BAB I DESKRIPSI KASUS

Hambuger Wars : Burger King Vs McDonals’s I. Burger King Burger King adalah restoran hamburger yang didirikan pada tahun 1954 oleh James McLamore dan David Edgerton dan mulai berekspansi ke luar Amerika pada tahun 1963. Restoran ini berpusat di Miami-Dade County, Florida. Restoran ini pada awalnya juga pernah menggunakan sistem franchise untuk mempromosikan produknya di masyarakat. Sebelum Burger King berdiri mulanya restoran ini adalah sebuah cabang restoran yang bernama Insta-Burger King yang didirikan oleh Kieth J.Kramer dan Matthew Burns. Restoran ini memiliki alat yang disebut insta-Broiler untuk memudahkan memasak daging untuk burger, dan dengan menggunakan sistem franchise kemudian restoran ini mulai menybar ke daerah lain Amerika. Pada tahun 1955 Burger King yang dipimpin oleh James dan David telah beroperasi di 40 lokasi di seluruh Amerika. Hingga tahun 1961 Burger King mulai menjual lisensi franchise-nya kepada pengusaha yang berminat di Amerika Serikat dan saat itu juga nama restoran tersebut telah berubah menjadi Burger King Corporation. Dari tahun 1961 sampai dengan tahun 1967 Burger King menjalankan sistem kepemilikan pribadi, namun setelah itu Pillsbury Company berhasil memiliki Burger King. Di bawah Pillsbury Company, Burger King berhasil membuka 274 restoran di seluruh Amerika Serikat. Di tahun 1973, Chart House, yang merupakan pemilik dari Burger King berhasil melebihi prestasi dari Pillsbury Company dalam memimpin dengan membuka 350 gerai pada waktu itu. Chart House mencoba menawarkan kerja sama dengan Pillsbury Company untuk menggabungkan keduanya menjadi perusahaan yang terpisah namun Pillsbury menolak. Hingga komunikasi antara keduanya menjadi tidak berjalan dengan baik.

Page 1 of 23

I.1 Burger King Di Indonesia Kemunculan restoran Burger King di Asia pada dekade 80-an rupanya juga merambah Indonesia. Burger King yang terkenal dengan flame-grilled beef burger-nya hanya dapat bertahan dalam beberapa waktu. Kendati telah memiliki pelanggan setia namun Burger King tidak dapat bertahan sehingga Indonesia tidak memiliki restoran khusus burger. Banyak dari pencinta Burger King rela ke luar negeri hanya untuk mendapatkan cita rasa yang unik dari Burger King. Cita rasa serta bentuk ukuran yang berbeda dengan restoran seperti McDonalds, Wendy’s, atau lainnya menjadikan salah satu faktor pemikat para konsumen. Memang apabila dilihat dari segi bentuk burger, Burger King memang jauh lebih besar dan lebih tebal. McDonalds dan Wendy’s yang merupakan pesaing utama Burger King hingga sekarang mengalami penyusutan dalam segi ukuran produk. Entah sebagai penyesuaian terhadap proporsi orang Asia atau memang ada penyesuaian dengan kondisi ekonomi pada saat ini. Yang jelas dalam hal ukuran dan kenikmatan Burger King tidak kalah dibanding restoran yang menyajikan hidangan burger. Ketika Burger King sempat menghilang selama beberapa tahun akhirnya pada tahun 2007 Burger King kembali dengan PT Sari Burger Indonesia sebagai pemegang lisensi Burger King dengan gerai pertamanya di Senayan City, Jakarta. Menurut Peter Tan (Presiden Burger King Asia Pasifik), Indonesia akan menjadi negara penting dalam perkembangan Burger King di dunia. Tidak hanya akan menambah jumlah gerai di seluruh Indonesia tetapi Burger King Indonesia juga akan meningkatkan mutu produk yang disajikan. Contohnya Whopper Sandwich yang merupakan menu klasik dari Burger King dan juga andalannya, produk ini tidak dibuat berbeda dengan yang aslinya walaupun hanya sausnya yang sedikit mengalami modifikasi. Restoran ini juga menwarkan hidangan pelengkap seperti kentang goreng dengan ukuran yang lebih tebal. Berdasarkan penjelasan tentang masuknya franchise di Indonesia serta sedikit contoh perkembangan tentang restoran Burger King kita dapat melihat bahwa usaha dengan sistem franchise di Indonesia sangat menjanjikan walaupun dengan persaingan yang ketat terutama di era 90-an hingga era 2000-an. Semakin banyak restoran menancapkan usahanya di Indonesia semakin menambah usaha masing-masing restoran untuk memperbaiki strategi promosi produk dan menjaga kualitas produk agar bisa bertahan. Seperti halnya McDonalds
Page 2 of 23

7%. Indonesia dengan Amerika telah menjalin kerja sama yang cukup lama dan keduanya mendapat keuntungan masing-masing.2% di AS dan Kanada.  Pada tahun 1955 Burger King yang dipimpin oleh James dan David telah beroperasi di 40 lokasi di seluruh Amerika  Pada bulan Januari dan Februari 2010 lalu. Namun dampak buruk dari franchise ini adalah ketersingkiran usaha lokal yang samasama ingin bersaing di dalam negeri. pada laporan kuartal pertama tahun 2010 menyebutkan Page 3 of 23 . Secara total. secara hitungan per kuartal. Sementara di bulan Maret 2010.2 Data Burger King  Pada Tahun 1973 Burger King berhasil membuka 274 restoran di seluruh Amerika Serikat.dan KFC yang masih terus bertahan hingga sekarang walaupun telah mengalami perubahan yang signifikan terutama dari segi ukuran dan rasa. penjualan Burger King turun 8. McDonald's Corp. Dengan capaian tersebut.1%. Sementara penjualan secara global juga turun sebesar 3. pendapatan bersih Burger King di kuartal pertama juga terpangkas menjadi US$ 41 juta saja.  Kompetitor utama Burger King yang juga penjual hamburger terbesar di AS dan di dunia. Usaha franchise ini dapat terus bertahan dengan adanya hubungan yang baik antara kedua belah pihak negara yang menyetujui. Amerika mendapat keuntungan dari laba penerimaan lisensi sedangkan Indonesia juga mendapat keuntungan laba serta dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak (mengurangi pengangguran). Sementara itu Burger King yang baru muncul kembali setelah hilang pada era 90-an awal tetap mempertahankan ukuran yang lebih besar dan cita rasa yang tidak jah berbeda dengan produk yang asli. I. pada kuartal pertama tahun 2010 ini penjualan Burger King turun sebesar 6. Mereka kalah dalam segi promosi bahkan dalam segi kualitas produk. penerimaan Burger King juga turun menjadi US$ 597 juta. Kini ukuran dari produk McDonalds dan KFC dapat dikatakan menyusut dari ukuran sebelumnya.  Akibat cuaca buruk tersebut. penjualan mereka cuma turun 2%. Atau seharga 30 sen dollar per saham dari harga 34 sen dollar per saham tahun lalu.

Mereka memperkenalkan “Speedee Service System” pada tahun 1948. ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald’s dari Dick dan Mac di Des Plaines. perluasan cepat yang dikobarkan oleh biaya franchise yang rendah. Kroc dan McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini. Tetapi dia nyaris tidak mendapat keuntungan. di San Bernardino. sebagai hari kelahirannya. adalah seorang pria dengan kepala berbentuk hamburger yang menggunakan topi koki. membeli tanah dan bertindak selaku pemilik restoran bagi pembeli franchise yang penuh minat. Sifat agresif yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Saham McDonald’s mulai dijual kepada publik tahun 1965. Kroc mendirikan Franchise Realty Corporation. namun akhirnya McDonald bersaudara lah yang pergi meninggalkan perusahaan. yang kemudian menjadi pinsip dasar restoran siap-saji moderen. Mereka memilih 15 April 1955. dia memutuskan untuk menggunakan real estate sebagai pendukung keuangan yang menyebabkan McDonald’s menjadi operasi yang menguntungkan. Speede kemudian digantikan oleh Ronald McDonald. yang bernama Speede. McDonald’s saat ini tidak menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald’s. Pertikaian ini didokumentasikan baik dalam otobiografi Kroc maupun otobiografi McDonald bersaudara. Situs di mana McDonald bersaudara pertama kali mendirikan restoran kini dijadikan monumen. Dengan ekspansi agresifnya ke seluruh penjuru dunia.kenaikan laba sebesar 11% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Pada tahun 1956. Akhirnya. Illinois. California. II. Page 4 of 23 . Kroc kemudian membeli saham dari McDonald’s bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Ray Kroc telah menciptakan salah satu merek yang paling kuat sepanjang masa. Maskot awal McDonald’s. McDonald’s dijadikan sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup orang Amerika. Mc Donald’s Bisnis perusahaan ini dimulai di tahun 1940 dengan dibukanya sebuah restoran oleh Dick dan Mac McDonald. Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan pendapatan gerai-gerai sejenis di AS dan Eropa. terdapat lebih dari 200 saluran McDonald’s di seluruh Amerika. Pada tahun 1960.

Donald's yang masuk ke Indonesia di tahun 1995 ini telah memiliki lebih dari 100 outlet yang tersebar di kota kota besar di Indonesia. saya berpikir keras tentang apa yang saya lihat siang harinyal. Restoran yang dibuka pada tanggal 15 April 1955 ini mencapai penjualan yang terhormat sebesar $366. Kroc mulai memenuhi bayangannya tentang restoran McDonald’s yang meledak dari pantai ke pantai. Kroc mengawasi restoran ini dengan waspada seperti seorang ibu baru. Henry Ford sudah menyadari bahwa produksi masal mobil memerlukan perkawinan antara presisi bagian-bagian mobil dan proses perakitan yang efisien. Berbeda dari kebanyakan restoran McDonald’s di luar negeri. McDonald’s juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia. Wawan Kroc adalah menerapkan disiplin yang sama pada pembuatan sandwich.000 rumah makan di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung rata-rata 50. Mc.700 orang.12 dengan cepat memasukkan keuntungan. McDonald’s memiliki 30. II. di luar kota Chicago. Kesuksesan yang dimiliki franchise Mc Donald's Page 5 of 23 . Bayangan restoran McDoland’s yang tersebar di sekitar perempatan jalan di seluruh negara berpawai melalui otak saya.Lambang McDonald’s adalah dua busur berwarna kuning yang biasanya dipajang di luar rumah-rumah makan mereka dan dapat segera dikenali oleh masyarakat luas.Kroc seketika tahu bahwa dia telah melihat masa depan. Sampai pada tahun 2004.000 orang dan pengunjung per hari dan rumah makan 1. meniru satu kedai tunggal kakak-beradik McDonald baru permulaannya.000. Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991. Empat puluh tahun sebelumnya. demikian pula menu yang terbatas. “Malam itu dalam kamar motel saya. Supaya bisa membangun kongsi restoran. Kroc tahu bahwa dia harus memberlakukan disiplin atas industri restoran yang dikelola secara longgar. yang bersifatkan harga rendah yang sama. Dan itu berarti menyempurnakan prosedur operasi yang distandarkan dalam proses yang bisa ditiru. Dia memulai dengan membangun mata rantai pertama kongsi restoran ini – sebuah model eksperimewntal di Des Plaines. dan pelayanan cepat seperti di restoran San Bernardino. Bagi Kroc. illinois.1 Mc Donald’s di Indonesia Restoran McDonald’s pertama di Indonesia terletak di Sarinah. secara pribadi memimpin kegiatan dapur dan mengorek sisa permen karet dari pelataran parkir dengan pisau raut.” Dengan persetujuan di tangan.

700 $26.094 $537.2 Data Mc Donald’s  Berdiri di tahun 1940 di San Bernardino.$239.150 $1.148.400 .250 .com/franchise500 Startup Costs $84. II.823 .$161.500 . California.300 $11.entrepreneur.900 .842.300 .050 $102.065 Page 6 of 23 .300 $3.$35.000 .1 Top 10 Global Franchises for 2010 Rank FRANCHISE NAME 1 Subway 2 McDonald's 3 7-Eleven Inc.800 $111.  Jumlah total unit bisnis (nas/di seluruh dunia) = 108  Total investasi (nas) = 3 486 852 291 IDR Tabel I. Donald's berada.$1.$1. franchise fast food Mc Donald's hingga saat ini telah memiliki lebih dari 31000 outlet yang tersebar di 119 negara dan mempekerjakan lebih dari 47 juta pegawai  Mc.$258.$7.300 $995.$84.765.615.750 .716.Indonesia adalah berkat standarisasi serta penjagaan kualitas yang ketat serta adaptasi produk di negara di mana franchise Mc. 4 Hampton Inn/Hampton Inn & Suites 5 Supercuts 6 H & R Block 7 Dunkin' Donuts 8 Jani-King 9 Servpro 10 ampm Mini Market Sumber : http://www.427 .$775.835. Donald's yang masuk ke Indonesia di tahun 1995 ini telah memiliki lebih dari 100 outlet yang tersebar di kota kota besar di Indonesia.$13.700 $40.000 .

Total produk terdiri atas: 1. W .Opportunities Mencerminkan peluang yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau produk. S – Strenght Mencerminkan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau produk. Marketing Mix (4 P) Produk (Product).. weakness. Produk yang di harapkan (expected product) 3. Produk tambahan (augmented product) Page 7 of 23 . O . merupakan fungsi inti dari produk tersebut. II.Weaknesses Mencerminkan kelemahan yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau produk. Produk Inti (core product). T – Threats Mencerminkan ancaman potensial yang dihadapi oleh suatu perusahaan atau produk.1 SWOT Analysis Analisa SWOT adalah analisa yang sangat dikenal dalam proses pembuatan strategi bisnis. Analisa SWOT sendiri merupakan singkatan dari strenght.BAB II KAJIAN TEORI II. Produk merupakan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai kepada konsumen. 2. dan threat. 2 a. opportunity. Yang perlu diperhatikan dalam produk adalah konsumen tidak hanya membeli fisik dari produk itu saja tetapi membeli manfaat dan nilai dari produk tersebut yang di sebut ”the offer” di maksud dalam pembahasan produk jasa ini adalah Total Produk.

