BERMAIN LOGIKA PEMROGRAMAN Oleh : Faisal Ahmad Ahmadelectrical@yahoo.

com
Abstrak
Makalah ini membahas mengenai pengenalan komputer dan cara pemrograman komputer. Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Komputer terdiri dari dua perangkat yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) Software : program-program untuk menjalankan pekerjaan yang diingikan pada computer. Hardware : media pemprosesan Bahasa pemrograman merupakan cara komunikasi standar komputer untuk mengekspresikan instruksi kepada komputer. Kata kunci : pengenalan komputer , bahasa pemrograman operasi maka komputer tidak dapat difungsikan sama sekali. b. Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan. c. Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Umumnya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya. d. Program Paket Merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :  Pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro

Pendahuluan
Pada zaman diera elobalisasi ini kata komputer tidak asing lagi di telinga kita. Komputer pun telah berkembang menjadi lebih canggih sehingga dapat dibawa kemana-mana yang disebut laptop. Sehingga kita harus lebih mengenal computer beserta bahasa pemrogramannya.

Pengenalan komputer
Computer terdiri dari dua perangkat yaitu : 1. Perangkat lunak (software) Software berguna untuk menjalankan programprogram pekerjaan yang kita inginkan. Pada umumnya software terdiri dari : a. Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Novell, OS/2, Windows. Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem

BERMAIN LOGIKA PEMROGRAMAN I Semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca (2008)

AR

On The Inside CPU Memory Motherboard Power Supply Hardisk Operating System IDE Controller PCI Bus SCSI AGP Sound Card Graphic Card  Mainboard adalah papan utama yang berisi komponen-komponen elektronik dan dihubungkan melalui ribuan sirkuit Mainboard merupakan board/papan induk yang memungkinkan semua perangkat memperoleh aliran listrik dan berkomunikasi satu sama lain Komponen eksternal berupa media input dan output juga terhubung dengan mainboard  Power supply Power Supply Unit (PSU) atau Adaptor. Compiler Komputer hanya memahami satu bahasa. Hardisk digunakan untuk menyimpan data berupa program atau dokumen CPU CeProcessing Unit (CPU) adalah inti Computer. PC= personal computer PC merupakan alat serbaguna (general purpose tool) yang terdiri dari berbagai komponen : Ram. Perangkat keras (Hardware) Hardware merupakan alat pemrosesan agar computer dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. •  Processor Istilah lain CPU adalah Microprocessor. Hardisk.r  Memory Memory adalah media penyimpan data sementara dalam upaya mempercepat proses pengolahan data Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Sangatlah tidak praktis dan efisien bagi manusia untuk membuat program yang terdiri dari nilai 0 dan 1. Processor. yaitu bahasa mesin. PhotoShop e. dsb. Bahasa mesin adalah terdiri dari nilai 0 dan 1. diciptakan compile. komputer hanyalah sebuah barang pajangan yang terbuat dari plastik atau logam  Hardisck Hardisk merupakan media penyimpanan data permanen yang sangat besar. Pengolah angka / lembar kerja : Lotus123. Seluruh aktifitas komputer berada dibawah pengawasan dan kendali CPU. MS Excell. dll  Presentasi : MS PowerPoint  Desain grafis : CorelDraw. QuattroPro. Dengan tujuan inilah. Terdapat beberapa penggolongan memori dari yang tercepat hingga yang terlambat dalam akses data  Mainboard 2. adalah media kebutuhan listrik yang digunakan oleh komputer. maka dicarilah suatu cara untuk menterjemahkan sebuah bahasa yang dipahami oleh manusia menjadi bahasa mesin. yaitu mesin komputasi lengkap yang disusun pada sebuah chip BERMAIN LOGIKA PEMROGRAMAN I Semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca (2008) AR . PSU termasuk perangkat yang sangat penting dalam komputer karena tanpa perangkat ini. dan bekerja secara simultan.

direncanakan maka kita harus tahu . programmer tidak asal-asalan dalam pembuatan dan pengkodeanan program yang dibuatnya. walaupun masih cukup sulit untuk dimengerti karena menggunakan singkatan – singkatan seperti STO yang berarti simpan (STORE) dan MOV yang artinya pindah (MOVE). 2. Bahasa Pemrograman Tingkat 2. Desain Algoritma dan Representasi merupakan bahasa dengan pemetaan Setelah kita mengetahui dengan baik satu – persatu terhadap instruksi dan jelas mengenai permasalahan komputer. menengah. dan apa yang akan dilakukan apabila terjadi kondisi yang variatif. kepada sebuah atau beberapa mesin agar masalah ini berjalan dengan baik dengan menggunakan compiler. Tetapi programmer mengikuti perencanaan dan metodologi yang terstruktur yang memisahkan proses suatu aplikasi menjadi beberapa bagian. Desain Algoritma dan Representasi 4. dan tingkat tinggi.NET masalah-masalah yang terjadi. algoritma untuk menyelesaikan 3. setiap bahasa memiliki tata tulis dan aturan tertentu Layaknya bahasa manusia begitu juga dengan bahasa pemrograman. dan sesuai dengan apa yang Sebagai contoh adalah : JAVA. langkah diterjemahkan dengan menggunakan selanjutnya yaitu membuat rumusan assembler. Berikut ini langkah – langkah sistematis dasar dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman : 1. Sebuah 1. Langkah-langkah Pembuatan Program Dalam pembuatan program. Mendefiniskan masalah pernyataan program diterjemahkan Dalam mengerjakan suatu masalah. Uji Coba dan pembuatan dokumentasi KATEGORI BAHASA PEMROGRAMAN 1. Bahasa Pemrograman Tingkat permasalahan. Dimana penggunaan instruksi telah mendekati bahasa sehari – hari. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Pergeseran tingkat dari rendah menuju tinggi menunjukkan kedekatan terhadap ”bahasa manusia”. C++.Bermain Bahasa Pemrograman Apa sich itu ? Bahasa Pemrograman Bahasa pemrograman merupakan cara komunikasi standar komputer untuk mengekspresikan instruksi kepada computer . Disebut rumusan yang terjadi pada masalah juga dengan bahasa assembly 3. Setiap intruksi assembly yang ingin diselesaikan. Mendefiniskan masalah 2. Bahasa pemrograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah. Yang tergolong dalam bahasa ini adalah Fortran. Bahasa jenis ini sangat sulit masalah yang terjadi maka cara dimengerti karena instruksinya selanjutnya haruslah kita membuat menggunakan bahasa mesin. Bahasa pemrograman memfasilitasi seorang programmer untuk secara spesifik apa yang akan dilakukan oleh komputer selanjutnya. Dalam pemrograman Menengah komputer penyelesaian masalah BERMAIN LOGIKA PEMROGRAMAN I Semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca (2008) AR . Menganalisa dan membuat rumusan Rendah pemecahan masalah Bahasa pemrograman generasi Setalah mendapatkan definisi dari pertama. bagaimana data tersebut disimpan dan dikirim. Pengkodean.. Menganalisa dan membuat rumusan pemecahan masalah 3.

2005. maka kode program dapat ditulis sesuai bahasa pemrograman yang dipilih. “Teknologi informasi dan komunikasi 2”.didefinisikan dalam langkah demi langkah. kemudian memperbaiki implementasi kode program yang mungkin keliru. Bilamana terjadi kesalahan – kesalahan logika atas program.com www. Menggunakan algoritma sebagai pedoman. Uji Coba dan pembuatan dokumentasi Setelah membentuk algoritma. Algoritma dapat diekpresikan dalam bahasa manusia. maka proses pengkodean dapat dimulai.wordpress. Setelah menyelesaikan seluruh kode program. Algoritma adalah urutan langkah – langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. erwin2h. langkah selanjutnya yaitu menguji program tersebut apakah telah berfungsi sesuai tujuannya untuk memberikan suatu solusi untuk menyelesaikan suatu masalah. 4. Pengkodean. disebut juga sebagai bugs. Logis merupakan kunci dari sebuah algoritma. menggunakan presentasi grafik melalui sebuah FlowChart (diagram alir) ataupun melalui PseudoCode yang menjembatani antara bahasa manusia dengan bahasa pemrograman. Salatiga : Yudistira BERMAIN LOGIKA PEMROGRAMAN I Semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca (2008) AR . Langkah – langkah dalam algoritma harus logis dan bernilai benar atau salah. Proses ini disebut dengan debugging. maka kita perlu untuk mengkaji ulang rumusan / algoritma yang telah dibuat.com supriyanto dan sutatmi. Ilmukomputer. Daftar pustaka www.