TUGAS ILMU PENGETAHUAN ALAM

(BENCANA ALAM)

NAMA : MUHAMMAD KELAS: X-TM

dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan. Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat. yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus.0. selalu bergerak. GAMBAR.PENGERTIAN GEMPA BUMI Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Tipe gempa bumi 1. Gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ) . Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya .1. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma.

gempabumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.2. nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi. Teori dari tectonic plate (lempeng tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan. Gempa bumi runtuhan . Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia.54 WIB. pukul 05. Gempa bumi tektonik . 27 Mei 2006 dini hari. . . Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut. seperti peledakan dinamit. 3. yang berdekatan dengan batas pertemuan lempeng tektonik. jenis gempa bumi ini jarang terjadi 2. Gempa bumi ini diakibatkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Gempa bumi ini biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan. kerangka teoretis tektonik lempeng merupakan postulat untuk menjelaskan fenomena gempa bumi tektonik yang melanda hampir seluruh kawasan. yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Dalam ilmu kebumian (geologi). sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi. Gempa bumi tumbukan .Peta penyebarannya mengikuti pola dan aturan yang khusus dan menyempit. Gempa bumi buatan . yakni mengikuti pola-pola pertemuan lempeng-lempeng tektonik yang menyusun kerak bumi. gempabumi. getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi. Contoh gempa vulkanik ialah seperti yang terjadi di Yogyakarta. 1. Indonesia pada Sabtu. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik.

pada beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi dan di Rocky Mountain Arsenal. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Terakhir. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi. Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. seperti Dam Karibia di Zambia. Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Sebagian lagi (jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari/ke dalam bumi (contoh. Afrika. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa bumi akǍan terjadi. Hal ini dapat membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. Beberapa gempa bumi (jarang namun) juga terjadi karena menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km.Penyebab terjadinya gempa bumi Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas .

Kalo tiba-tiba TV brebet-brebet. Cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang-remang biarpun nggak ada arus listrik. Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Melihat ke langit. Awan yang bentuknya aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi. kalau di langit kelihatan ada awan yang bentuknya seperti angin tornado atau seperti pohon atau seperti batang. . Perhatikan hewan-hewan.makanya bentuk awannya jadi seperti tersedot kebawah.Ciri-ciri Gempa Bumi 1. 2. lampu fax blinking padahal lagi tidak transmitting. Tapi belum tentu juga kalau ada awan seperti itu di langit berarti mau ada gempa. Cek apakah hewan-hewan seperti "menghilang".Cek siaran TV.Kalo ada mesin fax.. . brebet-brebet apa tidak . teks yang kita terima berantakan dan neon tetap nyala Biarpun gak ada arus listrik. lari. . Coba diuji medan elektromagnetis didalam rumah. cek apakah lampunya blinking biarpun lagi tidak transmit data. insting hewan biasanya tajam Dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis. . bentuknya berdiri bisa dibilang itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi. itu berarti memang sedang ada gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan tidak Bisa dirasa manusia. segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. 3.Coba matikan aliran listrik.Coba suruh orang lain kirim fax ke kita.. atau bertingkah laku aneh/gelisah.Bisa aja memang bentuknya seperti itu. cek apakah teksnya yang Diterima berantakan atau tidak. jadinya 'menghisap' daya listrik di awan. Nah kalau tiga tanda-tanda itu ada atau terlihat dalam waktu bersamaan.

Bila penahannya tidak kuat.Tiga tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan kalo memang mau ada Gempa berkekuatan besar. tanaman. Jangan berlindung di balik bangunan yang terbuat dari tembok/beton. Kalau lihat dua tanda seperti itu. Tapi biarpun cuma 2 meter. maka air dan pasir yang . Kalo skala gempanya besar dan episentrumnya terletak di laut. 4) Bencana yang berhubungan dengan tanah dan pasir Sebagai salah satu bencana yang berhubungan dengan tanah dan pasir yang timbul dari gempa bumi yang harus dipikirkan adalah kemungkinan timbulnya tsunami gunung. Tsunami gunung terjadi sebagai akibat dari longsornya lereng.. sebisa mungkin langsung lakukan tindakan penyelamatan diri untuk menghindari hal-hal yang paling buruk. kita harus selalu aware akan datangnya gelombang tsunami. adanya awan gempa yang bentuknya aneh itu tetap tidak bisa memastikan kapan gempa terjadi.. Oleh karena itu jangan tunggu-tunggu lagi.Tapi kalau tidak sempat lari sementara tsunami udah di di depan mata. kemudian membendung sungai sehingga terbentuk danau (dam pasir).Sebisa mungkin berlindung di balik daerah rimbunan (pohon. Tingginya gelombang bisa puluhan meter.semak-semak. Walaupun demikian. langsung selamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi..karena bisa hancur dan malah membahayakan orang yang berlindung. bisa juga cuma dua meter. gelombangnya tidak mainmain. Kekuatannya dahsyat (seperti tidak habis-habis) dan tekanannya bisa mencapai 190 kilogram. Karena kekuatan gelombang jadi terpecah dan tidak memusat kalau membentur semak. Beberapa tanda akan terjadi gelombang tsunami adalah laut tiba-tiba menyurut dan burung-burung laut terbang dengan kecepatan tinggi ke arah daratan. rawa).

Yang harus diwaspadai adalah datangnya gempa pada saat hujan deras. Jika anda sedang menyalakan kompor maka matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran.terbendung akan tiba-tiba mengalir ke hilir. DI DALAM LIFT . 4. Lindungi kepala anda dengan menggunakan tangan. 2. misalnya karena longsor akibat hujan deras. DI LUAR RUMAH Lindungi kepala anda dan hindari benda-benda berbahaya. BIOSKOP. tas atau apapun yang anda bawa. DAN LANTAI DASAR MALL Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan. DI MALL. kita harus berhati-hati. berikut ini 10 petunjuk yang dapat dijadikan pegangan dimanapun anda berada. 1. bahaya bisa muncul dari jatuhnya kaca-kaca dan papan-papan reklame. Di daerah perkantoran atau kawasan industri. lindungi kepala anda dengan bantal. Ikuti semua petunjuk dari pegawai atau satpam. 3. Tentu saja hal tersebut bisa juga terjadi dengan penyebab selain gempa bumi. Masuklah ke bawah meja untuk melindungi tubuh anda dari jatuhan benda-benda. anda harus mengupayakan keselamatan diri anda dan keluarga anda. 10 Tips Menghadapi Gempa Diantaranya: Jika gempabumi menguncang secara tiba-tiba. Pada saat keadaan sungai setelah gempa bumi berbeda dari biasanya (misalnya kapasitas air sungai berubah. Jika anda tidak memiliki meja. DI DALAM RUMAH Getaran akan terasa beberapa saat. sungai tibatiba berlumpur). Selama jangka waktu itu.

Jauhi persimpangan. Jika anda merasakan getaran gempabumi saat berada di dalam lift.Jangan menggunakan lift saat terjadi gempabumi atau kebakaran. DI DALAM KERETA API Berpeganganlah dengan erat pada tiang sehingga anda tidak akan terjatuh seandainya kereta dihentikan secara mendadak. 5. Ketika lift berhenti. keluarlah. bahayanya datang dari tsunami. Menjauhlah langsung ke tempat aman. Karena petugas kesehatan dari rumah-rumah sakit akan mengalami kesulitan datang ke tempat kejadian maka bersiaplah memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang berada di sekitar anda. . Ikuti instruksi dari radio mobil. 7. Jika anda terjebak dalam lift. pinggirkan mobil anda di kiri jalan dan berhentilah. Di pesisir pantai. anda akan merasa seakan-akan roda mobil anda gundul. biarkan mobil tak terkunci. 6. maka tekanlah semua tombol. lihat keamanannya dan mengungsilah. Jika anda merasakan getaran dan tanda-tanda tsunami tampak. BERI PERTOLONGAN Sudah dapat diramalkan bahwa banyak orang akan cedera saat terjadi gempabumi besar. Jika harus mengungsi maka keluarlah dari mobil. Bersikap tenanglah mengikuti penjelasan dari petugas kereta. cepatlah mengungsi ke dataran yang tinggi. DI GUNUNG/PANTAI Ada kemungkinan longsor terjadi dari atas gunung. hubungi manajer gedung dengan menggunakan interphone jika tersedia. Salah mengerti terhadap informasi petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan. Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan susah mengendalikannya. DI DALAM MOBIL Saat terjadi gempabumi besar. 8.

DENGARKAN INFORMASI Saat gempabumi besar terjadi. Pada prinsipnya. Anda dapat memperoleh informasi yang benar dari pihak berwenang. Bawalah barangbarang secukupnya. Untuk mencegah kepanikan. Jangan bertindak karena informasi orang yang tidak jelas. atau petugas PMK. Pengungsian perlu dilakukan jika kebakaran meluas akibat gempabumi. masyarakat terpukul kejiwaannya. evakuasi dilakukan dengan berjalan kaki dibawah kawalan petugas polisi atau instansi pemerintah.9. polisi. EVAKUASI Tempat-tempat pengungsian biasanya telah diatur oleh pemerintah daerah. 10. penting sekali setiap orang bersikap tenang dan bertindaklah sesuai dengan informasi yang benar. .