1

HAKEKAT FILSAFAT, FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN, ILMU PENGETAHUAN, PENGETAHUAN, SAINS BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI SERTA AGAMA

1. Pendahuluan Berpikir adalah daya paling utama dan merupakan cirri khas yang membedakan manusia dari hewan. Manusia dapat berpikir karena mempunyai bahasa. Dengan bahasa manusia dapat memberi nama kepada segala sesuatu yang ada di alam semesta, baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan. Dengan demikian, segala sesuatu yang pernah diamati dan dialami dapat disimpannya, menjadi tanggapan-tanggapan dan pengalaman-pengalaman yang kemudian diolahnya (berpikir) menjadi pengertian-pengertian bermakna. Dengan singkat, karena memiliki dan mampu berbahasa maka manusia berpikir. Kita berpikir untuk menemukan pemahaman dari rasa keingintahuan kita terhadap sesuatu. Pengetahuan dimulai dari rasa ingin tahu yang besar, kepastian dimulai dengan rasa ragu-ragu dan filsafat dimulai dengan kedua-duanya. Berfilsafat didorong untuk mengetahui apa yang telah kita tahu dan apa yang belum kita tahu. Berfilsafat berarti berendah diri bahwa tidak semuanya akan pernah kita ketahui dalam kesemestaan yang seakan tidak terbatas ini. Demikian ju berfilsafat berarti ga mengoreksi diri, semacam keberanian berterus terang, seberapa jauh sebenarnya kebenaran yang dicari telah kita jangkau. Filsafat, terutama Filsafat barat muncul di Yunani semenjak kira-kira abad ke 7 SM. Filsafat muncul ketika orang-orang mulai memikirkan dan berdiskusi akan keadaan alam, dunia, dan lingkungan di sekitar mereka dan tidak menggantungkan diri kepada (agama) lagi untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini. Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika. Untuk studi falsafi, mutlak diperlukan logika berpikir dan logika bahasa.

3. Sehingga arti harafiahnya adalah seorang ³pencinta kebijaksanaan´. Dari serangkaian spekulasi ini kita dapat memilih pemikiran yang dapat diandalkan yang merupakan titik awal dari penjelajahan ilmu pengetahuan. ilmu pengetahuan. Dalam bahasa ini. philosophia. 2. Kebenaran dari pengetahuan perlu dipertanyakan kembali. Ilmu Pengetahuan. yang secara etimologis berasal dari kata Latin ³scire´. Kata ³ilmu´ merupakan terjemahan dari kata ³science´. cinta) dan (sophia = "kebijaksanaan"). Hakekat filsafat adalah suatu kegiatan berpikir analisis konseptual. yang juga diambil dari bahasa Yunani. yang artinya ³to know´. (3) Filsafat adalah analisis logis dari bahasa dan penjelasan tentang arti kata dan pengertian ( konsep ). Kata filosofi yang dipungut dari bahasa Belanda juga dikenal di Indonesia. Pengertian Filsafat Kata falsafah atau filsafat dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Arab . Semua pengetahuan yang ada di alam ini dimulai dengan spekulasi. Dalam pengertian . Dalam bahasa Indonesia seseorang yang mendalami bidang falsafah disebut "filsuf" (http://id. kata ini merupakan kata majemuk dan berasal dari kata-kata (philia = persahabatan. persamaan. dan Filsafat Ilmu Pengetahuan Pengetahuan adalah persepsi subyek (manusia) atas berbagai obyek yang ada di alam semesta tanpa penyelidikan lebih lanjut. Pengetahuan hanya terbatas pada apa yang diketahui saja. sains biologi serta agama. Pengertian Pengetahuan. Harold H. Titus (1979 ) memberi pengertian: (1) Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis. (2) Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan.wikipedia.2 Dalam makalah ini akan dibahas tentang pengertian. yakni berpikir tentang pikiran lewat refleksi. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi. dan perbedaan antara filsafat. Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicirikan jawabannya oleh para ahli filsafat. Bentuk terakhir ini lebih mirip dengan aslinya.org/wiki/Filsafat).

tidak tergantung kepada pemahaman secara pribadi. dan tidak menjadi monopoli bagi yang menemukannnya saja. Artinya prosedur cara penggunaan metode ilmu jelas dan tepat. netral. terlihat jelas perbedaan antara pengetahuan (knowledge) dengan ilmu pengetahuan (science). Pengetahuan yang diperoleh dengan ilmu. setiap orang dapat menggunakan. tidak tergantung kepada yang menggunakannya. 4. 1997). Artinya hasil dari ilmu yang telah lalu dapat dipergunakan untuk penyelidikan dan penemuan hal-hal yang baru. klasifikasi. yang sifatnya kuantitatif dan objektif. diperolehnya melalui observasi. Ilmu pengetahuan membatasi diri hanya kepada kejadian yang bersifat empiris. dalam arti tidak dipengaruhi oleh sesuatu yang bersifat kedirian. Dapat diuji secara intersubyektif Ilmu pengetahuan bersifat akumulatif dan merupakan milik bersama. karena dimulai dengan fakta: ilmu merupakan milik manusia secara komprehensif (Salam. pengalaman (empiris) dan percobaan (eksperimen) yang didukung oleh bukti nyata serta dapat dipertanggung jawabkan secara rasional. tujuannya untuk menggambarkan dan memberi makna terhadap dunia factual. Jadi. Ilmu pengetahuan adalah serangkaian pengetahuan yang diperoleh melalui kegiatan penyelidikan. Ilmu itu objektif dan mengenyampingkan unsure pribadi. teruji dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan rasional. tidak mengada-ada. memanfaatkan hasil penyelidikan atau hasil penemuan orang lain. 3. pemikiran logika diutamakan. Ilmu dapat merupakan suatu metode berpikir secara objektif (objective thinking). Dapat dipercaya (pernyataan & teorinya) Artinya ilmu pengetahuan dapat dipercaya. Kriteria suatu ilmu pengetahuan dapat dirumuskan sebagai berikut: 1. eksperimen. Koheren dan Sistematik . 2.3 yang sempit science diartikan untuk menunjukkan ilmu pengetahuan alam. Tidak bersifat ambigu tetapi jelas dan tepat Ilmu bersifat objektif. dan analisis.

4 Ilmu memiliki metode ilmiah yang sistematik. morfologi. konsep-konsep dan teori-teori yang ada di dalam ilmu pengetahuan. histologi. bakteriologi. ekologi. patologi. Karenanya dikenal berbagai cabang ilmu biologi yang mengkhususkan diri pada kajian tertentu yang lebih spesifik. rasional. Tanpa pengetahuan tentang perkembangan atau pertumbuhan ilmu adalah sukar untuk mengerti sejarah modern dewasa ini. embriologi. metode. yaitu ³bios´ yang artinya hidup dan ³logos´ yang artinya ilmu. struktur logis dari ilmu pengetahuan. Jadi. 4. serta efek-efeknya bagi pengetahuan manusia dan dampaknya pada refleksi etis tentang berbagai problema serta aksesnya dalam kehidupan manusia. Cakupan terbatas dan kompherensif (memiliki daya penjelas yang kuat dan penjelasannya lengkap) Kebenaran ilmu tidak mutlak. zoologi. 5. Pengertian Sains Biologi dan Pendidikan Biologi Biologi berasal dari bahasa Yunani. di antaranya anatomi. genetika. evolusi. entomologi. mikologi. Perkembangan ilmu pengetahuan merupakan salah satu prestasi besar dari pikiran manusia. mikrobiologi. terutama dengan analisis kriteria. bukan empiris dan eksperimental. . Namun yang perlu diketahui. Kesemua hal ini merupakan kemajuan dari proses berpikir manusia yang berhubungan dengan filsafat. paleontologi. dan lain sebagainya. botani. melainkan terletak pada manusia yang menggunakan metode tersebut. anastesi. Obyek kajian biologi sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup. dan teratur yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya untuk memperoleh hasil yang objektif dan jelas. biologi adalah ilmu yang mempelajari sesuau yang hidup beserta masalah-masalah yang menyangkut kehidupan. fisiologi. dan bisa terjadi kekeliruan. Filsafat ilmu pengetahuan bersifat analitis dan reflektif. kesalahan-kesalahan itu bukan karena metodenya. Filsafat ilmu pengetahuan adalah sebuah upaya pemikiran mendalam untuk memahami makna. parasitologi. karena yang menyelidikinya manusia. Sehingga pada masa sekarang kita mengenal adanya filsafat ilmu pengetahuan.

Hubungan biologi dengan filsafat ilmu pengetahuan adalah dengan adanya filsafat ilmu pengetahuan yang mengkritisisasi dan memikirkan efek-efek ilmu biologi dan perkembangannya bagi pengetahuan manusia dan dampaknya pada refleksi etis tentang berbagai problema serta akses pemanfaatannya dalam kehidupan manusia. Manusia memiliki kemampuan terbatas. 1997). atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut (http://id. yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana hubungan pendidikan dengan biologi. baik pada instusi pendidikan formal maupun non formal. dengan ilmuwan menemukan bahwa organisme memiliki karakteristik pokok.wikipedia.org/wiki/Agama). bagaimana kaitan penggunaan ilmu dengan kaidah-kaidah moral kehidupan. . hal ini memberi pengaruh yang besar pada pemikiran dalam perkembangan ilmu-ilmu biologi (Salam. Sesuatu yang luar biasa itu tentu berasal dari sumber yang luar biasa juga. dengan lebih dari jutaan makalah dibuat setiap tahun dalam susunan luas jurnal biologi dan kedokteran. Biologi kini merupakan subyek pelajaran sekolah dan universitas di seluruh dunia. Atau dengan kata lain. Ia telah mempelajari tentang 500 jenis hewan dengan sistem klasifikasinya. seperti obyek apa yang dikaji ilmu. kesadaran dan pengakuan akan keterbatasannnya menjadikan keyakinan bahwa ada sesuatu yang luar biasa di luar dirinya. bagaimana cara memperoleh ilmu. bagaimana cara mempelajari dan mengajarkan biologi dengan baik dan benar. filsafat ilmu merupakan kajian secara mendalam dan spesifik tentang hakikat ilmu (pengetahuan ilmiah). maka biologi dapat bermanfaat secara efektif dalam kehidupan umat manusia. Hal ini juga mendukung perkembangan ilmu pendidikan biologi. Ilmu biologi banyak berkembang pada abad ke-19. bagaimana ilmu digunakan.5 Aristoletes (384-322 SM) adalah seorang ilmuwan dan filosof Yunani yang dipercayai sebagai perintis ilmu biologi. Pengertian Agama Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan. 5.

Biologi dan Pendidikan Biologi. Menaati segenap ketetapan.  Agama: Mempelajari kitab suci (firman Allah) (Allah) PERBEDAAN Agama bersumber dari wahyu Tuhan . yaitu : a. Hubungan agama dengan ilmu pengetahuan adalah dengan adanya agama sebagai basic control bagi perkembangan ilmu pengetahuan yang berdampak dalam kehidupan.6 Keyakinan ini membawa manusia untuk mencari kedekatan diri kepada Tuhan dengan cara menghambakan diri . reason. sert a Agama Tabel 1. Ilmu Pengetahuan. ilmu pengetahuan. Menerima segala kepastian yang menimpa diri dan sekitarnya dan yakin berasal dari Tuhan b. Rangkuman Persamaan dan Perbedaan PERSAMAAN Obyektif Sumber Sama-sama mencari kebenaran Filsafat. biologi dan pendidikan biologi berasal dari sumber yang sama. Filsafat Ilmu Pengetahuan. filsafat ilmu pengetahuan. 6. Contohnya: manusia harus menyakini keberadaan syurga dan neraka tetapi mereka tidak mampu menemukan keberadaannya sekarang. budi. Persamaan dan Perbedaan Filsafat. yaitu akal. maka manusia mampu mengontrol penggunaan ilmu pengetahuan secara wajar dan positif. Pengetahuan. aturan. hukum dan lain sebagainya yang diyakini berasal dari Tuhan Dengan demikian agama memiliki ruang lingkup pengkajian hal-hal yang berada di luar jangkauan pengalaman manusia. ratio. pengetahuan. dan vernuft Metode  Filsafat dan filsafat ilmu pengetahuan: Mengeksplorisasi akal budi secara radikal (mengakar) dan integral (menyeluruh) serta universal (mengalam) + unsur logikanya  Pengetahuan: Pemahaman mendasar dan terbatas yang belum mendalam.

Kesimpulan Berdasarkan uraian di atas. filsafat ilmu pengetahuan. riset. percobaan. terutama dengan analisis kriteria. struktur logis dari ilmu pengetahuan. Filsafat ilmu pengetahuan sangatlah tepat dijadikan landasan pengembangan ilmu pengetahuan.7  Ilmu pengetahuan. metode. biologi dan pendidikan biologi: dimulai dengan sangsi/tidak percaya dan rasa ingin tahu yang besar. dan eksperimen)  Ilmu pengetahuan. filsafat ilmu pengetahuan. serta efek-efeknya bagi pengetahuan manusia dan dampaknya pada re fleksi etis tentang . ilmu pengetahuan. biologi dan pendidikan biologi memiliki kebenaran yang bersifat nisbi (relatif) Kebenaran  Filsafat. Agama dimulai dengan sikap percaya dan iman Agama memiliki kebenaran mutlak (absolut) Agama memiliki kebenaran mutlak (absolut) 7. biologi dan pendidikan biologi: penyelidikan. pengalaman. riset. pengetahuan: spekulatif (dugaan yang tak dapat dibuktikan secara empiris. konsep-konsep dan teori-teori yang ada di dalam ilmu pengetahuan. maka dapat disimpulkan bahwa filsafat dan ilmu pengetahuan memiliki keterkaitan yang sangat erat. pengetahuan. observasi (metode ilmiah) Sifat Kebenaran Filsafat. filsafat ilmu pengetahuan. dan eksperimen) Faktor/ Motivasi Filsafat. Karena Filsafat ilmu pengetahuan adalah sebuah upaya pemikiran mendalam untuk memahami makna. ilmu pengetahuan. biologi dan pendidikan biologi: positif (dapat dibuktikan secara empiris. pengetahuan.

I. Logika Materiil: Filsafat Ilmu Pengetahuan. Referensi Barnadib. Suriasumantri. Filsafat Pendidikan: Pengantar Mengenai Sistem dan Metode.wikipedia. http://id. Purwanto. J. Rosdakarya. http://id.org/wiki/Filsafat.org/wiki/Agama. M. Jakarta: PT. B. Sedangkan agama merupakan basic control bagi perkembangan ilmu pengetahuan yang berdampak dalam kehidupan. N. Filsafat Ilmu: Sebuah pengantar Populer. Bandung: PT. S. 2005. maka manusia mampu mengontrol penggunaan ilmu pengetahuan secara wajar dan positif.wikipedia.8 berbagai problema serta aksesnya dalam kehidupan manusia. Jakarta: Pustaka Sinar harapan. 1997. Salam. 1996. Psikologi Pendidikan. 8. Yogyakarta: Yayasan Penerbit FIP IKIP Yogyakarta. . Rineka Cipta. 1982.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful