P. 1
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 3 SEKOLAH DASAR

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS 3 SEKOLAH DASAR

|Views: 164|Likes:
Published by Courtney Brown

More info:

Published by: Courtney Brown on Feb 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2014

pdf

text

original

NAMA NIM KELAS

: WIDIYATI QOYUMI : 10 015 141 :ID

BAB I LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN
A. LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN

1. Pernahkah kamu melihat pemandangan alam?
Benda-benda yang tampak dalam pemandangan tersebut adalah ciptaan Tuhan. Contoh: Keberadaan Hutan sangat penting bagi kehidupan manusia.Kayu yang dihasilkan dipergunakan untuk membuat meja,kursi,rumah,kertas,dll. Selain itu Hutan berfungsi sebagai penyerapan air hujan yang akan tersimpan di air tanah.

2. LINGKUNGAN BUATAN Lingkungan Buatan adalah Lingkungan yang dibuat oleh manusia. Contoh: a. Waduk atau bendungan b. Persawahan c. Perumahan d. Perkebunan e. Saluran irigasi f. Stasiun Kereta Api g. Terminal h. Bandar Udara I. Pelabuhan j. Perkantoran, dll.

B. MANFAAT LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN
1.

Manfaat Lingkungan Alam
a. Sungai - Untuk usaha perikanan - Sumber pengairan tanaman pertanian - Di Sumatra dan Kalimantan sebagai sarana transportasi. b. Danau - Usaha perikanan: 1.Menebar benih 2. Keramba: Membesarkan bibit ikan - Tempat Rekreasi - Sumber air c. Laut - Menampung mata air, air hujan, danau dan sungai berakhir di laut - Sumber perikanan - Sarana perhubungan laut - Tempat rekreasi ( Pantai ) d. Dataran Rendah - Pertanian - Pemukiman - Perkantoran e. Dataran Tinngi - Perkebunan - Tempat Rekreasi.

2. Manfaat Lingkungan Buatan
y Waduk

adalah Bangunan besar untuk menampung air. manfaat: - Tempat Wisata - Untuk mengairi sawah-sawah - Pembangkit listrik
y Persawahan

Untuk menanam berbagai tanaman guna memenuhi kebutuhan Pangan. Misalnya : Padi
y Perumahan

Sebagai tempat tinggal untuk melindungi dari panas,dingin, hujan dll.

BAB II MEMELIHARA LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN
A. Menjaga Lingkungan Alam Ada banyak kekayaan alam yang harus kita pelihara sebaikbaiknya, misalnya: 1. Air merupakan salah satu hal penting bagi kehidupan manusia yang digunakan untuk minum, mencuci pakaian, mandi, menyiram tanaman, dll. Cara memelihara air agar tidak tercemar: a. Di kamar mandi - Jangan mandi lama-lama - Selalu tutup keran bila tidak dipakai - Jangan biarkan air menetes dari keran - Perkecil air keran saat berwudlu

b. Di dapur - Kalau memanaskan air gunakan air seperlunya - Saat mencuci piring kotor gunakan air hanya untuk membilas c. Di luar rumah - Siramlah tanaman dengan air secukupnya - Cucilah kendaraan hanya bila benar-benar kotor - Jangan tinggalkan air mengalir terus saat membersihkan mobil, motor, atau sepeda. 2. Hutan Dengan melakukan penghijauan, agar dapat menyerap air hujan. Apabila tidak dilakukan penghijauan, akan mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Selain itu Hutan merupakan paru-paru dunia.

B. Menjaga Lingkungan Buatan
Lingkungan rumah yang bersih akan terhindar dari penyakit. Mengapa demikian? Karena Lalat biasanya senang hidup di tempat kotor.Saat hinggap,kotoran akan menempel di kaki lalat.Lalu lalat akan terbang dan hinggap di makanan.Nah,kotoran tersebut akan mendatangkan berbagai penyakit sperti tifus,kolera,sakit perut,disentri, dll.

Kita bisa menjaga Lingkungan buatan di rumah dengan cara: a. Jangan membuang sampah sembarangan.Jika tidak menemukan tempat sampah.Simpan sampahmu sampai menemukan tempat sampah. b. Bawalah tas besar atau keranjang saat ke pasar atau toko .Kamu bisa menghemat penggunaan kantong plastik yang dapat mencemari lingkungan karena tidak bisa hancur dalam waktu singkat. c. Padamkan lampu saat keluar ruangan. d. Matikan televisi bila tidak ditonton. e. Mintalah Ayah dan Ibu mengganti lampu dengan lampu hemat energi. f. Bila menggunakan AC, jangan terlalu dingin.Karena semakin dingin semakin banyak energi listrik yang dikeluarkan. g. Gunakan mesin cuci apabila cucian sudah menumpuk.Agar hemat energi.

BAB III DENAH LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH
A. Mengenal Denah
Denah adalah gambar yang menunjukan letak sesuatu. Sesuatu tersebut bisa berupa benda, rumah, lokasi tertentu, dll. Dengan menggunakan denah, orang akan mudah mencari suatu tempat, membuat rencana perbaikan tempat.

B. Mengenal Mata Angin
Mata angin berguna untuk menunjukan arah suatu tempat sehingga kita bisa cepat mencapainya. Mata angin juga memudahkan kita dalam menunjukan arah. Ada delapan penjuru arah mata angin: 1. Timur 2. Tenggara 3. Selatan 4. Barat Daya 5. Barat 6. Barat Laut 7. Utara 8. Timur Laut

Cara Mengetahui Arah Mata Angin
Di Indonesia Kita dapat mengetahui arah timur dengan melihat arah matahari terbit.Matahari terbit dari timur. Apabila kamu menghadap matahari terbenam,berarti kamu sedang menghadap ke arah barat. Arah mata angin digunakan oleh Nahkoda Kapal dan Pilot Pesawat Terbang untuk menentukan posisi kapan harus mendarat, berputar, terus berjalan, dsb.Apabila nahkoda tidak mengetahui arah mata angin, ia akan sulit mencapai tempat tujuan. Untuk menunjukan arah mata angin, kita bisa menggunakan kompas.Kompas selalu menunjukan arah utara.

C. Denah Sekolah
Cara membuat denah sekolah: 1. Gunakan sinar matahari untuk menentukan arah timur.Setelah itu tentukan arah utara.Buatlah garis mata angin.Lalu duduklah menghadap utara. 2. Di manakah poisi sekolahmu? Buatlah gambar sekolahmu sesuai dengan posisi arah mata angin. 3. Buatlah jalan yang ada di dekat sekolahmu. 4. Tentukan bangunan-bangunan yang ada di dekat sekolahmu.

BAB IV KERJA SAMA DI LINGKUNGAN RUMAH,SEKOLAH, DAN KELURAHAN/DESA
A.

Makna Kerja Sama Kerja sama yang baik adalah kerja sama yang saling menguntungkan.Artinya, kerja sama itu tidak boleh berat sebelah atau merugikan orang lain. Kerja sama yang baik juga harus dilakukan dengan sukarela.Apabila orang dipaksa bekerja sama maka hasilnya tidak akan baik. Misalnya, kamu bekerja sama dengan tempatmu membersihkan kelas.Tidak adil bila kamu menyuruh seluruh kelas sementara temanmu harus membersihkan mejanya sendiri.Kamu tentu mendapat perlakuan tidak adil.

B. Kerja sama di Lingkungan Rumah
Rumah adalah bangunan untuk tempat tinggal .Rumah merupakan lingkungan terdekat setiap orang.Di dalam rumah Ayah, Ibu, dan anak-anak hidup secara rukun. Kerja sama di lingkungan rumah ada dua yaitu kerja sama di lingkungan dalam dan kerja sama di lingkungan luar . Kerja sama di lingkungan dalam meliputi kegiatan yang melibatkan anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah. contoh: Masak dan membersihkan rumah. Kerja sama di lingkungan luar rumah berhubungan dengan tetangga. Misalnya: Membuang sampah pada tempatnya,bila ada tetangga yang kesulitan kita wajib membantu semampu kita.

C. Kerja Sama di Lingkungan Sekolah
Kerja Sama yang dapat dilakukan di lingkungan Sekolah yaitu: 1. Membuat Kelompok belajar. 2. Membersihkan Kelas. 3. Merapikan dan membersihkan taman sekolah.

D. Kerja sama di Lingkungan Kelurahan/Desa
Kantor Kelurahan adalah tempat bekerja aparat pemerintahan yang paling kecil.Biasanya terdapat di daerah perkotaan.Kepala lurah merupakan pegawai pemerintah yang di pilih oleh lembaga pemerintah di atasnya. Di Kelurahan sering diadakan gotong royong. Gotong royong atau kerja bakti adalah salah satu bentuk kerja sama masyarakat. Misalnya, Memperbaiki sarana jalan yang rusak,membersihkan saluran air, membersihkan tempat ibadah, membantu membawakan mekanan kecilatau membawa alat kebersihan.

BAB V PEKERJAAN
A.

Jenis-jenis Pekerjaan dan dan Kesempatan Kerja 1. Jenis-jenis Pekerjaan Pekerjaan yang ada bisa kita golongkan menjadi dua kelompok a. Kelompok pertama Pekerjaan yang mengandalkan pikiran atau otak. contoh: Guru, Dokter, Tenaga Medis, Pimpinan Kantor dan pengarang. b. Kelompok kedua Pekerjaan yang mengandalkan tenaga atau kekuatan. contoh: Buruh, Tukang Kayu, tukang Becak.

2. Kesempatan Kerja Setiap orang mempunyai kesempatan kerja jika mau berusaha.Pekerjaan apapun itu baik asalkan halal dan tidak bertentangan dengan peraturan Pemerintah. Kita bisa menciptakan lapangan kerja sendiri baik di Kota maupun di Desa,yaitu dengan berwiraswasta.Asalkan mau bekerja keras dan terus belajar.

B. Pentingnya Bekerja dan Semangat Kerja 1. Mengapa Orang Bekerja? Setiap orang perlu kegiatan untuk mengisi hidupnya. Bekerja merupakan salah satu kegiatan tersebut. Bekerja juga merupakan kewajiban. Alasan utama orang bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. Penghasilan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Jika kebutuhan ini tidak dapat dipenuhi, orang tidak dapat bertahan hidup.

2. Menjaga Semangat Kerja
ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja: -Suka bekerja keras dan pantang menyerah - Disiplin dalam melaksanakan pekerjaan - Jujur dalam bertindak - Selalu berusaha menyelesaikan masalah - Memiliki prinsip bahwa kesulitan bukanlah halangan, tapi merupakan tantangan untuk maju - Tidak malu bertanya

BAB IV SEMANGAT KERJA
A. Pentingnya semangat kerja dalam mencapai cita-cita 1. Semangat kerja adalah kekuatan atau kemauan untuk bekerja atau melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang diharapkan Tindakan yang kita lakukan harus terencana, terarah serta disiplin. Dengan melakukan semua itu, berarti kita mempunyai semangat kerja yang ditunjukkan dengan kerja keras mewujudkan cita- cita.

2. Pentingnya bekerja keras Ada empat alasan mengapa kerja keras itu penting: a. Sesuai dengan martabat manusia b. Memperlihatkan keluhuran budaya c. Menumbuhkan semangat untuk maju dan menjadi yang terbaik d. Menjadi modal bagi pembangunan

B. Mengembangkan semangat bekerja
1. Tanggung jawab 2. Kejujuran 3. Disiplin 4. Bersikap positif 5. Semangat hidup cermat, hemat, tepat dan bermanfaat

BAB VII SEJARAH UANG
Uang adalah alat pembayaran yang dipergunakan untuk membeli barang kebutuhan kita. A. Barter Pada jaman dahulu orang tidak menggunakan uang, melainkan menukarkan barang yang mereka miliki dengan barang yang dibutuhkan tadi. Jadi barang dijadikan sebagai alat tukar. Cara ini disebut Barter.

B. Uang pertama yang muncul Pada awalnya uang bukan terbuat dari kertas atau emas, melainkan dengan cara barter. Perdagangan terus berkembang. Cara barter dianggap tidak menguntungkan, kemudian muncullah uang koin yang terbuat dari emas agar nilainya dapat dipercaya.

C. Manfaat uang
a. Sebagai alat jual beli b. Sebagai alat pembayaran jasa c. Untuk menyimpan kekayaan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->