Membangun Sistem Intrusion Detection System Yang Open Source Pada Sistem Operasi Windows

Pendahuluan
Keamanan jaringan komputer sebagai bagian dari sebuah sistem informasi adalah sangat penting untuk menjaga validitas dan integritas data serta menjamin ketersediaan layanan bagi penggunanya. Sistem harus dilindungi dari segala macam serangan dan usaha-usaha penyusupan atau pemindaian oleh pihak yang tidak berhak. Intrusion Detection System yang nantinya akan disebut IDS merupakan usaha mengidentifikasi adanya penyusup yang memasuki sistem tanpa otorisasi (misal cracker) atau seorang user yang sah tetapi menyalahgunakan privelege sumberdaya sistem. Intrusion Detection System (IDS) atau Sistem Deteksi Penyusupan adalah sistem komputer (bisa merupakan kombinasi software dan hardware) yang berusaha melakukan deteksi penyusupan . IDS akan melakukan pemberitahuan saat mendeteksi sesuatu yang dianggap sebagai mencurigakan atau tindakan ilegal. IDS tidak melakukan pencegahan terjadinya penyusupan. Pengamatan untuk melakukan pemberitahuan itu bergantung pada bagaimana baik melakukan konfigurasi IDS. Penulis kali ini akan mencoba mambangun sebuah sistem intrusion detection pada sistem Windows 2003 Server. Seperti artikel sebelumnya penulis juga akan menggunakan snort sebagai IDS yang open source. Snort yang dapat diperoleh di http://www.snort.org biasanya di sebut sebagai Network Intrusion Detection System (NIDS). Snort sendiri adalah Open Source yang tersedia di berbagai variasi Unix (termasuk Linux) dan juga Microsoft Windows. Sebuah NIDS akan memperhatikan seluruh segmen jaringan dimana dia berada, berbeda dengan host based IDS yang hanya memperhatikan sebuah mesin dimana software host based IDS tersebut di pasang. Secara sederhana, sebuah NIDS akan mendeteksi semua serangan yang dapat melalui jaringan komputer (Internet maupun IntraNet) ke jaringan / komputer yang kita miliki. Dilihat dari cara kerja dalam menganalisa apakah paket data dianggap sebagai penyusupan atau bukan, IDS dibagi menjadi 2:

1) Knowledge-based atau misuse detection Knowledge-based IDS dapat mengenali adanya penyusupan dengan cara menyadap paket data kemudian membandingkannya dengan database rule IDS (berisi signature-signature paket serangan). Jika paket data mempunyai pola yang sama dengan (setidaknya) salah satu pola di database rule IDS, maka paket tersebut dianggap sebagai serangan, dan demikian juga sebaliknya, jika paket data tersebut sama sekali tidak mempunyai pola yang sama dengan pola di database rule IDS, maka paket data tersebut dianggap bukan serangan. 2) Behavior based (anomaly) IDS jenis ini dapat mendeteksi adanya penyusupan dengan mengamati adanya kejanggalan-kejanggalan pada sistem, atau adanya penyimpangan-penyimpangan dari kondisi normal, sebagai contoh ada penggunaan memori yang melonjak secara terus menerus atau ada koneksi parallel dari 1 buah IP dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang bersamaan. Kondisi-kondisi diatas dianggap kejanggalan yang kemudian oleh IDS jenis anomaly based dianggap sebagai serangan.

Sedangkan dilihat dari kemampuan mendeteksi penyusupan pada jaringan, IDS dibagi menjadi 2 yakni: 1) Host based intrusion detection system Host based mampu mendeteksi hanya pada host tempat

implementasi IDS. 2) Network based intrusion detection system Network based IDS mampu mendeteksi seluruh host yang berada satu jaringan dengan host implementasi IDS tersebut.

Penulis kali ini akan membangun sebuah IDS dengan menggunakan snort karena snort merupakan IDS opensource dan cukup bagus kinerjanya. Diagram kerja intrusion detection system yang akan dibangun adalah sebagai berikut :

Oinkmaster Update rule

ACID

Gambar1. Diagram kerja intrusion detection system

Persiapan
Untuk membangun sistem intrusion detection diperlukan beberapa komponen yang perlu diintegrasikan menjadi satu kesatuan sistem. Komponenkomponen tersebut meliputi : 1) Snort Download versi terbaru snort untuk sistem operasi windows penulis gunakan versi snort 2.6.1. Snort dapat didwonload di situs

http://www.snort.org. 2) Winpcap Pada sistem operasi unix sudah tersedia library yang mampu mengcapture paket pada jaringan yaitu libcap dan ikut disertakan pada CD instalasinya, akan tetapi untuk sistem windows belum mempunyai library yang mampu mengcapture paket pada jaringan komputer. Penulis gunakan winpcap version 3.1, untuk mendownloadnya kunjungi situs

http://www.winpcap.org. 3) Oinkmaster Seperti antivirus yang memerlukan update, rules snort juga perlu di update. Update dilakukan untuk memperoleh rule terbaru sehingga nantinya dapat diperoleh sebah rule yang mampu mengetahui jenis-jenis serangan baru. Oinkmaster dapat di download di http://www.oinkmaster.com 4) Active Perl.

