1. Jaringan tumbuhan terdiri atas jaringan meristem dan jaringan dewasa. 2.

Jaringan meristem merupakan jaringan yang aktif membelah, sedangkan jaringan dewasa merupakan jaringan permanen, tidak mengalami pembelahan lagi dan telah berdiferensiasi. 3. Jaringan meristem terdiri atas meristem primer dan meristem sekunder. 4. Jaringan meristem primer adalah jaringan muda yang berasal dari sel-sel embrio, sedangkan meristem sekunder adalah jaringan dewasa yang berubah menjadi meristem. 5. Jaringan dewasa terdiri atas epidermis, parenkim, penyokong, dan pengangkut. 6. Epidermis merupakan jaringan terluar yang kadang-kadang berdiferensiasi membentuk trikoma. 7. Jaringan parenkim terdiri atas parenkim asimilasi, udara, air, makanan, dan pengangkut. 8. Jaringan penyokong terdiri atas kolenkim dan sklerenkim.

9. Jaringan pengangkut terdiri atas xilem dan folem. 10. Xilem berfungsi untuk mengangkut unsur hara dan air dari tanah menuju daun. 11. Floem berfungsi untuk mengangkut hasil asimilasi (makanan) dari daun ke seluruh tubuh. 12. Organ tumbuhan terdiri atas akar, batang, dan daun. 13. Jaringan hewan tersusun dari jaringan epitel, konektif, otot, dan saraf. 14. Jaringan epitel terdiri atas epitel pipih berlapis tunggal, epitel pipih berlapis banyak, epitel kubus berlapis tunggal, epitel kubus berlapis banyak, epitel silindris berlapis tunggal, epitel silindris berlapis banyak, epitel transisional, dan epitel kelenjar. 15. Jaringan otot terdiri atas otot lurik, otot polos, dan otot jantung. 16. Jaringan konektif terdiri atas jaringan pengikat, penunjang, darah dan limfe, serta jaringan penghubung berserat/lemak. 17. Jaringan saraf terdiri atas jaringan sensorik, motorik, dan konektor.

kelenjar ludah d. a. 6 c. 4 e... kolenkim d... aktivitas felogen pada korteks d. spons 7. 1. pengisi organ tanaman d. a. pada akar terdapat endodermis sedangkan pada batang terdapat endodermis e. (1) Meristem sekunder (4) Floem (2) Epidermis (5) Parenkim (3) Xilem (6) Meristem Interkalar Yang termasuk jarigan dewasa pada tanaman adalah ... a. 1-2-3-5-4 c. Lapisan terluar dari tumbuhan adalah . Apabila di antara xilem dan fl oem ditemukan kambium maka berkas pengangkutanya bertipe . 5. Berikut ini merupakan jaringan yang menyusun organ tanaman. 1-2-4-5-3 d. 1-2-3-4-5 b. pembelahan sel-sel pada berkas pengangkut 6. Jaringan epitel yang tersusun oleh epitel kubus berlapis banyak terdapat pada . kolateral 5.. pada akar tidak terdapat epidermis sedangkan pada batangterdapat epidermis b. a. endodermis c. Jaringan tersebut adalah . stomata tersembunyi dan sedikit c. penguat c..... mengangkut air dan mineral e. Pada tumbuhan terdapat jaringan sebagai pengisi tubuh tumbuhan dan penyimpanan makanan cadangan.. 4. 4.. Floem merupakan jaringan yang berfungsi untuk . a. korteks 9. Perbedaan struktur anatomi akar dan batang yang benar adalah .. Tanaman yang menyesuaikan diri dengan lingkungan kering akan menunjukkan . kelanjutan aktivitas tunas e. mulut c. kelenjar keringat . pertukaran gas b.. konsentris amfikribal b.. (1) Epidermis (2) Korteks (3) Floem (4) Xilem (5) Kambium Bila dilihat dengan menggunakan mikroskop dari dalam keluar berturut-turut akan tampak bagian ... 2. Adanya lingkaran tahun pada pohom disebabkan oleh . 3 d. 5 b. parenkim b. 3-5-4-2-1 e. batang tidak mengandung air d... bentuk daun lebar e. 3.. kolateral terbuka d. a.. parenkim d. sklerenkim e. pada akar terdapat epidermis sedangkan pada batang tidak terdapat epidermis d. Pada penampang melintang batang suatu jenis tumbuhan terdapat jaringan sebagai berikut. a. 4 2. 3. 4-5-3-2-1 3. palisade e. jaringan tiang b. mengangkut hasil fotosintesis 4. 1. kolateral tertutup e. kelenjar gondok b. menekan pertumbuhan daun 8.. 1..SOAL JARINGAN TUMBUHAN DAN HEWAN 1. konsentris amfivasal c.... a. stomata banyak b. pada akar tidak terdapat endodermis sedangkan pada batang terdapat endodermis 10. epidermis e. 2.. a. adanya jaringan meristem di antara jaringan pembuluh c.. a.. pembelahan aktif sel-sel xilem yang hidup b. pada akar tidak terdapat stele sedangkan pada batang terdapat stele c.

Sebutkan macam-macam jaringan otot! . sel schwan b. Sel saraf yang berfungsi menerima rangsangan disebut . a.... a. respirasi II.. Jaringan yang berfun gsi untuk mempersatukan jaringan-jaringan menjadi organ dan dari berbagai organ membentuk sistem organ disebut . tuba falopi adalah organ-organ yang menyusun sistem . otot polos bekerja tidak sadar e. otot polos mempunyai respon cepat terhadap rangsang c. neurit e. dendrit c... Jawablah pertanyaan -pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. badan sel 12. jaringan pengikat d. Apakah perbedaan struktur jaringan pada tumbuhan dikotil dengan monokotil? Tunjukkan dengan gambar yang lengkap! 4. reproduksi b. Jaringan apa saja yang menyusun tubuh tumbuhan? Sebutkan pula fungsi masing-masing jaringan itu! 2.e.. sirkulasi d. 4 dan 5 c. Apakah fungsi kambium bagi tumbuhan dikotil? 3. otot polos mempunyai inti banyak dan di tepi d. Ovarium.. Jaringan saraf tersusun dari sel -sel saraf. Jaringan apa saja yang menyusun hewan? Sebutkan pula fungsinya! 5. koordinasi c. jaringan proteksi e.. jaringan saraf c. Berikut ini adalah organ -organ pada hewan dan manusia.. jaringan epitel b... akson d. oviduk. a. 1 dan 2 d. otot polos mempunyai percabangan b. 1 dan 4 e. 2 dan 5 15. a. Perbedaan otot polos dengan otot lurik adalah .. uterus. otot polos melekat pada rangka 14. 3 dan 5 b. a. digesti e. (1) kulit (4) ginjal (2) lambung (5) pankreas (3) hati yang bukan termasuk organ penyusun sistem ekskresi adalah . kerongkongan 11.. jaringan otot 13..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful