ELANG JAWA Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) adalah burung nasional Indonesia karena kemiripannya dengan Garuda dan

juga merupakan simbol jenis satwa langka di Indonesia. Elang Jawa hanya terdapat di Pulau Jawa dan penyebarannya terbatas di hutan-hutan. Sebagai predator puncak, Elang Jawa memainkan peran yang penting dalam menjaga keseimbangan dan fungsi dari bioma hutan di Jawa. Elang Jawa merupakan salah satu jenis burung pemangsa terlangka di dunia. Berdasarkan kriteria keterancaman terbaru dari IUCN, Elang Jawa dimasukan dalam kategori Endangered atau "Genting" (Collar et al., 1994, Shannaz et al., 1995).

Gambar Elang Jawa ³Saat ini populasi elang jawa yang ada tercatat sebanyak 19 ekor dan sebelumnya mencapai 200 ekor,´ kata Petugas Pengendalian Ekosistem Hutan di Kawasan Tanaman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Dede Nugraha. Menurut dia, menyusutnya populasi burung yang dilindungi pemerintah itu disebabkan tanaman hutan yang dijadikan sumber makanan menipis bahkan beberapa titik menghilang akibat adanya penebangan liar. Hingga saat ini, berdasarkan hasil monitoring di lapangan hanya sebanyak 19 ekor burung elang jawa yang masih berkeliaran di kawasan hutan konservasi TNGHS. Akan tetapi, satwa langka itu hingga sekarang belum juga berkembang-biak karena adanya kerusakan kawasan hutan taman nasional itu.

Salah satunya ialah dengan menghindari pemakaian pukat. Kep. Seluruh tempat bermukimnya telah dijadikan sebagai area yang dilindungi. dan Snares (Selandia Baru) juga merupakan sarang elang laut punggung hitam. Selang setahun. Kep. organisasi konservasi BirdLife International membuat kampanye penyelamatan. Kep. Para nelayan dihimbau untuk menerapkan cara pemancingan dan penangkapan ikan yang lebih bersahabat dengan elang laut. Kalau sedang sulit mencari mangsa. Malvinas. Ia juga menyukai ikan dan cumi-cumi. Georgia Selatan. Falkland. ia mulai masuk dalam kategori hewan yang dilindungi. Ini dilakukan agar perkembangbiakan elang laut ini tetap terjaga. Pada tahun 2002 populasinya tinggal 3 juta ekor. Sesekali. . Elang laut punggung hitam mengandalkan binatang air berkulit keras seperti kepiting dan udang sebagai pengisi perut. dan selatan Kep. Ia hidup secara berkoloni. Sebanyak 21 spesies elang laut lainnya juga hidup dalam ancaman kepunahan. Macquarie (Australia). Sejak itu. Burung bertubuh putih dan bersayap hitam ini paling banyak ditemui di Kep. Populasinya terus menyusut karena terjaring secara tak sengaja oleh mata pancing nelayan. Selain itu. Untuk menjaga elang laut punggung hitam dari kepunahan. Ia pun sering ditemukan mati akibat pemakaian pukat penangkap ikan. daratan datar di tepian pantai juga dijadikannya sebagai rumah. Gambar burung Elang Laut Punggung Hitam (Thalassarche melanophrys) Binatang ini biasa membuat sarang di lereng-lereng yang curam. Sandwich. Campbell. Langkah itu sangat penting mengingat perkembangbiakan burung ini cenderung menurun. Antipodes. elang laut punggug hitam sudah teridentifikasi sebagai binatang yang hampir punah. bangkai dan sampah pun disantapnya.Elang Laut Punggung Hitam (Thalassarche melanophrys) Malang benar nasib elang laut punggung hitam. Heard dan McDonald. Islas Diego Ramirez (Chili). serta Kep. Crozet dan Kerguelen.

Jalak Bali tidak bisa beradaptasi bersarang di tempat lain. ujung sayapnya dihiasi warna hitam. Inggris malah berhasil memelihara 520 ekor Jalak Bali. Jalak Bali termasuk burung yang paling diminati di pasar gelap. menurut laporan access Bali online. Sebetulnya. alam indah Pulau Bali adalah surga bagi Jalak Bali. perburuan yang tidak terkendali. Burung ini biasa bersarang berpasangan. belakangan hutan dan savana Bali tidak lagi aman untuk tempat bernaung bagi burung yang pernah menjadi maskot Provinsi Bali ini. Sementara itu. dalam satu kawanan biasanya terdapat 30 sampai 60 burung. Burung ini berbadan putih. Kabarnya. menurut para pecinta burung. Gambar burung Jalak Bali (Lencopsar rothcshildi) Pembukaan lahan untuk ladang dan pertanian membuat pohon sulit ditemui. Sebab. Sementara itu. Ketiadaannya di alam bebas membuat harga burung yang dikenal dengan nama Bali Starling ini melonjak tinggi. selain lubang bekas sarang burung pelatuk. Sayangnya. terdapat pola berwarna biru membingkai matanya. Kendati sudah ada hukum yang menjerat pelaku perburuan Jalak Bali. Binatang pemakan serangga dan buah ini pun terancam punah. seekor Jalak Bali dihargai tidak kurang dari Rp.JALAK BALI (Lencopsar rothcshildi) Dulu. Di pipinya. Pada zaman dahulu. dan penembakan liar terus mendera Jalak Bali. pemasangan jebakan. Di tahun 2001. Jalak Bali tidak mengenal daerah lain sebagai tempat tinggal. . Bulunyalah yang menjadi daya tarik Jalak Bali. Padahal. Jalak Bali tidak terlalu spesial. Di samping itu. 230 ekor lainnya hidup di dalam kandang pembiakan di Amerika Utara. 15 juta. hanya ada tujuh ekor burung Jalak Bali yang hidup bebas di Taman Nasional Bali Barat. burung ini tetap saja berada dalam kondisi yang terancam. Mereka mengaku keindahan burung ini tidak tercermin dari suaranya. Di sinilah tempat mereka terbang bebas mencari makan dan bersarang.

satu keluarga dengan pohon karet dan singkong. . Di Bengkulu sendiri. karena belum tentu dua bunga berbeda kelamin tumbuh dalam waktu bersamaan di tempat yang berdekatan. terutama Bengkulu. Jenis ini hanya tumbuh di hutan sumatera bagian selatan. Tapi hal ini masih belum terpublikasi dengan baik. selama 200an tahun tumbuh-tumbuhan dari genus Rafflesiaceae sulit diklasifikasikan karena karakteristik tubuh yang tidak umum. Gambar bunga Rafflesia Arnoldii Ciri utama yang membedakan rafflesia dengan bunga bangkai secara awam adalah bentuknya yang melebar (bukan tinggi) dan berwarna merah. bunga rafflesia telah dijadikan sebagai motif utama batik besurek (batik khas Bengkulu) sejak lama. Satu tempat yang paling bagus dan mudah untuk menemukan bunga rafflesia arnoldii ini adalah di hutan sepanjang jalan BengkuluCurup setelah Kepahyang. Sedikit informasi. tergantung jenis kelamin bunga. bunga ini bisa mencapai diameter sekitar 1 meter dan tinggi 50 cm. Bunga rafflesia tidak memiliki akar.RAFFLESIA ARNOLDI Rafflesia yang banyak dikenal masyarakat adalah jenis rafflesia arnoldii. tetapi masa mekarnya hanya 5-7 hari. Oleh karena itu Raflesia membutuhkan habitat hutan primer untuk dapat bertahan hidup. Setelah itu rafflesia akan layu dan mati. tangkai. Ketika mekar. Di dasar bunga yang berbentuk gentong terdapat bunga sari atau putik. Berdasarkan penelitian DNA oleh para ahli botani di Universitas Harvard baru-baru ini. Bunganya memiliki 5 mahkota. Sampai saat ini Rafflesia tidak pernah berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya dan apabila akar atau pohon inangnya mati. keberadaan putik dan benang sari yang tidak dalam satu rumah membuat presentase pembuahan yang dibantu oleh serangga lalat sangat kecil. Rafflesia merupakan tumbuhan parasit obligat pada tumbuhan merambat (liana) tetrasigma dan tinggal di dalam akar tersebut seperti tali. Raflesia akan ikut mati. Masa pertumbuhan bunga ini memakan waktu sampai 9 bulan. maupun daun. rafflesia dimasukkan ke dalam family Euphorbiaceae.

bunga baru bisa tumbuh bila umbinya memiliki berat minimal 4 kg. Berbeda dengan rafflesia. Bila rafflesia hanya melebar. Pada fase vegetatif. Menurut petugas penjaga lokasi budi daya bunga bangkai di hutan Kepahyang. Tinggi pohonnya bisa mencapai 6m. Jenis ini hanya endemik tumbuh di kawasan hutan di Sumatera. bunga raksasa lain yang dikenal masyarakat adalah bunga bangkai/suweg raksasa. bunga bangkai dapat di budi daya. Bahkan juga ada yang menyebutkan bunga ini sebagai bunga resmi provinsi Bengkulu. organ generatifnya akan layu kecuali umbinya. di atas umbi akan muncul batang tunggal dan daun yang sekilas mirip dengan pohon pepaya. Apabila lingkungan mendukung. yaitu fase vegetatif dan generatif. bunga bangkai titan arum ini berwarna krem pada bagian luar dan pada bagian yang menjulang. Sedangkan mahkotanya berwarna merah ke-ungu-an. bunga bangkai tumbuh di atas umbi sendiri. Ketinggian bunga bangkai jenis amorphophallus titanium ini bisa mencapai sekitar 4 m dengan diameter sekitar 1. Bila cadangan makanan . bunga bangkai tumbuh menjulang tinggi.5 m. Tumbuhnya bunga majemuk yang menggantikan pohon yang layu merupakan fase generatif tanaman ini. Setelah beberapa tahun. Merupakan tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Gambar bunga BANGKAI TITAN ARUM Bunga ini mengalami 2 fase dalam hidupnya yang muncul secara bergantian dan terus menerus. bila rafflesia parasit pada tumbuhan rambat. dan umbinya memenuhi syarat pohon ini akan digantikan dengan tumbuhnya bunga bangkai. Berbeda dengan rafflesia yang tidak dapat tumbuh di daerah lain. Yang paling populer di antara jenis bunga bangkai lainnya adalah jenis amorphpophallus titanium. Bunga bangkai ini termasuk tumbuhan dari suku talas-talasan (araceae). Sekilas bentuknya saat mekar terlihat seperti bunga terompet. Bengkulu.BUNGA BANGKAI TITAN ARUM Selain rafflesia.

Selain karnivora juga memiliki keunikan pada bentuk. dimana bunga betina reseptif terlebih dahulu. Asia Tenggara. LIPI mengumumkan beberapa spesies Kantong semar (untuk menghindari perburuan. Biji-biji inilah yang sekarang di budi-dayakan. Sedikitnya terdapat 64 spesies Kantong semar di Indonesia. nama spesiesnya dirahasiakan) sebagai tanaman paling langka di Indonesia. Dan akan kembali melewati siklusnya. seperti pada rafflesia. dimana akan tumbuh pohon baru di atas umbi bekas bunga bangkai. maka akan terbentuk buah-buah berwarna merah dengan biji pada bagian bekas pangkal bunga.dalam umbi kurang atau belum mencapai berat 4 kg. 32 . Setelah masa mekarnya(sekitar 7 hari) lewat. Biji-biji ini bisa ditanam menjadi pohon pada fase vegetatif. sebagai mekanisme untuk mencegah penyerbukan sendiri. maka pohon yang layu akan di gantikan oleh pohon baru. pemakan daging. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki ragam spesies terbanyak. lalu diikuti masaknya bunga jantan. Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga ini. bunga bangkai akan layu. Karenanya tidak sedikit orang yang memeliharanya. Kaledonia Baru. dan corak warna kantongnya. Tanaman yang terdiri atas sedikitnya 103 spesies ini mempunyai keunikan karena hampir seluruhnya merupakan tanaman karnivora. Apabila selama masa mekarnya terjadi pembuahan. berfungsi untuk menarik kumbang dan lalat penyerbuk bagi bunganya. Gambar Kantong Semar Kantung Semar tumbuh tersebar mulai dari Australian bagian utara. hingga Cina bagian selatan. Bahkan juni 2009 silam. KANTONG SEMAR Kantong semar atau dalam bahasa latinnya Nepenthes sp (dalam bahasa Inggris disebut Tropical pitcher plant) adalah Genus tanaman yang termasuk dalam famili monotipik. Namun keberadaan Kantong semar (Nepenthes) di habitat aslinya justru terancam kepunahan. Protogini. ukuran. Selain itu Nepenthes sp juga terdapat di Madagaskar. Dari jumlah tersebut. India dan Sri Lanka. kembali ke fase vegetatif.

9 jenis di Papua. 29 spesies terdapat di Pulau Sumatera. beberapa spesies Kantong semar berada di dalamnya. 10 jenis di Pulau Sulawesi. Covention of International Trade in Endangered Species (CITES) mengategorikannya dalam Appendix-1 (2 spesies) dan Appendix-2. dan eksploitasi untuk kepentingan bisnis.jenis terdapat di Borneo (Indonesia. Sebuah harga yang sangat tidak sebanding dengan kelangkaan flora ini. Yang terkadang membuat saya miris. Karenanya tanaman ini dilindungi berdasarkan Undang-undang No. Bahkan LIPI mengumumkan beberapa spesies Kantong semar (untuk menghindari perburuan. Malaysia. Brunei Darussalam). Kelangkaan Kantong Semar (Nepenthes) antara lain disebabkan oleh pembukaan hutan. . 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Hayati dan Ekosistemnya. lantaran kekurangpahaman tidak sedikit masyarakat yang mengeksploitasi Kantong Semar untuk kepentingan bisnis dengan mengambilnya di alam bebas kemudian menjualnya dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah. 4 jenis di Maluku dan 2 jenis di Jawa. kebakaran hutan. Dari 386 jenis fauna Indonesia yang terdaftar dalam kategori ³terancam punah´ oleh IUCN. Juga peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. nama spesiesnya dirahasiakan) sebagai tanaman paling langka di Indonesia. konon. Kantong Semar termasuk tumbuhan yang langka dan beberapa jenis (non hibrida) mendekati kepunahan.