan mereka kepada perhiasan yang berupa pakaian dan perhiasan mengalahkan kaum laki-laki.oleh karena itulah Allah tidak mengiming-iming mereka dengan apa yang merasa malu terhadapnya. pemandangan yang indah. Ketiga : Sesungguhnya kerinduan seorang wanita terhadap laki-laki tidak seperti kerinduan laki-laki terhadap wanita-sebagaimana yang telah dimaklumi bersama-oleh karena itu Allah membuat kaum laki-laki merindukan surga dengan menyebutkan wanitawanita penghuni surga. maka saya katakan: Kedua: Sesungguhnya termasuk tabiat wanita adalah malu-sebagaimana sudah diketahui. akan tetapi dihamparkan (diratakan) sedang langit adalah langit akan tetapi dia telah terbelah.” (QS. dan pakaian.misalnya. dikarenakan perhiasan merupakan barang yang wanita diciptakan untuk mencintainya. al Ambiya:23).” (QS. semuanya menikmatinya sebagaimana telah disebutkan. berupa berbagai macam makanan. Sisanya bahwa sesungguhnya Allah telah mempesonakan kaum laki-laki dan membuat mereka rindu terhadap surga dengan menyebutkan para bidadari dan wanita-wanita jelita yang ada didalamnya. az Zukhruf:18) . sebagai pembenar sabda beliau Shalallahu ‘Alaihi Wassalam: “Tidaklah aku tinggalkan sebuah fitnah setelahku yang lebih berbahaya terhadap kaum laki-laki melebihi fitnahnya kaum wanita.16/41) Adapun kaum wanita. tempat tinggal.” Pertanyaan yang berulang Tatkala Allah menyebutkan hal-hal yang mempesona yang ada di dalam surga.” (HR. akan tetapi tidak jadi masalah kita mengambil faidah dari hikmah tindakan ini dari nash-nash syar’i dan kaidah pokok Islam. maka sesungguhnya semua itu bersifat umum untuk dua jenis (laki-laki dan perempuan). al Bukhari.

dikarenakan umur sebentar lagi akan berakhir. Maka hendaklah kekekalanmu berada di dalam surga insya Allah.” (HR. Setelah itu semua. 13/ 282) Intinya. beramallah untuk Allah. Akan tetapi yang demikian tidak menunjukkan bahwa tidak ada suami bagi mereka. dan ketahuilah bahwa mahar surga adalah iman dan amal shalih. Thabrani 12/281) Telah diriwayatkan pada sebagian atsar bahwa kaum wanita dunia akan menjadi jauh lebih jelita berlipat-lipat dibandingkan kejelitaan bidadari karena ibadah mereka kepada Allah. maka Dia akan merubah mereka menjadi gadis-gadis perawan. Maka ingatlah kepada Allah. al Qamar:55). gunakanlah segenap kesempatan. Bukhari.2/3) Dan di hsdits yang lain: “Sesungguhnya penduduk surga yang paling sedikit adalah kaum wanita. agar kaum wanita berusaha keras untuk tidak menjadi penghuni neraka.” (HR. dan setelah itu yang ada hanyalah kekekalan. Oleh karena itulah isteri-isteri itu disebutkan untuk kaum laki-laki di surga. Ingatlah sabda Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam: . Muslim. Telah diriwayatkan dalam sebuah hadits shahih sabda Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam: “Sesungguhnya aku telah melihat kalian sebagai penghuni neraka yang terbanyak…”(HR.” (QS. dan mendiamkan penyebutan suami-suami untuk kaum wanita. Jika seorang wanita masuk ke dalam surga maka sesungguhnya Allah akan mengembalikan masa muda dan keperawanannya. bahkan bagi mereka adalah suami dari anak cucu Adam . dan dialah yang berkeinginan terhadap wanita. “Di tempat yang disenangi di sisi Tuhan yang berkuasa. berdasarkan sabda Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam: “Sesungguhnya surga tidak dimasuki oleh orang-orang tua…sesungguhnya Allah jika memasukkan mereka (kaum wanita) ke dalam surga. bukan angan-angan kosong disertai berlebih-lebihan. maka surga tersebut telah dihias-hiasi untuk kalian wahai sekalian kaum wanita sebagaimana surga juga dihias untuk kaum laki-laki.Keempat : Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata: “Sesungguhnya Allah menyebut para isteri untuk para suami dikarenakan suamilah yang mencari.

” (QS.“Jika seorang wanita shalat lima waktu. penyiar. Ahmad dlm Musnadnya (1573).yang mengajak wanita membuka aurat. dan kesetaran adalah orang-orang yang berperilaku seperti orang-orang kafir sebagaimana disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya “Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir. Di kutip dari Majalah Qiblati Edisi 07 tahun II SURGA ---------------------------------------------------------------------========================================= Surga (Al-Jannah) adalah suatu tempat di alam akhirat yang penuh dengan segala macam kenikmatan dan kesenangan. maka akan dikatakan kepadanya:”Masuklah kamu ke dalam surga dari pintu surga mana saja yang kamu kehendaki. dan taat kepada suaminya. Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Shahihut Targhib wat Tarhib (1932)) Berhati-hatilah-dengan segenap kewaspadaan-terhadap para penyeru fitnah dan perusak kaum wanita dari golongan orang-orang yang berkeinginan untuk merusak. Dari kitab beliau Ah walun Nisa’ fil Jannah secara ringkas. dan agar menjadikan mereka sebagai wanita-wanita yang diberi hidayah serta yang memberikan hidayah. pemikir. menjaga kemaluannya. hadits hasan lighairihi.” (HR. dan artis-baik laki-laki maupun perempuan. Sesungguhnya para pejabat. Janganlah sekali-kali tertipu dengan bujukan. kebebasa. berbaur dengan lawan jenis secara bebas dengan alasan kemajuan. dan agar memalingkan dari mereka syaitan-syaitan manusia dari para penyeru pengrusakan kaum wanita baik laki-laki maupun perempuan. menghinakan dan memalingkan kalian dari kemuliaan dan kenikmatan surgawi. lalu kamu menjadi sama (dengan mereka). penulis. kepada keluarga beliau dan para sahabat beliau. an Nisa’:89) Kami memohon kepada Allah agar memberikan taufik kepada segenap kaum wanita muslimah untuk mendapatkan keberuntungan dengan surga yang penuh dengan kenikmatan. rayuan serta mulut manis orang-orang yang mengajak kepada kebebasan dan kesetaraan gender. . puasa di bulan (Ramadhan).

3. menjauhkan diri dari perbuatan sia-sia. Dihuni oleh orang-orang yang kuat iman Islamnya. 5. banyak berbuat kebajikan.29. terdapat istana-istana dan mengalir sungaisungai dibawahnya (Al-Furqan:10).32-33). Dihuni oleh orang-orang yang . Dalam Al-Mukminun :1-11. memelihara amanah. benar-benar beriman dan beramal saleh (Thaha:75-76). memperhatikan ayat-ayat Allah. menjaga kemaluannya. tahta-tahta kebesaran dan ranjang-ranjang emas/permata (Ash Safaat:44 dan Al Waqi'ah : 15). menepati janji. sabar. Surga Darussalam Diciptakan dari Yakut merah. Diperuntukkan bagi orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah dan beramal saleh (Al Qalam : 34. aktif menunaikan zakat.68. Surga Naim Dijadikan dari perak putih. Surga Al-Maqamul Amin Diciptakan dari permata putih. Surga Firdaus Dijadikan dari emas yang merah. Yunus : 9. dan Al Waqi'ah :28. Luqman : 8. banyak berbuat baik (Fathir:32-33). serta beramal Saleh (Al An'am : 27). 6." Gambaran tentang Surga di dalam Al-Qur'an antara lain sebagai berikut : surga seluas langit dan Bumi (Al-Hadid:21). dan Al-Haj : 56). beramal saleh (As Sajdah : 19) serta takut kepada kebesaran Allah dan menahan hawa nafsunya (An Naziat : 4041). dan calon-calon penghuninya sbb : 1. dan membalas kejahatan dengan kebaikan (Ar Ra'ad :22-23). tingkatan. dan memelihara sholatnya. di dalamnya terdapat pohon-pohon dan buah-buahan (ArRahman:54. 2. Surga 'Adn Diciptakan dari intan putih. Penghuninya yaitu orang yang bertakwa kepada Allah (An Nahl :30-31). Surga Ma'wa Diciptakan dari jamrud hijau. dan jarang berbuat kesalahan. 7. dijelaskan bahwa surga ini untuk orang-orang yang khusyuk sholatnya. Surga Khuldi Diciptakan dari marjan merah dan kuning. Penghuninya yaitu orang-orang yang kuat iman dan Islamnya. menjadikan tempat ini bagi hamba-Nya yang takwa. Kekallah mereka didalamnya. Antara lain diterangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 82 sbb : "Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh. 4.Allah Swt. Kediaman orang-orang yang bertakwa (Ad dukhan : 51). Adalah tempat orang-orang yang bertakwa kepada Allah (An Najm:15). 8. serta ditemani bidadari-bidadari (ArRahman : 72 dan Ad Dukhan : 54) Nama Surga. Surga Darul Muqamah Diciptakan dari permata putih. menjadi penghuni surga. menginfakkan hartanya.

taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya (Al Furqaan :15). sehingga Surga membuat seseorang segera menuju kebaikan dan kebenaran walaupun di dalam perjalanan menujunya dipenuhi bahaya. Jarak antara tingkatan surga yang satu dengan yang lainnya diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abi Said Al-Khudri : "Surga itu terdiri dari seratus tingkat. Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r. Pintu buat orang-orang yang menunaikan ibadah Haji dan umrah. Pintu untuk para Nabi. . bahkan kematian. dan menyambung tali persaudaraan. 2. Pintu bagi orang-orang yang mendirikan sholat dengan menyempurnakan syarar rukunnya dan wudhunya. Dan tingkatan tertinggi adalah surga Firdaus. dan dermawan. Pintu bagi orang-orang yang bertakwa. serta merupakan tempat bagi orang-orang yang dikaruniai oleh Allah. 3. Pintu bagi para ahli Jihad (berjuang menegakkan agama Allah) 8.". Pintu-pintu tersebut adalah : 1. pengorbanan.. syuhada. 5. Dari kalangan para Nabi. kesulitan. Memasukinya dan hidup di dalamnya adalah sebuah sebuah harapan yang selalu dipikirkannya sepanjang umurnya. Sesungguhnya Surga itu adalah cita-cita yang paling agung bagi seorang mukmin. berbakti kepada orangtua. Pintu buat orang-orang yang mengeluarkan zakat dengan kebersihan jiwa. yang dirindukan oleh setiap manusia disetiap tempat dan zaman. surga memiliki 8 pitu dari emas yang ditaburi mutiara. Pintu orang-orang yang mencegah hawa nafsu dan kesyahwatan.a. Rasul. Syuhada” dan orang-orang shali sebagai balasan kemudian di kampung akhirat Surga adalah cita-cita yang sangat mulia yang membuat mata terpesona melihat taman-tamannya. 6. Indahnya surga Surga adalah sebuah tempat yang akan dimasuki oleh orang-orang beriman bertaqwa dan mau beramal shalih. 7. dan penuh duri. 4. Pintu untuk orang-orang yang memerintah kebaikan dan melarang kemungkaran. Antara tingkat yang satu dengan yang lainnya berjarak seperti antara Bumi dan langit. Shiddiqin.

“Wahai Abu Musa! Apakah engkau mendengar Rasulullah mengatakannya. bahkan sangat banyak surat didalam Al-Quran yang berisi berita tentang Surga.. Ad – Dukhan : 51-55) “Sesungguhnya Allah memasukkan orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih kedalam Surga – Surga yang dibawahnya mengalir ssungai – sungai. Al-Qomar : 54-55) . (duduk) mereka berhadap – hadapan.” Ayat – ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang Surga. dia berkata. (QS. Allah SWT telah menjelaskan tentang keadaan Surga didalam kitab-Nya dengan keterangan yang nyata sehingga seakan-akan terkihat di depan mata. Di Surga itu mereka di beri perhiasan dengan gelang – gelang dari emas dan mutiara. Rasulullah bersabda : “sesungguhnya pintu – pintu Surga berada dibawah kilatan pedang.” ( QS. Dan Kami berikan kepad mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran)”.Sehingga dengan semangat menggapai Surga inilah ada sebuah kisah dari Abu Musa al-Asy’ari yang ketika itu berhadapan dengan musuh dalam peperangan. dia merobek sarung pedangnya lalu menebaskannya kea rah musuhnya hingga dia terbunuh.” Kemudian. (yaitu) di dalam taman – taman dan mata air –mata air . mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal.”Abu Musa menjawab: “Ya”.” ( QS. Serta orang itu kembali kepada teman-temannya dan berkata:”Saya menyampaikan salam kepada kalian.” Mendengar itu. ditempat yang disenangi di sisi (Rabb) Yang Maha Perkasa. diantaranya : “Sesungguhnya orang – orang yang bertaqwa berada dalam tempat yang aman . Al-Hajj no. 23 ) “Sesungguhnya orang – orang yang bertaqwa itu didalam taman – taman dan di sungai – sungai. Penjelasan tentang Surga itu tidak hanya terdapat dalam satu Al-Quran saja. dan pakaian mereka adalah sutera.

Maka penjaga bertanya “Siapa anda?”Aku menjawab : ”Muhammad. ai berkata bahwa Rasulullah bersabda “Semua anak Adam berada di bawah benderaku pada hari kiamat.Muslimno.” Selanjutnya dia berkata:”hanya untukmu aku diperintahkan agar membuka pitu ini dan dilarang bagi seorangpun sebelummu. detail dan gamblang. 1. Orang – orang yang shalih merasakan kenikmatan dengan mengetahuinya.”” (HR. hamba Allah. ia berkata. Orang yang pertama kali masuk Surga Dari Anas bin Malik. Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya orang yang pertama kali masuk Surga dalam keadaan bagaikan bulan dimalam purnama. Rasulullah SAW bersabda : “Pada hari kiamat nanti aku akan mendatangi pintu Surga. dan orang – orang yang bertaubat merasakan kesenangan dengan mengingatnya. Isteri -isteri . ia berkata. Ketahuilah. Mereka tidak buang air besar. 6995) 2.188 ) Dari hudzaifah Radhiallahu”anha. tidak beringus. bahwa Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan tentang sifat Surga yang dijanjikan Allah kepad orang – orang yang bertaqwa dengan keterangan yang mendalam. dan tidak meludah. wahai. Orang yang masuk setelah mereka bagaikan bintang yang sangat terang di langit yang cerah. dan aku orang pertama yang dibukakan pintu Surga” (Shahiihul Jaami’ no. Tempat Bukhur (pewangi ruangan dan tubuh) mereka adalah batang kayu gaharu. Keterangan ini membuat tenteram (hati) orang – orang yang beriman. kemudian aku meminta agar dibukakan (pintunya). Keringat mereka adalah minyak kesturi.Hadist – hadist shahih yang menjelaskan tentang Surga. Sifat rombongan pertama yang masuk Surga Dari sahabat Abu Hurairah. Sisir mereka terbuat dari emas.

” (HR. tingginya enam puluh hasta di langit. 2837. Tidak ada kematian dalam Surga Dari Sahabat Abu’ Sa’id dan abu hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah bersabda : “jika penduduk Surga sudah masuk ke Surga. Pintu itu tidak dimasuki. . Pintu – pintu Surga Dari sahabat Sahl Sa”ad. baik dia berhijrah di jalan Allah atau tetap tingal di tanah airnya. Setiap dua tingkatan seperti jarak antara langit dan bumi. Bentuk tubuh bapak mereka.mohonlah Surga “Firdaus”yang tinggi.” (HR. Adam. Rasulullah. kecuali hanya oleh orang – orang yang berpuasa.” (Muttafaq “alaih. Dan diatasnya terdapat “Arsy ar-Rahman. diantaranya Surga ada yang bernama “Ar-Rayyan”. 3257) 4. ia berkata Rasulullah bersabda:”Di dalam Surga ada delapan pintu. Kalian akan tetap sehat dan tidak akan sakit. 3327 dan Muslim no.Al-Bukhari no. Muslim no.2834}) 3.ia berkata. maka ada yang berseru : “Sesungguhnya kalian akan tetap hidup dan tidak akan mati.” Para Sahabat berkata : “Wahai. Kalian juga akan selalu hidup senang dan tidak akan mendapat kesusahan. at-Tirmidzi no.{al-Bukhari no.) 5. mendirikan shalat dan berpuasa Ramadhan.Rasulullah bersabda:”Siapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Maka jika kalian memohon kepada Allah. Kalian akan tetap muda dan tidak akan tua. maka wajib bagi Allah untuk memasukkannya ke Surga. bolehkah kita memberitahukan ini kepada orang banyak?”Beliau bersabda :”Sesungguhnya di Surga ada seratus tingkatan yang telah disediakan oleh Allah bagi para Mijahiddin fii Sabilillah. Karena Surga dan paling atas. Diriwayatkan juga oleh Ahmad no. 11905.mereka semuanya para bidadari. Kedudukan Penghuni Surga dan Tingkatan-tingkatan Surga Dari Sahabat Abu Hurairah. 3246.

penutup kepalanya lebih baik daripada dunia dan sisinya. Di sana sini terhampar karpet-karpet sajadah-sajadah untuk perhiasan dan duduk bersuka ria. 2118) .Rasulullah bersabda:”…Kalaulah seorang wanita penduduk Surga menampakkan dirinya kepada penduduk dunia. Ada gelas-gelas berasal dari emas yang tertata rapi yang disediakan untuk minum.ia berkata. Makanan dan minuman penghuni Surga Dari Muwiyyah bin Haidah.” (HR. Wanita-Wanita Penduduk Surga Dari Anas bin Malik. lautan khamr. Rasulullah bersabda : “Tidak ada sebuah pohonpun di Surga.Al-Bukhari) 8. Pemandangan di Surga Di Surga ada kenikmatan yang abadi.tidak perlu diminta dan dipersiapkan.” (Shahiihul Jaami’ no.niscaya dia akan menerangi antara keduanya dan bumi akan penuh dengan wewangian. melainksn batangnya dari emas. ia berkata. 7924) 7. Rasulullah bersabda : “sesungguhnya di Surga ada lautan air.” (Shahiihul Jaami’ no.kebaikan yang merata. ia berkata. Disana ada dipan-dipan tinggi yang terlihat bersih dan suci.” (HR. 2118) 9. 7873) 6.Dari sana sungai-sungai Surga mengalir. Dari Abu Hurairah.dan rahmat dari Allah yang begitu luasnya. Al-Bukhari no.7423. lautan madu.lihat juga Shahiilil Jaami’ no. Ada bantal-bantal dan tilam-tilam untuk bertelekan di waktu bersantai.”(Shahiihul Jaami’ no. kemudian darinya sungai – sungai mengalir.mereka berumur 30 tahun atau 33 tahun. lautan susu.hingga pohon yang tumbuh di Surga pun terbuat dari emas. dan bercelak.Kemahnya yang terbuat dari mutiar. Sifat-sifat Penduduk Surga Dari Mu’adz bin Jabal Radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah bersabda:”Penghuni Surga akan masuk Surga dengan tubuh dan wajah yang tidak berbulu. Dan sungguh.istanya terbut dari emas.

kita akan menuju kesana karena pintu Surga (selalu) terbuka bagi orang – orang yang mau menempuhnya. Para penduduk Surga adalah orang – orang yang bertaqwa. berarti dia enggan (masuk Surga). Inilah jalan-Nya . dan inilah jalannya mudah rata. siapa yang enggan?” Beliau bersabda : “barang siapa taat kepadaku. Inilah jalannya para penempuh jalan ke Surga. Hendaklah kita mempersiapkan diri untuk merealisasikannya dan menerapkannya dalam kehidupan. Dan bersamaan rasa aman. Ini tidak bisa kita laksanakan. Amiin . bersih dari noda riya’ dan syirik dari segala bentuknya. ” mereka bertanya : “Wahai. AlBukhari).Ketahuilah. kecuali dengan ilmu yang benar yang bersumber dari kitabullah jalla jalaaluh dan sunah Nabi-Nya dan semoga Allah selalu membimbing kita dalam beribadah dan memasukkan kita ke dalam golongan orang – orang ahli Surga. serta terdapat petunjuk dan penerang disekitarnya. Rasa takut inilah yang membuat ibadah dan amal menjadi ikhlas. sedangkan Neraka itu dikelilingi oleh hal – hal yang menyenangkan” (Shahiihul Jaami’ no.bahwa penghuni Surga adalah orang – orang yang merasa takut kepad Allah. kecuali orang yang enggan. sebagaimana yang digambarkan Rasulullah dalam sabdanya : “Surga itu dikelilingi oleh hal – hal yang dibenci (manusia). takut. niscaya dia akan masuk Surga. lagi waspada. siapa yang takut kepada-Nya di dunia. niscaya Allah akan memberikan rasa aman kepadanya di akhirat. Sekarang. Rasulullah.” (HR. hamba Allah. dan barang siapa durhaka kepadaku. yakni merasa takut kepada-Nya di dunia dan merasa takut kepada-Nya di hari kiamat Oleh karena itu. rambu-rambunya nyata lagi jelas. wahai. 3142) Juga dalam sabda beliau SAW : “Setiap umatku akan masuk Surga. Allah tidak akan menggabungkan dua rasa takut pada satu jiwa. juga diberikan rasa dekat dan pemuliaan. Itulah Surga. Rasa takut yang mendorong kepada kebaikan dan mencegah dari setiap penyimpangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->