yaitu produk barang dan produk jasa. pemasar harus dapat mengembangkan nilai tambah dari produknya selain keistimewaan dasarnya. Oleh karena itulah. pembelian. dengan kata lain memiliki citra tersendiri b. Page 8 of 23 . yakni Philip Kotler. karena penentuan harga (pricing) sangat signifikan dalam pemberian nilai kepada konsumen dan memengaruhi penawaran atau saluran pemasaran. maka selanjutnya hal lain yang perlu diketahui yaitu bahwa produk dapat di bagi menjadi dua jenis. Produk diartikan oleh ahli dalam bidang pemasaran. c. atau konsumsi yang dapat memuaskan para konsumennya serta kebutuhannya” Serta menurut Rambat Lupiyoadi. Tempat merupakan gabungan antara lokasi dan keputusan atas saluran distribusi. supaya dapat dibedakan dan bersaing dengan produk lain. Akan tetapi hal terpenting adalah keputusan dalam penentuan harga harus konsisten dengan strategi pemasaran secara keseluruhan. saluran distribusi yang harus digunakan untuk menyalurkan produk dari produsen ke konsumen. Produk potensial (potential product) Tiga unsur selain core product merupakan unsur yang potensial untuk dijadikan nilai tambah bagi konsumen sehingga produk tersebut berbeda dengan produk yang lain. pemakaian. misalnya persepsi konsumen atas kualitas produk.4. Tempat berarti berhubungan di mana perusahaan harus bermarkas dan melakukan operasi atau kegiatannya. ”produk adalah keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai manfaat dipahami dengan baik. Tempat (place). dalam hal ini berhubungan dengan cara penyampaiannya kepada konsumen dan di mana lokasi itu haruslah strategis. Harga (Price) Harga adalah bagian yang penting dalam bauran pemasaran jasa. yaitu: 1) Konsumen mendatangi perusahaannya: apabila keadaan seperti ini ini maka tempat menjadi sangat penting sekali. adalah: ”Segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk menarik perhatian. Dalam hal ini ada tiga jenis interaksi yang mempengaruhi tempat.

atau mengingatkan. atau surat kabar lainya. Sumber pesan (siapa yang harus menyampaikannya). tetapi yang harus diperhatikan adalah penyampaiannya kepada konsumen. Bauran promosi terdiri atas:  Iklan (advertising)  Penjualan perorangan (personal selling)  Promosi penjualan (sales promotion)  Hubungan masyarakat (public relation)  Informasi dari mulut ke mulut (word of mouth)  Surat pemberitahuan langsung (direct mail) Pemasar dapat memilih saran yang di anggap sesuai untuk mempromosikan jasa mereka. mempengaruhi. yaitu: a. b. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam promosi. Page 9 of 23 . c. Promosi (Promotion). Pilih bauran komunikasi: Apakah itu komunikasi personal (Personal Communication) atau komunikasi non personal (Non Personal Communication). gaya pesan (ciptakan bahasa yang kuat).2) Karyawan mendatangi konsumen: dalam hal ini lokasi tidak terlalu penting. Tentukan tujuan promosi: Apakah untuk menginformasikan. dentifikasi terlebih dahulu audiens targetnya: Hal ini berhubungan dengan segmentasi pasar. Kembangkan pesan yang akan disampaikan: Hal ini berhubungan dengan isi pesan (apa yang harus disampaikan). Hal yang perlu diperhatikan dalam promosi adalah pemilihan bauran promosi (promotion mix). d. komputer. d. 3) Karyawan dan konsumen tidak bertemu secara langsung: berarti karyawan dan konsumen berinteraksi melalui sarana tertentu seperti telepon. struktur pesan (bagaimana menyampaikan pesan secara logis).

serta harga terjangkau. pameran di mall. dan print. Promosi ATL tersebut dilakukan dengan memasang iklan di TV. Perhitungan efektivitas promosi ATL dan BTL dilakukan secara berkala dengan menggunakan atribut-atribut brand equity. Kegiatan ATL bertujuan untuk menciptakan awareness dan ketertarikan dari target market terhadap teknologi dan produk baru. dan test drive. Edukasi tersebut dilakukan dengan menggelar event road show ke kampus-kampus. banner. club activities. Promosi BTL dilakukan dengan tujuan untuk mengedukasi target market adalah berteknologi canggih yang ramah lingkungan. internet. model modern dan bergaya. event sponsorship. Page 10 of 23 .Promosi Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL) Kemudian dilakukan promosi ATL dan BTL secara aktif untuk mengkomunikasikan brand identity dan juga melakukan edukasi kepada target market tentang produk inovasi dan teknologi canggih yang dimiliki.

adanya untuk ke menu “home” saja. dan perusahaan awalnya berada pada jalur yang tepat untuk menjadi pemimpin industri makanan cepat saji. yaitu dengan menciptakan Black Pepper Whopper Sandwich dengan menggunakan bumbu-bumbu yang disukai oleh masyarakat Indonesia  W – Weaknesses a) Kelemahan website Burger King:  Akses untuk membuka halaman cukup berat karena animasi terlalu banyak  Button “back”nya tidak ada. dan sedikit membingungkan untuk melihat home pagenya Gambar 3. dan lagi menu homenya error atau sering tidak berfungsi  Menu terlalu banyak.1 Burger King I. 2) Burger King mengoperasikan lebih dari 11. SWOT Analisis  S – Strenght 1) Kekuatan yang dimiliki oleh Burger King adalah merupakan salah satu jaringan restoran terbesar di Amerika. padahal beberapa user kan sering menggunakan button “back” tidak hanya “home”. termasuk wilayah teritori Amerika Serikat di seluruh dunia.1 Page 11 of 23 .100 restoran di seluruh 50 negara bagian Amerika Serikat dan di lebih dari 66 negara. Sekitar 90 persen Restoran Burger King dimiliki dan dioperasikan oleh waralaba independen. membuat para pelanggan dengan mudah berkunjung untuk menikmati Burger King 4) Memiliki Filosofi untuk mengadaptasikan produk global dengan cita rasa lokal. 3) Burger King memiliki keunggulan dalam hal memilih lokasi-lokasi terbaik. navigator buttonnya kurang.BAB III ANALISIS KASUS III.

