P. 1
KETRAMPILAN KELAS 2 SD

KETRAMPILAN KELAS 2 SD

|Views: 5,412|Likes:
Published by ruslankadarsih

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: ruslankadarsih on Jan 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

KETRAMPILAN KELAS 2 SD

NAMA NIM PRODI : RUSLAN KADARSIH : 10015019 : PGSD

Gambar Ekspresi
A. Unsur Rupa 
    

Warna Bidang Bentuk Tekstur Perpaduan Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Unsur Rupa pada Benda Alam 
Bintik atau Titik

Semua benda 3 dimensi terdiri atas titik-titik ukuran titik-titik tidak sama. Ada titik-titik yang besar dan ada yang kecil, warna titik-titik bermacammacam. 
Garis

Pada benda terdapat garis-garis. Garis-garis warna atau berupa serat, ukuran garis tidak sama ada garis yang pendek dan panjang garis terdiri atas titik-titik. 

Warna

Warna benda dilingkungan kita beraneka macam baik benda pipih maupun bulat, warnanya bermacam-macam. 
Tekstur

Tekstur adalah keadaan permukaan suatu benda kestuan membuat benda tampak indah dan utuh tanpa adanya kesatuan benda tidak indah. 

Kesatuan

Kesatuan adalahperpaduan bagianbagian benda kesatuan membuat benda tampak indah dan utuh tanpa adanya kesatuan benda tidak indah.

Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
Karya seni rupa akan tampak indah dan menarik jika terdapat kesesuaian antara beberapa unsur rupa, diantaranya: warna, bidang, bentuk, tekstur, perpaduan, dan karya seni rupa tiga dimensi. Patung, gerabah, dan aneka kerajinan tangan lainnya merupakan karya seni rupa tiga dimensi. Tiap karya seni memiliki perpaduan warna, bidang, bentuk, dan tekstur yang bermacam-macam. Perpaduan unsur-unsur rupa tersebut membuat karya seni menjadi indah.

y B. Gambar Ekspresi
Ù Merupakan

ungkapan perasaan melaui penglihatan dan pendengaran secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan alat da bahan secara bebas. Unsur yang menonjol adalah garis. ekspresi dapat dilakukan berdasarkan pengaaman setelah melihat dan mengamati benda, tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia dan peristiwa yang terjadi disekitar kita.

Ù Menggambar

Gambar Cetak
y A. Inkblot y Langkah-langkah: 1. Kertas

dilipat dua, lalu

Bahan dan Alat:
1. Kertas gambar 2. Tinta hitam 3. Gunting 4. Kuas 5. Lem

dibuka. 2. Beri tetesan tinta dengan bentuk bebas pada salah satu bagian lipatan. 3. Lipat kertas kembali dan tekan ke segaa arah lalu buka.( Tunggu tinta sampai kering, kemudian ditambahkan coretan. 4. Gambar selesai

Contoh Gambar dengan Inkblot

y B. Tarikan Benang

Bahan dan Alat:
1. Kertas Gambar 2. Gunting 3. Lem 4. Tinta hitam atau cat air 5. Benang jahit 25cm

y Langkah-langkah: 1. Bukalah kertas 2. Ambi benang jahit,

celup ke tinta. 3. Letakkan benang basah di atas kertas terbuka. 4. Lipat kertas 5. Tekan kertasnya lalu tarik benang agak cepat 6. Buka lipatan kertas. 7. Tambahkan coretancoretan sehingga menjadi gambar yang lebih sempurna.

lalu

Contoh Gambar dengan Tarikan Benang

y C. Tiupan

y Langkah-langkah: 1. Gunting

Bahan dan Alat:
1. Buku gambar 2. Tinta hitam atau cat air 3. Sedotan limun 4. Kuas gambar 5. Gunting

sedotan imun sepanjang 10 cm. 2. Celupkan kuas pada tinta, kemudian teteskan pada buku gambar. 3. Dengan sedotan limun, tiuplah tetesan itu terus menerus agar menyebar ke berbagai arah sampai tita menjadi kering.

Contoh Gambar Tiupan

y D. Daun, pelepah dan

y Langkah-langkah: 1. Kumpulkan

Buah Daun Bahan dan Alat: 1. Daun-daun 2. Kertas gambar karton 3. Tinta 4. Kuas

berbagai

atau

jenis daun. 2. Bersihkan dengan kain. 3. Beri tinta dengan hatihati. 4. Capkan dengan diurut sambil ditekan. 5. Angkat daun dengan hati-hati.

Contoh Gambar Daun

y Pelepah dan Buah

y Langkah-angkah: 1. Iris

Bahan dan Alat:
1. Pelepah dan Buah 2. Kertas gambar atau karton 3. Tinta atau cat warna 4. Gunting 5. Pisau

pelepah atau buah secara rata.Pilih irisa yang terbaik. 2. Celupkan irisa penampang pelepah atau irisan buah ke dalam tinta atau cat air atau diolesi dengan kuas. 3. Capkan pada kertas gambar dengan sedikit ditekan. Angkat perahanlahan.

y E. Umbi-umbian

y Langah-langkah: 1. Potong-potong umbi 2.

Bahan dan alat:
1. 2. 3. 4. 5.

Ubi jalar Tinta stempel Bak stempel Kertas gambar Pisau

3.

4. 5. 6. 7.

kecil. Bentuk permukaan umbi yang datar menjadi bidang tertentu. Kamu bisa membentuk setengah lingkaran, kotak, segitiga, dan lain-lain. Tuangkan tinta stempel pada bak stempel. Ceupkan umbi hasil ukiranmu pada bak stempel. Capkan pada kertas gambar dengan sedikit ditekan. Sekarang kamu bisa melihat hasil cetakanmu.

hingga

Cat Warna
y A. Membuat Cat 1. Cat Warna dari Alam y Cara membuat: 1. Bahan dari daun ditumbuk

Ada banyak bahan alam yang bisa kita jadikan cat warna. Aneka daun, bunga, rimpang,dan biji. Kita tinggal ambil dari alam sekitar. Selain murah, cat ini juga tak berbahaya.

atau dihaluskan. 2. Kemudian diambil airnya dengan saringan. 3. Sedang bahan dari biji atau buah diparut, 4. Kemudian diperas dan disaring. 5. Diberi garam diazo agar tidak mudah luntur.

y Bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat cat

warna antara lain:

o o o o o o o o o

Daun suji menghasilkan warna hijau. Daun sirih menghasilkan warna coklat. Daun pacar menghasilkan warna merah. Daun pepaya menghasilkan warna hijau. Daun pohon jati muda menghasilkan warna merah. Kunyit menghasilkan warna kuning. Buah belimbing menghasilkan warna hijau. Buah tomat menghasilkan warna merah muda. Buah wortel menghasilkan warna oranye.

2. Cat Warna Buatan Kita juga bisa membuat cat warna bahan buatan. Bahan buatan bukan berasal dari alam, tapi dibuat oleh manusia. Kita bisa memakai arang, kapur sirih, gambir, dan belau.

y Teknik pembuatan cat pewarna dari bahan alami: 1. Memiih bahan yang segar dan dicuci. 2. Menyediakan peralatan seperti, palu, saringan, dan,

garam diazo. 3. Menghaluskan bahan dengan ditumbuk diparut. 4. Memberi garam diazo agar tidak luntur.

atau

y

B. Kuning Kunyit Bahan dan Alat: Kunyit Saringan Air setengah gelas Sarung tangan (bila perlu) Koran bekas Tumbukan

y 1.

1. 2. 3. 4. 5. 6.

2. 3. 4. 5. 6.

Langkah-langkah: Tutup meja belajar dengan koran bekas. Bila perlu, pakai sarung tangan supaya tetap bersih. Haluskan kunyit dengan tumbukan. Masukan air edalam tumbukan kunyit. Peras kunyit diatas saringan dan mangkok. Air hasil perasan kunyit siap dipakai.

y

C. Hijau Daun Suji Bahan dan Alat: Daun suji Air setengah gelas Tumbukan Saringan Mangkok

y 1.

1. 2. 3. 4. 5.

2. 3. 4.

Langkah-langkah: Tumbuk daun suji di atas tumbukan. Masukan air ke dalam tumbukan daun suji. Peras hasil tumbukan di atas saringan. Air hasil perasan daun suji siap dipakai.

y

D. Merah Daun Pacar Bahan dan Alat: Daun pacar Mangkok Tumbukan Pengaduk

y 1. 2.

1. 2. 3. 4.

3. 4.

Langkah-langkah: Tumbuk daun pacar. Masukkan air secukupnya. Satu genggam daun pacar perlu satu sendok air. Aduk tumbukan dengan air. Warna merah daun pacar siap dipakai.

y

E. Hitam Arang Bahan dan Alat: Arang Tumbukan Wadah Air Kuas Saringan

y 1.

1. 2. 3. 4. 5. 6.

2. 3. 4.

Langkah-langkah: Ambil arang dan tumbuk arang sampai halus. Ayaklah tumbukan arang dengan saringan. Beri air pada tumbukan arang sambil diaduk. Arang siap digunakan.

y

F. Biru Belau Bahan dan Alat: Belau Wadah Kanji Tumbukan Air Kuas

1. 2. 3. 4. 5. 6.

Langkah-langkah: 1. Letakkan belau di wadah. 2. Masukkan air sebanyak lima sendok makan. 3. Campurkan kanji bila dipakai untuk mewarnai.
y

y

G. Kapur Sirih Bahan dan Alat: Kapur sirih Sepuhan warna kuning, merah, cokelat, hijau, dan biru. Lima buah wadah Air Kuas

y 1.

1. 2.

2. 3. 4. 5.

3. 4. 5.

Langkah-langkah: Masukkan kapur sirih ke dalam wadah. Beri air sdikit. Aduk sampai rata dan kental. Siapkan lima buah gelas dan masukkan kapur sirih. Masukkan sepuhan warna berbeda pada tiap gelas. Aduk rata. Cat warna siap dipakai.

y

H. Coklat Gambir Bahan dan Alat: Gambir Pisau tidak tajam Sendok Kuas Tumbukan Air lima sendok

y 1.

1. 2. 3. 4. 5. 6.

2. 3. 4.

Langkah-langkah: Iris gambir dengan pisau dengan perlahan dan hatihati. Jangan sampai terluka. Tumbuk gambir sampai halus dengan tumbukan. Masukkan air kedalam hasil tumbukan. Cat warna cokelat dari gambir sudah jadi.

Membuat Mainan
y a. b. c. d.

Membuat mainan: Melipat Memotong Merekat Menyusun atau merangkai Kita bisa membuat banyak mainan sendiri. Bermacam-macam mainan dari kertas yang dapat kita jadikan mainan.

Contoh mainan menurut cara membuat
1.

Mozaik Mozaik adalah menggambar dengan menempel cara mewarnainya dengan menempelkan potongan benda-benda berwarna yang dapat ditempelkan. Misal: - Kertas warna - Biji-bijian - Potongan ubin

y

Membuat burung Bahan dan Alat: Kertas warna Kertas gambar Lem Pensil

y 1.

1. 2. 3. 4.

2.

3. 4.

Langkah-langkah: Gambarlah seekor burung pada kertas gambar. Guntinglah kertas warna menjadi bentuk persegi panjang. Beri lem pada seluruh permukaan badan burung. Tempel potongan kertas ke badan burung dengan menggunakan banyak warna supaya menarik.

2. Montase

Montase adalah cara menggambr dengan menempel bahannya berupa gambar berkas, gambar- gambar yang dipilih digunting rapi beberapa gambar lalu disusun dan dipadukan letak gambar ditandai dengan pensil, gambar diolesi lem dan ditempel.

y

Contoh membuat Montase Bahan dan Alat: Gambar tema dari majalah atau koran Gambar obyek lain Kertas gambar Pensil warna Lem Gunting

1. 2. 3. 4. 5. 6.

Langkah-langkah: 1. Siapkan gambar utama dari majalah atau koran bekas sesuai tema yang kamu kehendaki. 2. Mencari gambar lain. 3. Menempelkan gambar lain atau pelengkap.
y

3.

Aplikasi Aplikasi adalah cara menggambar dengan menempel pewarnanya berupa benda berwarna. Contoh: -Kertas warna -Kain -Pelepah pisang kering Kolase Kolase adalah membuat gambar dengan cara merekat atau menempel.

4.

y

Contoh membuat Kolase Bahan dan Alat: Kertas Daun pelepah pisang Serutan Kayu Kain perca

y 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.

1. 2. 3. 4. 5.

Langkah-langkah: Gambarlah obyek pada kertas. Luruskan serutan kayu menggunakan pensil agar tidak menggulung. Sebit atau potong serutan kayu menjadi lebar yang sama agar lebih rapi. Beri lem pada serutan kayu. Tempelkan pada kertas HVS sampai menutup seluruh gambar. Setelah lem kering gunting gambar. Beri lem pada bagian belakang kertas gambar, tempelkan pada karton hitam. Buatlah beberapa hiasan dengan sisa guntingan gambar. Tata hiasan gambar dan berilah bingkai agar lebih indah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->