Untuk menjalankan oinkmaster diperlukan bahasa pemrograman perl, karena oinkmaster dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemograman perl. Active perl dapat di download http://www.perl.com 5) MySQL Database yang digunakan adalah MySQL yang diinstall pada sistem berbasis Windows atau sistem operasi lain yang mendukung database MySQL. Alert IDS akan disimpan pada database mysql. Alasan pemilihan MySQL sebagai program database yang digunakan antara lain : • • Sifatnya yang open source dan murah Cukup stabil pada hardware dengan spesifikasi yang relatif rendah Mysql dapat di download pada situs http://www.mysql.com, Untuk administrasi dan maintenance sistem database dibuat suatu interface berbasis web yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP. Fungsi utama dari interface ini adalah untuk mengedit atau mengupdate entry database yang dijadikan input bagi sistem yang lain. 6) ACID (Analysis Console for Intrusion Databases) ACID (Analysis Console for Intrusion Databases) merupakan PHPbased analysis engine yang berfungsi untuk mencari dan mengolah database dari alert network sekuriti yang dibangkitkan oleh perangkat lunak gratis di situs

pendeteksi intrusi (IDS). Dapat di implementasikan pada sistem yang mendukung PHP seperti linux, BSD, Solaris dan OS lainnya. ACID adalah perangkat lunak yang open-source dan didistribusikan dibawah lisensi GPL. Penulis kali ini menggunakan ACID-0.9.6b23. ACID dapat di download pada situs http://www.andrew.cmu.edu/~rdanyliw/snort/snortacid.html. 7) PHP ( Personal Home Page ). PHP merupakan bahasa pemrograman berbasis web. Bahasa ini mempunyai kelebihan yaitu kompabilitasnya dengan berbagai macam jenis database, dukungan dengan berbagai macam jenis sistem operasi. PHP lebih cocok dan umum digunakan jika di gabungkan dengan database mysql. Mysql dengan PHP seakan-akan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. PHP nantinya akan digunakan untuk menampilkan alert yang dihasilkan oleh

snort. Alert tersebut nantinya akan ditampilkan dengan menggunakan ACID. PHP dapat di download pada situs http://www.php.net 8) Web server Apache. Web server yang akan digunakan adalah web server apache. Webserver tersebut nantinya akan diintegrasikan bersama-sama dengan PHP. Web server apache dapat didownload di situs http://www.apache.net 9) ADODB. ADODB, sebuah library abstraksi untuk menggabungkan PHP ke berbagai database seperti MySQL dan Postgre SQL. ADODB dapat didwonload di http://adodb.sourceforge.net. 10) Phplot dan Jpgraph. Merupakan library untuk membuat grafik yang baik di PHP. Library ini nantinya akan digunakan bersama-sama dengan komponen yang lainnya. Phplot dapat di download pada situs http://www.phplot.com, dan Jpgraph dapat didownload di http://www.aditus.nu/jpgraph/.

Instalasi
Setelah semua komponen-komponen yang dibutuhkan diperoleh langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi serta konfigurasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

A. Winpcap dan Snort 1. Instal paket library yaitu winpcap, langkahnya adalah sebagai berikut : 1) Setelah mendapatkan installernya tinggal double klik ikon tersebut.

tekan tombol next. 3) Muncul proses instalasi berikutnya tekan next. . 4) Setelah membaca lisence agreement tekan I Agree.2) Akan muncul langkah instalasi sebagai berikut.

langkahnya adalah sebagai berikut : Tempatkan semua file instalasi pada satu direktori untuk mempermudah instalasi.5) Selesai sudah proses instalasi winpcap tekan finish 2. Tekan next. Instal Snort. . misalnya C:\IDS 1) Setelah mendapatkan installer untuk snort. Penulis memilih pilihan paling atas. kita lakukan proses instalasi dengan menduobleklik ikon dibawah ini. 2) Setelah membaca license Agreement tekan tombol I Agree. 3) Instalasi option akan memberikan pilihan database yang akan digunakan tergantung database yang akan dipakai.

5) Tempatkan instalasi pada direktori yang telah kita buat yaitu C:\IDS. Tekan tombol next. Tekan tombol next. .4) Proses selanjutnya adalah memilih komponen-komponen apa saja yang akan di install.

6) Setelah menkan tombol next akan terlihat proses instalasinya. B. Langkah awal adalah ekstrak file tersebut dan anda akan mendapatkan file setup.18-win32. Tekan ok.conf yang akan kita konfigurasi pada proses selanjutnya.exe. 7) Akan muncul peringatan bahwa winpcap sudah terinstall dan konfigurasi pada snort. Setelah selesai tekan close.1. kemudian eksekusi file setup. Database System Dalam pembangunan intrusion detection system ini database yang digunakan adalah database mysql instalasinya adalah sebagai berikut : File paket instalasi MySQL terdapat pada file mysql-4.zip yang terkompresi dalam format ZIP.exe dan .

selanjutnya akan tampil windows MySQL setup seperti pada gambar 17. Gambar 1. Click Next. MySQL Setup Pada Windows Setup Type (gambar 18) pilihlah Custom. Click Next. Gambar 2. Setup type . karena anda akan mengatur folder instalasi ke C:\IDS.

Setelah selesai maka akan tampil windows seperti pada gambar 21. Pada windows ini anda harus mengganti setting install to. Windows ini akan memberikan .1\Click OK. Gambar 3. Custom Setup Pada windows Change Current Destination Folder (gambar 10). Merubah Folder instalasi Kemudian lanjutkan instalasi hingga selesai. gantilah folder name menjadi C:\IDS\MySQL\MySQL Server 4. Click Change. Gambar 4.Tampilan windows berikutnya adalah Custom Setup (gambar 19).

Pilihlah Skip untuk melewati tahap ini. Confguration Wizard akan menanyakan pertanyaan secara berurutan dan kemudian akan membuat file my.ini dan diimplementasikan pada konfigurasi server. Pengaturan konfigurasi MySQL server dapat dilakukan menggunakan Configuration Wizard yang akan membantu proses pengaturan konfigurasi server secara otomatis. Gambar 5. Konfigurasi MySQL server tersimpan dalam file my. Pastikan Check box Configure dalam keadaan aktif. Pada akhir instalasi akan tampil windows untuk konfirmasi melanjutkan ke Configuration Wizard (gambar 22).com atau tidak. Registrasi MySQL Instalasi MySQL telah selesai. . Kemudian click Next. Kemudian click Finish untuk melanjutkan ke Configuration Wizard.ini yang akan digunakan ketika menjalankan service MySQL.konfirmasi apakah anda akan mendaftarkan server anda ke MySQL. Mari kita mulai pengaturan konfigurasi menggunakan Configuration Wizard.

database . Setting Securty Setelah selesai melakukan instalasi database MySQL langkah selanjutnya adalah membuat database yang akan digunakan snort untuk menyimpan alert. Konfirmasi Configuration Wizard Pada Configuration wizard. Gambar 7. Isikan password untuk root pada windows ini misalnya “pass”.Gambar 6. Yang harus anda perhatikan adalah Setting password untuk root yang tampil pada windows Security. Click Next. semuanya di biarkan default saja.

yang akan kita buat kita beri nama snortdb dan archive. c) Setelah berhasil membuat database langkah selanjutnya adalah membuat tabel pada kedua database tersebut. snort sudah menyediakan beberapa schema database untuk berbagai tipe platform database seperti MySQL. MSSQL. Prosesnya adalah sebagai berikut : a) Buka command prompt dengan mngetikkan cmd pada run lalu tekan ok. b) Lalu akan muncul command prompt ketikkan beberapa perintah sebagai berikut untuk bisa masuk ke mysql serta membuat dua database yaitu snortdb dan archive. ORACLE. POSTGRESQL. terletak pada direktori .

C:\IDS\snort\schemas. Dari schema tersebut dapat langsung kita kompile dengan menggunakan perintah sebagai berikut : d) Untuk mengecek apakah kompilasi telah berhasil gunakan perintah berikut untuk melihat hasilnya : • Database snortdb .

• Database archive .

beberapa contoh perintah-nya terdapat di bawah ini. Untuk menjalankan snort pada sniffer mode tidaklah sukar. untuk melihat paket yang lewat di jaringan.Snort dapat dioperasikan dalam beberapa metode yaitu : 1) Sniffer mode. buka comand prompt ketikkan perintah sebagai berikut : cd c:\ids\snort \bin .

snort –vd –i2 snort –vde –i2 snort –v –d –e –i2 .

.

layar anda akan scrolling dengan cepat sekali susah untuk melihat paket yang di inginkan. -e akan menghasilkan beberapa keluaran yang berbeda. Beberapa perintah yang mungkin dapat digunakan untuk mencatat paket yang ada adalah dengan mengetikkan perintah pada command prompt: cd c:\ids\snort\bin . -d. Tentunya cukup melelahkan untuk melihat paket yang lewat sedemikian cepat di layar terutama jika kita menggunakan ethernet berkecepatan 100Mbps. maka akan didapat analisa beberapa paket yang berhasil diperoleh. Dengan menambahkan beberapa switch –v. merupakan sensor yang digunakan dapat digunakan perintah seperti gambar berikut.Untuk menghentikan proses sniffer tersebut gunakan perintah Ctrl + c . untuk melihat header link layer paket seperti ethernet header. yaitu -v. untuk melihat isi paket. -d. untuk melihat header TCP/IP paket yang lewat. untuk mencatat semua paket yang lewat di jaringan untuk di analisa di kemudian hari. -e. -i2. 2) Packet logger mode. Cara paling sederhana untuk mengatasi hal ini adalah menyimpan dulu semua paket yang lewat ke sebuah file untuk di lihat kemudian.

snort –dev –l c:\ids\snort\log –i2 .

0/24 snort –dev –l c:\ids\snort\log –b .168.snort –dev –l c:\ids\snort\log –i2 –h 192.0.

org. pada mode ini snort akan berfungsi untuk mendeteksi serangan yang dilakukan melalui jaringan komputer. Untuk menggunakan mode IDS ini di perlukan setup dari berbagai rules / aturan yang akan membedakan sebuah paket normal dengan paket yang membawa serangan. 3) Intrusion Detection mode. setelah berhasil login maka anda akan mendapatkan oinkmaster code untuk mendownload snort rules.0/24 yang menunjukan bahwa yang di catat hanya packet dari host mana saja.snort. Langkah-langkah membuat intrusion detection mode adalah sebagai berikut : Download snort rules terlebih dahulu dengan melakukan register ke http://www.0. dan –b yang memberitahukan agar file yang di log dalam format binary. bukan ASCII.perintah yang paling penting untuk me-log paket yang lewat adalah -l c:\ids\snort\log yang menentukan bahwa paket yang lewat akan di log atau di catat ke file c:\ids\snort\log. Beberapa perintah tambahan dapat digunakan seperti –h 192. .168.

snort. sehingga menjadihttp://www.tar.org/pubbin/oinkmaster.snort.org/pub-bin/oinkmaster.cgi/ /snortrules-snapshot-2.gz.tar.cgi/c69cc5ab1aef2694163aee9e1d53a7951c46fa7b/snortrulessnapshot-2.3.gz Setelah berhasil mendownload rules snort.rules pada direktori C:\IDS\snort\rules. ekstraklah snort rules ke direktori C:\IDS\snort.Oink code Isikan oink code yang anda dapatkan Untuk mendownload rules snort ketikkan pada browser url sebagai berikut : http://www.3. Snort rules telah berhasil di ekstrak . seperti gambar dibawah ini. Proses akan berhasil ditandai dengan adanya beberapa rules berformat . Gambar4.

1.Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi snort. Edit beberapa baris ebagai berikut : a) Network Setting Untuk memonitor aktivitas jaringan yang lebih spesifik ubahlah var HOME_NET any misalnya menjadi var HOME_NET 192. mysql.database file for more information about configuring # and using this plugin. Snort. editlah snort.168.0/24. user=root password=root dbname=snortdb host=localhost. d) Arahkan direktori classification sebagai berikut : # Note for Windows users: You are advised to make this an absolute path. # Path to your rules files (this can be a relative path) # Note for Windows users: You are advised to make this an absolute path.config # include c:\IDS\snort\etc\classification.config . # such as: c:\snort\rules var RULE_PATH c:\IDS\snort\rules c) Logging database ke database MySQL # See the README. # such as: c:\snort\etc\classification. start may be "any" var EXTERNAL_NET any A good b) Arahkan direktori rule berada.conf dengan menggunakan text editor semacam wordpad atau notepade. # output database: alert.conf terletak pada direktori C:\IDS\snort\etc. untuk var EXTERNAL_NET any biarkan saja karena akan memonitor ip luar yang masuk ke jaringan kita. # or you can specify the variable to be any IP address # like this: var HOME_NET any # Set up the external network addresses as well.

# such as: c:\snort\etc\threshold.cof kita mengeset var HOME_NET any.255. # such as: c:\snort\etc\reference.0 Konfigurasi service untuk snort bertujuan untuk mempermudah pengguna agar tidak menjalankan snort secara manual melalaui command prompt.168.0 – 192.config # include c:\IDS\snort\etc\reference.config f) Arahkan direktori threshold sebagai berikut : # Note for Windows users: You are advised to make this an absolute path.conf # Uncomment if needed.10.conf Setelah melakukan konfigurasi seperti diatas. apabila diinginkan lebih fokus pada host jaringan tertentu dapat dikonfugirasi seperti : var HOME_NET any menjadi var HOME_NET 192.168.conf Include c:\IDS\snort\etc\threshold. # include threshold.255 dan subnet 255.255. Untuk itu service perlu diaktifkan terlebih dahulu dengan perintah dibawah ini.e) Arahkan direktori reference sebagai berikut : # Include reference systems # Note for Windows users: You are advised to make this an absolute path. apabila instalasi service snort jika tidak terjadi error akan dapat dilihat sebagai berikut : .168.10.0/24 Konfigurasi diatas akan memonitor host yang ada pada jaringan dari IP 192.10. snort akan mendeteksi alaet dari beberapa host network karena di snort.

Value dari service snort yang ada pada registry adalah seperti berikut : . Untuk memastikan bahwa perintah service sudah berhasil perlu dicek melalui register.Apabila salah satu dari service tidak berhasil diinstall. maka snort tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya. karena service yang ada sangat diperlukan.

Nilai-nilai diatas merupakan informasi bahwa instalasi service pada snort telah berhasil. fungsi perintah ini adalah : -v : perintah untuk melihat header TCP/IP paket yang lewat -d : perintah untuk melihat isi paket -e : perintah utnuk melihat header link layer paket seperti ethernet header. Untuk menjalankan snort secara otomatis perlu dilakukan beberapa tahapan berikut : Buka Control panel Administratif Tools Services snort Pada service apllet snort ubah konfigurasi dari manual ke otomatis.conf c:\ids\snort\etc\snort. -l : perintah untuk mendefinisikan tempat log snort berada. . -s : perintah agar alert masuk ke syslog -i2 : Sensor yang digunakan sebagai master sensor yaitu interface network card 2. • -vde. c:\ids\snort\log direktori temapat menyimpan log snort.conf.conf direktori dimana konfigurasi snort berada yaitu snort. • • • • • • -c : perintah untuk membaca konfigurasi pada file snort.Nilai yang ada di registry menandakan fungsi-fungsi tertentu.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : • Pada HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\sno rtsrv. Value yang ditambahkan “DependOnService”.Setelah dilakukan konfigurasi. • • Kemudian tamabahkan value baru New Multi-string Value.exe tidak tampil pada proses task manager. • Diberi nilai : NM NPF . Jika hal ini terjadi maka diperlukan konfigurasi pada registry dengan menambahkan beberapa value. snort. sistem operasi perlu direstart supaya registry dapat bekerja. masalah yang sering terjadi.

Sehingga nantinya akan diperoleh value baru. .

NetGroup Packet Filter Driver dan Network Monitor Driver sangat dibutuhkan jika diinginkan agar snort running otomatis saat sistem operasi dihidupkan. Installasi driver capture tidak membutuhkan konfigurasi tertentu.Value Baru Fungsi dari registry untuk menambah NetGroup Packet Filter Driver dan Network Monitor Driver. Oleh karena itu perlu ditambahkan secara manual. . Jika penambahan registry ini berhasil maka perlu dilakukan instalasi terhadap driver yang ada di local area network yang berfungsi sebagai master sensor IDS. Kedua sistem tersebut tidak disediakan oleh snort.

.exe terdapat pada processes. Hal itu berarti semua service dari snort sudah jalan dengan baik.Untuk memastikan bahwa service snort telah berhasil dikonfigurasi bisa dilihat pada task manager (tekan Ctrl + Shift + Esc) dimana snort.

com.6. Setelah berhasil mendownload dari situs http:\\perl. . Untuk itu dibutuhkan beberapa tools yaitu activeperl dan oinkmaster langkahnya adalah sebagai berikut : 1) Instalasi Activeperl Penulis kali ini menggunakan activeperl-5. ekstraklah file tersebut ke direktori C:\IDS.zip.638-MSWin32x86.1. Sehingga akan menjadi direktori baru C:\IDS\perl. rules snort juga perlu di update hal ini dimaksudkan agar mempunyai signature-signature yang baru sehingga nantinya mampu mendeteksi jenis-jenis serangan yang baru.Service snort yang sudah terinstal pada sistem operasi dapat dilihat dengan perintah sebagai berikut : Upadate Rules Snort Dengan Oinkmaster Sepertihalnya anti virus yang memerlukan update.

Buka file oinkmaster.tar. Sehingga akan diperoleh direktori C:\IDS\oinkmaster.com. kemudian rename menjadi oinkmaster untuk mempermudah penggunaannya.2) Instalasi Oinkmaster Untuk mendapatkan oinkmaster dapat di download secara gratis di http:\\www. Penulis menggunakan Oinkmaster1.conf dengan menggunkan wordpad dan lakukan konfigurasi .2.oinkmaster. Ekstraklah file tersebut ke direktori C:\IDS.

Hilangkan tanda “ # “ didepan url = http://www.tar.rules. untuk mendapatkan update snort rules secara gratis.gz.bleedingsnort.com/bleeding. Untuk menggunakan oinkmaster ini buka command prompt kemudian gunakan perintah seperti di bawah ini : .

php. tekan enter. Gambar Ping ke localhost 2. Lakukan ping ke localhost. Instalasi Webserver Apache Penulis menggunakan webserver apache_2. . phplot. dapat di download secara gratis di http://www.Analasis Console For Intrusion Databases (ACID) ACID (Analysis Console for Intrusion Databases) merupakan PHP-based analysis engine yang berfungsi untuk mencari dan mengolah database dari alert network sekuriti yang dibangkitkan oleh perangkat lunak pendeteksi intrusi (IDS).apache. instalasi akan dilakukan pada direktori C:\IDS.55-win32-x86- no_ssl. Sebelum menginstall Pastikan PC anda mendukung TCP/IP.0. click Start Run .net. jpgraph. Langkah-langkahnya dalah sebagai berikut : 1. Untuk mendukung ACID diperlukan webserver apache. ketik ping localhost (pada command promt). adodb.msi . Jalankan command promt. Pastikan ping ter-Replay dan tidak time-out. ketik cmd lalu tekan enter.

Jalankan file apache_2.0.55-win32-x86-no_ssl. Tampilan awal instalasi apache akan tampil seperti Gambar 8. Gambar 8. setelah selesai dan mengerti tekan next. Tampilan awal instalasi Apache Akan muncul windows lisensi apache setelah membaca pilih I agree dan tekan tombol next Akan muncul beberapa pernyataan-pernyataan mengenai apache. .msi untuk memulai menginstall apache.

dan email administrator. Konfigurasi tidak harus sesuai keadaan yang sesungguhnya ketika anda install pada PC. . Namum ketika diinstall pada server yang sesungguhnya. melalui file httpd. kemudian akan tampil windows untuk server information (gambar 3). maka informasi yang diisikan harus sesuai dengan konfigurasi servernya. Port yang digunakan untuk apache adalah port standar http yaitu port 80. Konfigurasi ini masih dapat dirubah ketika apache telah terinstall. tentang network domain.conf.Setelah beberapa windows. server name. kemudian lanjutkan instalasi (click next). Isikan informasi tentang server yang akan anda gunakan.

Tampilan tipe setup Pada Custom Setup (gambar 5). click Change untuk mengubah direktori instalasi. Pilihlah pilihan Custom. karena kita akan mengatur direktori tempat apache akan diinstall. Gambar 10.Gambar 9. Kemudian akan tempil windows Custom Setup (gambar 5). . Server Information Tampilan berikutnya adalah tipe setup (gambar 4). Click next.

lanjutkan proses instalasi hingga selesai. Custom Setup Rubahlah direktori instalasi apache ke C:\IDS\Apache Group\ kemudian click OK (gambar 6) Gambar 12. .Gambar 11. Proses instalasi akan tampil seperti pada gambar 7. Direktori instalasi Selanjutnya.

Apache monitor pada icon tray . Click pada icon apache monitor. pada icon tray akan tampil icon Apache monitor (gambar 8). Gambar 14.Gambar 13. Melalui icon ini anda dapat melakukan kontrol pada service apache. stop. dan restart. Proses instalasi Setelah proses instalasi berhasil akan muncul window bahwa proses instalasi telah berahsil tekan finish Setelah instalasi selesai. yaitu start.

Gambar 15. Tampilan awal web apache.ini 6) edit konfigurasi apache pada file httpd.zip di http://www. 3.conf . Jika apache terinstall dengan baik makan akan tampil tampilan awal apache seperti pada gambar 9.net. Pada instalasi PHP tidak akan tampil window installasi.3.Lakukan pengujian Apache dengan menggunakan web browser. kemudian akses URL ke localhost. Jalankan web browser (Internet Explorer). Yang akan anda lakukan adalah: 1) ekstrak file paket instalasi PHP 2) copy file hasil instraksi ke direktori C:\IDS 3) pilih modul PHP yang akan dijalankan di apache 4) membuat folder untuk session 5) edit konfigurasi PHP pada file php.11-Win32. PHP diinstall sebagai modul di apache. Instalasi PHP Download file php-4.php.

misalnya dengan menggunakan program winrar.dll ke folder C:\IDS\php-4.11-Win32 kedalam folder C:\IDS.3. kemudian copy direktory php4.zip yang terkompresi dalam format zip. Hasilnya seperti terlihat pada gambar 10. Lakukan ekstrak. Modul PHP terletak pada folder C:\IDS\php-4.3. File ini harus diekstrak terlebih dahulu.dll (gambar 10). Setelah ekstrak file selesai. Gambar 16.3.11-Win32 (gambar 11).3.7) restart apache 8) test instalasi PHP Paket instalasi PHP yang akan digunakan berada pada file php4. Direktori PHP Kemudian pilihkan modul PHP yang akan dijalankan oleh apache. . copy file php4apache2.11-Win32\sapi dengan nama file php4apache2.11-Win32.

Folder Session Tahap selajutnya adalah mengatur konfigurasi PHP pada file php.ini. File php.ini- .inirecommended menjadi file php.Selanjutnya buatlah folder Session pada folder C:\IDS sehingga menghasilkan folder C:\IDS\Session (gambar 12). File php.ini dibuat dengan merubah nama file php. Folder session digunakan untuk menyimpan file session yang digunakan PHP ketika menjalankan script PHP. Gambar 17.ini.

11-Win32\extensions" 3) Extension GD2 . Selanjutnya edit file php.11-Win32 (gambar 13).ini dengan menggunakan notepad.3. Gambar 18. File php. Beberapa hal yang perlu diedit adalah : 1) Kebutuhan resource Editlah beberapa baris berikut : max_execution_time = 30 menjadi max_execution_time = 300 max_input_time = 60 menjadi max_input_time = 600 memory_limit = 8M menjadi memory_limit = 32M 2) Direktori extension Ubahlah extension_dir menjadi : extension_dir = "C:\Server\php-4.ini merupakan file text.3.ini File php.recommended terletak pada folder C:\IDS\php-4.

Konfigurasi apache terletak pada file httpd.conf pada folder C:\IDS\Apache Group\Apache2\conf (gambar 14).conf merupakan file text.save_path = "C:\Server\Session" hapus juga tanda comment (.dll 4) Direktori session Rubahlah konfigurasi session.3.save_path menjadi session.php .var index.dll" AddType application/x-httpd-php .3. Beberapa hal yang perlu diatur adalah : 1) Load modul PHP Pada akhir baris file httpd.conf tambahkan konfigurasi berikut : PHPIniDir "C:\Server\php-4.) Selanjutnya adalah mengatur konfigurasi apache agar dapat mengaktifkan PHP sebagai modulnya.php 2) konfigurasi file index Tambahkan index. Edit file ini menggunakan notepad.11-Win32" LoadModule php4_module "C:\Server\php-4. File httpd.) pada baris untuk mengaktifkan ekstensi GD2 extension=php_gd2.11-Win32\php4apache2.html index.php pada konfigurasi file index : DirectoryIndex index.html.Hapuslah tanda comment (.

phplot. sebuah library abstraksi untuk menggabungkan PHP ke berbagai database seperti MySQL dan Postgre SQL. Download Jpgraph pada situs http://www.com.aditus.6.4.tar langkah selanjutnya adalah mengekstrak file Jpgraph ke C:\IDS kemudian rename menjadi Jpgraph.sourceforge.net. Cukup mudah untuk menyettingnya.nu/jpgraph/.Setting ADODB ADODB. ADODB dapat didwonload di http://adodb. ekstraklah file tersebut ke direktori C:\IDS kemudian rename sehingga diperoleh direktori C:\IDS\phplot.tar. setelah berhasil mendownloadnya cukup ekstrak files tersebut dengan winrar ke direktori C:\IDS sehingga diperoleh direktori baru C:\IDS\adodb Instalasi.1.php ke direktori C:\IDS\phplot melalui command prompt langkahnya adalah sebagai berikut : .1. konfigurasi Jpgraph dan Phplot Download Phplot di situs http://www. copy semua file berektensi . penulis menggunakan jpgraph-2. penulis menggunakan versi phplot-4.

inc yang berada di direktori C:\IDS\jpgraph\src ke direktori C:\IDS\phplot langkahnya adalah sebagai berikut : .Sama seperti langkah diatas copy semua file berektensi .

andrew. . ACID dapat di download pada Setelah situs berhasil http://www. Dapat di implementasikan pada sistem yang mendukung PHP seperti linux.cmu.6b23. ACID adalah perangkat lunak yang open-source dan didistribusikan dibawah lisensi GPL.edu/~rdanyliw/snort/snortacid.Instalasi dan konfigurasi ACID ACID (Analysis Console for Intrusion Databases) merupakan PHP-based analysis engine yang berfungsi untuk mencari dan mengolah database dari alert network sekuriti yang dibangkitkan oleh perangkat lunak pendeteksi intrusi (IDS). BSD.html.9. Penulis kali ini menggunakan ACID0. Solaris dan OS lainnya. mendownload ekstrak file ke direktori C:\IDS. renamelah sehingga diperoleh durektori C:\IDS\acid.

"3306". "archive".php dengan menggunakan beberapa baris sebagai berikut : editor wordpad atau notepad editlah $DBlib_path = "c:\IDS\adodb". "3306".Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi ACID. Setelah selesai melakukan konfigurasi simpan file tersebut. "localhost". "snort". buka file acid_conf. $archive_dbname $archive_host $archive_port $archive_user $archive_password = = = = = "archive". $ChartLib_path = "c:\IDS\phplot". . "localhost". "snort". $alert_dbname $alert_host $alert_port $alert_user $alert_password = = = = = "snortdb". "archive".

otomatis browser akan membuka links ke http://localhost/ACID setiap pertama kali membuka web browser tersebut. Buka kembali Internet Explorer. lakukan setting seperti gambar dibawah ini : Kemudian tekan tombol apply. tekan links Setup Pages. seperti gambar berikut ini. apabila semua konfigurasi berhsil dan tidak terdapat error maka akan muncul permintaan untuk membuat tabel baru pada database. dimaksudkan agar setiap pertama kali membuka internet explorer halaman pertama yang terbuka adalah Internet http://localhost/ACID.Buka web browser internet explorer arahkan default browser ke http://localhost/ACID. Buka internet explorer pilih Tools Options. .

klik Create ACID AG Create ACID AG Apabila tidak terjadi error dalam proses. “Successfully created acid_ag_alert”.Setup Page Langkah selanjutnya menambah table ACID ke dalam database snort. maka akan muncul pesan “Successfully created acid_ag”. “Successfully created .

SELAMAT MENCOBA ☺ Snort akan memonitor jaringan kita dan akan menghasilkan alert. Klik Home untuk kembali ke menu awal.acid_ip_cache”. “Successfully created acid_event”. Tulisan ini hanya akan membahas . Home Sekarang anda sudah dapat memonitor jaringan komputer anda. alert tersebut akan ditampilkan oleh ACID.

untuk analisa alert snort penulis akan mencoba menulis pada pembahasan berikutnya. Gambar.bagaimana menampilkan alert snort. Gambar dibawah ini menunjukkan ACID dengan alert snortnya. ACID dengan alert snortnya .

Lahir di Bantul 28 Mei 1982. 3. 9. “Kajian Aplikasi Mobile Agent Untuk Deteksi Penyusupan Pada Jaringan Komputer”. Selamat mencoba semoga tulisan ini sedikit berguna. Charlie Scott. 2005.org. Bandung. 2. “Snort For Dummies”. Sourcefire. 2003. www. Inc. 6. “Snort Installation Manual Windows NT4 Server. untuk kritik dan saran dapat di alamatkan ke email : puma_oce@yahoo. Yogyakarta. 7. 2006 4.com. Angela Aurobaugh. 2006. 5. 2000. Syngress. kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta jurusan Teknik Elektro. “Intrusion Prevention And Active Response deploying Network And Host IPS”. “Sistem Pencegahan Penyusupan pada Jaringan berbasis Snort IDS dan IPTables Firewall”. Jake Babbin. Puji Hartono. Bambang Sugiantoro. Michael Rush.com. 2005. www. Helmi Zein Nuri. Lulus SMA di Bantul tahun 2000. Steele. 2006. Mikael Keri.snort. Sekarang lagi mengerjakan Tugas Akhir dengan judul yang sama. 2003. Syngress.nu. Michael E.0 Intrusion Detection”. Ryan Russel.prowling. Yogyakarta. 2004. and Bert Hayes. “Snort Intrusion 2.silicondefense. . “Instalasi Moodle Pada Sistem Operasi Windows Xp”. inc . 2006. & XP (All Versions)”. “OpenIDS Installation and configuration guide 1.REFERENSI 1. “Snort User Manual. Yudhi Ardiyanto.Paul Wolfe. www. 8. Wiley Publishing. Becky Pinkard.0”. Graham Clark.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful