Gerak vertikal sebuah batu dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan 10 m/s, ketinggian maksimum yang dicapai batu adalah

A: Untuk menyelesaikan soal ini, kamu cukup mengingat bahwa "dalam sistem gaya konservatif, energi selalu kekal. Energi kinetik dan energi potensial gravitasi bisa saling bertukar. Namun jumlahnya selalu tetap." Anggap ketinggian batu saat batu lepas dari tangan adalah 0 m. Dari rumus energi potensial Ep = m.g.h didapat Ep = 0. Energi kinetiknya, Ek = 1/2 .m.v^2 = 1/2 .m.100 = (50.m) Ketika sampai di titik paling atas, benda akan berhenti. Maka saat itu v -nya 0. Sehingga Ek = 0. Karena Ek + Ep selalu tetap, maka Ep di titik puncak adalah (50.m) + 0 = (50.m) m.g.h = 50.m g.h = 50 h = 5 meter , jadi tinggi maksimal batu adalah 5 meter. Black Hole (Lubang Hitam) apakah itu black hole? bagaimana terbentuknya? A: Black hole (lubang hitam) adalah daerah/region teoritis dari ruang angkasa yang di sana gaya gravitasinya sangat kuat sampai-sampai tidak ada sesuatupun, bahkan cahaya sekalipun, yang bisa keluar/meloloskan diri darinya. Adanya lubang hitam bisa dideteksi sebagai berikut : lubang hitam garvitasinya sangat besar sehingga semua objek didekatnya akan tertarik, termasuk bintang dan gas-gas. Bintang dan gas tersebut akan mendekat dengan cara mengitari lubang hitam tersebut (spinning), seperti spiral. Karena dipercepat, bintang dan gas tersebut akan memancarkan radiasi yang bisa di deteksi dari bumi. Oleh karena itu, lubang hitam dari bumi akan terlihat selalu diitari oleh pemancar gelombang radiasi. seperti gambar berikut. Lubang hitam terbentuk dari runtuhnya suatu bintang yang karena sudah tua umurnya, proses pembakaran di dalam intinya makin sedikit, sehingga tekanan dalam intinya menjadi rendah (ingat kan, PV = n.RT ; makin tinggi suhu, makin tinggi tekanan gas). Karena tekanan makin rendah, bintang tidak mampu lagi menahan gaya gravitasinya sendiri. Oleh karenanya, permukaan luar bintang tertarik ke dalam dan bintang makin kecil ukurannya tapi menjadi makin padat, smpai hanya berdiameter beberapa kilometer. Bila kita ingat kembali persamaan gaya gravitasi g = G.M/r^2 , karena nilai r menjadi kecil, maka g akan menjadi sangat besar. Lubang hitam juga bisa terbentuk dari hasil tumbukan energetik dua massa besar yang menghasilkan massa gabungan yang sangat padat.

Benang pembakar yang terlalu besar akan menjadikan lilin cepat habis. Benda yang gelap mempunyai reflektifitas yang rendah. Dan bahan lilin yang komposisi minyak (petroleumnya) besar. Makin besar kerapatan media (jumlah atom per unit volume nya tinggi). . Sementara benda yang reflektifitasnya rendah akan cepat menyerap kalor. Cepat lambatnya lilin terbakar ditentukan oleh tipe benang pembakar dan komposisi bahan lilin. juga lebih cepat habis terbakar. Bila ada muatan-muatan (lebih dari 1) yang berkumpul. Ciri lilin yang kandungan petroleumnya tinggi adalah bila dipegang terasa lengket/lembab/berminyak. Reflektifitas adalah kemampuan benda untuk memantulkan cahaya. maka besarnya medan elektrostatik nya merupakan jumlah dari muatan-muatan tersebut. makin besar pula kapasitas muatan listriknya. Radiasi kalor pada hakikatnya adalah pancaran gelombang elektromagnetik.Agar Lilin tidak Lekas Habis Bagaimana agar lilin bisa lebih awet dengan cara-cara fisika? A : Lilin bisa dibuat dari bermacam jenis minyak (minyak mineral maupun minyak nabati). Benda-benda yang permukaannya mempunyai reflektifitas (daya pantul) yang tinggi maka benda tersebut tidak cepat panas. Muatan listrik dihasilkan dari ketidak seimbangan antara proton dan elektron. Pengaruh warna pada daya serap kalor Bagaimana pengaruh warna benda terhadap daya serap kalor ? daya serapnya bergantung pada besaran apa ? A: Daya serap kalor oleh sebuah benda tergantung pada konduktifitas benda tersebut dan reflektifitasnya. Pengaruh Densitas Terhadap Gaya Elektrostatika Apakah perbedaan kerapatan medium suatu zat mempengaruhi besar kecilnya gaya elektrostatis ? A : Besar kecilnya gaya elektrostatik sesungguhnya dipengaruhi oleh besarnya muatan dan jarak antar muatan yang saling berinteraksi tersebut. Cahaya pun juga merupakan pancaran gelombang elektromagnetik. Kerapatan media akan menentukan kapasitas muatan yang bisa ditampung dalam media tersebut.

1173 millibars. di dalam medium tersebut terdapat 2 jenis gelombang EM. maka elektron tersebut akan ikut bergetar. gelombang asli dan gelombang hasil radiasi elektron medium. padatan. baik elektron bebas maupun elektron terikat. Materi bermuatan listrik yang bergerak dipercepat. Ttitik tripel air terjadi pada suhu 273. Sehingga.0060373057 atm). Gelombang elektromagnetik tersebut dihasilkan oleh getaran elektron di sumber gelombang tersebut. 0. Medim yang dilewati oleh cahaya (medium optis) juga merupakan kumpulan atom-atom yang memiliki elektron. Pembiasan itu gimana sih? pembiasan katanyakan bukan proses pembelokkan cahaya tapi perubahan kecepatan.. . kok bisa belok cahayanya??? A: Sinar/cahaya pada hakikatnya adalah gelombang elektromagnetik. dan gas.Apa itu titik tripel air? Apa yang dimaksud dengan titik triple air ? A: Titik tripel suatu zat adalah temperatur dan tekanan yang menyatakan pada suhu dan tekanan tersebut zat yang bersangkutan berada pada 3 fase yaitu cairan. Karena garis fase digambarkan selalu tegak lurus dengan berkas gelombang/sinar maka nampak belok mendekati garis normal. Saat gelombang elektromagnetik ini mengenai elektron pada medium. akan memancarkan radiasi elektromagnetik.01 °C) dan tekanan parsial gasnya 611.73 pascals (atau 6.16 K (0. Dua gelombang EM ini akan berinterferensi membentuk gelombang baru yang kecepatan fasenya lebih rendah dari gelombang asli.

apakah perbedaan antara kelajuan dan keceptan? A: Posisi adalah titik koordinat yang menyatakan tempat suatu benda terhadap titik acuannya. Perpindahan adalah perubahan posisi suatu benda dari titik awal ke titik akhirnya. kenapa listrik kalau dipegang menyetrum? 2.Jarak dan perpindahan 1. Kecepatan adalah perpindahan per satuan waktu.jarak. Kecepatan ini mempunyai arah. apakah yang perbedaan posisi. Kelajuan adalah besarnya kecepatan sesaat benda pada titik tersebut. Jarak adalah seluruh panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda. Kenapa listrik bisa menyetrum? saya punya 2 pertanyaan : 1.dan perpindahan? 2. kelajuan tidak mempunyai arah. kenapa es kalau kita sentuh lama-lama bisa lengket ? terima kasih!! .

Apa maksudnya resonansi dan interferensi? apa yang dimaksud dengan interferensi dan resonansi? A: Interferensi adalah perpaduan/superposisi 2 gelombang atau lebih yang membentuk pola gelombang yang baru. Saat kita menyantuh es lama. sedangkan resonansi adalah ikut bergetarnya suatu benda karena getara benda lain. kasih tau contoh deposisi. tapi melekat. Padahal kan perubahan suhu di lingkungan di sekitr kan tidak terlalu drastis. maka air yang ada di telapak tangan kita akan ikut membeku. Bagaimana sublimasi terjadi? Halo kak. yang sulit memungkingkan terjadinya penyubliman yang memerlukan kalor yang sangat tinggi. maka garputala tersebut akan ikut berbuyi. Atas . Misalnya ketika kita memukul garputala kemudian mendekatkannya dengan garputala lain yang diam. Misal nya. saya ingin bertanya nih kak. Peristiwa penyubliman kan perlu kalor. Apalagi di ruang ber AC. yang menyebabkan kalor di ruangan tersebut sangat sedikit tingkat nya ? Sekalian dong kak. pertanyaannya terlalu banyak. Maaf ya kak. Arus tersebut mengalir dari kutub positif ke kutub negatif atau bumi. kamper yang dipasang di lemari baju atau ruang AC. knp sih kamper bisa mengeluarkan bau dengan mudah. Barangkali istilahnya bukan lengket. Bila kita memakai isolator (misal mengenakan sepatu dari plastik/karet) maka arus listrik tidak bisa mengalir melalui tubuh kita & kita tidak tersetrum. yang jdi pertnyaannya nih kak. Akibatnya telapak tangan serasa 'dilem' dengan bongkahan es tersebut.A: Mendidih = proses berubahnya cairan menjadi gas dengan pemanasan Listrik menyengat karena didalam tubuh kita mengalir arus listrik. Soal ny kan. ruang ber AC memiliki suhu yg sangat rendah.

Sy sgt senang dgn disediakan layanan situs fisika ini. Meskipun pada ruang ber-AC. Gas CO2 ini akan terlepas sebagai gelembung-gelembung gas. Qs = QL + Qu Qs = m. knp soda mengeluarakan gelembung dari dasar botol. Hubungan translasi dan rotasi roda mobil Dear Fisika Asyik. akan tetap mengalami peristiwa sublimasi pada sushu berapapun. Thx and trims A: Soda dalam minuman merupakan senyawa garam karbonat yang tersuspensi dalam air. selama ada proses transfer kalor dari lingkungan. Piston pada mesin adalah gerak harmonik sederhana. . Apakah percepatan osilator sederhana pernah bernilai 0 mau nanya ne apakah percepatan osilator sederhana pernah bernilai 0 tolong di jelaskan dan apakah gerak pitron pada mesin mobil merupakan gerak harmonik sederhana? tolong di jelaskan A: Osilator sederhana pernah mengalami percepatan=0. transfer kalor dari udara ke zat tersebut bisa terjadi. Saat tutup botol dibuka atau botol digojog. Percepatan adalah perubahan kecepatan per satuan waktu.(L + U) jadi meskipun L (kalor peleburan) dan U (kalor penguapan) sangat besar. Saat getaran melewati sumbu getarnya. Sehingga perubahannya = 0 atau percepatannya=0. sya ucpkan terima kasih banyak. Piston menggerakkan engkol yang berbentuk lingkaran. maka kecepatan getar sesaat sebelum melewati sumbu getar sama dengan setelah melewati sumbu getar. Itu terjadi saat getaran melewati sumbu getarnya. Dengan demikian gerak piston merupakan proyeksi gerak sebuah titik pada engkol tersebut. garam karbonat ini akan menjadi H2CO3 yang mudah sekali teruari menjadi H2O (air) dan CO2 (karbondioksida). proses penyubliman akan tetap terjadi meski dengan m (massa) yang kecil. Sy pny satu prtnyan.jawabannya. Kalor sublimasi merupakan jumlah dari kalor peleburan + kalor penguapan. yg mnydiakan rubrik tny jwb. Namun perbedaan suhu ruangnga tersebut mempengaruhi seberapa cepat jumlah zat yang tersublimasi per satuan waktu. A: Zat-zat yang bisa mengalami sublimasi. Gas pada minuman bersoda Salam kenal kak.

.. Salam Henry Silalahi A: Gaya yang menarik benda (mobil) untuk bergerak adalah gaya gravitasi saja dan gaya yang membuat roda berputar adalah gaya gesek.2....m. bagaimana relasi persamaan gerak translasi (kendaraan) dan gerak rotasi roda? Terimakasih sebelumnya.r2).... (M+4m)a = (M+4m)g . Pada gerak rotasi roda ..@ f = (1/2..r)...g/r Apa benar bayang pada mata.@ f = (1/2....tapi pada kenyataanya terlihat tegak dan ukuran benda sama besar? A: Orientasi posisi retina pada mata juga terbalik sehingga perspektif yang diterima otak kita adalah tegak.diperkecil.terbalik. mobil akan meluncur dengan percepatan translasi a = (M+4m)/(M+6m).a/r = 1/2..4f .r)..m...m.r = I.....a . terbalik dan diperkecil? kenapa bayangan yang terjadi pada mata nyata. bagaimanakah diagram benda bebas dan persamaan gaya pada kendaraan yang meluncur pada miring? Karena ada roda..m.g *percepatan rotasi rodanya = @ = a/r = (M+4m)/(M+6m). misal sudut kemiringan lintasan adalah d. Bila bayangan tidak diperkecil maka untuk bisa melihat keseluruhan benda yang besar..a) (M+4m)a = (M+4m)g .@ = (1/2. (M+4m)a = (M+4m)g .m..(ii) persamaan (i) dan (ii) kita gabung menjadi . f....4.(1/2..(i) *dipakai 4f karena ada 4 roda yang bersentuhan dengan tanah...m....g *jadi.. Massa mobil tanpa roda = M massa 1 roda = m jari-jari roda = r gaya gesek = f percepatan sudut rotasi roda = @ Pada gerak translasi ..Saya mau tanya.a (M+6m)a = (M+4m)g a = (M+4m)/(M+6m)..

V = n. T2 = (2. P.V1/V1)..R. V = (nR/P). Perhitungan ini bisa kita mulai dari persamaan gas ideal. sedangkan tekanannya tetap? A: Mohon maaf atas ketidak nyamanannya pertanyaan baru direspon sekarang. kita bisa melihat sebuah truk yang besar.diperlukan bola mata sebesar benda tersebut. maka pelumas tersebut akan menutup lubang keluarnya udara sehingga balon tidak meletus. Misalnya. Balon ditusuk jarum tidak meletus ummmh saya pernah mencoba menusuk sebuah balon dengan jarum. Namun ketika jarum kita beri pelumas. mestinya mata kita harus sebesar truk tersebut.tetapi jarum tersebut saya lumasi terlebih dahulu dengan pilumas. Keluarnya udara inilah yang akan menginisiasi perobekan selaput balon menjadi makin besar sehingga balon meletus. 273 C.hasilnya balon tidak meletus apa yang terjadi? mohon penerangannya thx A: Saat kita menusuk balon dengan jarum biasa (tanpa diberi pelumas) maka pada lubang tersebut ada udara yang keluar. T1 Suhu ini harus kita nyatakan dalam satuan Kelvin.T1 V2 = (nR/P). maka yang mungkin berubah adalah Volume (V) dan suhu (T). . T1 = 2 x 273 = 546 Kelvin atau.dengan minyak.T2 V1/V2 = T1/T2 T2 = (V2/V1).T karena tekanan (P) tetap..T V1 = (nR/P). Berapa derajat gas harus dipanaskan? Sampai suhu berapa suatu gas yang suhunya 0C volumenya 100 cm3 harus dipanaskan agar volumenya menjadi 2 kali volume semula. maka persamaan tersebut bisa kita ubah. Bila tidak diperkecil bayangannya..

di permukaan bumi kita ini. Sinar tampak ini mempunyai panjang gelombang 400nm sampai 700nm. namun itu kecil sehingga bisa diabaikan. Jika tidak digunakan gas ideal maka akan kesulitan dlam menganalisisnya. Mengapa selalu dipakai gas ideal? kenapa gas ideal kok dplajari / masuk dlm bab? padahal didunia ini kan gas ideal jarang / hampir tidak pernah d jumpai A: Penggunaan gas ideal dimaksudkan untuk mempermudah perhitungan dan penganalisisan secara matematis. Semua adalah cahaya putih. Ketika kita memukul bola kasti kemudian bola tersebut melesat.?? A: Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja.. Cahaya ini merupakan gabungan bermacam gelombang cahaya dengan bermacam panjang gelombang. Berapa panjang gelombang cahaya lilin? mw tanya dunk berapa panjang gelombang cahaya lilin? trus minta teori yang mendukung atau situsnya yang menyatakan teori tersebut. Seperti halnya ketika kita berbicara lantai yang lincin sempurna. Ketika kita mampu berjalan maka artinya kita mempunyai energi.Apa sih energi itu? apa itu energi dalam pengertian sehari-hari. Ketika kita listrik mampu memutar kipas angin maka artinya listrik tersebut mempunyai energi. maka artinya kita mengeluarkan energi (mentransfernya ke bola kasti sehingga bisa bergerak). tidak ada yang lincin sempurna. Sinar yang terdeteksi oleh mata dinamakan sinar tampak. Air track (lintasan beralaskan hembusan udara) sekalipun masih ada gesekan dengan dengan udara. Masing-masing panjang gelombang mempunyai warna sendiri yang berbeda-beda seperti pelangi. thanks A: Cahaya yang dihasilak oleh lampu lilin sama dengan cahaya dari matahari. Apa itu sudut Zenit .

Es dingin karena energi kalornya rendah. Energi kalor adalah kombinasi energi gerak partikel-partikel dalam zat tersebut.. Apakah materi plasma itu? apa sih sifat benda plasma ( bintang)?? A: Plasma adalah gas yang terionisasi sebagian. Bedanya kinetika dan dinamika apa yang dimaksud dengan kinetika? dan apa yang dimaksud dengan dinamika? apa persamaan dan perbedaan dari kedua hal tersebut? tolong dijawab secepatnya. Elektron-elektron yang lepas ini masih tetap beredar di lingkungan palsma tersebut namun tidak 'menempel' ke molekul awalnya. Plasma tidak lagi bersifat seperti gas. sedangkan api panas karena energi kalornya tinggi. Jadi dengan kata lain muatan negatif (elektron) dan muatan positif (molekul yg kehilangan elektron) terbang sendiri-sendiri. Plasma memiliki sifat seperti gas yaitu tidak mempunyai bentuk dan volume yang tetap namun mengikuti bentuk wadahnya. Garis zenit adalah garis yang tegak lurus dengan permukaan bumi dan merupakan perpanjangan dari jari-jari bumi di tempat tersebut. bisa berbentuk berkas (beam). A: Sudut zenit adalah sudut yang menyatakan seberapa tinggi (posisi) objek. Plasma juga bersifat tidak seperti gas umumnya. Sudut zenit diukur dari garis garis zenit.. yaitu mengikuti medan elektromagnetik yang mengenainya..Terima kasih . Sebagian molekul gas tersebut kehilangan elektronnya. matahari atau satelit. planet. Objek tersebut bisa bulan. tolong dijelaskan. filamen. atau double layer tergantung medan elektromagnetik tersebut. cairan maupun padat.Saya mau tanya tentang "Sudut Zenit Bulan dan Sudut Zenit Matahari". Terimaksih. Karena lingkungan plasma penuh dengan muatan (yang saling memisahkan diri) maka plasma bersifat sangat kunduktif terhadap listrik dan elektromagnet. Es itu dingin dan api itu panas mengapa es itu dingin? dan mengapa api itu panas? A: Panas dan dingin adalah suatu indikator berapa banyak energi kalor yang dikandung oleh banda yang bersangkutan.

T Artinya.A: Kinetika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang garak suatu benda tanpa melibatkan pembahasan tentang gaya atau energi yang menyebabkan gerak tersebut. C = (9/5. gerak lurus berubah tidak beraturan. pada volume yang konstan. celcius dan fahrenheit akan bernilai sama pada suhu -40 derajat celcius. Dengan demikian. kinetika merupakan bagian dari dinamika. Suhu berapa Celcius = Fahrenheit pada skala berapa derajat celcius sama dengan derajat fahrenheit A: Mari kita hitung secara matematis : Rumus konversi clcius ke fahrenheit adalah = F = (9/5.C)+32 saat celcius dan fahrenheit sama nilainya. Jika temperatur diturunkan. (1 . temperatur dan tekanan dihubungkan dengan persamaan P.R. Misalnya pembahasan tentang Gerak Lurus Beraturan. Gerak lurus berubah beraturan. (-4/5) = 32 C = .40 Jadi. . tekanan ikut turun. Sedangkan Dinamika adalah pembahasan fisika mengenai gerak benda yang melibatkan pembahasan tentang energi dan gayanya. C = F sehingga. Hubungan tekanan dengan suhu APA HUBUNGAN tekanan dengan temperatur? A: Pada termodinamika.V = n.9/5) = 32 C. jika suhu dinaikkan maka tekanan gas juga akan naik.C)+32 C.