Transmisi manual

Tranmisi manual adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai didalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R). Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan kendaraan pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi percepatan.

Pandangan atas dan samping transmisi manual yang ditempatkan dilantai dari Ford dengan 4 kecepatan

1

Transmisi manual
transmisi atau persneling berfungsi mengatur besar-kecilnya tenaga mesin sesuai dengan kondisi perjalanan kendaraan; Misalnya, kendaraan memerlukan tenaga yang besar (memerlukan momen roda yang besar) ketika kendaraan mulai berjalan atau ketika mendaki tanjakan. Sebaliknya momen besar tidak diperlukan pada saat roda membutuhkan putaran yang cepat atau pada saat kendaraan berkecepatan tinggi. Kemudian pada waktu kendaraan mundur, transmisi mengubah arah putaran mesin sebelum dipindahkan ke roda·roda, dengan cara menukar kombinasi gigi (perbandingan gigi) pada transmisi, keperluan mengubah-ubah tenaga dorong atau kecepatan kendaraan dapat dilaksanakan dengan mudah. 2. Mekenisme pemindah gigi Ada dua tipe mekanisme pemindah gigi yang digunakan pada mobil, yajtu pemindah gigi tidak langsung dan pindah gigi langsung. pada pemindah gigi yidak langsung, tuas pemindah umumnya ditempatkan di bawah roda kemudi (terpisah dari transmisi) dan dihubungkan dengan garpu pengatur (shift fork) yang terdapat di dalam transmisi. Garpu pengatur terdiri atas batang-batang dan tuas~tuas penghubung

Pada pemindah gigi langsung tuas pemindah terletak langsung pada transmisi. Mekanisme pemindah gigi langsung ini umumnya digunakan pada kendaraan dengan mesin di depan dan penggerak roda belakang. 2

6. 4. 5. Lapaskan kabel batere dari terminal nagatif. 3. Lepas poros propeler (lihat Bab 13). 2. Turunkan transmisi. Angkat kandaraan dan kuras oli transmisi. 8. Lepaskan kabel dan karet. Membongkar unit Transmisi manual toyota kijang. Perhatikan: Pastikan bahwa kendaraan ditopang dengan baik. a. Lepas tuas pamindah. Lepas kabel spedometer dan kilometer switch lampu mundur. Catatan: Sebelum menurunkan transmisi. taruh dongkrak di bawah mesin. lindungi bak oli dengan balok kayu. Lepas dua baut dan lapaskan tuas pamindah gigi. 10. Lepaskan baut panahan transmisi. Lepas kabel kopling. Lapas ampat sakrup dan karet pada tuas pemindah. 7. . b.MELEPAS TRANSMISI DARI KENDARAAN 1. 9. Lepas pipa knalpot.

0012 in) . Catalan: Buatlah catatan. Lepas extension housing.10 . Celah standar : 0. Melepas roda gigi idler mundur dan pengunci 7.0. 3.0039 .0.Langkah-langkah membongkar. 4. Lepas rumah kopling dan penahan bantalan depan. Gunakan feeler gauge. 6. Lepas roda gigi gerak speedometer dan switch lampu mundur. ukur celah dorong roda gigi idler. gigi idler mundur. 5. Dorong poros keluar dari arah depan ke arah belakag. 1.30 mm (0.30 mm (0. Lepaskan garpu pembebas dan hub dengan bantalan pembebas. Lepas roda. dan pengunci. untuk referensi kemudian. 2. poros.0118 in) Celah maksimum : 0. Lepas rakitan tutup bak transmisi.

Melepas roda gigi counter dan mengunci. Lepas poros roda gigi counter dan pengunci. .8. a) Menggunakan palu plastrk dan SST. · Melepas mkitan paras aunput. . SST 09311 35020. pukullah SST dari arah depan. 9) Lepas rakitan poros output. b) Biarkan roda gigi counter jatuh di dalam bak transmisi.

0.25 mm (0.0039 . Celah standar : 0. a) Lepas roda gigi counter. 12 Ukur celah dorong setiap roda gigi menggunakan feeler gauge ukur celah dorong.0. 11 Lepas roda gigi counter.01 in) .10).10 .25 (0. Lepas poros output. c) Lepas dua cincin dorong dari bak transmisi. Calah maksimum .0. Tepatkan bagian yang lurus dari poros input dengan roda gigi counter dan lepas poros mput.0098 in). b) Lepas dua bantalan rol jarum dan spacer dari roda gigi counter.

dan bola pengunci. Lepas penahan bantalan belakang poros output dengan bantalannya. . Lepas ring syrnchromesh. 15. lepas bola pengunci. J. b) Lepas roda gigi penggerak speedometer. 1. dua bantalan rol jarum. a) Menggunakan tang snap ring. dan roda gigi -2. bersama-sama roda gig-1. lepas snap ring. ring synchromesh. roda gigi~1. a) Menggunakan tang snap ring. SST 09950 00020. c) Menggunakan mas magnetik.Mengukurycclah damng setzap rode 13. lepas snap ring. dan luncuran dalam. hub sleeve no.lepas hub sleeve no. lepas penahan bantalan dengan bantalannya. dan roda gigi-2. Iepas bola pengunci. lepas snap ring. ' · 14.meuggunakan SST dan hidrolik pres. wu. Lepas roda gigi penggerak speedometer. c) Lepas dua bantalan rol jarum d) Menggunakan tuas magnetik.1. d) Menggunakan tang snap ring. Melepas snap ring b) Menggunakan hidrolik pres. luncuran dalam.

. 2 bersama-sama ring synchromesh dan roda gigi-3. dan roda gig -3. a) Menggunakan tang snap ring.16. Lepas hub sleeve no. 2. ring synchromesh. b) Lepas hub sleeve: no. lepas snap ring.

Konstruksi Penampang Transmisi Manual .

Gigi percepatan dirangkai didalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan. biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R).Mekanisme Transmisi Manual Transmisi manual adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual. .

1/L (Low) adalah posisi maju pada gir ke satu. hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas. sama ada dari kiri ke kanan ataupun dari atas ke bawah. N (Neutral) adalah posisi gir netral. Umumnya moda transmisi otomatik adalah seperti berikut: Umumnya moda transmisi otomatik adalah seperti berikut: • • • • • • P (Park) adalah posisi untuk kendaraan parkir.Transmisi otomatis Transmisi otomatis adalah transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan secara otomatis. Moda transmisi otomatik Transmisi otomatik dikendalikan dengan hanya menggerakkan tuas percepatan ke posisi tertentu. hanya digunakan pada saat mengendarai pada medan yang sangat curam. R (Reverse) adalah posisi untuk memundurkan kendaraan. Untuk mengubah tingkat kecepatan pada sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. Pada transmisi otomatis roda gigi planetari berfungsi untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi seperti halnya pada roda gigi pada transmisi manual. . Transmisi terkunci pada posisi ini sehingga kendaraan tidak bisa didorong. D (Drive) adalah posisi untuk berjalan maju pada kondisi normal. Posisi tuas transmisi otomatik disusun mengikut format P-R-N-D-3-2-L. 2/S (Second) adalah posisi untuk berjalan maju di medan pegunungan . Mesin hanya bisa dihidupkan pada posisi P ataupun N saja.

prosesor dan aktuator untuk memindahkan gigi percepatan atas perintah pengemudi.167 2.147 3.020 4.049 1. Konversi ini mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih bertenaga.838 RPM pada poros keluar transmisi 1. kendaraan yang berjalan pada jalan yang mendaki memerlukan torsi yang lebih tinggi dibandingkan mobil yang berjalan pada jalan yang mendatar.Sedangkan opsionalnya adalah : • • 3 adalah posisi untuk berjalan maju dan transmisi tidak akan berpindah pada posisi top gear. Contoh transmisi 5-kecepatan pada rpm mesin 4. . Transmisi semi otomatis Transmisi semi-otomatis merupakan tranmisi yang perpindahan gigi percepatannya tanpa menginjak/menekan kopling.769 2.251 Torsi tertinggi suatu mesin umumnya terjadi pada sekitar pertengahan dari batas putaran mesin yang diijinkan. Transmisi semi otomatis juga digunakan pada mobil-mobil sport mewah seperti digunakan Porsche.000 0. sedangkan kendaraan memerlukan torsi tertinggi pada saat mulai bergerak. dalam otomotif.457 1.400 Gir nomor 1 2 3 4 5 Rasio gir 3. O/D (Over Drive) adalah posisi supaya perpindahan gir pada transmisi terjadi pada putaran mesin yang lebih tinggi.400 5. Selain itu. Dengan kondisi operasi yang berbeda-beda tersebut maka diperlukan sistem transmisi agar kebutuhan tenaga dapat dipenuhi oleh mesin. Sistem transmisi. sistem ini menggunakan sensor elektronik. atau sebaliknya. adalah sistem yang berfungsi untuk konversi torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir. Sistem ini dikembangkan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas didaerah perkotaan. Kendaraan yang berjalan dengan kecepatan rendah memerlukan torsi yang lebih tinggi dibandingkan kecepatan tinggi.

Gunanya untuk menurunkan putaran mesin yang otomatis dapat menurunkan konsumsi bahan bakar. Kalau dipakai terus untuk jalur yang datar hanya akan memboroskan bahan bakar saja. Namun kualitas minyak untuk transmisi otomatis ini bila dipergunakan sebagaimana semestinya dan tidak ada kebocoran. Misalnya saja angka 1.Maserati. “Yang biasanya rusak adalah seal-seal. bagian roda mobil yang digerakkan transmisi tersebut harus diangkat. Bisa saja dari cara membawanya yang kasar. Kesan bahwa transmisi otomatis perawatannya sulit dan tidak semua bengkel yang bisa menanganinya adalah memang benar. Ia mengatakan. dan bila sudah parah pompa minyak transmisi tersebut yang akan rusak. ataupun kendaraan membawa beban lebih. Perawatan transmisi otomatis Cara perawatan transmisi otomatis sebenarnya tidaklah sulit seperti yang diperkirakan banyak orang. Perawatan transmisi otomatis yang dilakukan sama dengan perawatan yang dilakukan terhadap transmisi manual. “Yang penting kalau kendaraan mengalami mogok dan ketika harus didorong. Posisi ini sama saja dengan gigi4. Untuk menghadapi jalur lurus yang dapat ditempuh dalam kecepatan tinggi serta dalam waktu yang lama dapat mengaktifkan tombol Over Drive (O/D). jelas Agus Susanto Kepala Bengkel PT Hyundai Mobil Indonesia. pada sistem transmisi otomatis. Putaran mesin dan kecepatan yang diraih tidak seimbang. maka tidaklah mungkin transmisi akan mengalami kerusakan dengan sendirinya. sebaiknya digunakan bila menghadapi jalan yang menanjak dan menurun yang tidak terlalu curam dan jangka waktu yang agak lama. ”Malah sebenarnya bisa sampai 200 ribu kilometer. bisa tahan 50 ribu kilometer sampai 100 ribu kilometer. Tidak boleh menyentuh jalan ketika ditarik.” jelas Kepala Bengkel PT Hyundai Mobil Indonesia tersebut. Sedangkan untuk posisi D ini sama artinya dengan posisi gigi 3. berupa pengecekan terhadap kualitas minyak transmisi otomatis (hampir sama dengan minyak rem/Automatic Transmission Fluid dan bukan termasuk oli) dan kebocoran dari packing-packing yang ada. Tetapi bukankah kalau kendaraan diperlakukan dengan benar dalam artian dirawat dengan baik. putaran mesin tersebut dipindahkan untuk memutar roda melalui minyak transmisi yang disemprotkan ke tiap gigi percepatan tersebut. Kopling ini terendam dalam bak minyak transmisi dan tidak bergesekan langsung. Ferrari yang kadang-kadang ditempatkan pada setir untuk mempermudah perpindahan gigi percepatan. di mana putaran roda akan menghasilkan tekanan kepada katup solenoid yang tertutup karena mesin tidak dihidupkan. berarti diperuntukkan bagi tanjakan dan turunan yang sangat curam. . Berbeda dengan transmisi manual dengan sistem kopling kering yang bersentuhan dengan “roda gila”. Karena itu setiap pengemudi sewajarnya mengetahui fungsi-fungsi dari tiap huruf dan angka yang tertera dituas transmisi otomatis tersebut. Tergantung Pemakaian Namun cepat atau tidaknya. kopling transmisi otomatis ini lebih efisien karena berdaya tahan lama dari oli transmisi manual. Alasannya adalah.” jelas Agus. Sedangkan bila ditarik yang terjadi adalah proses kebalikannya. Malah sebenarnya lebih simple dari manual. baik transmisi otomatis maupun manual tersebut memang tergantung dari pemakaiannya. Bila posisi tuas di 2. yang diperuntukkan perjalanan dalam kota atau normal.

sudah sampai 5 percepatan.Namun sekarang percepatan transmisi otomatis ini tidak hanya sampai 4 saja. Fungsi huruf R adalah kependekan dari Reverse. Posisi N ini dapat digunakan ketika berada di lampu merah. Posisi lain yang harus diketahui kegunaannya adalah posisi N. P dan R. 1 dan 2 pada hub sleeve.” ujar Agus. Catatan: Pasang pegas kunci pada posisi sedemikian. Dari posisi D sebaiknya digeser ke posisi N. D dan Over Drive. artinya digunakan untuk mundur. 3. Sedangkan posisi P ini digunakan ketika memarkirkan kendaraan. Merakit transmisi 1. a) Pasang clutch hub dan pengunci pemindah. . Gigi 1. “Mobil tidak akan jalan ketika di starter. b) Pasang pegas pengunci pemindah di bawah kunci pemindah. sehingga ujung-ujungnya tidak segaris. Pasang clutch hub no. 2.

Pasang rakitan roda gigi-3 ring synchromesh dan hub sleeve no. b) Pasangkan ring synchromesh pada roda gigi dam tepatkan alur ring dengan kunci pemindah. . a) Oleskan oli roda gigi panda poros output. 2 pada poros output.2.

Pasang snap ring. Ketebalan snap ring: . 2 3.c) Menggunakam hidrolik pres. pasang roda gigi-3 ring synchromesh dan hub sleeve no. Pilih snap ring untuk mendapatan celah aksial minimum dan pasangkan peda poros.

0098 in) 5.10 . Pasang rakitan roda gigi·1. ukur celah dorong roda gigi-3. menggunakan feeler gauge.0. ring syuchromesh dan hub sleeve no. . Ukur celah dorong roda gigi-3.4.25 mm (0.25 mm (0. Celah standar : 0.0039 — 0. 1 pada poros output.0098 in) Celah maksimum : 0.

sebagian besar transmisi otomatis fitur epicyclic ( planet ) gearing dikendalikan oleh band rem dan / atau kemasan kopling untuk memilih rasio roda gigi. most automatic transmissions feature epicyclic ( planetary ) gearing controlled by brake bands and/or clutch packs to select gear ratio. It generally uses a driver-operated clutch . only allow the driver to select the next-higher or next-lower gear. typically operated by a pedal or lever. transmisi semi-otomatis . either operated by hand (as in a car) or by foot (as on a motorcycle). transmisi manual sering menampilkan driver yang dioperasikan kopling dan bergerak selektor roda gigi . A-gaya transmisi manual yang dioperasikan oleh komputer sering disebut transmisi otomatis dan bukan otomatis. Manual transmisi ditandai dengan rasio roda gigi yang dipilih dengan cara mengunci pasangan gear yang dipilih ke dalam poros output transmisi. . untuk mengatur torsi transfer dari mesin pembakaran internal untuk transmisi. Manual transmissions are characterized by gear ratios that are selectable by locking selected gear pairs to the output shaft inside the transmission. sebuah "manual". such as those commonly mounted on motorcycles and some types of racing cars. dan transmisi variabel kontinyu (CVT). A manual-style transmission operated by computer is often called an automated transmission rather than an automatic . hanya memungkinkan pengemudi untuk memilih berikutnya yang lebih tinggi atau gigi depan-bawah. Jenis lain dari transmisi di otomotif menggunakan arus utama adalah transmisi otomatis . Automatic transmissions that allow the driver to manually select the current gear are called Manumatics . and a gear-shift . baik dioperasikan oleh tangan (seperti dalam mobil) atau dengan kaki ( seperti pada sepeda motor). Most automobile manual transmissions allow the driver to select any forward gear ratio ("gear") at any time. semi-automatic transmission . [ citation needed ] transmisi berurutan biasanya digunakan dalam balap mobil untuk kemampuan mereka untuk membuat perubahan cepat. dan gear-shift . tetapi beberapa. transmisi otomatis yang memungkinkan pengemudi untuk secara manual memilih gigi saat ini disebut Manumatics . seperti yang biasanya dipasang pada sepeda motor dan beberapa jenis mobil balap. Sequential transmissions are commonly used in auto racing for their ability to make quick shifts. and the continuously variable transmission (CVT). juga dikenal sebagai transmisi gearbox manual atau standar (informal. This type of transmission is sometimes called a sequential manual transmission . for regulating torque transfer from the internal combustion engine to the transmission.Conversely." "shift lurus. but some.Other types of transmission in mainstream automotive use are the automatic transmission . Kebanyakan transmisi manual mobil memungkinkan pengemudi untuk memilih maju rasio roda gigi ("gigi") setiap saat. Pada umumnya menggunakan driver-dioperasikan kopling .transmisi manual Sebuah transmisi manual. "shift tongkat. biasanya dioperasikan oleh pedal atau tuas." atau "drive lurus") adalah jenis transmisi yang digunakan dalam kendaraan bermotor aplikasi. Jenis transmisi kadang-kadang disebut transmisi manual sekuensial . Sebaliknya.

transmisi yang lebih baru Kebanyakan daripada memiliki semua mesh gigi setiap kali. transmisi otomatis 5-speed disebut sebagai "5-speed otomatis. roda gigi bergerak menggunakan sliding-kerah cengkeraman anjing . Most newer transmissions instead have all gears mesh at all times but allow some gears to rotate freely on their shafts. wind. Roda gigi itu biasanya bergerak dengan menggeser mereka maka mereka shaft-istilah "pergeseran gigi. gears are engaged using sliding-collar dog clutches . the teeth would refuse to mesh. 5-speed) as a way of distinguishing between automatic or other available manual transmissions. reverse. transmisi diletakkan di netral dan gas yang digunakan untuk mempercepat mesin dan transmisi sehingga bagian-bagian yang relevan. transmisi ditempatkan di netral dan mesin diperbolehkan untuk memperlambat bawah sampai bagian transmisi untuk gigi berikutnya adalah pada kecepatan yang tepat untuk terlibat." which required a lot of careful timing and throttle manipulation when shifting.Some manuals are referred to by the number of forward gears they offer (eg. sehingga gigi akan berputar di sekitar dengan kecepatan yang sama ketika terlibat. This type of transmission offered multiple gear ratios and. gigi akan menolak untuk mesh.Contemporary automobile manual transmissions typically use four to six forward gears and one reverse gear. dalam banyak kasus. To shift to a lower gear. sebaliknya. mobil transmisi manual meskipun telah dibangun dengan beberapa sebagai dua dan sebanyak delapan gigi. Untuk beralih ke gigi yang lebih rendah. diperkenalkan sebagai kecelakaan menggabungkan set gear. in most cases." Bentuk awal dari sebuah transmisi manual diduga telah diciptakan oleh Louis-René Panhard dan Emile Levassor di akhir abad 19. To shift to a higher gear. Untuk beralih ke gigi yang lebih tinggi. tetapi banyak yang duplikat. In both types. so that the gears would be spinning at roughly the same speed when engaged. kelas. or introduced to simplify shifting. so the time in neutral depends on the grade. but many are duplicates. atau diperkenalkan untuk menyederhanakan pergeseran." Demikian pula. jadi waktu di netral tergantung pada angin. a particular gear combination can only be engaged when the two parts to engage (either gears or dog clutches) are at the same speed. These transmissions are called "sliding mesh" transmissions and sometimes called a crash box . Beberapa pedoman yang disebut dengan jumlah roda gigi maju yang mereka tawarkan (misalnya. Similarly. Transmisi ini disebut "sliding mesh" transmisi dan kadang-kadang disebut kotak kecelakaan . 5-speed) sebagai cara untuk membedakan antara lain transmisi otomatis atau manual yang tersedia. introduced as an accident of combining gear sets. and other such factors. the transmission is put in neutral and the engine allowed to slow down until the transmission parts for the next gear are at a proper speed to engage. these are referred to as "constant-mesh" transmissions. The vehicle also slows while in neutral and that slows other transmission parts. The gears were typically engaged by sliding them on their shafts— hence the term "shifting gears. Transmission for heavy trucks and other heavy equipment usually have at least 9 gears so the transmission can offer both a wide range of gears and close gear ratios to keep the engine running in the power band. Dalam kedua jenis. transmisi manual mobil Kontemporer biasanya menggunakan roda gigi maju 4-6 dan satu gigi mundur. ini disebut sebagai "konstan-mesh" transmisi. dan faktor-faktor seperti lainnya. namun memungkinkan beberapa roda gigi untuk berputar bebas pada poros mereka. a 5-speed automatic transmission is referred to as a "5speed automatic. kendaraan juga memperlambat sedangkan di netral dan yang memperlambat bagian transmisi lainnya." yang membutuhkan banyak waktu hati-hati dan throttle manipulasi ketika bergeser.Some heavy vehicle transmissions have dozens of gears. to match speeds for engaging the next lower gear. Jenis transmisi yang ditawarkan beberapa rasio roda gigi dan. Transmisi untuk truk berat dan peralatan berat lainnya biasanya memiliki minimal 9 roda gigi transmisi sehingga dapat menawarkan baik berbagai rasio roda gigi roda gigi dan dekat untuk menjaga mesin berjalan pada pita kekuasaan. jika tidak. . otherwise. Beberapa transmisi kendaraan berat telah puluhan roda gigi. the transmission is put in neutral and the throttle is used to speed up the engine and thus the relevant transmission parts. kombinasi gear tertentu saja dapat bergerak ketika dua bagian untuk terlibat (baik gigi cengkeraman anjing atau) berada di kecepatan yang sama. although automobile manual transmissions have been built with as few as two and as many as eight gears.

Demikian pula.untuk mencocokkan kecepatan untuk melibatkan gigi yang lebih rendah berikutnya. aturan keselamatan lalu lintas mengacu pada transmisi non-sinkron dalam kelas-kelas yang lebih besar kendaraan bermotor komersial . heavy duty trucks use synchronized gearboxes as standard. dengan mengorbankan pakai yang lebih besar. truk militer biasanya memiliki disinkronkan transmisi. Other drivers will depress (disengage) the clutch. and shifts are done without the clutch. seperti kecepatan yang dekat tetapi tidak cukup cocok perlu mempercepat atau memperlambat hanya bagian transmisi. In addition. memungkinkan personil terlatih untuk mengoperasikan mereka dalam keadaan darurat. Di Eropa. truk berat tugas menggunakan gearbox disinkronisasi sebagai standar. kopling dilepaskan (bergerak) sedangkan di netral. Some drivers use the clutch only for starting from a stop. sometimes half the teeth (or " dogs ") on the synchros are removed to speed the shifting process. dan pergeseran dilakukan tanpa kopling. sepeda motor. Their low gear inertias and higher strengths mean that forcing the gears to alter speed is not damaging. sepeda motor paling modern menggunakan transmisi sinkron sebagai synchronizers umumnya tidak diperlukan atau diinginkan. Double clutching is easier to get smooth. Similarly. driver lain akan menekan (melepaskan diri) kopling. beralih ke netral. a process called double clutching . Bahan gesekan. at the expense of greater wear. Heavy duty trucks often use unsynchronized transmissions. Even though automobile and light truck transmissions are now almost universally synchronised. In Europe. di synchronizers lebih rentan terhadap keausan dan kerusakan dari gigi. -disinkronisasi transmisi rokok desain digunakan karena beberapa alasan. transmisi untuk berat truk dan mesin. whereas with the clutch engaged to the engine. then depress the clutch again to shift to the next gear. Untuk balap dari transmisi berbasis produksi. dan kesederhanaan mekanisme meningkatkan kehandalan dan mengurangi biaya. yang ditempa baja. then engage the clutch momentarily to force transmission parts to match the engine speed. inertias persneling rendah mereka dan kekuatan yang lebih tinggi berarti bahwa memaksa roda gigi untuk mengubah kecepatan tidak merusak. it is necessary to synchronize . kadang-kadang setengah gigi (atau " anjing ") pada synchros dikeluarkan untuk mempercepat proses pergeseran. and the pedal operated selector on modern motorcycles is not conducive to having the long shift time of a synchronized gearbox. proses pergeseran transmisi synchromesh lebih lambat dibandingkan dengan pergeseran transmisi non-synchromesh. For both upshifts and downshifts. proses yang disebut ganda mencengkeram . In the United States. and the simplicity of the mechanism improves reliability and reduces cost. lalu menekan kopling lagi untuk beralih ke gigi berikutnya. Walaupun mobil dan truk ringan transmisi sekarang hampir universal disinkronkan. shift to neutral. Untuk kedua upshifts dan downshifts. the clutch is released (engaged) while in neutral. such as brass . Beberapa driver menggunakan kopling hanya untuk mulai dari berhenti. Non-synchronized transmission designs are used for several reasons. kecepatan tidak cocok berjuang kelembaman rotasi dan kekuatan mesin. Di Amerika Serikat. transmissions for heavy trucks and machinery. sedangkan dengan kopling bertunangan dengan mesin. traffic safety rules refer to non-synchronous transmissions in classes of larger commercial motor vehicles . which are forged steel. and for dedicated racing are usually not. For racing of production-based transmissions. seperti kuningan . in synchronizers is more prone to wear and breakage than gears. Selain itu. dan untuk berdedikasi balap biasanya tidak. motorcycles. dan pedal pemilih dioperasikan pada sepeda motor modern tidak kondusif untuk memiliki panjang pergeseran waktu dari gearbox disinkronisasi. most modern motorcycles use unsynchronized transmissions as synchronizers are generally not necessary or desirable. The friction material. Double mencengkeram lebih mudah untuk mendapatkan halus. tugas berat truk sering menggunakan transmisi tidak sinkron. the process of shifting a synchromesh transmission is slower than that of shifting a non-synchromesh transmission. kemudian melakukan kopling sejenak untuk memaksa bagian transmisi sesuai kecepatan mesin. Military trucks usually have synchronized transmissions. as speeds that are close but not quite matched need to speed up or slow down only transmission parts. Because of this. allowing untrained personnel to operate them in emergencies. mismatched speeds are fighting the rotational inertia and power of the engine.

the dog clutch is prevented from engaging. tapi roda gigi pada satu poros dengan bebas dapat memutar atau dikunci pada poros. ketika "pergeseran gigi. When they do spin the same speed. Cincin Synchro sedikit berputar karena torsi gesek dari kopling kerucut. kopling anjing dicegah dari menarik. Dalam gearbox synchromesh. bahwa gigi tertentu rotationally terkunci pada poros dan menentukan output kecepatan transmisi. Cincin kuningan kopling secara bertahap menyebabkan bagian berputar dengan kecepatan yang sama. . One collar often serves for two gears. which brings the speeds to match prior to the collar locking into place. in the other direction selects another. dan kopling anjing diperbolehkan untuk jatuh ke pertunangan. requiring only a single synchro and a simple linkage. cone synchronisers were called Porsche-type for many years after this. the action of all of these components is so smooth and fast it is hardly noticed. The modern cone system was developed by Porsche and introduced in the 1952 Porsche 356 . only the secondthird shift was synchromesh in most cars. with the latter being spelt balk in the US). The gearshift lever manipulates the collars using a set of linkages . satu poros." the locking collar from one gear is disengaged before that of another engaged. Ketika cincin yang dijembatani oleh kerah. sehingga diatur sedemikian rupa sehingga satu kerah dapat diizinkan untuk mengunci hanya satu gigi pada satu waktu. Tuas perpindahan gigi yang memanipulasi kerah menggunakan seperangkat hubungan . The locking mechanism for a gear consists of a collar (or dog collar ) on the shaft which is able to slide sideways so that teeth (or dogs ) on its inner surface bridge two circular rings with teeth on their outer circumference: one attached to the gear. yang membawa kecepatan untuk mencocokkan sebelum yang mengunci kerah ke tempatnya. Mekanisme penguncian untuk gigi terdiri dari kerah (atau anjing kerah ) pada poros yang mampu slide ke samping sehingga gigi (atau anjing) di jembatan permukaan dalamnya dua cincin melingkar dengan gigi pada lingkar luar mereka: satu melekat pada gigi.gear speeds by blipping the throttle when shifting into a lower gear on a motorcycle. Sistem kerucut modern dikembangkan oleh Porsche dan diperkenalkan pada 1. when "shifting gears. In a synchromesh gearbox. one to the shaft.952 Porsche 356 . there is no more torque from the cone clutch. untuk benar cocok dengan kecepatan roda gigi dengan poros sebagai roda gigi bergerak. Dalam posisi ini. kerah awalnya berlaku kekuatan yang kuningan berbentuk kerucut kopling ke gigi. sliding in one direction selects one transmission speed. but gears on one shaft can freely rotate or be locked to the shaft. tindakan dari semua komponen ini sangat halus dan cepat sehingga hampir tidak menyadarinya. Dalam gearbox modern. the collar initially applies a force to a cone-shaped brass clutch attached to the gear. The brass clutch ring gradually causes parts to spin at the same speed. Transmisi roda gigi selalu dalam mesh dan berputar. dengan ejaan yang menolak kedua di AS)." kerah penguncian dari satu gigi adalah melepaskan sebelum orang lain yang terlibat . geser ke satu arah memilih salah satu kecepatan transmisi. When the rings are bridged by the collar. to correctly match the speed of the gear to that of the shaft as the gear is engaged. and the dog clutch is allowed to fall in to engagement. Transmission gears are always in mesh and rotating. In this position. In the early 1950s. Collar dicegah dari menjembatani cincin pengunci saat kecepatan tidak cocok dengan cincin Synchro (juga disebut blocker cincin atau cincin mogok. tidak ada torsi lebih dari kopling kerucut. In a modern gearbox. Ketika mereka melakukan putaran dengan kecepatan yang sama. Transmisi sinkronisasi Sebagian besar mobil modern dilengkapi dengan gear box disinkronisasi. The collar is prevented from bridging the locking rings when the speeds are mismatched by synchro rings (also called blocker rings or baulk rings. Karena itu. ke arah lain memilih yang lain. The synchro ring rotates slightly due to the frictional torque from the cone clutch. synchronisers kerucut disebut Porsche-jenis selama bertahun-tahun setelah ini. Satu kerah sering melayani dua roda gigi. so arranged so that one collar may be permitted to lock only one gear at any one time. that particular gear is rotationally locked to the shaft and determines the output speed of the transmission. perlu untuk melakukan sinkronisasi kecepatan gigi oleh blipping throttle ketika pergeseran ke gigi lebih rendah di sepeda motor.

became universal by the 1980s. sekarang menawarkan enam kecepatan. dan GM produk yang menggunakan Venture NV3500 Baru dan unit NV3550. manual driver 'dalam mobil menyarankan bahwa jika driver yang dibutuhkan untuk beralih dari kedua pertama. and then five speeds. as penggerak dan sebuah poros output. yang V6 dilengkapi Alfa Romeo GTV / Spider (916) . Jeep. Reverse gear. Volvo 850. which is possible because one piece slides into a hollow bore in the other piece. European Ford Sierra dan Granada / Scorpio dilengkapi dengan MT75 gearbox. transmisi manual memiliki beberapa lubang dengan berbagai persneling dan komponen lain yang menyertainya. and may in fact be combined into a single shaft within the transmission. tertentu Chrysler . however. yang terbaik adalah datang berhenti sama sekali kemudian beralih ke pertama dan mulai lagi. Banyak mobil manual transmisi modern. dan mungkin sebenarnya digabung menjadi sebuah poros tunggal dalam transmisi. certain Chrysler. Pada awal 1950-an. especially sports cars. then four speeds. Biasanya. Among the cars that have synchromesh in reverse are the 1995-2000 Ford Contour and Mercury Mystique. dan hampir semua Lamborghini dan BMW. dan kemudian lima kecepatan. The countershaft is sometimes called a layshaft . the input and output shaft lie along the same line. the European Ford Sierra and Granada/Scorpio equipped with the MT75 gearbox.3-16. Mercedes 190 2. solid shaft. dengan kecepatan yang berbeda. menyebabkan aliran daya untuk memotong poros penggerak tersebut. input dan output poros terletak pada garis yang sama. hanya membutuhkan Synchro tunggal dan keterkaitan sederhana.drivers' manuals in cars suggested that if the driver needed to shift from second to first. rather than the entire assembly. Reverse gear.3-16. With continuing sophistication of mechanical development. '00-'05 Chevrolet Cavalier. yang mungkin karena potongan slide satu ke lubang bor di bagian lain. terutama olahraga mobil. hanya shift kedua-ketiga synchromesh di mobil paling. where it is supported by a bearing. Namun. as there is only one reverse gear in the normal automotive transmission and changing gears into reverse while moving is not required. Mercedes 190 2. lalu empat kecepatan. and almost all Lamborghinis and BMWs Di antara mobil yang synchromesh sebaliknya adalah 1995-2000 Ford Contour dan Mercury Mystique. kemungkinan untuk input dan komponen output mainshaft yang akan terkunci bersama-sama untuk menciptakan rasio roda gigi 1:1. Typically. In a rear-wheel-drive transmission. Dengan kecanggihan melanjutkan pembangunan mekanik. poros penggerak ini kadang-kadang disebut sebuah layshaft. the Volvo 850. Poros tunggal ini disebut sebuah mainshaft. at different speeds. biasanya tidak synchromesh. Jeep. Poros Seperti transmisi lainnya. a rear-wheel-drive transmission has three shafts: an input shaft. a . daripada seluruh djemaah. The mainshaft then behaves like a single. In some transmissions. however. di mana didukung oleh sebuah bantalan. causing the power flow to bypass the countershaft. it was best to come to a complete stop then shift into first and start up again. Dalam transmisi rear-wheel-drive. is usually not synchromesh. The input and output ends of this combined shaft rotate independently. Dalam beberapa transmisi. '00-'05 Chevrolet Cavalier. now offer six speeds. a countershaft and an output shaft. Input dan output ujung poros ini memutar gabungan independen. menjadi universal oleh 1980-an. karena hanya ada satu reverse gear di transmisi otomotif normal dan mengubah gigi mundur saat bergerak tidak diperlukan. the V6 equipped Alfa Romeo GTV/Spider (916) . Sometimes the term mainshaft refers to just the input shaft or just the output shaft. Namun. sepenuhnya synchromesh transmisi dengan tiga kecepatan. and GM products which use the New Venture NV3500 and NV3550 units. seorang-wheel-drive transmisi belakang memiliki tiga poros: sebuah poros input. Kadang-kadang mainshaft merujuk hanya ke poros masukan atau hanya poros output. it's possible for the input and output components of the mainshaft to be locked together to create a 1:1 gear ratio. fully synchromesh transmissions with three speeds. Many modern manual transmission cars. This single shaft is called a mainshaft .

which drives the countershaft. tindakan pemilih gigi adalah untuk mengunci salah satu roda gigi berputar bebas pada poros yang berjalan melalui hub. Ini roda gigi sesuai dengan kecepatan maju dan mundur. which is made possible by bearings in their hubs. Ketika pengiriman di netral. Sepanjang poros penggerak roda gigi yang sudah terpasang dari berbagai ukuran. the transmission's input shaft has just one pinion gear. Untuk yang lain. Poros input menjalankan seluruh panjang gearbox. yang drive as penggerak itu. the input shaft and clutch.Rather. the engine. kopling Dog Gigi pemilih tidak melakukan atau melepaskan diri gigi gigi yang permanen sebenarnya menyatu. itu keuntungan bagi input dan output untuk berbohong sepanjang baris yang sama. lihat bagian tentang Reverse . sometimes called input and output. dan kopling adalah terlepas. and the output shaft all rotate independently. At the end of the second (counter/output) shaft is a pinion gear that mates with the ring gear on the differential. mesin. Each of the forward gears on the countershaft is permanently meshed with a corresponding gear on the output shaft. mereka memiliki drive akhir integral dan diferensial. dan poros output semua berputar secara independen. mereka berputar secara independen itu. Front-wheel and rear-wheel-drive transmissions operate similarly. the input shaft. Bahkan di transmisi yang tidak fitur drive langsung. kadang-kadang disebut input dan output. The shaft then spins together with that gear. dan tidak ada sayap input terpisah. mereka biasanya hanya memiliki dua poros. karena ini mengurangi jumlah torsi bahwa kasus transmisi harus menanggung. roda gigi didorong tidak kaku melekat pada poros output: meskipun poros berjalan melalui mereka. kopling dan poros penggerak disk dapat terus berputar di bawah inersia sendiri. However. Pada akhir kedua (counter / output) poros adalah sayap yang pasangan gigi dengan gigi cincin pada diferensial. The output shaft's speed relative to the countershaft is determined by the ratio of the two gears: the one permanently attached to the countershaft.situation referred to as direct drive . Reverse is typically implemented differently. the action of the gear selector is to lock one of the freely spinning gears to the shaft that runs through its hub. Reverse biasanya diimplementasikan secara berbeda. Sebagian front-wheel-drive transmisi untuk mesin melintang mounting dirancang berbeda. Under one possible design. In this state. and the clutch is disengaged. The input shaft runs the whole length of the gearbox. yang dimungkinkan oleh bantalan dalam hub mereka. Sebaliknya. These gears correspond to the forward speeds and reverse. input and countershaft. they spin independently of it. and there is no separate input pinion. poros input transmisi telah perlengkapan hanya satu sayap. Front-roda dan transmisi belakang-wheel-drive beroperasi sama. they have an integral final drive and differential. Dalam satu desain mungkin. Along the countershaft are mounted gears of various sizes. Setiap maju pada poros penggerak roda gigi secara permanen menyatu dengan gigi yang sesuai pada poros output. poros tunggal. yang berputar ketika berputar poros input. and that gear's mate which is now locked to the output . poros input dan kopling. When the transmission is in neutral. these driven gears are not rigidly attached to the output shaft: although the shaft runs through them. input dan poros penggerak. Dalam keadaan ini. Even in transmissions that do not feature direct drive. it's an advantage for the input and output to lie along the same line. because this reduces the amount of torsion that the transmission case has to bear. clutch disk and countershaft can continue to rotate under their own inertia. which rotate when the input shaft rotates. Namun. they usually have only two shafts. see the section on Reverse . poros input. poros kemudian berputar bersama-sama dengan gigi itu. Most front-wheel-drive transmissions for transverse engine mounting are designed differently. For another. situasi yang disebut sebagai drive langsung. Untuk satu hal. For one thing. mainshaft kemudian berperilaku seperti padat.

gigi anjing yang disebut. Additionally. the splines allow the selector to move back and forth on the shaft. Untuk alasan ini. synchronizer ini harus mengubah momentum poros seluruh masukan dan disk kopling. reducing their service life. Pemilih biasanya simetris: meluncur di antara dua gigi dan memiliki synchromesh dan gigi pada masing-masing pihak dalam rangka untuk mengunci gigi baik pada poros. yang berarti bahwa hub memiliki gigi yang masuk ke dalam slot (kurva) pada poros. This causes extra wear on the rings and sleeves. synchromesh Jika gigi. membawa ke sejajar alur tertentu dan takik yang memungkinkan bagian lebih lanjut dari pemilih yang membawa gigi bersama-sama. Hal ini menyebabkan memakai tambahan pada cincin dan lengan. Selain itu. the teeth are prevented from making contact. sehingga menempel pada bantalan kerah pada pemilih. forcing that shaft to rotate with it. melakukan kontak dengan gigi. until synchronization occurs. When an experimenting driver tries to "match the revs" on a synchronized transmission and force it into gear without using the clutch. garpu tidak memutar. However. the cone clutch engages first which brings the selector and gear to the same speed using friction. gigi akan gagal untuk terlibat dan grinding suara keras akan terdengar seperti gemerincing mereka bersama-sama. mengurangi kehidupan pelayanan mereka. The selector is typically symmetric: it slides between two gears and has a synchromesh and teeth on each side in order to lock either gear to the shaft. dapat disalahgunakan oleh paparan momentum dan kekuatan mesin itu sendiri. yang terdiri dari kopling kerucut dan cincin memblokir. splines memungkinkan pemilih untuk bergerak maju mundur pada poros. dan bahwa pasangan gigi itu yang sekarang terkunci ke poros output. gesekan pada cincin blocker yang lega dan sedikit twists. which is what happens when attempts are made to select a gear without fully disengaging the clutch. which consists of a cone clutch and blocking ring. meaning that its hub has teeth that fit into slots (splines) on the shaft. When synchronization occurs. The dog clutch is a sliding selector mechanism which is splined to the output shaft. sampai terjadi sinkronisasi. poros yang memaksa untuk memutar dengan itu. bringing into alignment certain grooves and notches that allow further passage of the selector which brings the teeth together. Locking the output shaft with a gear is achieved by means of a dog clutch selector. it can be abused by exposure to the momentum and power of the engine itself. so it is attached to a collar bearing on the selector. gigi akan dicegah dari melakukan kontak. the synchronizer will make up for any discrepancy in RPM.Moreover. Before the teeth can engage. Mengunci poros keluaran dengan gigi ini dilakukan melalui sebuah kopling anjing pemilih. Selain itu. For this reason.shaft. sebuah kopling anjing modern di mobil memiliki mekanisme sinkronisasi atau synchromesh. a modern dog clutch in an automobile has a synchronizer mechanism or synchromesh . The fork does not rotate. desain yang tepat dari synchronizer bervariasi dari produsen ke produsen. Kecepatan poros relatif terhadap output as penggerak ditentukan oleh rasio dari dua roda gigi: satu secara permanen melekat pada poros penggerak. karena gerak lebih lanjut dari pemilih dicegah oleh blocker (atau mogok) cincin. yang terjadi ketika itu didorong oleh sebuah garpu pemilih yang dihubungkan dengan tuas gigi. Kopling anjing adalah pemilih mekanisme geser yang splined ke poros output. Sebelum gigi dapat terlibat. Ketika suatu driver bereksperimen mencoba "sesuai . which happens when it is pushed by a selector fork that is linked to the gear lever. friction on the blocker ring is relieved and it twists slightly. yang adalah apa yang terjadi ketika percobaan-percobaan dibuat untuk memilih melepaskan diri sepenuhnya gigi tanpa kopling. Namun. Ketika terjadi sinkronisasi. Tentu saja. The synchronizer has to change the momentum of the entire input shaft and clutch disk. yang kopling kerucut bergerak pertama yang membawa pemilih dan gigi dengan kecepatan yang sama dengan menggunakan gesekan. the exact design of the synchronizer varies from manufacturer to manufacturer. because further motion of the selector is prevented by a blocker (or baulk ) ring. Of course. tapi dua bagian yang berputar dengan kecepatan yang berbeda.

Reverse is also a pair of gears: one gear on the countershaft and one on the output shaft. Nevertheless. Kedua roda gigi yang berhenti dan penganggur dapat disisipkan di antara mereka. The idler has teeth which mesh with both gears. synchronizer akan membuat perbedaan apapun di RPM. Karena seleksi yang dibuat. dan memilih mundur. yang mengacu sebagai sistem reduksi kebisingan "": Whenever the clutch pedal is depressed to shift into reverse. The resulting speed difference between mainshaft and reverse idler gear produces gear noise [grinding]. pemalas memiliki gigi yang mesh dengan kedua gigi. tanpa bantuan dari mekanisme sinkronisasi. Reverse juga sepasang gigi: satu roda gigi pada poros penggerak dan satu pada poros output. with no aid from a synchronization mechanism. Reverse Pembahasan sebelumnya biasanya hanya berlaku untuk gigi maju. Namun demikian rev.For this reason. Dengan kata lain. Pelaksanaan gigi mundur biasanya berbeda. called an idler gear or reverse idler . The implementation of the reverse gear is usually different. Both gears are stopped and the idler can be inserted between them. Untuk alasan ini. approximate rev. sesuai dengan mencengkeram dapat menurunkan umum delta antara layshaft dan transmisi dan Synchro memakai menurun. poros keluaran tidak harus berputar ketika reverse dipilih: mobil harus dihentikan. As that selection is made. The driver brings the vehicle to a stop. they are both attached to their shafts: neither one rotates freely about the shaft.dengan revs" pada transmisi sinkron dan memaksa ke gigi tanpa menggunakan kopling. the output shaft must not be rotating when reverse is selected: the car must be stopped. Sopir membawa kendaraan untuk berhenti. ketika gigi mundur dipilih. Apa yang terjadi jika sebaliknya yang dipilih adalah bahwa gigi kecil. beberapa mekanisme transmisi berhenti poros input. matching with clutching can decrease the general delta between layshaft and transmission and decrease synchro wear. is slid between them. Keberhasilan dalam melibatkan gigi tanpa menggenggam dapat menipu sopir berpikir bahwa RPM dari layshaft dan transmisi yang benarbenar persis sama. Moreover. itu sebenarnya gigi gigi aktual yang sedang menyatu. Agar reverse dapat dipilih tanpa grinding bahkan jika poros berputar inertially masukan. whereas all the forward gears are always meshed together. In other words. mainshaft terus berputar karena inersia nya. sementara semua roda gigi maju selalu menyatu bersama. Perbedaan kecepatan yang dihasilkan antara mainshaft dan gigi mundur pemalas menghasilkan kebisingan gear [penggilingan]. Selain itu. and selects reverse. The reverse gear noise reduction system employs a cam plate which was added to the reverse shift holder. perkiraan. keduanya terikat pada poros mereka: tak satu pun berputar bebas tentang poros. diimplementasikan dengan cara berikut ini untuk mengurangi biaya transmisi. and thus it couples these gears together and reverses the direction of rotation without changing the gear ratio. In order that reverse can be selected without grinding even if the input shaft is spinning inertially. dan sehingga pasangan roda gigi ini bersama-sama dan membalikkan arah rotasi tanpa mengubah rasio roda gigi. some mechanism in the transmission stops the input shaft. there is a gap between the reverse gears. which refers to it as a "noise reduction system": Ada gambaran yang jelas seperti mekanisme di Honda Civic Service Manual 1996-1998. adalah meluncur di antara mereka. What happens when reverse is selected is that a small gear. Setiap kali pedal kopling ditekan untuk pindah ke terbalik. yang disebut gigi pemalas atau penganggur sebaliknya. ada kesenjangan antara gigi mundur. there may be a mechanism to stop the input shaft from spinning. it is in fact actual gear teeth that are being meshed. mungkin ada mekanisme untuk menghentikan masukan dari poros berputar. There is a clear description of such a mechanism in the Honda Civic 1996-1998 Service Manual. Namun. Suara sistem pengurangan gigi reverse cam menggunakan piring yang telah ditambahkan ke pergeseran . However. when reverse gear is selected. implemented in the following way to reduce the cost of the transmission. The success in engaging the gear without clutching can deceive the driver into thinking that the RPM of the layshaft and transmission were actually exactly matched. the mainshaft continues to rotate because of its inertia.

yang biasanya tidak terdengar di gigi depan. pioneered by Toyota (who advertised the fact by giving each model the suffix SR5 as it acquired the fifth speed).pemegang sebaliknya. Hari ini. Hal ini menyebabkan Synchro 5 set untuk menghentikan mainshaft berputar. such as in the Lexus IS F . the topmost gear is direct (ie. Gigi pada roda gigi depan mobil kebanyakan konsumen helically dipotong. When shifting into reverse.(13-4) Sebuah gigi mundur diimplementasikan dengan cara ini membuat suara rengekan keras. Baru-baru ini. transmisi modern sekarang termasuk synchronizer gigi mundur dan heliks gearing. a 1:1 ratio). dipelopori oleh Toyota (yang diiklankan dengan memberikan fakta masing-masing model SR5 akhiran karena diperoleh kecepatan kelima).4. tidak sinkron keterlibatan dan suara keras) yang dapat diterima karena jumlah yang relatif kecil mengemudi yang terjadi sebaliknya. Both of these cars feature a paddle shifter . In three or four speed transmissions. in most cases. the 5th/reverse shift piece. yang menghasilkan operasi yang tenang. untuk memungkinkan keterlibatan geser dari pemalas. .Sebaliknya. yang berarti bahwa mereka memiliki gigi lurus. —(13-4) . the highest gear is usually an overdrive gear. with 6-speed transmissions beginning to emerge in high performance vehicles in the early 1990s. menghasilkan karakteristik merengek. or 4-speed transmissions for high performance models and 5-speeds for the most sophisticated of automobiles. memutar plat cam. yang sulit dengan roda gigi heliks. even 8-speed transmissions were being offered. ada kontak konstan antara roda gigi. bahkan-kecepatan transmisi 8 sedang ditawarkan. with a ratio of less than 1:1. massa transmisi manual pasar otomotif pada dasarnya semua 5-kecepatan. This causes the 5th synchro set to stop the rotating mainshaft. such as the Bugatti Veyron 16. Gearbox dari SAAB 900 klasik adalah contoh penting dari sebuah gearbox dengan gigi mundur heliks terlibat dengan cara yang tidak sinkron sama dengan mendorong roda gigi yang dijelaskan di atas. Selama lima kecepatan atau transmisi yang lebih tinggi. rasio 1:1). Bugatti 16. mobil tua umumnya dilengkapi dengan transmisi 3speed. biasanya gigi tertinggi adalah sebuah overdrive gigi. seperti di Lexus IS F . dalam banyak kasus. Nearly all have one reverse gear. dan ini sangat tenang. Gigi roda gigi spur berisik bersama saat spin roda gigi. potongan pergeseran 5th/reverse. transmisi 5-speed mulai muncul di rendah mobil massal dengan harga pasar dan bahkan truk pickup kompak. seperti Veyron. For five speed or higher transmissions. 5 atau lebih baru 6 gigi maju dalam transmisi manual konvensional dengan tongkat gigi. Dalam tiga atau empat kecepatan transmisi. Ketika bergeser ke belakang. atau transmisi 4-speed untuk model kinerja tinggi dan 5-kecepatan yang paling canggih untuk mobil. sebagian besar roda gigi reverse memacu roda gigi . terhubung ke tuas geser. Meskipun forward semua roda gigi yang selalu menyatu. namun hasil dalam keterlibatan sulit dan operasi tidak dapat diandalkan.desain aneh Its memungkinkan reverse roda untuk berbagi dengan gigi satu. and recently beginning to be offered on some high-efficiency and conventional passenger cars. Some 7-speed manual-derived transmissions are offered on high-end performance cars.Today. Beberapa yang diturunkan dari transmisi manual 7-kecepatan yang ditawarkan pada kinerja mobil high-end.4 atau BMW M5. in the 1970s. Jelas bahwa desain taji gigi dari gigi mundur mewakili beberapa kompromi (kurang kuat. mereka tidak membuat suara yang dapat dengan mudah didengar di atas suara mesin. roda paling atas adalah langsung (yaitu. Hampir semua memiliki satu gigi mundur. Namun. dengan transmisi 6-speed mulai muncul di kendaraan kinerja tinggi di awal 1990-an. dan sampai 8 gigi maju dalam transmisi semi-otomatis. connected to the shift lever. 5-speed transmissions began to appear in low priced mass market automobiles and even compact pickup trucks. dan baru-baru ini mulai ditawarkan pada beberapa efisiensi tinggi dan mobil penumpang konvensional. Recently. or the BMW M5. Ketika roda gigi heliks memutar. transmisi manual di kendaraan penumpang sering dilengkapi dengan 4. Kedua mobil fitur shifter dayung . mass market automotive manual transmissions are essentially all 5-speeds. di tahun 1970. rotates the cam plate. dengan perbandingan kurang dari 1:1.Older cars were generally equipped with 3-speed transmissions.

thus rotating the shaft as well. atau cengkeraman anjing. Ada sejumlah roda gigi tetap sepanjang poros penggerak. Panjang input poros ini jauh lebih pendek dari poros output. the collar slides into the space between the shaft and the inside space of the gear. This unit was separately actuated by a knob or button. Input dan output bersama-sama disebut mainshaft. and the permanently splined gears on the other. three may be required. Part of the reason that the input and output are in-line on a rear drive unit is to relieve torsion stress on the transmission and mountings. Sebagian dari alasan bahwa input dan output in-line pada drive unit belakang adalah untuk menghilangkan stress torsi pada transmisi dan penyangga. the input and the output. but depending on the direction of rotation of the engine. and the output shaft runs parallel to it. ada tiga poros dasar. or dog clutches . Misalnya kecepatan transmisi lima mungkin memiliki kedua-untuk-pemilih pertama di poros penggerak. itu tidak perlu terjadi bahwa semua gigi berputar bebas dengan pemilih berada di satu poros. dan roda gigi yang cocok sepanjang poros output. output. tetapi dapat disederhanakan. dan as penggerak itu. and rotate independently of the output shaft. between the gears on the output shaft. or both. The distribution of the shifters is also a matter of design. the pinion gear. dan roda gigi permanen splined di sisi lain. Proses dasarnya tidak universal. meskipun mereka memutar benar-benar independen satu sama lain. A front-drive transmission is basically the same. and matching gears along the output shaft. The input length of this shaft is much shorter than the output shaft. Rather that input shaft driving the countershaft with a pinion gear. Roda gigi yang diposisikan dan bergerak seperti mereka berada di poros penggerak-output pada drive-belakang. The fixed and free gears can be mounted on either the input or output shaft. Parallel to the mainshaft is the countershaft. sering dimasukkan ke dalam tombol perpindahan gigi. sehingga berputar poros serta . input. the input shaft takes over the countershafts job. antara roda gigi pada poros output. so on a four speed there would be two collars. Ada geser kerah anjing. poros input mengambil alih pekerjaan countershafts. kerah slide ke dalam ruang antara poros dan ruang dalam gigi. kurangnya rasio gir untuk santai dan hemat bahan bakar jalan raya jelajah sering diisi dengan memasukkan terpisah overdrive unit di belakang rumah transmisi.For instance a five speed transmission might have the first-to-second selectors on the countershaft. tapi ini bukan masalah dalam sebuah drive-depan sebagai gearbox diintegrasikan ke transaxle tersebut. although they rotate totally independently of each other. The gears are positioned and engaged just as they are on the countershaftoutput shaft on a rear-drive. Unit ini secara terpisah ditekan oleh tombol atau tombol. dan poros output berjalan paralel untuk itu. and slides both ways to engage one or the other gears. There are a number of gears fixed along the countershaft. but the third-to-fourth selector and the fifth selector on the mainshaft. There are sliding dog collars . input dan output. although these are not fixed. The basic process is not universal. tapi tergantung pada arah putaran mesin. Ini hanya menghilangkan salah satu komponen utama. Pada transmisi belakang-drive konvensional. Sebaliknya yang mengemudi as penggerak poros input dengan sayap roda gigi. but may be simplified. Ada dua shaft sering. One collar is usually mounted between two gears. atau keduanya.Pada model sebelumnya dengan tiga atau empat kecepatan maju. it need not be the case that all of the free-rotating gears with selectors are on one shaft. dan untuk terlibat gigi pada poros. tapi keempat-ke-pemilih ketiga dan kelima . sehingga pada kecepatan empat akan ada dua kerah. Sejalan dengan mainshaft adalah poros penggerak tersebut. Distribusi dari shifter juga merupakan masalah desain. dan memutar independen dari poros output. which is the configuration in the 1998 Honda Civic . Roda gigi tetap dan bebas dapat dipasang baik pada poros input maupun output. dan slide kedua cara untuk melakukan satu atau roda gigi lain. karena mereka bergabung dalam transmisi sehingga mereka muncul menjadi poros tunggal. There often are two shafts. Satu kerah biasanya dipasang antara dua roda gigi. sayap roda gigi. often incorporated into the gearshift knob. but this isn't an issue in a front-drive as the gearbox is integrated into the transaxle. This merely eliminates one major component. and to engage a gear to the shaft. tiga mungkin diperlukan. Sebuah transmisi front-drive pada dasarnya sama. The input and output together are called the mainshaft . since they are joined inside the transmission so they appear to be a single shaft. meskipun ini tidak tetap.

. baik mengendarai sayap output meshing dengan gigi cincin transaxle depanwheel-drive. roda gigi yang dipilih dengan memanipulasi sebuah tuas yang terhubung ke transmisi melalui linkage atau kabel dan dipasang di lantai mobil.pada selektor mainshaft.Tanpa itu. • Ketika kopling pedal sepenuhnya tertekan. In this uncoupled state it is possible to select gears or to stop the car without stopping the engine. Dalam semua kendaraan yang menggunakan transmisi (hampir semua kendaraan modern). • • • • Dalam banyak mobil penumpang modern. sebuah tuas di stang kiri melayani tujuan. This allows the transmission designer to make the transmission narrower. tongkat pergeseran. selektor roda gigi. dan ketika sudah bergerak. perpindahan gigi. mesin dan ban akan setiap waktu harus terkait erat. Karena torsi ini ditularkan melalui kontak gesekan daripada mekanik langsung. keempat dan kelima pasang gigi tidak berputar. Benar diterapkan. dan hampir semua dari torsi mesin ditransfer. Seorang pengendara dari motorcross sangat-tuned atau sepeda motor off-road dapat "memukul" atau "kipas" kopling saat keluar dari sudut untuk membantu mesin dalam revving ke titik di mana ia memberikan kekuatan yang paling. memungkinkan putaran mesin secara bertahap menyesuaikan dengan rasio gigi yang baru dipilih. karena masing-masing as penggerak hanya perlu setengah dari panjang sebagai poros penggerak tradisional dengan empat roda gigi dan dua shifter. dan tidak ada torsi dipindahkan dari mesin ke transmisi (dan ekstensi ke roda drive). dan kekuasaan ditransmisikan ke roda dengan minimal limbah panas praktis. tuas gear. Hal ini disebut tongkat gigi. Antara ekstrem ini keterlibatan dan bercerai kopling slip untuk berbagai derajat. bahkan dengan kendaraan sudah bergerak: menghapus tanda pada pilihan gigi sementara pengiriman dibawah beban memerlukan kekuatan besar. Hal ini memungkinkan desainer transmisi untuk membuat transmisi sempit. yang merupakan konfigurasi di tahun 1998 Honda Civic . dan memilih gigi membutuhkan revolusi kecepatan mesin yang akan diadakan di nilai sangat tepat yang tergantung pada kecepatan kendaraan dan peralatan yang diinginkan. The kopling menyelesaikan ini dalam transmisi manual. since each countershaft need only be half as long as a traditional countershaft with four gears and two shifters. In some transmission designs (Volvo 850 and V/S70 series. gigi berubah akan sangat sulit. Belajar untuk menggunakan kopling efisien memerlukan pengembangan memori otot dan tingkat koordinasi analog dengan yang dibutuhkan untuk mempelajari alat musik atau berolahraga. ketiga. kopling sepenuhnya terlibat. Dalam keadaan terlepas itu adalah mungkin untuk memilih roda gigi atau untuk menghentikan mobil tanpa berhenti mesin Ketika kopling pedal sepenuhnya dilepaskan. Dalam keadaan digabungkan. Ketika kopling slip masih transmit torsi meskipun perbedaan kecepatan antara crankshaft mesin dan input transmisi. perangkat kopling digunakan untuk memisahkan mesin dan transmisi bila diperlukan. both driving an output pinion meshing with the front-wheel-drive transaxle's ring gear. for example) there are actually two countershafts. sepeda motor. kopling terlepas sepenuhnya. melainkan bertindak sebagai kopling kaku. the third. Ini berarti bahwa ketika mobil yang berhenti dan diparkir di netral dengan terlibat poros input kopling berputar. Learning to use the clutch efficiently requires the development of muscle memory and a level of coordination analogous to that required to learn a musical instrument or to play a sport. slip memungkinkan kendaraan harus dimulai dari berhenti. kekuasaan yang cukup yang terbuang sebagai panas (yang terdisipasi oleh kopling). Tanpa kopling. fourth and fifth gear pairs do not rotate. This means that when the car is stopped and idling in neutral with the clutch engaged input shaft spinning. kopling tidak slip. misalnya) sebenarnya ada dua countershafts. dan setiap saat kendaraan berhenti mesin akan warung.Dalam sebuah mobil kopling biasanya dioperasikan oleh sebuah pedal . Pada beberapa desain transmisi (Volvo 850 dan seri V/S70.

Menggerakkan tuas. N netral. tapi berkurang sebagai gearbox enam kecepatan dan sekuensial menjadi lebih umum. Pada kenyataannya. tata letak ini cukup intuitif karena dimulai di kiri atas dan bekerja kiri ke kanan. dan akan melihat gunanya mengemudi normal. Sebuah modifikasi aftermarket bagian ini dikenal sebagai pemasangan shifter pendek yang dapat dikombinasikan dengan aftermarket tombol shift . Opels. pengaturan dasar sering disebut H-pola.atau shifter. namun semi banyak truk dan kendaraan komersial besar lainnya memiliki transmisi manual dengan 8. untuk mengurangi kemungkinan bahwa reverse akan sengaja dipilih oleh pengemudi. kiri. Karena pergeseran kuadran. Renault paling.R menandai sebaliknya. atas ke bawah. di kiri bawah. atau di bagian kanan atas. Setelah gigi pertama di kaki anjing adalah bermanfaat sebagai gigi satu secara tradisional hanya digunakan untuk mendapatkan mobil bergerak dan karena itu memungkinkan gigi kedua dan ketiga agar sesuai kedepan dan belakang satu sama lain. Kaki anjing-pola shift pertama digunakan pada mobil balap banyak dan pada jalan kendaraan tua dengan kecepatan transmisi tiga. Enam kecepatan maksimum yang biasanya terlihat di kisaran transmisi tunggal. atau sebaliknya blockout yang harus dilepaskan dengan menekan kenop gigi pegas atau mengangkat kerah musim semi-dimuat di stick shift.Karena sebagian besar gearbox non-syncromesh tidak ada penundaan yang cukup ketika upshifting dari pertama melalui kaki anjing ke kedua. . dan kanan ke posisi spesifik memilih gigi tertentu. Volkswagen. Sedangkan tata letak untuk gigi satu sampai empat hampir universal. Ini adalah satu lagi pergeseran pola lima kecepatan. Nama ini berasal dari-up dan jalan-over antara gigi pertama dan kedua. Penggunaannya umum dalam mobil balap dan mobil sport. beberapa Ford diesel. BMW. posisi dimana tidak ada roda gigi yang terlibat dan mesinnya dipisahkan dari drive kendaraan roda. yang dimungkinkan karena multi-range gearbox. Pola pergeseran biasanya dicetak atau dicetak pada atau dekat tombol gigi . yang memfasilitasi pergeseran antara keduanya. posisi roda gigi digunakan untuk memindahkan kendaraan belakang. Hyundais. meskipun shifter biasanya dilengkapi dengan pegas sehingga akan kembali ke posisi N jika tidak pindah ke gigi yang lain. yang dapat ditemukan dalam Saab. 16 atau bahkan 20 kecepatan. dan banyak lagi. lokasi terbalik tidak. mundur. dengan reverse pada akhir urutan dan menuju bagian belakang mobil. beberapa Audi. garis horisontal seluruh posisi netral. Pola gigi juga dapat ditemukan pada beberapa kendaraan berat di mana gigi satu adalah rasio ekstra-rendah untuk digunakan dalam kondisi berdiri-mulai ekstrim. tata letak ini disebut pergeseran pola. Suatu tata letak sampel dari empat kecepatan transmisi ditampilkan di bawah tanda. di kanan bawah. Volvo.Biasanya ada mekanisme yang hanya memungkinkan pilihan sebaliknya dari posisi netral. sebaliknya mungkin berlokasi di sepanjang kiri atas pola pergeseran. Tergantung pada desain transmisi tertentu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful