P. 1
RANCANGAN PERCOBAAN

RANCANGAN PERCOBAAN

|Views: 642|Likes:
Published by smentigsmansa1

More info:

Published by: smentigsmansa1 on Feb 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2013

pdf

text

original

RANCANGAN PERCOBAAN PENGARUH PERBEDAAN MEDIA TANAM DAN SUHU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG HIJAU (Vigna radiata

)

Disusun oleh : KELOMPOK 3 XII IPA 4

PEMERINTAH KOTA MALANG DINAS PENDIDIKAN SMA NEGERI 1 MALANG Jl. Tugu Utara 1 Malang AGUSTUS, 2010

Judul Percobaan Pengaruh Perbedaan Media Tanam dan Suhu Terhadap Pertumbuhan Tinggi Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata) 3. Rumusan Masalah Bagaimana pengaruh perbedaan media tanam dan suhu terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau (vigna radiata) ? 6. 4. Tempat Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi SMA Negeri 1 Malang. 5. Metodologi Waktu Penelitian ini dilaksanakan pada 21 ± 31 Juli 2010. y Komposisi tanah dan ampas teh dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman secara signifikan. y Perbedaan suhu juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman tersebut. Hipotesis y Komposisi media tanam yang berupa campuran tanah dan ampas teh juga campuran tanah dan ampas jus mempengaruhi pertumbuhan tinggi tanaman. Alat y y y y y y 9 gelas air mineral penggaris spidol selotip sendok neraca Bahan . Tujuan Percobaan Tujuan dari penelitian kami adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan media tanam dan suhu terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau (vigna radiata). Tema Percobaan Pertumbuhan pada tanaman berbiji 2.1.

menaruh tanah ke dalam 6 wadah dengan perbandingan 1 : 1 antara tanah : ampas teh dan tanah : ampas jus 6.3 gram untuk 3 wadah 5. di tempat teduh dan lembab (20o . menimbang ampas teh 4.1o C). menaruh 9 wadah tersebut ke tiga tempat berbeda yakni di dalam kulkas (4o .y y y y 45 biji kacang hijau Tanah (437 gram) ampas teh (109. mengamati perkembangan tanaman.3 gram) ampas jus (109. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah tanah tanpa diberi perlakuan. Sedangkan variabel terikatnya yaitu kemunculan tunas. merendam biji kacang hijau selama satu malam 3. 7. dan banyak daun. menimbang ampas jus 109.22o C). tinggi tanaman. menaruh tanah ke dalam 3 wadah lainnya sebagai variabel kontrol 7. di bawah sinar matahari langsung (26o ± 30o C) 9. Variabel bebasnya antara lain campuran tanah dengan ampas jus serta campuran tanah dengan ampas teh. .3 gram untuk 3 wadah 109. Metode penelitian Penelitian ini bersifat eksperimental dan menyajikan data dalam bentuk deskriptif kuntitatif.3 gram) Cara kerja 1. menanam biji kacang hijau yang telah disiapkan 8. menyiapkan alat dan bahan 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->