P. 1
triac

triac

|Views: 571|Likes:
Published by Julyus Anggara

More info:

Published by: Julyus Anggara on Feb 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2013

pdf

text

original

MODUL VI TRIAC 1. 2. TUJUAN PERCOBAAN Mengetahui apa yang dimaksud dengan TRIAC DAFRTAR ALAT DAN KOMPONEN 2.

1 Modul BEE 422D 2.2 Power supply 2.3 AC Power Supply PS 433 2.4 Multimeter DASAR TEORI TRIAC memiliki karakteristik switching seperti pada SCR, kecuali bahwa TRIAC dapat berkonduksi dalam berbagai arah . TRIAC dapat digunakan untuk mengontrol aliran arus dalam rangkaian AC. Elemen seperti penyearah dalam kedua arah menunjukkan kemungkinan dua aliran arus antara terminal utama M1 dan M2. pengaturan dilakukan dengan menerapkan sinyal antara gate (gerbang) dan M1. TRIAC dapat dianggap dua buah SCR terseambung secara antiparalel dengan koneksi gerbang seperti gambar 1.

3.

Gambar 1. Ekuivalensi TRIAC Sebuah TRIAC biasanya ditrigger pada kuadran I atau III. Yakni, ketika input tegangan positif, maka gate sinyal juga positif dalam kuadran I. sebuah arus gate negative diaplikasikan ketika tegangan input dalam kuadran III. Karakteristik v-I dari TRIAC diberikan pada gambar 2.

reset (kembalikan posisi) potensiometer kembali ke nol. hubungkan TRIAC seperti gambar 3.Karakteristik V-I pada sebuah TRIAC adalah sama dengan sebuah thristor 4. Hasil anda akan memperlihatkan bahwa TRIAC akan berkonduksi dengan arah yang sesuai dengan sinyal gerbang yang diaplikasikan dengan cara sama dengan SCR. 5. catat nilai yang dicapai sesaat sebelum lampu menyala pada baris pertama table. hubungkan potensiometer ke 0 volt (-15 ke M1) dan kembali lampu seperti sebelumnya dan balik polaritas multimeter yang mengukur lagi. agar supplai ke rangkaian dapat mensuplai M2 dan gate dapat dibuat 15V positif atau negative dengan mengacu pada M1. 6. putuskan hubungan kedua suplai. 3.2 ke 0. perhatikan pembacaan arus gerbang. kemudian hubungkan kembali lampu seperti sebelumnya. atur potensiometer 2. putar potensiometer. mulai dengan menghubungkan keduannya ke +30 volt. perhatikan bahwa terminal M1 dihubungkan ke 15V. 4. ulangi percobaan sesuai dengan nilai negative dari arus gerbang sesaat sebelum konduksi. . PROSEDUR PERCOBAAN Percobaan 1 pengujian DC 1. 2. siapkan table seperti pada table 1. sebelum menghubungkannya.

TRIAC sering digunakan dengan sinyal gerbang yang digantikan dengan polaritas yang sama sebagai suplai utama. rangkaian arus beban akan diblok TRIAC. hal ini berbeda dengan pengujian AC. Gambar1. Tambahan I. naikkan arus gerbang sampai lampu menyala.Percobaan 2 Kontrol On – Off pada beban AC menggunakan TRIAC 1. pilih tegangan yang tetap sebelum dihubungkan). gambar 4 (jika supli dipswitch menggunakan PS 443. Catat bahwa lampu akan padam. . Jika arus gerbang tidak cocok untuk mengulang konduksi selama setengah cycle berikutnya. switch multimeter untuk membaca AC dan hubungkan potensiometer ke suplai AC. Perhatikan bahwa dengan pengaturan ini dimungkinkan untuk melihat range batas dan control kontinu cahaya lampu walaupun hal ini tidak kontinu di atas titik dimana firing (penyulutan) menempati lebih dari 90% dalam half cycle. naikkan secara perlahan arus gate sampai lampu menyala. Atur arus gerbang ke 0. Hal ini dapat dianggap sebagai dua buah SCR yang tersambung antipararel dengan koneksi gerbang seperti gambar 1. Jelaskan observasi anda. DASAR TEORI 2. putuskan hubungan lampu dari supali dan hubungkan kembali ke 20 volt AC. Gunakan osiloskop menguji bentuk gelombang tegangan yang melintasi TRIAC. alasannya adalah bahwa dua kali dalam tiap cycle suplai tegangan dan arus melalui nol. Pemutusan suplai gate. kemudian kurangi lagi. 3. 2.1 TRIAC Triac dapat bersifat konduktif dalam dua arah dan biasa digunakan untuk pengendali fasa ac.

Jika terminal MT2 positif terhadap MT1.Vol. 9. terminalnya tidak dapat ditentukan sebagai anoda/katode. Apabila cahaya jatuh pada permukaan sel surya maka akan timbul perbedaan tegangan. Transmisi. Karakteristik TRIAC Kerena TRIAC merupakan komponen bidirectional. 1. Untuk mendapatkan . 2.2 Sel Surya Sel surya atau solar sel adalah suatu elemen aktif yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Jika terminal MT2 negatif terhadap MT1. tidak perlu untuk memiliki kedua sinyal gerbang positif dan negatif dan TRIAC dapat dihidupkan baik oleh sinyal gerbang positif maupun negatif. TRIAC dapat dimatikan dengan memberikan sinyal gerbang positif antara gerbang G dan MT1. Juni 2005 : 11 – 14 12 Gambar 2. No. Dalam prakteknya sensitivitas berfariasi antara satu kuadran dengan kuadran lain. Selsurya terbuat dari irisan bahan semikonduktor dengan kutub positif dan negatif. dan TRIAC biasanya beroperasi dikuadran I atau kuadran III. maka TRIAC dapat dihidupkan dengan memberikan sinyal pulsa negatif antara gerbang dan terminal MT1.Simbol TRIAC Sedangkan karekteristik TRIAC diperlihatkan pada gambar 2.

TRIAC biasa juga disebut thyristor bi directional. TRIAC Boleh dikatakan SCR adalah thyristor yang uni-directional. Gambar-6 : Simbol TRIAC TRIAC bekerja mirip seperti SCR yang paralel bolak-balik. 32 I/O yang dapat diprogram.3 Mikrokontroller AT89S52 Mikrokontroller ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut: 8 kbytes flash memory. data ADC dan output LCD (Liquid Crystal Disply) http://www. bisa dianggap parameter ini simetris sehingga lebih mudah di hitung. Pada datasheet akan lebih detail diberikan besar parameter-parameter seperti Vbo dan -Vbo. berikut input zero crossing detector. lalu IGT dan -IGT. Umumnya besar parameter ini simetris antara yang plus dan yang minus. Gambar 3. Simbol TRIAC ditunjukkan pada gambar-6. karena ketika ON hanya bisa melewatkan arus satu arah saja yaitu dari anoda menuju katoda. TRIAC biasa juga disebut thyristor bi-directional. Struktur TRIAC sebenarnya adalah sama dengan dua buah SCR yang arahnya bolak-balik dan kedua gatenya disatukan. Ih serta -Ih dan sebagainya. TRIAC . Karakteristik TRIAC TRIAC tersusun dari lima buah lapis semikonduktor yang banyak digunakan pada pensaklaran elektronik. sehingga dapat melewatkan arus dua arah. Mikrokontroller berfungsi mengatur keseluruhan proses yaitu mengatur sudut pemicuan TRIAC. Dalam perhitungan desain.daya yang lebih besar sel surya dapat dihubung seri atau paralel tergantung sifat penggunaannya. watchdog timer dan dual DPTR. in system programming (ISP) .undip.id/transmisi/jun05/sudjadijun05.PDF Tambahan TRIAC 1.ac.elektro. 3 buah timer/counter 16 bit. sel surya 2. 8 sumber interupsi. 128 x 8 bit RAM internal.

com/2007/12/triac-1. karena ketika ON hanya bisa melewatkan arus satu arah saja yaitu dari anoda menuju katoda. TRIAC biasa juga disebut thyristor bi-directional. sehingga dapat melewatkan arus dua arah. Gambar-6 : Simbol TRIAC TRIAC bekerja mirip seperti SCR yang paralel bolak-balik. Kurva karakteristik dari TRIAC adalah seperti pada gambar-7 berikut ini. Satu-satunya cara untuk membuka (meng-off-kan) TRIAC adalah dengan mengurangi arus IT di bawah arus IH.merupakan dua buah SCR yang dihubungkan secara paralel berkebalikan dengan terminal gate bersama. TRIAC hanya akan aktif ketika polaritas pada Anoda lebih positif dibandingkan Katodanya dan gate-nya diberi polaritas positif.html tambahan TRIAC Boleh dikatakan SCR adalah thyristor yang uni-directional. . tetapi TRIAC dapat dipicu dengan tegangan polaritas positif dan negatif. serta dapat dihidupkan dengan menggunakan tegangan bolak-balik pada Gate.blogspot. begitu juga sebaliknya. Struktur TRIAC sebenarnya adalah sama dengan dua buah SCR yang arahnya bolak-balik dan kedua gatenya disatukan. TRIAC banyak digunakan pada rangkaian pengedali dan pensaklaran. Setelah terkonduksi. http://fmylla. sebuah TRIAC akan tetap bekerja selama arus yang mengalir pada TRIAC (IT) lebih besar dari arus penahan (IH) walaupun arus gate dihilangkan. Simbol TRIAC ditunjukkan pada gambar-6. Berbeda dengan SCR yang hanya melewatkan tegangan dengan polaritas positif saja.

Pengaturan dilakukan dengan menerapkan sinyal antara gate (gerbang) dan M1. TRIAC dapat bersifat konduktif dalam dua arah dan biasanya digunakan untuk pengendalian fasa AC (contohnya : kontroler tegangan AC ). Umumnya besar parameter ini simetris antara yang plus dan yang minus.Gambar-7 : Karakteristik kurva I-V TRIAC Pada datasheet akan lebih detail diberikan besar parameter-parameter seperti Vbo dan Vbo. kecuali bahwa TRIAC dapat berkonduksi dalam berbagai arah. Dalam perhitungan desain. bisa dianggap parameter ini simetris sehingga lebih mudah di hitung.php? option=com_content&view=article&id=12:thyristor&catid=6:elkadasar&Itemid=7 tambahan DASAR TEORI : TRIAC memiliki karakteristik swicthing seperti pada SCR. TRIAC dapat digunakan untuk mengontrol aliran arus dalam rangkaian AC. lalu IGT dan -IGT.com/index. http://www. Ih serta -Ih dan sebagainya. Elemen seperti penyearah dalam kedua arah menunjukkan kemungkinan dua aliran arus antara terminal utama M1 dan M2.electroniclab. File tersebut dapat dianggap sebagai dua sebagai SCK tersambung secara anti paralel dengan koneksi gerbang: .

Thyristor dapat disambung ke dalam kondisi hantaran maju dengan dua cara : a) dengan melampaui tegangan putus maju ( forward break-over voltage ) b) dengan memberikan suatu bentuk gelombang yang nilainya naik dengan cepat diantara anoda dan katodanya. terminalnya tidak dapat ditentukan sebagai anode atau katode. jika terminal MT2 negatif terhadap MT1 maka TRIAC akan dapat dihidupkan dengan memberikan sinyal pulsa negatif antara gerbang G dan terminal MT1. kecuali bahwa TRIAC dapat berkonduksi dengan berbagai arah. Pengaturan dilakukan dengan menerapkan sinyal antara gate ( gerbang ) dan M1. pada khususnya lebih dari 50 volt/mikrodetik. Hal lain yang patut diperhatikan mengenai rangkaian yang menggunakan sakelar daya berkecepatan tinggi seperti thyristor adalah kenyataan bahwa waktu sakelar on amat cepat sehingga rangkaian mudah dijangkiti “ Spike “ .(tegangan dan arus gerbang negatif). Tidak perlu untuk memiliki kedua sinyal gerbang positif dan negatif dan TRIAC akan dapat dihidupkan baik dengan sinyal positif atau negatif. TRIAC dapat digunakan sebagai pengontrol aliran arus dalam rangkaian AC.TRIAC dapat dimatikan dengan memberikan sinyal gerbang positif antara gerbang G dan MT1. TRIAC memiliki karakteriktis switching seperti pada SCR. Thyristor atau penyearah dikendali silicon ( SCR = Silicon Controllet Rectifer ) merupakan piranti zat padat ( solid State ) lainnya yang berperan sebagai sakelar daya berkecepatan tinggi. Jika terminal MT2 positif. Piranti ini kini dipakai secara luas untuk menggantikan kedudukan relai dan sakelar mekanik konvensional. Namun biasanya sinyal gerbang yang dipakai untuk mengendalikan titik pengaktifan. Elemen seperti penyearah dalam kedua arah menunjukkan kemungkinan dua aliran arus antara terminal utama M1 dan M2. dan TRIAC biasanya untuk operasi di kuadran I+ (tegangan dan arus gerbang positif) atau kuadran III. Dalam prakteknya sensitivitas bervariasi antara satu kuadran dengan kuadran lain. Thyristor dapat dikehendaki berperilaku sebagai rangkaian terbuka atau sebagai penyearah tergantung dari cara pemakaian gerbangnya. sistem terhadap terminal MT1.Karena TRIAC merupakan devais bidirektional.

sedangkan anoda positif terhadap katoda maka thyristor dipaksa untuk menghantar. namun tak ada sinyal gerbang. . Lebih disukai pengontrol gelombang penuh yang menggunakan penyearah jembatan dengan dua buah thyristor atau sebuah triac.penyambungan. C1 akan terisi melalui R1 dan resistor variabel RV2. Karena efisiensinya yang rendah rangkaian gelombang setengah sederhana ini tidak cocok untuk kebanyakan pemakaian. Daftar pustaka M. Dalam suatu rangkaian diperlihatkan konstruksi piranti ini yang dapat dipandang sebagai dua buah thyristor yang dihubungkan paralel terbalik dengan terminal gerbang sekutu. dan pada saat yang sama dioda memberikan pemicu yang stabil dengan mengosongkan C1 pada masing-masing separuh siklus negatif. Hanya arus bocor kecil yang mengalir. diac akan menghantar dan mencatukan pulsa gerbang pada thyristor. Cara kerjanya serupa dengan thyristor. Thyristor dikatakan tertahan maju karena dia berperan sebagai resistansi tinggi. Untuk itu dalam kebanyakan rangkaian pada khususnya pengontrol AC disertakan tapis RF untuk membatasi banyaknya interferensi RF pada jalur daya AC. Bila pulsa panjaran maju diberikan diantara gerbang dan katoda. Thyristor akan menghantar sehingga hampir seluruh tegangan catu diberikan melintasi beban. Cara kerjanya dapat diuraikan menjadi beberapa sub bagian : a) Panjaran mundur. Karena tegangan catu menuju positif. and Aplication 2nd. Power Electronics Circuit. Dioda D1 dimasukkan agar mencegah panjaran mundur masuk ke dalam gerbang thyristor. Rashid. Dengan mengatur RV2 waktu pengisian C1 dapat diubah dan selanjutnya mengubah sudur hantarannya. c) Panjaran maju dengan memberikan sinyal gerbang. anoda negatif terhadap katoda. Device. 1988. Prentice-Hall International Inc. Thyristor dalam kondisi penahan mundur sehingga hanya arus bocor kecil yang mengalir b) Panjaran maju. Ketika tegangan C1 mencapai tegangan putus dioda picu ( Diac ). anoda positif terhadap katoda.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->