TUGAS AKUNTANSI SYARIA ANALISIS PERBEDAAN LAPORAN KEUANGAN BANK KONVENSIONAL DAN BANK SYARIAH

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2010

maka bank syariah beroperasi berdasarkan kemitraan pada semua aktivitas bisnis atas dasar kesetaraan dan keadilan. Serta menawarkan jasa keuangan lain seperti: simpanan. danekuitas). dll. dkk :2009). Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut: NERACA • Terdapat beberapa akun yang tidak terdapat pada laporan keuangan bank konvensional dan menggambarkan transaksi-transansi syariah seperti akun piutang murabahah. asuransi. investasi tidak terikat. Berdasarkan prinsip syariah dan tidak menyalahi dewan syariah nasional (Iswandriyanto. Karena memiliki landasan dan prinsip yang berbeda dengan bank konvensional. • Terdapat tiga segmen pada sisi pasiva (kewajiban. Piutang pendapatan ijarah adalah piutang atas transaksi akad sewamenyewa antara muajjir (pemilik objek sewa) dan musta’jir (penyewa) untuk mendapatkan imbalan atas objek yang disewakannya. dll.Analisa Perbedaan Laporan Keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional Perbandingan antara Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri Lembaga Keuangan Syariah adalah badan usaha yang kekayaan utamanya berbentuk aset keuangan. investasi. piutang pendapatan ijarah. Bank syariah adalah bank yang beroperasi berdasarkan syariah atau prinsip agama Islam. Piutang murabahah adalah piutang atas transaksi jual beli barang dengan akad murabahah dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (marjin) yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Salah satu bentuk dari lembaga keuangan syariah adalah bank syariah. Kami mengambil contoh pada Bank Mandiri sebagai bank konvensional dan Bank Syariah Mandiri sebagai bank syariah untuk melihat perbedaannya. berbeda dengan neraca pada bank konvensional yang hanya dua segmen (kewajiban dan ekuitas) . laporan keuangan yang disajikan pun berbeda. memberikan kredit dan menanamkan dananya dalam surat berharga. pembiayaan. Sesuai dengan prinsip Islam yang melarang sistem bunga atau riba yang memberatkan. piutang istishna.

ada yang disebut Kewajiban Tidak Terikat. dan pembiayaan mudharabah. simpanan yg paling lancar adalah giro. sebelum pajak tangguhan. melainkan dicantumkan dengan nama pendapatan untuk bank. pembiayaan qardh. Ini menggambarkan bahwa BSM sebagai bank syariah tidak menerapkan bunga yang merupakan riba. dan pendapatan bagi hasil. cara dan obyek investasi. Hal ini berbeda pada bank mandiri (konvensional) yang pendapatannya berasal dari pendapatan bunga. • Dalam bank Mandiri konvensional. dan ada pengurangan dari hak pihak ketiga atas Bagi Hasil Investasi tidak terikat. disebutkan pada BSM pembiayaan ijarah. LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS . LAPORAN LABA RUGI • Akun pendapatan pada laporan laba-rugi berasal dari operasi utama yang terdiri dari pendapatan dari jual-beli. pendapatan sewa bersih. dan Deposito Mudharabah dari pihak bank-bank lain dan bukan bank • Pinjaman saham atau obligasi yang terdapat pada bank konvensional Mandiri. yang berisikan akun: Tabungan Mudharabah. BSM disebut Simpanan Wadiah • Dalam Neraca BSM.- Investasi terikat (Mudharabah muqayyadah) adalah akad mudharabah dimana shahibul mal memberikan batasan kepada mudharib mengenai tempat. • Terdapat aktiva Istishna’ dalam Neraca BSM. • Akun pendapatan bunga dalam Arus Kas Mandiri tidak dicantumkan pada BSM. - Investasi tidak terikat adalah investasi dari anggota dan calon anggota pada lembaga keuangan berupa tabungan dan simpanan berjangka dengan prinsip mudharabah al mutlaqah.

• Pada laporan Perubahan Ekuitas.38 WIB. Selain perbedaan pada ketiga laporan keuangan diatas. adalah pembuatan laporan mengenai Sumber dan Penggunaan Zakat. 23 September 2010 pukul 06. http://bmt-annur. 2009. Terdapat laporan mengenai sumber dan penggunaan qardhul hasan. DAFTAR PUSTAKA Iswandriyanto. perbedaannya adalah bahwa akun Pembayaran dividen pada bank konvensional Mandiri. ‘SOP Akuntansi pada LKMS’. Infaq dan Sadaqah.com/?pg=articles&article=1725. dicatat sebagai Bagian Keuntungan dan Imbalan untuk Bank pada BSM.dkk. BSM juga menyertakan laporan-laporan yang perlu untuk disajikan sebagai entitas syariah. yaitu: • • Satu laporan yang merupakan khas dari bank syariah. Admin. . Diakses pada Kamis. 2009. dicantumkan dilaporan keuangan BSM sebagai pendapatan non-halal. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta. ‘Lembaga Keuangan Syariah’. Pendapatan bunga pada bank konvensional mandiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful