«teknik penulisan skripsi«

«oleh: iwan setiawan«

1 Objek dan Tempat Penelitian 3.4 Kegunaan Penelitian KAJIAN PUSTAKA.2 Identifikasi Masalah 1.2 Disain dan Teknik Penelitian 3. BAB III.3 Maksud dan Tujuan Penelitian 1. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penelitian 1.3 Data/Informasi yang Diperlukan (Operasionalisasi Konsep/Variabel) 3.«sistematika penulisan skripsi« BAB 1. KERANGKA PEMIKIRAN DAN HIPOTESIS 2.3 Hipotesis METODE PENELITIAN 3.5 Teknik Pengumpulan Data/Informasi 3. .7 Jadual Penelitian HASIL DAN PEMBAHASAN KESIMPULAN DAN SARAN BAB II. BAB V.4 Sumber Data/Informasi dan Cara Menentukannya 3. BAB IV.2 Kerangka Pemikiran 2.6 Rancangan Analisis dan/atau Rancangan Uji Hipotesis 3.1 Kajian Pustaka 2.

. Untuk pengguna . .masalah yang ditentukan 2.«proposal penelitian« BAB I 1..tujuan = gambaran hasil apa yang akan dicapai atau diperoleh dari pekerjaan (maksud) penelitian 1..3 Maksud dan Tujuan 1.1 Latar Belakang 1.2 Identifikasi Masalah 1.maksud = gambaran apa yang akan dikerjakan . (penentu) .fenomena.. -Sosial -ekonomi «harapan« 1.4 Kegunaan ..masalah penting. Untuk pengembangan ilmu 2. Untuk yang diteliti «kenyataan« «masalah« 3..

modal usaha petani terjamin ..bagaimana kinerja akses petani terhadap sumber modal 2. peneliti lain dan pembuat kebijakan atau pemerintah . (permodalan usaha) . (pokok) .3 Maksud dan Tujuan .masalah yang mendukung (faktor-faktor yang mempengaruhi lemahnya akses petani terhadap sumber modal) 1. Untuk yang diteliti (untuk petani) 3.maksud: mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi akses petani terhadap sumber modal (kredit) 1.harapan (ada kebijakan kredit lunak. Untuk peneliti (skripsi) 2..«contoh pendahuluan« BAB I 1. .2 Identifikasi Masalah 1.tujuan: 1. . Untuk pengguna (bank.kenyataan (banyak petani yang kurang modal dan sulit mendapat kredit) «masalah: (mengapa akses petani terhadap modal lemah) 1..4 Kegunaan 1...masalah penting. .mengetahui kinerja akses petani terhadap sumber modal 2. .1 Latar Belakang .. banyak sumber modal.mengetahui faktor yang mempengaruhi lemahnya akses petani terhadap modal .fenomena.

.kenyataan« (.«. .) 2.2 Identifikasi Masalah 1. (pokok) ««..« 1..1 Latar Belakang 1. 3.tujuan: «.fenomena.. (««.4 Kegunaan ..3 Maksud dan Tujuan 1. 2..«...harapan« («..maksud: «. 1.. ... Untuk yang diteliti «« . Untuk peneliti «... ...«) . .. Untuk pengguna «« «masalah« («.masalah penting.) 1.«) .contoh lain: latihan pendahuluan BAB I.masalah yang mendukung ««.

2.1 KAJIAN PUSTAKA 1.....3 HIPOTESIS 1. kajian pustaka harus baik dan lengkap (menjawab masalah). 2. maka harus memasukan SOP yang sama atau serupa 4. karena merupakan kunci bagi kerangka pikir.2 KERANGKA PEMIKIRAN 1. bisa juga berupa skema (bagan) 2. maka pakai hipotesis 3.«Bab II: kajian pustaka..... 2. hipotesis bisa pakai bisa tidak (jika desain penelitian kualitatif).. kerangka pemikiran dan hipotesis BAB II. kerangka berpikir bisa berupa uraian (rajutan) saja . apabila mengukur suatu kinerja program atau institusi. jika penelitian menggunakan desain kuantitatif. hipotesis ada yang berupa hipotesis kerja dan hipotesis uji (nol) . logika berpikir yang berwujud [resume] rajutan teori-teori yang disajikan dalam kajian pustaka. merupakan jalinan pikir (alur logika) untuk menjawab masalah penelitian yang dibangun oleh peneliti berdasarkan hasil analisis (membanding-bandingkkan satu teori dengan teori terkait lainnya) dari sub bab kajian pustaka. berisi pustaka (teori atau hasil penelitian) yang terkait dan dapat menjawab menjelaskan atau menjawab (sementara) masalah-masalah yang diidentifikasi 2. teori-teori atau hasil-hasil penelitian harus bervariasi agar dapat dibanding-bandingkan (untuk analisis) satu teori dengan teori yang lainnya 3. hipotesis dan operasionalisasi variabel 2. dan disesuaikan dengan masalah yang diidentifikasi 3..

uraian (resume) kita tentang sumbersumber modal dan jenis modal yang dapat diakses oleh para petani Paragraf 2.1.. Lemahnya kinerja akses petani dipengaruhi oleh fakto internal dan faktor eksternal . . ..4 faktor yang mempengaruhi akses petani (teori ±teori dan hasil penelitian): 1) faktor internal (karakteristik petani dan persepsi petani) 2) faktor eksternal petani 2..uraian kita tentang faktor yang mempengaruhi akses (sebutkan indikator karakteristik petani. persepsi petani dan faktor eksternal) yang akan digunakan 2. pengukuran akses dan hasil penelitian tentang akses petani) 2.uraian (resume) kita tentang prosedur mengakses dan mendapatkan modal (kredit) Paragraf 3.3 HIPOTESIS Hipotesis 1.1. Berdasarkan literatur..1. . .1 KAJIAN PUSTAKA 2. kinerja akses petani terhadap modal lemah Hipotesis 2.«contoh Bab II BAB II. 2.1.2 prosedur akses modal 2.3 akses petani terhadap modal (teori ±teori akses .2 KERANGKA PEMIKIRAN Paragraf 1.uraian (resume) kita tentang akses dan cara pengukuran akses (sebutkan indikator-indikator akses yang akan digunakan) Paragraf 4.1 modal dan sumber modal 2.

wawancara dengan quesioner 2.objek dan tempat ......desain kualitatif (teknik studi kasus) 2....kuantitatif (statistik) 1 ..teknik analisis & uji hipotesis 1.desain kuantitat if (teknik survey) 1...observasi 5. ..desain kualitatif (ovar sampai indikator) 2....sumber dan cara penentuan 1....wawancara mendalam (indepth) dengan guiden 3.data sekunder (lembaga terkait) .bab III metode penelitian BAB III .objek meruju pada ³fenomen a yang diteliti´ 2.ovar.desain kuantitatif (ovar sampai parameter) .. Tempat penelitian (lokasi detil) 1..disain dan teknik .wawancara denganangket 4.partisipasi aktif .kualitatif (deskriptif) 2.data primer (unit analisis) -sampel (acak dan purposive) -sensus -purposive 2...teknik pengumpulan data 1. Unit analisis (petani/ pelaku) 3.

contoh bab III metode penelitian BAB III .....teknik analisis & uji hipotesis 1..wawancara dengan quesioner 2. Tempat penelitian (lokasi detil) 1.data primer (petani) -sampel (acak) 2..kuantitatif (statistik) 1 ... Unit analisis (petani) 3.sumber dan cara penentuan 1..observasi ...disain dan teknik 1....kualitatif (deskriptif) 2.ovar.objeknya kinerja akses petani dan faktorfaktor yang mempengar uhinya 2.desain kuantitatif (teknik survey) . .teknik pengumpulan data 1.desain kuantitatif (ovar sampai parameter) ..data sekunder (lembaga terkait) ...objek dan tempat .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful