P. 1
proses booting

proses booting

|Views: 315|Likes:
Published by unfrolic

More info:

Published by: unfrolic on Jan 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/10/2014

pdf

text

original

1.

proses booting(startup) computer :

Proses Booting
Sebelum membahas urutan proses booting, ada baiknya kita mengenal arti booting itu sendiri. Booting dapat diartikan sebagai proses untuk menghidupkan komputer sampai sistem operasi mengambil alih proses Selain itu arti BIOS pun perlu dipahami. BIOS (Basic Input Output System) adalah suatu kode software yang ditanam di dalam suatu sistem komputer yang memiliki fungsi utama untuk memberi informasi visual pada saat komputer dinyalakan, memberi akses ke keyboard dan juga memberi akses komunikasi secara low-level diantara komponen hardware. Urutan Proses Booting : 1. Saat komputer dihidupkan, processor menjalankan BIOS, dan kemudian BIOS melakukan POST (power-on-self test), yaitu memeriksa atau mengecek semua hardware yang ada. Kegiatan ini bisa dilakukan, jika setting BIOS benar. 2. BIOS akan mencari disk boot untuk menjalankan sistem operasi. 3. Sistem operasi berjalan dan siap digunakan. Proses Booting ada dua macam, yaitu : 1. Cold booting, yaitu booting komputer dari keadaan mati. 2. Warm booting, yaitu booting komputer pada saat komputer sudah hidup(mendapat suplai listrik) Pada saat booting kita dapat melakukan interupsi untuk melihat/ mengatur konfigurasi BIOS. Caranya yaitu dengan menekan tombol Del atau tombol yang lain tergantung dari jenis BIOS-nya. Setting Konfigurasi BIOS Ada banyak option didalam BIOS pada umumnya dibagi dalam beberapa kategori. Ex : Standard CMOS, BIOS Features, Power Management, Integrated Systems, dll. Setiap kategori terdiri dari option-option pilihan , misalnya Standar CMOS Setup ; konfigurasi hardware yang paling dasar seperti date, time, hd, drive, video, Bios Features Setup ; Konfigurasi untuk tingkat lanjuntan seperti Virus warning, CPU internal Cache, External Cache, Quick Power On Self Test, Boot Sequences, dll Integrated Peripheral ; Advanced Chipset Features ; option untuk mengoptimalkan bagi yang expert dan professional, ada DRAM timing, CAS Latency, SDRAM cycle length, AGP aperture, AGV mode.

Setelah itu. 5. 3. Power Management Setup . Nonaktifkan ( disabled) saja yang Anda tidak butuhkan untuk dapat membebaskan IRQ. II.Integrated Peripherals . Pada Red Hat dan Turunannya menggunakan GRUB sebagai boot loader. mengecek status SELinux. LILO/GRUB akan membaca label sistem operasi yang kernelnya akan dijalankan. Setelah itu. menegecek paritisi swap. tanggung jawab untuk booting diserahkan ke kernel. PnP/PCI Configurations . Pada boot loader inilah sistem operasi mulai dipanggil. Sebaiknya pilih semua konfigurasi pada pilihan Auto. dan sebagainya. yaitu proses yang . semakin membingungkan pilihannya manajemen power-nya. BIOS: Basic Input/Output System merupakan interface level paling bawah yang menghubungkan antara komputer dan periperalnya. Setting yang tepat dapat menghemat uang Anda. Load BIOS Default & Load SETUP default . BIOS melakukan pengecekan integritas memori dan mencari instruksi pada? Master Boot Record (MBR) yang terdapat pada floppy drive atau harddisk. MBR menjalankan boot loader. buka filenya di /boot/grub/grub. Untuk mengkonfigurasi file grub.conf 4. mengecek memory. kecuali port USB atau grafik 3D yang sering membuat masalah. Bila demikian berikan interrupt tersendiri. Urutan Booting linux Secara ringkas. Di linux. Mengendalikan fungsi-fungsi tambahan pada motherboard seperti port serial mau pun paralel. Semakin canggih mekanisme penghematan energi. kernel akan menampilkan versi dari kernel yang dipergunakan. urutan booting pada linux bisa dilihat pada gambar di bawah ini: 1. boot loader yang sering dipakai adalah LILO (Linux Loader) dan GRUB (GRand Unified Boot loader). Kernel yang dipanggil oleh bootloader kemudian menjalankan program init. untuk mengembalikan fungis secar standar sebelum diubahubah. 2.

Program init kemudian menentukan jenis runlevel yang terletak pada file /etc/inittab.d/rc. script kemudian menjalankan berbagai proses lain yang dibutuhkan oleh sistem sehingga sistem dapat berfungsi dan digunakan. dan sebagainya.sysinit. 6. Proses ini mengacu pada script yang ada di file /etc/rc. reboot. dapat dilihat jenis-jenis runlevel.menjadi dasar dari proses-proses yang lain. shutdown. Berdasarkan pada run-level. Runlevel adalah suatu parameter yang mengatur servis yang akan dijalankan misalnya single user. Ini dikenal dengan nama The First Process. Ini adalah file di /etc/inittab: Di file tersebut. Program yang mengatur runlevel ini adalah init yang terletak pada direktori /etc/inittab. Ada 7 jenis runlevel yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan yang selengkapnya dapat dilihat sebagai berikut: .

dimana x mewakili salah satu dari virtual consoles. Jika listrik kembali menyala sebelum shutdown dieksekusi. Selanjutnya ada skrip yang seperti dibawah ini: # Trap CTRL-ALT-DELETE ca::ctrlaltdel:/sbin/shutdown -t3 -r now Ini menjelaskan bahwa setelah penekanan tpombol CTRL-ALT-DELETE. maka skrip yang digunakan untuk menjalankan runlevel ini ada di directory /etc/rc. maka UPS mengambil alih system kelistrikan system computer.0: 1: 2: 3: 4: 5: 6: sistem halt Modus single user. Skrip terakhir menunjukkan jika kita ingin merubah dari command teks ke GUI. Referensi: Michael Jang. RHCE Red Hat Certified Engineer Linux Study Guide (Exam RH392).id/info. Suatu program kecil yang terletak di chip motherboard berguna untuk mengatur dan mengontrol hardware komputer sebelum sistem operasi diload http://www. untuk maintenance (backup/restore) dan perbaikan Multi user tanpa dukungan jaringan Multiuser dengan dukungan jaringan baerbasis console (text) Tidak digunakan Multiuser dengan dukungan jaringan berbasis grafis reboot Selanjutnya ada system initialization. Kita bisa menambahkan sampai 12 virtual console di dalam system kita.d. Untuk membuat virtual console yang baru cukup tekan ALT+F2 sampai ALT+F6.php?kk=bios .html 2.total. Bios istilah bios dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut Singkatan dari Basic Input Output System. di file ini hanya tersedia 6 virtual consoles. maka perintah berikutnya untuk membatalkan shutdown: pr:12345:powerokwait:/sbin/shutdown -c "Power Restored. Untuk mengkonfigurasi virtual console.d/rc3. Shutdown Cancelled" Skrip selanjutnya menjelaskan tentang virtual consoles. System Shutting Down" perintah ini tidak menjalankan fsck ketika reboot dan ketika mematikan system. Selanjutnya di dalam file tersebut ada skrip seperti berikut: id:3:initdefault: pernyataan di atas menunjukkan bahwa ketika system booting. Virtual consoles adalah baris perintah dimana kita bisa masuk ke system linux. Jika kita mempunyai UPS? yang terhubungkan dengan system kita dan listrik mati. runlevel yang kita gunakan adalah runlevel 3. sistem akan tereboot setelah 3 detik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menekan CTRL+ALT+x.or. Tetapi UPS hanya bisa menjalankan computer dalam batas waktu tertentu dan proses shutdown akan dimulai selama 2 menit dan memberitahukan pengguna sebagai berikut: pf::powerfail:/sbin/shutdown -f -h +2 "Power Failure. maka kita cukup membuka file ini dan secara asal. maka linux siap untuk proses booting. Skrip selanjutnya berhubungan dengan penggunaan UPS (Uninterruptible Power Supply). Sebagai contoh. Fifth Edition Rofiq Yuliardi. maka sistem akan menggunakan runlevel 3 yaitu system akan menggunakan konsol teks.com/computer/38-system/56-booting.catatanlepas. Panduan Administrasi Sistem operasi GNU/LINUX Buku 1 url: http://www. Skrip ini berhubungan dengan setiap runlevel. Jika semuanya berjalan normal.

sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Microcontroller 2. Engineering workstation 4. diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik. Dalam perangkat keras berarti proses mengaktifkan komputer sampai diambil alih oleh sistem operasi.php?kk=Computer Istilah User ialah Pengguna.http://www.id/info.Bootstrap istilah bootstrap dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut Boot atau booting. Supercomputer http://www.total. setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Biasanya ditujukan kepada pengguna suatu sistem yang umumnya adalah manusia. Dengan ada keduanya maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna. dll. Mainframe 6. membuat animasi. yang berarti menghitung. simulasi dan untuk kontrol peralatan. Proses boot ini dikenal dengan dua cara. Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (perangkat lunak/software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna. Computer user Istilah Computer ialah Alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. komputer dibagi menjadi: . gambar. Sistem komputer juga dapat dikembangkan untuk mengontrol peralatan mesin produksi ataupun peralatan rumah tangga.id/info. yaitu warm boot dan cold boot. baik penampakan pada layar monitor. .Komputer digital . komputer terdiri dari: . komputer dibagi menjadi: . misalnya dengan menekan tombol reset.Small scale computer . berarti mengaktifkan kembali. Microcomputer 3. Jadi apapun yang dilakukan oleh komputer. yaitu: 1. Perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut. Istilah dalam dunia komputer untuk menyebut seseorang yang menggunakan suatu sistem komputer. atau memencet sekaligus tombol CTRL+ALT+DEL pada sistem operasi Disk Operating System (DOS). Adanya kecenderungan pemanfaatan komputer untuk kontrol seperti ini dengan dukungan teknologi chip IC telah memungkinkan orang membuat robot kecil yang berguna seperti robot kendaraan yang dipergunakan dalam misi ruang angkasa. Sebuah komputer yang hanya memiliki perlengkapan elektronik saja atau software saja tidak akan berfungsi. suara. Dalam bahasa indonesia sering ditulis dengan komputer. Berdasarkan data yang diolahnya. menggambar.Large scale computer Klasifikasi komputer terbagi atas tujuh.Medium scale computer .Special purpose computer . Bentuk komputer yang dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program.or. Artinya. Minicomputer 5.php?kk=bootstrap 3.Warm boot. maka komputer biasa bisa dipergunakan untuk mengendalikan peralatan-peralatan industri dan rumah tangga. tanpa harus dimatikan terlebih dahulu. Istilah Computer berasal dari kata Compute.total. Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis.Komputer hibrid Berdasarkan penggunaannya.General purpose computer Berdasarkan skala kemampuannya.or. program.Komputer analog . Dengan menambah rangkaian elektronik buatannya. menyunting gambar atau foto. Misalnya pengguna komputer. mengoperasikan program analisis ilmiah. atau stasiun/terminal dalam jaringan.

http://www.total. Application program Shell Program yang menerima masukan berupa perintah ke sistem.php?kk=textbased%20shell .GUI-based shell : Interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. http://www.php?kk=GUI-based%20shell System library System Call Arti istilah System call dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut Layanan langsung sistem operasi ke pemrograman. dimana user mengetikan instruksinya melalui keyboard. http://www. yaitu dengan menampilkan prompt sebelum tempat instruksi dimasukkan oleh user. Contoh penggunaan shell ini diterapkan pada sistem operasi MS-DOS dan UNIX.id/info.text-based shell : Interaksi yang digunakan antara user dengan sistem operasi adalah berupa baris perintah.or.id/info.http://www. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada sistem operasi Microsoft Windows.or.php?kk=System+call .total. atau stasiun/terminal dalam jaringan.or. terbanyak berupa rutin prosedur atau fungsi.total. program. disebut dengan system call atay API (application programming interface).php?kk=User Jadi jika dijabarkan Computer user adalah Alat bantu bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya dan sebuah Perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut yang digunakan oleh pengguna dengan menggunakan suatu sistem komputer.id/info.total.id/info. System call adalah tata cara pemanggilan di program aplikasi untuk memperoleh layanan yang disediakan oleh sistem operasi. Shell dapat berupa: .or. Bentuk system call beragam. dan menterjemahkan menjadi aktivitas sistem komputer. System call berupa rutin sistem operasi untuk keperluan tertentu yang spesifik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->