P. 1
Tap Dan Sney

Tap Dan Sney

|Views: 1,331|Likes:
Published by BanGkit Lah

More info:

Published by: BanGkit Lah on Feb 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2013

pdf

text

original

Tap dan sney

TAP

Tap adalah suatu alat yang berfungsi untuk membuat ulir dalam (ulir untuk mur). Khususnya ulir yang berdiameter kecil. Macam-macam TAP :
y

tap nomer 1 ( Taper) yaitu ujung sangat tirus ,dipergunakan untuk mengetap permukaan benda kerja. tap nomer 2 ( plug) yaitu ujung agak tirus atau hanya sedikit pemakaianya setelah tap nomer 1. tap nomer 3 (dhoming) yaitu ujungnya tidak tirus dipakai setelah tap nomer 1 dan 2 juga untuk membuat ulir pada lubang yang tidak tembus.

y y

Pada tap ini selain gigi ulir dan alur terdapat juga tanda ukuranya. Misal: HSS-5/8¶¶-11. tanda ini mempunyai arti sebagai berikut ; 1. HSS yaitu bahan Tap terbuat dari baja cepat tinggi 2. 5/8¶¶ yaitu garis tengah tap yaitu 5/8¶¶ 3. 11 yaitu banyak ulir tiap inchi (µ¶) Cara Menggunakan TAP : 1. Borlah permukaan Benda Kerja (BK) sampai tembus/ sesuai ukuran. Diameter (d) Bor sesuai diameter nominalnya. misal akan membuat ulir dengan ukuran M10x1.25 maka d bor yang digunakan d=8.75 (10-1.25) 2. Tap nomer 1 dipasang pada pemutar tap di tengahbenda kerja 3. taplah benda tersebut dengan langkah langkah : a. kedudukan tap harus tegak lurus terhadap benda kerja b. tekanlah tap itu dengan pelan pelan c. apabila susah terasa makan 1 maka seterusnya tidak perlu lagi tap itu ditekan d. putarlah tap itu kembali setiap sesudah makan maksudnya agar tatalnya putus dan meringankan tap dan daya tahan tap setiap. e. putarlah tap secara balak balik sampai pada tat yang terakhir. f. untuk pekerjaan yang lebih bagus dalam pemakaian tap tersebut harus berulang ulang dan bergantian. Misal untuk pemakaian yang pertama kita harus memakaia tapper, setelah pemakaian tapper ( tap nomer1) dilanjutkan pekerjaan proses ( work procesing) dengan tap plug ( tap nomer

2 ), stelah kita memkai tap nomer 2 pekerjaan selanjutnya yaiti pekerjaan penyelesaian ( work finish /finishing) dengan tap dhomming atau tap nomer 3.

SNEY
Sney adalah suatu alat yang berfungsi untuk membuat ulir luar (ulir untuk baut). Khususnya ulir yang berdiameter kecil. Cara mengunakan Sney : 1. BK yang akan disney harusnya sudah memiliki diameter nominal yang sesuai, misal M10x1.25 maka BK harus berdiameter 10mm. 2. BK dijepit pada ragum. Posisi benda yang dijepit pada ragum tidak boleh miring sedikitpun. Jika miring sedikit maka hasil sney tidak akan sejajar dan tidak akan cocok apabila dimasukan mur serta jika telah selasai disney maka sney tersebu tidak akan masuk ke baut atau hasil sney yang kita sney. 3. sebelum kita jepit pada ragum benda yang kita akan sney kita champer dahulu dengan alasan pada waktu sney dimasuukan terhadap benda kerja akan dampang untuk memutar atau menekan sney pada waktu pengerjaan pertama kali. 4. benda keja terhadap ragum haru 90 derajat. 5. tekanlah sney itu dengan pelan pelan. 6. apabila susah terasa makann 1 maka seterusnya tidak perlu lagi tap itu ditekan 7. putarlah sney itu kembali setiap sesudah makan maksudnya agar tatalnya putus dan meringankan sney dan daya tahan tap setiap 8. pemutaran sney tersebut dengan bolak balik setelah pemakanan atau setiap selesai sney setia 45 derajat 9. putarlah sney secara balak balik sampai pada tat yang terakhir.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->