Tampilan Home Page Burger King Sumber : www. Wendys dan perusahaan-perusahaan di bidang Page 12 of 23 .  Menambahkan menu makanan yang variatif. atau Minuman dan makanan yang tambahan yang lain. dikarenakan Burger King menu yang andalannya Hamburger sehingga Burger King mempunyai peluang untuk dapat menambahkan menu yang variatif agar pelanggan tidak jenuh dengan hamburger saja.Opportunities  Peluang yang dimiliki oleh Burger King adalah adanya Delivery Order. Combo Meal. seperti menu : Ice Cream.bk. karena para pesaingnya seperti Mc Donald sudah selangkah lebih maju dengan mengadakan delivery Order kepada pelanggannya. seperti : Mc Donalds. Yang dilakukan oleh para pesaingpesaingnya.  T – Threat  Burger King menempati peringkat ke-2 dalam makanan capat saji. sehingga dapat lebih mempermudah lagi para pelanggan untuk menikmati hamburger tanpa harus keluar rumah. inovasi makanan dan minuman yang dibutuhkan pengunjung.com/  O . apabila Buger King tertinggal dalam hal menambahkan fasilitas-fasilitas.

29. hanya dengan Rp. seperti :  Whopper sendiri burger ukuran besar (lebih besar dari Big Mac) dengan diameter sekitar 10cm yang berisi daging panggang/grilled ditambah tomat. 40.38. dalam pembuatannya pemanggangan memakai api lebih disukai lebih disukai dari pada penggorengan.000  Kalo yang makan porsi besar yang dijamin kenyang dan dijamin puas.000 sudah mendapatkan large franch fries + medium softdrink/ice tea. bawang bombai. Hanya dengan harga Rp. Sehingga pengunjung yang dateng dapat merasa nyaman dan menikmati fasilitas yang diberikan pada outlet yang tersedia. Outlet pertamanya di Senayan City adalah yg terbesar di Asia.pickles (acar). Mampu menggunakan fasilitas free wi-fi. Burger King juga menghadirkan outlet yang cukup nyaman. maka Burger King akan terancam turun peringkat dan digeser oleh para pesaing-pesaingnya II. dengan harga Rp.makanan cepat saji. Burger-burger reguler ukuran burger king lebih besar dari pada burger-burger reguler Mc Donalds 2) Price (Harga) Harga yang diberikan oleh Burger King cukup kompetitif. Page 13 of 23 . selada. 35. Marketing Mix (4P) 1) Product (Produk) Produk utama yang dihasilkan oleh Burger King dibandingakan dengan produk lain adalah whopper dari Burger King mengalahkan Big Mac dari Mc Donald’s dan Single dari wendy’s dalam uji-uji cita rasa buta.500 sudah mendapatkan medium franchfries + medium softdrink/ice tea 3) Place (Tempat)  Tak hanya menawarkan burger andalan. Burger King menyediakan menu ”Paket Whopper Burger”.  Jika ingin makan porsi yang sedang saja.000  Double Mushroom Swiss sendiri burger yang berisi dua lapis daging panggang diselingi keju dan ada bumbu mushroom hanya dengan harga Rp.

Sebbuah iklan sebelumnya menggunakan slogan. Kampanye baru ini berfokus pada perubahan selera pelanggan-pelanggan individual . Ada slogan ”Memanggang. Jeff Campbell. ” Sejak dulu ada Mc Donald’s. dimana selama beberapa minggu pertama tahun tersebut iklan burger king berfokus pada ”Panggangan Mengalahkan Penggorengan. ”Semakin besar burger semakin baik”.4) Promotion (Promosi) Burger King telah melakukan beberapa Promosi. dan Wendy’s . . berhasil menaikkan popularitas Burger King secara brilian secara dengan sejumlah program iklan yang sangat kompetiif. wakil presiden pemasaran kala itu. tetapi tidak mesti dengan urutan seperti itu. tidak menggoreng” dan ”Pertarugan Burger”. .” Berikut gambaran Promosi Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL) Gambar 3. Dia berkata. Burger King dan Wendy’s beberapa hal berubah. . • Pada Tahun 1992. Tetapi Whopper mengalahkan Big Mac dalam pengujian cita rasa oleh konsumen. Salah satu iklan Whopper menggunakan Jingle. ”Dibutuhkan dua tangan” (Untuk memegang Whopper) • Pada tahun 1973 Burger King meluncurkan kampanye pemasaran sukses yang memperlihatkan kelemahan Mc Donald’s sebagai restoran yang sangat otomatis dan mesin hamburger yang tidak fleksibel. item menu paling populer Burger King. Salah satu iklan awal. ”Pesan Penting dari Burger King”. dibuka dengan tampilan jarak dekat sebuah Whopper dan suara latar yang berkata. beberapa tidak. yang dikenal secara internal sebagai iklan ”Lea Thompson”. karenanya. akan terus ada Mc Donald’s. Burger King. Thompson kemudian terlihat duduk diatas sofa kulit di depan perapian.2 Promosi Burger King Grand Indonesia Midnite Sale Promo Page 14 of 23 . seperti : • Sebagian besar program iklan Burger King sepanjang tahun 1960-an berpusat disekitar Whopper. ” Kampanye diatas berlanjut sepanjang tahun.

katalogpromosi.katalogpromosi.com/tag/burger-king Gambar 3.com/tag/burger-king Gambar 3.Sumber : http://www.3 Promosi SOFT OPENING BURGER KING @ Giant Bintaro CBD Sumber : http://www.4 Burger King UPSIZE PROMO Page 15 of 23 .

com/tag/burger-king Gambar 3. Burger King Jepang di Shibuya. merilis burger raksasa dengan 7 Page 16 of 23 .Sumber : http://www.com/windows-7-dirilis-ayo-makan-burger-raksasa-diburger-king/ Windows 7 sudah dirilis di Jepang per tanggal 22 Oktober 2009. Tidak mau kalah dengan Microsoft.katalogpromosi.5 Promosi pada saat Windows 7 dirilis. Tokyo. ayo makan burger raksasa di Burger King Sumber : http://www.beritajepang.

SWOT Analisis  S – Strenght McDonald's memiliki keberadaan global yang kuat dengan pesaing terdekat dalam negeri yang hanya setengah ukuran. Pasar diperkirakan akan tumbuh sekitar 2% per tahun. McDonald telah berurusan dengan prospek menjulang kejenuhan pasar. Burger King menjual burger ini dalam waktu promosi hingga 28 Oktober 2009. setiap hari 30 pengunjung pertama dapat menikmati burger ini seharga 777 yen. McDonald telah mampu merebut pasar kaum muda sekali lagi. McDonald juga memiliki pengakuan merek luar biasa. Di pasar internasional. McDonald adalah baik ditempatkan untuk memperluas dan mengambil keuntungan dari pertumbuhan ekonomi jangka panjang. dari harga normal 1450 yen. outlet perusahaan berlokasi di daerah yang sangat dikenal untuk visibilitas. yang mengurangi kemampuan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan. terbukti Mc Donald’s menempati peringkat ke-2 pada Top 10 Franchises Global untuk tahun 2010  W – Weaknesses Pada industri makanan benar-benar jenuh. Menurut Burger King. 2 Mc Donald’s I. Pengakuan merek yang kuat menciptakan peluang yang signifikan bagi perusahaan. volume lalu lintas dan kemudahan akses. Sebagai akibat dari ini. Burger ini dinamakan “Whopper Windows 7″. McDonald's memanfaatkan dari pengurangan biaya melalui skala ekonomis karena ukurannya yang besar dan perusahaan besar global kehadiran memungkinkan untuk diversifikasi risiko terlibat dengan kinerja ekonomi negara-negara tertentu. Melalui perencanaan pasar yang agresif. yang bisa membuat sulit untuk menambah outlet baru. McDonald juga memiliki portofolio real estat yang kuat. Burger ini memiliki diameter 13 cm dengan 113 gram daging sapi. III.lembar daging sapi. McDonald's mampu menghasilkan penjualan lebih karena pengenalan merek. Selama masa promosi. Namun Page 17 of 23 . mereka ingin agar para pelanggan bisa menikmati rasa burger ini yang tidak tertandingi. Ada juga sebuah kompetisi didorong oleh kenaikan harga terlalu banyak pesaing. McDonald's adalah pemimpin pasar baik di pasar domestik dan internasional.

MacDonald's terus dengan pesaing melalui kampanye promosi mahal yang menyebabkan margin terbatas untuk mendapatkan pangsa pasar. Fluktuasi mata uang asing juga masalah lain perusahaanperusahaan global seperti McDonalds. Istirahat terakhir-melalui untuk McDonald's adalah McNugget Ayam tahun 1983. McDonald's berusaha untuk membedakan dirinya. dengan format baru dan item menu baru.  O – Opportunities McDonald's menjual perusahaan Donatos restoran pizza kembali ke pendiri pada tahun 2003 dan dihentikan Boston operasi pasar di luar AS. McDonald's masih perlu menembus di banyak negara terutama di Eropa.  T – Threat McDonald's menghadapi perubahan dalam ekonomi global. McDonald's masih memiliki rencana untuk ekspansi internasional lebih. Mengubah trend dalam kebiasaan makan terhadap makan lebih banyak kesehatan. McDonald's. Kurangnya inovasi produk lain kelemahan McDonalds. Juga untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan telah memperlambat ekspansi restoran McDonald's sehingga untuk memperbaiki dan mengubah citra restoran saat ini dan menambahkan fitur baru seperti akses Internet. McDonalds memperkenalkan salad premi baru dan Buah n 'Yogurt Parfaits di AS yang menyebabkan pertumbuhan pada tahun 2004 dan produk yang sama mungkin akan membawa pertumbuhan yang lebih di pasar luar negeri. Asia dan Amerika Latin.demikian. seperti industri makanan cepat saji lainnya. Industri Makanan siap saji adalah menjadi sektor yang semakin kompetitif. tapi sekali lagi strategi baru perusahaan tampaknya telah berhasil menangani masalah melalui popularitas salad baru dan produk baru lainnya. ekspansi agresif internasional telah meninggalkan perusahaan itu perlambatan ekonomi sangat rentan terhadap negara-negara lain. cepat fokus perusahaan dari menu nilai yang lebih beragam baru-baru ini membatasi efek negatif dari persaingan harga yang ketat yang secara tradisional mengambil tempat di antara para pemimpin industri. Perusahaan itu sebaliknya akan fokus pada Chipotle Grill yang paling sukses non MacDonald's rantai merek perusahaan restoran. dipandang sebagai ancaman bagi McDonalds juga dapat dilihat sebagai sebuah kesempatan. tetapi industri makanan lainnya cepat melakukan hal yang sama juga. sering menerima tekan Page 18 of 23 .

bawang. Hindu pilihan daging sapi atau babi tidak. kacang polong. mayonnaise. kacang polong. nilai-sistem dan pengaruhnya dalam pengambilan keputusan konsumsi makanan. Inc. Inc Jack. Ini adalah burger sayur dengan kentang.There Italia juga merupakan McPuff Pizza. keju iris dll.buruk karena obesitas link nya. Ini berisi patty. bawang. Menu lainnya Item baru ditambahkan adalah burger McSurprise. McVeggie Vegetarian burger lain pada menu. Meningkatkan kepedulian seperti ini telah memimpin Badan Standar Makanan dan Departemen Kesehatan di UK untuk meninjau iklan dari 'sampah' makanan seperti McDonalds kepada anak-anak. untuk pertama kalinya dalam sejarah bisnis mereka. Ditemukan bahwa meskipun sebagian besar populasi adalah non-vegetarian. dan rempah-rempah. McDonald's memutuskan. Page 19 of 23 . McDonald's juga telah direkayasa ulang operasi untuk mengatasi kebutuhan khusus menu vegetarian. dan rempah-rempah. Marketing Mix (4P) 1) Product (Produk) Menu burger vegetarian terdiri dari McAloo Tikki Burger. Keju dan saus dingin yang digunakan di India adalah 100% vegetarian. selada dan mayones sayuran (disebut sebagai Vegetarian Saus di India). McDonald's berkonsentrasi pada mempelajari budaya India. II. Wendy's International. tetapi terbuat dari campuran sayuran. mereka terjebak untuk sebagian besar ikan. dan sayur-tomat mayones. Memperkenalkan produk-produk seperti McTikki Aloo untuk lidah Punjabi. Muslim mengambil daging sapi tapi daging babi meskipun menjadi kotor. mereka bahkan tidak termasuk burger daging kambing dari penawaran mereka. Kristen meraih kedua daging sapi dan babi. Ini terlihat mirip dengan di atas McAloo Tikki Burger. tomat. kambing dan ayam. Pesaing untuk mencakup MacDonald's: Yum! Brands. yang terdiri dari puff pastry diisi dengan kacang polong. untuk drop ham dan burger daging sapi dari menu mereka. Dua tahun yang lalu. Menu McDonald's dikembangkan terutama untuk India dengan pilihan vegetarian untuk suite rasa India.

4) Promotion (Promosi) Page 20 of 23 . suasana yang baik dan pelayanan yang baik. Harga harus mempertimbangkan pasokan sesuai permintaan equation. sehat. Ada proposisi nilai tertentu yang McDonalds menawarkan kepada pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka.McDonald 's datang dengan garis pukulan yang sangat menarik "zamane mein Aap Ke. makan kombo. McDonalds menawarkan lingkungan higienis. Sekarang McDonalds juga mulai memberikan fasilitas internet di pusat-pusat mereka dan mereka telah bermain musik melalui radio bukan musik normal. dan makanan lezat.McDonald's berkomitmen untuk memberikan pelanggan sehat. McDonalds memiliki harga nilai tertentu dan strategi bundling seperti makan bahagia. Ke baap daam Ke zamane" (Mc Donalds India). pilihan pendanaan yang tersedia dan lain-lain juga harus mempertimbangkan kemungkinan reaksi dari pesaing untuk strategi harga. 2) Pricing (Harga) Harga termasuk daftar harga. Semua tiga lainnya adalah biaya yang dikeluarkan. Ini adalah bagian terpenting dari bauran pemasaran karena ini adalah satu-satunya bagian yang menghasilkan pendapatan. diskon fungsi yang tersedia. Hal ini penting agar produk tersebut tersedia untuk pelanggan di tempat yang tepat. Ini untuk menarik konsumen menengah dan kelas bawah dan efeknya jelas dapat dilihat pada basis konsumen McDonalds sekarang. Apa lagikru mereka anggota memasak makanan vegetarian dapat diidentifikasi oleh celemek hijau mereka. pada saat yang tepat dan dalam kuantitas yang tepat. Ada tingkat tertentu yang menyenangkan dan kebahagiaan bahwa pelanggan merasa setiap kali ia makan malam di McDonalds. Hampir 50% dari Amerika Serikat berada dalam 3 menit berkendara dari McDonald's outlet. keluarga makan dll untuk meningkatkan volume penjualan secara keseluruhan. 3) Place (Tempat) Tempat itu terutama terdiri dari saluran distribusi. Ada area khusus tertentu untuk anak-anak dimana mereka bisa bermain sementara orang tua mereka dapat mempunyai beberapa waktu yang berkualitas bersama-sama. Mereka memastikan bahwa daerah memasak serta peralatan memasak untuk produk vegetarian adalah tampak terpisah dari bagian Vegetarian non.

pada kenyataannya. Tahap berikutnya adalah meminta mereka untuk menginginkan apa yang ditawarkan. Pesan harus mendapatkan perhatian pelanggan dan menjaga kepentingan mereka. biasanya cukup. The Magic Media "Anda pantas istirahat hari ini. Folks. formula iklan Needhams menjadi tahu di McDonald's sebagai "Makanan. jadi bangun dan pergi Untuk McDonald”. Komersial istirahat di atas adalah salah satu tema komersial awal diadopsi oleh McDonald's Amerika Serikat yang menjadi lagu komersial paling terkenal di televisi dan. Merek penilaian adalah $ 25 miliar membuat merek paling berharga di dunia kesembilan. dan Menyenangkan" dan tetap menjadi tulang punggung kampanye iklan semua rantai itu. Menampilkan manfaat yang mereka akan memperoleh dengan mengambil tindakan.Tujuan utama dari iklan adalah untuk membuat orang menyadari item. Needham adalah salah satu biro iklan McDonald's pertama yang membuat banyak iklan revolusioner bagi perusahaan. merasa positif tentang hal ini dan ingat itu. Pesan yang tepat harus ditujukan pada khalayak yang tepat. salah satu pemasar terkuat di dunia konsumen. menggunakan media yang tepat. McDonald's sekarang. yang paling diidentifikasi iklan tema sepanjang masa. McDonald's lebih tahu tentang orang-orang itu adalah melayani semakin mampu mengkomunikasikan pesan-pesan yang menarik bagi mereka. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN Page 21 of 23 .

Philip. Total Quality Management harus dilakukan untuk control kualitas terhadap pelayanan. 2 Saran Kelompok kami memberikan saran sebagai berikut : 1. maka perusahaan harus lebih mengerti dengan IV. Sedangkan Burger King sebagai competitor Mc Donald’s lebih berinovasi dalam penciptaan produk makanan siap saji. 2. McDonald’s sebagai perusahaan yang sudah mapan harus tanggap dalam memenuhi tuntutan perubahan global baik dari segi competitor maupun keinginan konsumen. Jakarta: Indeks. Manajemen Pemasaran. Terus menerus melakukan inovasi terutama dengan melakukan penciptaan produk makanan yang sesuai gaya hidup sehat. 4.IV. Perusahaan mampu berkompetisi dengan harga yang kompetitif. Memanfaatkan kemajuan teknologi seperti internet untuk meningkatkan penjualan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan DAFTAR PUSTAKA Kotler. sehingga pada dasarnya semua pelanggan tidak merasa bosan dengan produk yang itu-itu saja.1 Kesimpulan Dengan semakin canggih dan berkembangnya pengetahuan dan teknologi masyarakat mulai berfikir cerdas dan menuntut adanya produk yang tidak hanya menguntungkan dari harga tapi juga dari segi manfaat ekonomis. servis. kebersihan dan cita rasa dari makanan itu sendiri. 2004 Page 22 of 23 . Apabila Mc Donald’s dan Burger King sudah menjalankan strategi marketing dengan baik kebiasaan dan keinginan konsumen. dan menganalisis perusahaannya dengan analisis SWOT. 3.

Hamdani.beritajepang.mcdonalds.google.id/books? id=9XFnAryFneAC&pg=PA89&lpg=PA89&dq=Kekuatan+yang+dimiliki+burger+king&so urce=bl&ots=RH0G2r0A6G&sig=KCm4PA97Ics4mQ9TmXuanQOiq8o&hl=id&ei=TNkrT OKxHI-cbOCwagJ&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=6&ved=0CCoQ6AEwBQ#v=onepag e&q&f=false http://www.entrepreneur.katalogpromosi.co.Lumpiyoadi.bk. Manajemen Pemasaran Jasa.com/windows-7-dirilis-ayo-makan-burger-raksasa-di-burger-king/ Page 23 of 23 .com/franchise500 http://books.com/ http://www. Jakarta: 2004 www.com/ www.com/tag/burger-king http://www. Rambat dan A.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful