Rangkuman Kimia

TUGAS KIMIA

BAB I REAKSI KIMIA BAB II ASAM, BASA, DAN GARAM

Oleh: Zahra Akbari Ariadji Kelas IX-I No. 48

SMPN 2 BANDUNG 2005

Adapun maksud dan tujuan pembuatan Rangkuman ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan Ibu Ida di kelas IX SMPN 2 Bandung. untuk itu saya mohon maaf. Tidak lupa pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Ibu Ida selaku Guru Biologi yang telah membantu saya sehingga tugas ini dapat selesai. dan Garam.KATA PENGANTAR Puji dan syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT karena dengan taufik dan hidayahNya saya dapat menyelesaikan tugas Rangkuman Kimia tentang Reaksi Kimia dan Asam. Bandung. Saya menyadari makalah ini masih banyak kekurangannya. Basa. Semoga tugas yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang menggunakannya. November 2005 Penyusun .

gas(g). maka nyala pada lidi akan padam. Gas oksigen memiliki sifat membantu pembakaran. maka nyala pad alidi akan semakin membesar. liquid(l). Bila lidi yang sedang menyala didekatkan pada mulut tabung yang berisi gas. Pembentukan gas karbon dioksida dalam suatu reaksi kimia dapat pula diuji dengan cara mengalirkan gas pada air kapur. Pembentukan Gas Ketika reaksi kimia berlangsung maka kita dapat melihat terbentuknya gelembung-gelembung gas dalam larutan. maka akan terjadi letupan-letupan kecil. Zatzat yang bergabung dan terurai dalam reaksi kimia disebut pereaksi.Gelembung –gelembung gas tersebut selanjutnya dapat ditampung dalam sebuah tabung. sedangkan gas karbon dioksida menghambat pembakaran. Setelah bereaksi dengan gas karbon dioksida. Penulisan persamaan reaksinya adalah: A+B → Pereaksi C+D Produk Pereaksi Contohnya:Kalsium + Klorin → Kalsium Klorida Dalam persamaan reaksi tersebut terdapat simbol wujud zat. Sementara bila didalam tabung terbentuk gas karbon dioksida. Reaksi kimia dapat terjadi akibat akibat penggabungan dua zat atau lebih. Kita akan mengamati gelembung-gelembung gas yang tidak berwarna muncul dari dalam air. Kita dapat menggunakan lidi yang sedang menyala. aqueous(aq). Air kapur mula-mula jernih. Hal ini menunjukan gas yang terbentuk adalah gas hidrogen. s=padat aq=aqueous l=cairan g=gas B. dan zat baru yang terbentuk disebut produk reaksi. Bila didalam tabung itu terbentuk gas oksigen. .BAB I REAKSI KIMIA A. CIRI-CIRI REAKSI KIMIA 1. yaitu solid(s). PERSAMAAN REAKSI KIMIA Reaksi kimia merupakan suatu perubahan yang disertai penggabungan zat baru. maka air kapur menjadi keruh karena pembentukan endapan putih. dan peruraian zat.

Contohnya proses pernapasan dalam tubuh kita dan reaksi pembakaran. Contohnya pembentukan endapan perak klorida akibat reaksi antara perak nitrat dengan natrium klorida. Reaksi kimia ini disebut reaksi eksotermis. pembentukan warna juga mudah diamati. Contohnya: tembaga karbonat yang berwarna hijau akan berubah menjadi tembaga oksida yang berwarna kehitaman dan karbon dioksida setelah dipanaskan 4. hal ini dapt dirasakn ketika kita melakukan aktivitas. Reaksi pembakaran. 3.2. Pembentukan Endapan Endapan dapat dengan mudah diamati ketika terjadi reaksi kimia. Proses pernapasan akan menghasilakn energi panas. Perubahan Warna Seperti pembentukan endapan. Perubahan Suhu Kenaikan suhu terjadi energi panas dilepas ke lingkungan. misalnya pembakaran sampah akan .

menghasilkan energi panas. Kecepatan reaksi dapat diukur pengurangan massa zat dalm erlnmeyer. Jumlah gas karbon dioksida yang tertampung dalam silinder ukur makin banyak. Kprek api dan kembang api merupakan contoh reaksi kimia yang berlangsung cepat. Sejalan dengan bertambahnya waktu. Proses fotosintesis menggunakan energi dari sinar matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi karbohidrat. C. Salah satu produk reaksi yang dihasilkan adalah gas karbon dioksida. selama selang waktu tertentu. Selama reaksi belangsung. D. Contohnya proses fotosintesis dan memasak makanan. pereksi berubah menjadi produk pereaksi. Proses memasak makanan menggunakan energi panas dari api hingga makanan menjadi matang. Dengan demikian. maka jumlah pereaksi akan berkurang sedangkan jumlah produk reaksi akan bertambah. Selain itu kecepatan reksi kimia dapat diukur berdasarkan jumlah gas karbon dioksida yang dihasilkan selama selang waktu tertentu. PENGENDALIAN REAKSI . penurunan suhu terjai bila energi panas diserap dari lingkungan. Ini dapat dilakukan dengan menampung gas karbondioksida dalam silinder ukur. Proses perkaratan besi dan pembusukan makanan merupakan contoh reaksi kimia yang berlangsung lambat. Reaksi semacam ini disebut reaksi endotermis. kecepatan reaksi dapat diukur berdasarkan pertambahan volum gas. Sebaliknya. KECEPATAN REAKSI Reaksi kimia ada yang berlangsung cepat dan ada yng berlangsung lambat.

tumbukan antar partikel menjadi lebih sering sehingga mempercepat terjadinya reaksi kimia. Jika luas permukaan lebih besar tumbukan menjadi lebih mudah terjadi. Makin besar konsentrasi pereaksi. maka jarak antar pereaksi makin dekat. Konsentrasi Pereaksi Konsentrasi berkaitan dengan jumlah partikel yang terdapat dalam suatu zat. partikel akan bergerak semakin cepat 2. Agar partikel memiliki energi yang cukup untuk bereaksi. . Akibatnya. Suhu Reaksi Makin tinggi suhu. Oleh karena jaraknya makin dekat.1. Luas Permukaan Sentuh Untuk membuat api unggun dibutuhkan kayu bakar yang kering. makin cepat pula partikel pereaksi itu bergerak. Makin besar konsentrasi perekasi. Zat dengan konsentrasi tinggi memiliki jumlah partikel lebih banyak daripada zat dengan konsentrasi rendah. Jadi. makin cepat suatu reaksi berlangsung. Semakin tinggi suhu. maka kecepatan reaksi menjadi makin besar. Dengan membelah kayu maka luas permukaan tang mengadakan kontak api menjadi makin besar. 3. dikatakan bahwa makin tinggi suhu maka kecepatan reaksi makin bertambah. Agar mudah terbakar maka kayu harus dibelah-belah. maka tumbukan anar partikel menjadi lebih mudah dan lebih sering sehingga kecepatan reaksi makin bertambah. maka suhu pereaksi dinaikkan.

Enzim dalam sistem pencernaan Enzim Pereaksi Amilase Pati Maltase Maltosa Protease Protein Lipase Lemak Enzim dalam proses di industri Enzim Penggunaan Produk Reaksi Maltosa Glukosa Asam amino Asam lemak dan gliserol . Reaksi ini merupakan salah satu tahap dalam pembuatan asam sulfat. Tetapi ada juga katalis yang memperlambat reaksi. Meskipun katalis berperan dalam mempengaruhi kecepatan reaksi. Platina Digunakan dalam reaksi antara amonia dan udara membentuk nitrogen monoksida dan air. disebut inhibitor. Amonia digunakan sebagai bahan baku pupuk dan asam nitat.4. Katalis umumnya berfungsi mempercepat reaksi. yaitu enzim. Vanadium oksida Digunakan dadlm reaksi pembentukan belerang trioksida dari belerang dioksida dan oksigen. Katalis Katalis adlah senyawa yang dapat mempengaruhi kecepatan reaksi. Contoh Katalis Di Industri Katalis Kegunaan Besi Digunakan dalam pembuatan amonia dari gas hidrogen dan nitrogen. Selain katalis kimia.Reaksi in merupakan salah satu tahap dalam pembuatan asam nitrat. tetapi katalis tidak ikut bereaksi. seperti pada suhu dan tingkat keasaman ynag spesifik. ada juga katalis biologi. Enzim hanya dapat bekerja dengan baik pada kondisi tertentu.

Korosi yang terjadi pada loogam besi dan baja disebut karat. nikel. Tetapi bila lapisan cat tergores. pembuatan tepung untuk biskuit E. Ketika besi bereaksi dengan udara. maka logam akan bersinggungan langsung dengan oksigen dan uap air sehingga karat dapat terjadi. Proses korosi pada aluminium Proses karat pada besi b. dan industri kertas Penghilang noda. Pengecatan Lapisan cat mencegah besi bersinggungan dengan udara dan uap air. Korosi pada peralatan makan atau dapur dapat mengancam keselamatan jiwa dan membahayakan kesehatan. a. Melapisi logam dengan minyak dan pelumas . Korosi Korosi terjadi akibat reaksi kimia antara logam dengan oksigen dan uap air di udara. 2. maka terbentuk karat berupa serpihanserpihan. Lapisan ini sangat kuat dan mencegah reaksi antar logam dengan uap air dan oksigen. Larutan asam dan larutan garam dapat mempercepat terbentuknya karat. Cara Mencegah Karat 1. Peraltan makan atu dapur sebaiknya dinuat dari bahan anti korosi. Udara yang mengandung uap air dengan mudah dapat menembus serpihanserpihan tersebut sehingga perkaratan berlangsung secara terus-menerus. Korosi yang terjadi pada logam sangat berbahaya. pembuatan sirup. dan krom dan membentuk lapisan tipis kromium oksida. Tidak semua logam mengalami korosi seperti emas dan platina.Selulase Katalase Glukosa oksidae Invertase α-amilase Protease Pembuatan pakan ternak dari jerami Bahan pengawet pada minuman ringan. Penyebab Korosi Oksigen dan uap air diudara dapat bereaksi secara kimia dengan logam sehingga terbentuk karat. maka tidak terjadi karat.. REAKSI KIMIA DI SEKITAR KITA 1. seperti stainless steel. pembuatan karet Bahan pengawet pada minuman ringan Pembuatan coklat (melelahkan bagian tengah coklat) Penghilang noda. Stainless steel merupakan logam yang terbuat dari pauan besi.

Melapisi denagn logam yang lebih reaktif. Perak dan emas walaupun mahal juga dapat digunakan untuk melapisi logam agar tidak berkarat. Tetapi seng tidak dapat digunakan untuk melapisi kaleng makanan karena bersifat racun. walaupun lapisan tergores sehingga besi yang dilindunginya kontak dengan udara dan air. Kembang Api Warna-warna dari kembang api berasal dari terbentuknya reaksi pembakaran senyawa logam. 3. Krom biasanya digunakan untuk setang sepaeda. maka besi tetap berkarat. dan penghalang tabrakan yang sering diletakka pad tikungan tajam di jalan raya. logam lain yang sering dikorbankan untuk melindungi besi adlah magnesium.Timah. kran air dll. Contohnya magnesium menghasilakn warna putih. gagang pintu. kabel.Melapisi dengan logam yang lebih reaktif. Melapisi logam dengan plastik Plastik dapat dilakukan untuk melapisi besi agar tidak berkarat. 2. 3. atau peralatan dapur. 4. dan emas meruakan logam yang kurang reatif dibandingkan denagn besi. Contohnya: kursi taman. Magnesium digunakan untuk tiang penyangga di pengeboran minyak lepas pantai. bemper mobil. rak piring. . Kelebihannya. Contohnya: mesin kendaraan dan mesin pabrik. Magnesium juga digunakan untuk melindungi rel kereta api. Melapisi logam dengan logam lain .Minyak dan pelumas digunakan untuk melapisi peralatan yang terbuat dari logam. Biasanya dilakukan pada besi penopang jembatan atau bangunan. misalnya bakteri. krom. perak. Kelemahan pelapisan dengan logam yang kurang reaktif yaitu jika lapisan tergores dan besi yang dilindunginya kontak dengan udara dan air. dan natrium menghasilkan kuning. strontium menghasilkan warna merah tembaga mengasilkan warna biru. 5. pagar. Penggunaaan timah untuk kaleng makanan dan minuman dilakukan karena bersifat tidak reaktif terhadap bahan-bahan kimia dalam makanan dan tidak bersifat racun. Mikroorganisme membutuhkan makanan untuk memperoleh energi dan berkembang biak. Pembusukan Makanan Pembusukan makanan terjadi karena pengaruh mikroorganisme. . besi tidak akan mengalami korosi selam masih ada seng yang tersisa. Logam yang digunakan adalah seng. Mengorbankan logam lain Selain seng. Proses pelapisan menggunakan seng disebut galvanisasi.

sedangkan asam organik dinyatakan asam lemah. asam laktat. Basa Basa juga dibagi dua. DAN GARAM A. Asam mineral umumnya bereaksi lebih cepat daripada asam organik. 2. Beberapa jenis asam Asam Kuat atau lemah Asam askorbat Lemah Asam karbonat Lemah Asam sitrat Lemah Asam etanoat Lemah Asam laktat Lemah Asam klorida Kuat Asam nirat Kuat Asam fosfat Kuat Asam sulfat Kuat Terdapat dalam Buah-buahan Minuman berkarbonisasi Buah jeruk Cuka Susu basi Lambung Bahan pupuk atau peledak Cat anti karat dan bahan pupuk Aki dan bahan pupuk Asam organik adalah asam yang diekstraksi dari hewan atau tumbuhan. asam etanoat.BAB II ASAM. Asam klorida atau asam lambung yang terdapat di tubuh kita tergolong asam kuat. Asam mineral adalah asam yang dibuat dari mineral tertentu. Itu sebabnya asam mineral dinyatakan asam kuat. asam klorida. asam askorbat. Pepsin merupakan enzim yang berfungsi untuk mencerna atau memecah protein agar lebih mudah diserap oleh tubuh. asam sitrat. BASA. yaitu asam lemah dan asam kuat. Contohnya asam karbonat. Asam lambung berfungsi untuk berfungsi membunuh bakteri atau kuman penyakit yang masuk bersama makanan. Contohnya asam sulfat. yaitu basa lemah atau basa kuat. Selain itu asam lambung juga membantu pencernaan dengan mengubah pepsinogen menjadi pepsin. ASAM DAN BASA 1. Beberapa jenis basa Basa Amonia Natrium hidroksida Kalsium oksida Magnesium hidroksida Natrium hidroksida Kuat atau Lemah Lemah Kuat Kuat Kuat Kuat Terdapat dalam Bahan pemutih dan pembuatan pupuk Obat untuk mengurangi tingkat keasaman tanah Bahan pembuatan semen dan beton Tablet untuk mengurangi asam lambung Bahan pembersih oven dan bahan pembuatan sabun . Asam Asam dibagi dua macam. asam nitrat.

sampai warna ungu yang menunjukan basa kuat. kemudian dilihat perubahan warnanya.. Ada dua macam kertas lakmus. Suatu senyawa tergolong asam bila kertas lakmus biru berubah warna menjadi merah. bunga mawar. Jenis bas atertentu juga dapat merusak kulit. misalnya berwarna merah jambu bila ditanam pada tanah yang basa. Indikator berupa kertas yang paling terkenal adalah kertas lakmus. ketika berhubungan dengan senyawa basa dianjurkan untuk memakai sarung tangan yang terbuat dari karet. Oleh karena itu. maka kulit dapat mengalami iritasi. Bunga hydrangea. bunga hydrangea berwarna biru bila ditanam pada tanah yang asam. Namun. indikator yang dapat digunakan adalah indikator universal. kol merah. tetapi kertas lakmus merah tidak berubah warna. Cara pemakaiannya adalah kertas lakmus dimasukkan ke dalam suatu senyawa. hijau yang menunjukan basa lemah. dan wortel. misalnya bunga hydrangea. SIFAT-SIFAT ASAM DAN BASA Cara paling aman dan mudah untuk menetahiu apakah suatu zat tergolong asam atau basa adalah menggunakan indikator. Indikator juga dapat berasal dari alam. yaitu kertas lakmus berwarna merah dan kertas lakmus berwarna biru. Perubahan warna yang terjadi mulai dari merah yang menunjukan asam kuat kemudian oranye dan kuning yang menunjukan asam lemah. .B. Selain kertas lakmus. Bila senyawa asam tertentu mengenai kulit.

Reaksi asam dengan senyawa karbonat Asam dapat bereaksi dengan senyawa karbonat menghasilkan snyawa lain. Persamaan reaksi dituliskan sebahai berikut: Asam + basa → Garam + air Yang tergolong garam tidak hanya natrium klorida dan garam dapur. a. maka timbul gelembung gas.Beberapa sifat asam dan basa Sifat asam • Mempunyai rasa asam dan bersifat korosif • Dapat mengubah warna kertas lakmus biru menjadi merah Sifat basa • Mempunyai rasa pahit dan dapat merusak kulit. . dan air. Reaksi asam dengan logam Asam dapa tbereaksi dengan logam menghasilkan senyawa lain dan gas hidrogen.. Asam juga mempunyai sifat lain ynag dapat diamati ketika dilakukan reaksi antara asam dengan unsur/senyawa lain. terbentuk juga senyawa magnesium sulfat. Sebagai contoh persamaan reaksinya sebagai berikut: Kalsium karbonat + Asam klorida → Kalsium klorida + Gas karbon dioksida + air c. Reaksi asam dengan oksida logam Asam dapat bereaksi dengan oksida logam menghasilkan senyawa lain dan air. Teras licin seperti sabun bila terkena kulit. yang merupakan gas hidrogen. Salah satu manfaat asam lambung adalah membantu proses pencernaan. Namun asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. REAKSI NETRALISASI Reaksi antara asam dengan basa yang menghasilkan garam dan air disebut reaksi netralisasi. Contoh persamaan reaksinya: Asam sulfat + Tembaga oksida → Tembaga sulfat + air C. b. Penggunaan magnesium hidroksida akan menetralisir asam lambung yang berlebih tersebut. Contoh persamaan reaksinya: Logam magnesium + Asam sulfat → Magnesium sulfat+gas hidrogen Ketika logam magnesium dimasukkan ke dalam larutan asam sulfat. tetapi masih banyak jenis garam yang lain. gas karbon dioksida. • Dapat mengubah warna kertas lakmus merah menjadi biru. Smentara itu. Garam-garam tersebut dapat dihasilkan melalui reaksi netralisasi: Asam sulfat + Kalium hidroksida → Kalium sulfat + air Asam nitrat + Lithium hidroksida → Lithium sulfat + air Asam klorida + Kalsium hidroksida → Kalsum klorida + air Beberapa reaksi netralisasi dalam kehidupan sehari-hari: • Asam klorida atau asam lambung yang terdapat di lambung.

maka tanah diberi kapur (basa) sebelum ditanami. pH meter adalah alat yang dapat langsung digunakan untuk mengukur pH larutan. pH meter mempunyai elektrode yang dicelupkan ke dalam larutan yang diukur pH-nya.• • • • Sengatan lebah merupakan penyuntikan bahan kimia ke bawah kulit yang dapt mengakibatkan iritasi pada kulit. Tanah seringkali terlalu asam untuk ditanami karena pengaruh polusi. Untuk mengatasinya ditambahkan basa untuk menetralkan asam yang terkandung dalam limbah. Sengatan tawon bersifat basa.Utuk menetralkan sengatan lebah dapat digunakan bakaing soda (natrium bikarbonat). Senyawa netral mempnyai pH=7 Senyawa basa mempunyai pH lebih dari 7. Limbah cair dari industri kadang-kadang menagndung asam. Senyawa asam mempunyai pH kurang dari 7. Untuk mengurangi tingkat keasaman tanah. SKALA KEASAMAN • • • Skala keasaman dan kebasaan dari suatu senyawa dinyatakan dengan skala pH. maka senyawa tersebut makin basa. Nilai pH menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan suatu senyawa. D. Makin kecil nilai pH. Nilai pH dari suatu larutan dapat diketahui dengan indicator universal dan pH meter.Untuk menetralisirnya digunakan asam cuka. maka senyawa tersebut makin asam. Makin besar nilai pH suatu senyawa. Indikator universal yang berupa larutan atau kertas akan memberikan warna tertentu jika diteteskan atau dicelupkan ke dalam larutan asam atau basa. Sengatan lebah bersifat asam. . Nilai pH langsung diketahui dari layar yang terdapat pada alat.

kemudian menghanyutkannya ke sungai. • Hujan asam yang bereaksi dengan logam dapat merusak jembatan. Hujan asam juga dapat melarutkan aluminium dari mineral didalam tanah dan bebatuan. bodi mobil. kapal laut. Akibat-akibat yang dihasilkan dari hujan asam: • Hujan asam dapat menyebabkan matinya tumbuhan dan ikan. Larutan-lrutan ini bercampur dan turun bersama hujan. Inilah yang dinamakan dengan hujan asam. Ini dapat meracuni ikan dan makhluk hidup lainnya. mengandung gas belerang dioksida dan nitrogen oksida.Warna standar indikator universal dengan nilai pH-nya E. Lalu gas-gas ini dilepas ke udara sehingga menimbulkan pencemaran udara. • Hujan asam juga dapat merusak bangunan-bangunan yang terbuat dari batu kapur. Gas-gas ini juga larut dalam titik-titik air di awan sehingga membentuk larutan asam sulfat dan asam nitrat. HUJAN ASAM Gas-gas sisa yang berasal dari kendaraan bermotoratau pabrik. atau struktur bangunan lainnya. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful