1

Rancangan Interface Aplikasi Sistem Penjualan Pulsa Pada Toko Miyo Cell

Gambar 1 Tampilan Utama

Tampilan utama dalam aplikasi ini menampilkan : 1. Login penjual hanya orang yang bertugas jadi penjual yang bisa membuka

dan menjalankan aplikasi ini. Sistem hanya mengenal username dan password yang sudah terdaftar dalam sistem. Setelah sistem diinputkan username dan password dan ditekan button login maka bisa menjalankan menu-menu aplikasi dalam tampilan utama. 2. Ketika pelanggan memesan pulsa fisik atau voucher maka penjual tinggal mengklik button Pulsa Fisik, maka akan tampil form Isi Pulsa Fisik/Voucher. Seperti terlihat pada Gambar 2.

Gambar 2 Form Isi Pulsa Fisik/Voucher Form isi pulsa fisik akan menerima inputan jenis voucher yang dipesan. Seperti terlihat pada Gambar 3. 5. Nota : untuk pulsa voucher diberi kode A dan diikuti no penjualan pada hari itu. Jika penjual lupa harga suatu barang maka bisa mengklik button Daftar Harga maka akan tampil form daftar harga seperti pada gambar 8. yang nantinya akan di monitoring oleh pemilik melalui login pemilik.2 3. maka akan tampil form Isi Pulsa Elektrik. pelanggan membeli berapa banyak pulsa voucher yang serupa. . Ketika pelanggan memesan pulsa elektrik maka penjual tinggal mengklik button Pulsa Elektik. 6. Quantity : tinggal pilih saja. maka akan tampil seperti pada gambar 7. 4. Ketika ada pelanggan baru maka penjual menambahkan data pelanggan baru dengan mengklik button Daftar Pelanggan. Adapun menu-menu inputannya seperti : No. Tab-tab menu bisa juga diakses oleh penjual seperti untuk membuat laporan penjualan atau mengecek tersimpannya transaksi penjualan atau mengetahui data barang.

Dan ketika akan keluar dari form isi pulsa voucher dan kembali ke tampilan utama maka klik tombol Exit. dan Harga satuan penjual tinggal memilih gambar pada sebelah kiri tampilan form isi pulsa dan jumlah nominal voucher yang dipesan.3 Dan untuk pengisian Kode Barang. Stock dan Harga penjual tinggal memilih gambar pada sebelah kiri tampilan form isi pulsa dan jumlah nominal pulsa yang dipesan. Ketika data pemesanan sudah benar maka tinggal diklik tombol OK dan tampillah message µTransaksi Saved¶ dan klik saja tombol OK maka tersimpanlah data transaksi pada saat itu dalam form Transaksi Penjualan (gambar18). Nama Barang. . untuk pulsa elektrik diberi kode B dan diikuti no penjualan pada hari itu.Nota. Nama Barang. maka automatis akan terisi. Ketika Penjual akan menginputkan data pemesanan baru maka tinggal klik tombol Clear. Setelah penjual menginputkan Quantity maka automatis Total Bayar akan terisi. Gambar 3 Form Isi Pulsa Elektrik Form isi pulsa elektrik akan menerima inputan jenis pulsa elektrik yang dipesan. Dan untuk pengisian Kode Barang. Penjual hanya menginputkan No.

Telp. dan pilhlah sesuai nama pelanggan yang telah tersimpan pada Form Data Pelanggan(Gambar7). . Ketika ang dicari telah ditemukan maka pilihlah tombol Select dan akan tampillah no telp pelanggan yang dicari pada form isi pulsa elektik seperti pada gambar5. Gambar 4 Tampilan Browse Pelanggan Pada kolom text Nama Pelanggan. penjual tinggal mengklik button Browse Pelanggan dan akan tampillah seperti pada gambar 4. Inputkan nama pelanggan yang dicari dan akan tampil di tabel Data Pelanggan no tlp dari pelanggan yang dicari.4 Untuk mengisi No.

Ketika Penjual akan menginputkan data pemesanan baru maka tinggal klik tombol Clear.5 Gambar 5 Tampilan Transaksi Penjualan Pulsa Elektrik Berhasil Ketika data pemesanan sudah benar maka tinggal diklik tombol OK dan tampillah message µTransaksi Saved¶ dan klik saja tombol OK maka tersimpanlah data transaksi pada saat itu dalam form Transaksi Penjualan (gambar18). Dan ketika akan keluar dari form isi pulsa elektrik dan kembali ke tampilan utama maka klik tombol Exit. Gambar 6 Tampilan Login Admin .

6 Hanya pemilik yang bisa login melalui form login admin. Ketika akan mengubah data maka pilih data yang akan di ubah pada tabel data pelanggan sebelah kiri form dan klik Button Ubah. 10. Gambar 7 Tampilan Frame Data Pelanggan Form data pelanggan akan menerima inputan No. Tlp dan Nama Pelanggan baru yang diinputkan oleh penjual. 13. 12. & 14. Ketika akan menghapus data maka pilih data yang akan di ubah pada tabel data pelanggan sebelah kiri form dan klik . form ini akan menerima inputan username dan password pemilik dan ketika dipilih tombol Login maka akan tampillah form khusus pemilik seperti pada gambar 9. 11. Ketika akan menambahkan data baru maka pilih button Tambah dan akan tampil pada tabel sebelah kiri form.

Untuk kembali ke Tampilan Utama pilih button Keluar.7 Button Hapus. Untuk membatalkan penambahan atau perubahan data maka pilih Button Batal. harga jual dan harga beli yang telah diinputkan oleh pemilik dan bisa dilihat oleh penjual tanpa bisa diubah. Dan untuk kembali ke Tampilan Utama pilih button Keluar. . Gambar 8 Tampilan Frame Daftar Harga Dalam form Daftar Harga terdapat nama voucher.

tab Penjualan Dalam form admin. pemilik bisa memilih menu-menu yang akan di monitoring.8 Gambar 9 Tampilan Frame Admin. Untuk kembali ke Tampilan Utama pilih button Keluar. jumlah transaksi dan laba pada waktu kapanpun sesuai hari. Pilih File Output untuk menampilkan saja dan Button print untuk mengeprint file penjualan yang dipilih oleh pemilik. . seperti pada form admin tab penjualan pemilik bisa melihat total pendapatan. bulan atau tahun yang dipilih pemilik.

mengubah atau menghapus data supplier.9 Gambar 10 Tampilan Frame Admin.alamat dan no tlpn supplier. juga bisa menambahkan. tab Data Supplier Pada form admin tab Data Supplier pemilik bisa melihat nama. Untuk membatalkan penambahan atau perubahan data maka pilih Button Batal. Untuk kembali ke Tampilan Utama pilih button Keluar. .

Untuk kembali ke Tampilan Utama pilih button Keluar. menambah.10 Gambar 11 Tampilan Frame Admin. . menghapus nama barang. kode barang dan stock. mengubah. Untuk membatalkan penambahan atau perubahan data maka pilih Button Batal. tab Tabel Barang Pada form admin tab Tabel Barang pemilik bisa melihat.

merubah. menambah. atau menghapus nama dan no. Untuk kembali ke Tampilan Utama pilih button Keluar. . Untuk membatalkan penambahan atau perubahan data maka pilih Button Batal. Tlp pelanggan. tab Data Pelanggan Pada form admin tab Data Pelanggan pemilik bisa melihat.11 Gambar 12 Tampilan Frame Admin.

tab Daftar Harga Pada form admin tab Daftar Harga pemilik bisa melihat. menambah. harga jual dan harga beli. atau menghapus nama barang. .12 Gambar 13 Tampilan Frame Admin. Untuk kembali ke Tampilan Utama pilih button Keluar. merubah.

Dan pemilik bisa melihat total pengeluaran. Untuk kembali ke Tampilan Utama pilih button Keluar. tab Pembelian Pada form admin tab pembelian pemilik bisa melihat dan menambahkan data barang yang dibeli pada waktu kapanpun sesuai bulan atau tahun yang dipilih pemilik. .13 Gambar 14 Tampilan Frame Admin.

nama dan stock dari barang yang dicari. nama dan stock yang dicari pada form isi pulsa elektik seperti pada gambar5.14 Gambar 15 Tampilan Frame Browse Kode Barang Pada kolom text Nama Barang. Inputkan nama barang yang dicari dan akan tampil di tabel Barang kode. . Ketika yang dicari telah ditemukan maka pilihlah tombol Pilih dan akan tampillah kode.

.15 Gambar 16 Tampilan Frame Browse Kode Supplier Untuk mencari data supplier maka akan tampil form Data Supplier dan klik tombol Pilih untuk mengambil atau menggunakan datanya.

16 Gambar 17 Tampilan Pemilihan menu View Trx Penjualan Ketika akan melihat Transaksi penjualan (gambar18) pilihlah menu View Trx Penjualan yang ada diTampilan Utama. .

17 Gambar 18 Tampilan Frame Transaksi Penjualan untuk penjual Form transaksi ini bisa diprint olek penjual dan diberikan kepada pelanggan. .

berdasarkan nama supplier yang dipilih.18 Gambar 19 Tampilan Frame Data Supplier Data supplier bisa dilihat di form data supplier. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful