Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah

Beriman kepada rasul-rasul Allah maksudnya adalah membenarkan dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah mengutus pada tiap-tiap umat, seorang rasul yang mengajak umatnya menyembah Allah semata dan mengingkari sesembahan selain-Nya sebagaimana firman Allah, ³Dan sesungguhnya Kami telah mengutus para rasul pada tiap-tiap umat (yang menyerukan), µBeribadahlah kepada Allah (saja) dan jauhilah thaghut«¶´ (QS. An-Nahl: 36). Allah Ta¶ala selalu mengutus seorang rasul atau nabi kepada setiap umat sebagai pembawa peringatan kepada kaumnya, baik dengan membawa syari¶at khusus, atau dengan membawa syari¶at sebelumnya yang diperbaharui. Allah berfirman, ³Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, dan tidak ada suatu umat pun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan.´ (QS. Fathir: 24). 

Pengertian Iman Kepada Rasul-rasul Allah Iman kepada Rasul Allah termasuk rukun iman yang keempat dari enam rukun yang wajib diimani oleh setiap umat Islam. Yang dimaksud iman kepada para rasul ialah meyakini dengan sepenuh hati bahwa para rasul adalah orang-orang yang telah dipilih oleh Allah swt. untuk menerima wahyu dariNya untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia agar dijadikan pedoman hidup demi memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Menurut Imam Baidhawi, Rasul adalah orang yang diutus Allah swt. dengan syari¶at yang baru untuk menyeru manusia kepadaNya. Sedangkan nabi adalah orang yang diutus Allah swt. untuk menetapkan (menjalankan) syari¶at rasul-rasul sebelumnya. Sebagai contoh bahwa nabi Musa adalah nabi sekaligus rasul. Tetapi nabi Harun hanyalah nabi, sebab ia tidak diberikan syari¶at yang baru. Ia hanya melanjutkan atau membantu menyebarkan syari¶at yang dibawa nabi Musa AS. Mengenai identitas rasul dapat dibaca dalam Q.S. Al Anbiya ayat 7 dan Al-Mukmin ayat 78 yang artinya: ³ Kami tiada mengutus rasul-rasul sebelum kamu (Muhammad) melainkan beberapa orang laki-laki yang kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu jika kamu tiada mengetahui.´ (Q.S. al Anbiya: 7) "Dan sesungguhnya telah kami utus beberapa orang Rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada pula yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang Rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah; maka apabila telah datang perintah dari Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orangorang yang berpegang kepada yang batil." (Q.S. Al-Mukmin : 78)

Ahmad)  Tugas Para Rasul Tugas pokok para rasul Allah ialah menyampaikan wahyu yang mereka terima dari Allah swt. santun kepada yang lemah. mana hal-hal yang dilarang dan mana yang harus dikerjakan menurut perintah Allah swt. Mengajarkan kepada umat manusia bagaimana cara menyembah atau beribadah kepada Allah swt. 4." (H. untuk membuktikan kebenaran kenabian dan kerasulannya. penghinaan. sopan kepada sesama.´ dan bid¶ah adalah kesesatan. tidak jarang mereka mendapatkan tantangan. Memberikan contoh kepada umatnya bagaimana cara menghiasi diri dengan sifat-sifat yang utama seperti berkata benar. Menambah-nambah. dan jumlah rasul yang diutus sebelum Nabi Muhammad saw. memberikan keistimewaan yang luar biasa yaitu berupa mukjizat. Allah adalah maha pencipta. bahkan siksaan dari umat manusia. mengawasi dan mengaturnya dengan sendirinya (tauhid rububiyah) c. tidak boleh dibikin-bikin atau direkayasa. Allah mempunyai sifat-sifat yang berbeda dengan makhluqNya (tauhid sifatiyah) 2. Menjelaskan hukum-hukum dan batasan-batasan bagi umatnya. sebenarnya sangat banyak. Tugas ini sungguh sangat berat. sudah dicontohkan dengan pasti oleh para rasul.Dalam ayat di atas dijelaskan. menepati janji. Adapun tugas para nabi dan rasul adalah sebagai berikut: 1. sembahan manusia (tauhid uluhiyah) d. Ibadah kepada Allah swt. Mengajarkan aqidah tauhid. Karena begitu berat tugas mereka. yaitu menanamkan keyakinan kepada umat manusia bahwa: a. adalah mereka dari golongan laki-laki. kepada umatnya. wahai Rasulullah : berapa jumlah para nabi? Beliau menjawab: Jumlah para Nabi sebanyak 124. dan sebagainya. Mukjizat ialah suatu keadaan atau kejadian luar biasa yang dimiliki para nabi atau rasul atas izin Allah swt. bahwa rasul-rasul yang pernah diutus oleh Allah swt. tidak pernah ada rasul berjenis kelamin perempuan.000 orang dan di antara mereka yang termasuk rasul sebanyak 315 orang suatu jumlah yang besar. . Allah adalah Dzat Yang Maha Kuasa dan satu-satunya dzat yang harus disembah (tauhid ubudiyah). Allah adalah dzat yang pantas dijadikan Tuhan. puasa dan sebagainya. Ibadah dalam hal ini adalah ibadah mahdhah seperti salat. 3. Di antara para rasul itu ada yang diceritakan kisahnya di dalam Al-Quran dan ada yang tidak. b. maka Allah swt. merekayasa atau menyimpang dari apa yang telah dicontohkan oleh rasul termasuk kategori ³bid¶ah.R. dan sebagai senjata untuk menghadapi musuh-musuh yang menentang atau tidak mau menerima ajaran yang dibawakannya. pencipta alam semesta dan segala isinya serta mengurusi. ( ) : : "Dari Abu Dzar ia berkata: Saya bertanya. dapat dipercaya.

6. pernah bersabda: Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlaq yang mulia. . dan rasulNya bahwa mereka akan mendapatkan balasan surga. Sebaliknya mereka membawa kabar derita bagi umat manusia yang berbuat zalim (aniaya) baik terhadap Allah swt. al Bayyinah: 6-8) Tugas-tugas rasul di atas. (Syarh ath Thahawiyah fii µAqidah as Salaf hal 296) Syeikh µAthiyah Saqar mengatakan bahwa nabi adalah seorang manusia yang diberikan wahyu kepadanya dengan suatu syariat untuk diamalkan akan tetapi dia tidak diperintahkan untuk menyampaikannya. Sedangkan Rasul adalah seorang manusia yang diberikan wahyu dengan suatu syariat untuk diamalkan dan dia diperintahkan untuk menyampaikannya. ditegaskan secara singkat oleh nabi Muhammad saw.5. terhadap manusia atau terhadap makhluq lain. Menyampaikan kepada umatnya tentang berita-berita gaib sesuai dengan ketentuan yang digariskan Allah swt. Memberikan kabar gembira bagi siapa saja di antara umatnya yang patuh dan taat kepada perintah Allah swt.R. ia berkata: Rasulullah saw. jika dia diperintahkan untuk menyampaikannya kepada orang lain maka ia adalah nabi dan rasul sedangkan jika dia tidak diperintahkan untuk menyampaikan kepada orang lain maka ia adalah nabi dan bukan rasul.a. Rasul lebih khusus daripada nabi. (H. suatu puncak penderitaan yang tak terhingga. bahwa mereka akan dibalas dengan neraka. Setiap rasul adalah nabi dan tidak setiap nabi adalah rasul.dalam sabdanya sebagai berikut: : : ( ) Dari Abi Hurairah r.S. Ahmad bin Hanbal)  Perbedaan Nabi dan Rasul Ibnu Abil µIzz al Hanafi mengatakan bahwa mereka telah menyebutkan perbedaan antara nabi dan rasul dan yang terbaik adalah bahwa orang yang diberikan berita oleh Allah swt dengan berita dari langit. setiap rasul adalah nabi dan tidak setiap nabi adalah rasul. sebagai puncak kenikmatan yang luar biasa.(Q.

diantaranya ada 315 orang yang diangkat Allah swt. ciptakan. bergelar Abu al-Basyar (Bapak semua manusia) atau manusia pertama yang Allah swt. Usianya mencapai 950 tahun. dalam banjir yang dahsyat. Beliau berguru kepada nabi Syits AS. Hud AS. Firman Allah swt : Artinya : ³Hai nabi. Adam AS. yaitu: 1. Sesungguhnya kami mengutusmu untuk jadi saksi. Az Zukhruf : 6 ± 7) ±Fatawa al Azhar juz VIII hal 101)  Nama-nama Rasul yang Harus di Ketahui Berdasarkan hadis di atas jumlah nabi dan rasul ada 124. Diantara 315 orang nabi dan rasul itu. ada 25 orang yang nama dan sejarahnya tercantum dalam Al Quran dan mereka inilah yang wajib kita ketahui. adalah keturunan ke 6 dari nabi Adam. menjadi rasul. 4.´ (QS. adalah keturunan yang ke 10 dari nabi Adam. Dilahirkan dan dibesarkan di sebuah daerah bernama Babilonia. Sedangkan beliau dan umatnya diselamatkan oleh Allah swt. 3.000 orang. 2. maka terjelmalah Adam. Dan tiada seorang nabipun datang kepada mereka melainkan mereka selalu memperolokolokkannya. terletak . tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi.Muhammad saw adalah seorang nabi dan rasul.´ (QS.´ (QS. terjadi atas perkenanNya ³ Kun Fayakun´ artinya ³ Jadilah ! . Idris AS. Al Ahzab : 45) Artinya : ³Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu. dan adalah Allah Maha mengetahui segala sesuatu. karena naik bahtera yang sudah beliau persiapkan atas petunjuk Allah swt. sebagaimana firman Allah swt : Artinya : ³Berapa banyaknya nabi-nabi yang telah kami utus kepada umat-umat yang terdahulu. adalah seorang rasul yang diutus kepada bangsa µAd yang menempati daerah Ahqaf. Al Ahzab : 40) Kedua ayat tersebut menggabung tentang sifat kenabian dan kerasulan (dalam diri Muhammad saw) Terkadang suatu lafazh menempati lafazh yang lainnya. dan pembawa kabar gemgira dan pemberi peringatan. tanpa Bapak dan tanpa Ibu.´Usia nabi Adam mencapai 1000 tahun.. Umat beliau yang membangkang ditenggelamkan oleh Allah swt. Nuh AS. Beliau diangkat menjadi Rasul setelah berusia 82 tahun.

Beliau diutus ke wilayah Ninive. 11. dengan penyakit kulit yang sangat dahsyat. berarti paman nabi Yusuf AS. Dilahirkan di Babilonia. bersama ayahnya membangun (merenovasi) Ka¶bah yang menjadi kiblat umat Islam. diantaranya adalah nabi Yusuf yang kelak akan menjadi raja dan rasul Allah swt. Ayyub AS.Beliaulah nabi yang dikisahkan dalam al Quran sebagai seorang yang mempunyai paras yang tampan. (bacalah kembali kisahnya) 13. Nabi Ayyub digambarkan dalam Al Quran sebagai orang yang sangat sabar. Beliau diberi kitab suci Taurat oleh Allah swt. yang termasuk wilayah Saudi Arabia. 8. saudara kandung Yusuf putra nabi Ya¶qub.S. Jadi nabi Ismail dengan nabi Ishak adalah saudara sebapak. Ibrahim AS. Luth AS. Dzulkifli AS. 9. Beliau diuji oleh Allah swt. Kaum Tsamud sebenarnya masih keturunan kaum µAd. tetapi tetap bersabar dalam beribadah kepada Allah swt. adalah masih keturunan nabi Ya¶qub. 5. Harun AS. dengan diturunkan hujan batu bercampur api karena kedurhakaannya kepada Allah swt. Beliau diutus kepada Bani Israil. Mereka adalah keturunan Madyan ibnu Ibrahim a. 16. diutus untuk bangsa Tsamud. putra Azar si pembuat patung berhala. Ya¶qub AS. adalah putra Ish . Sarah. surah yusuf).s. kemudian diselamatkan oleh Allah swt. suatu perkampungan di daerah Mi¶an yang terletak antara syam dan hijaz dekat danau luth. adalah putra nabi Ibrahim AS. 12. terutama karena perilaku mereka yang suka mensodomi kaum laki-laki. Kaum nabi Luth dihancurkan oleh Allah swt. menempati daerah Hadramaut. sehingga beliau dibakarnya dalam api yang sangat dahsyat. antara lain dalam ibadah haji dan Ibadah Qurban. tetapi Nabi Ibrahim tidak mempan dibakar. Beliaulah yang menurunkan 12 keturunan yang dikenal dalam Al Quran dengan sebutan al Asbath. sehingga menjadi dasar pensyari¶atan ibadah Qurban bagi umat Islam. putra Nabi Ibrahim dari isterinya.diantara Yaman dan Aman (Yordania) sampai Hadramaut dan Asy-Syajar. Beliau keponakan nabi Ibrahim. Syu¶aib masih keturunan nabi Ibrahim. 7. Yusuf AS putra nabi Ya¶qub AS. Beliau berseteru dengan raja Namrud.Beliau masih keturunan nabi Nuh AS. yaitu daerah yang terletak antara sungai Eufrat dan Tigris. karena anak cucunya banyak yang menjadi nabi dan rasul. adalah saudara nabi Musa AS. Jadi nabi Ayyub dan nabi Yusuf adalah saudara sepupu. termasuk Zulaiha isteri seorang pembesar Mesir (bacalah kisahnya dalam Q. 6. bagian dari wilayah Yordania. Beliau juga dikenal sebagai Abul Anbiya (bapaknya para nabi). Musa AS. termasuk khitan. Sekarang termasuk wilayah Irak. Syari¶at beliau banyak diamalkan oleh Nabi Muhammad saw. Yunus AS adalah keturunan Ibrahim melalui Bunyamin. sehingga semua wanita bisa tergila-gila melihat ketampanannya. daerah Irak. berlainan ibu. yaitu daratan yang terletak antara Yaman dan Syam (Syiria). putra nabi Ayyub AS. Beliau adalah seorang anak yang dikurbankan oleh ayahnya Ibrahim. Nabi Ishak AS. Dalam sejarahnya beliau pernah ditelan ikan hiu selama 3 hari tiga malam didalam perutnya. Ish adalah saudara kandung Nabi Ya¶qub AS. 15. adalah putra Ishaq AS. Shaleh AS. Beliau tinggal di daerah Madyan. kepada kaum Sodom. Nama aslinya adalah Basyar yang diutus sesudah Ayyub. karena diselamatkan Allah swt. Ismail AS. Yang sama-sama berdakwah di kalangan Bani Israil di . dan beliau banyak belajar agama dari nabi Ibrahim. 17. dan Allah memberi nama Dzulkifli karena ia senantiasa melakukan ketaatan dan memeliharanya secara berkelanjutan 14. 10. Diutus oleh Allah swt.

adalah ittiba¶ (mengikuti Rasulullah saw. wanita suci yang kelak melahirkan seorang nabi. Semua itu jelas merupakan assa¶adah (kebahagiaan) hakiki di dunia maupun di akhirat. asy-syafa¶ah (mendapatkan syafaat dari Rasulullah saw. kepada umat Bani Israil dengan membawa kitab Injil. hidayatullah (petunjuk dari-Nya). Beliau diutus oleh Allah swt. Meskipun umurnya tidak sama. Yahya AS. Orang-orang yang melakukan ittiba¶ kepada Rasulullah saw. Zakaria AS. lahir dalam keadaan Yatim di tengah-tengah masyarakat Arab jahiliyah. Beliau juga terkenal sebagai seorang raja yang kaya raya dan mampu berkomunikasi dengan binatang (bisa bahasa binatang). Beliau punya kemampuan melunakkan besi. al-falah (kemenangan dan keberuntungan). Sulaiman AS. adalah keturunan Nabi Harun AS. mujawaratu arrasul (menjadi tetangga Rasulullah saw. tanpa seorang bapak. Tapi keduanya saling bahu membahu berdakwah di kalangan Bani Israil. 25. akan meraih banyak nata-ij[1] (manfaat dan buah positif). 21. µizzatun-nafsi (meperoleh kemuliaan jiwa di dunia dan akhirat). 23. sedangkan nabi Ilyasa masih muda. Beliau adalah nabi terakhir yang diberi wahyu Al Quran yang merupakan kitab suci terakhir pula. 20. Ilyas AS. yaitu Isa AS. adalah seorang nabi yang lahir dari seorang wanita suci. Dawud AS. sehari puasa. nadharatul wajhi (muka yang bersinar dan berseri di surga). Siti Maryam. rahmatullah (kasih sayang-Nya). diutus kepada Bani Israil. berdakwah bersama nabi Ilyas kepada bani Israil. adalah putra Dawud.).). terutama Rasulullah saw. mushahabatul akhyar fil jannah (bersama orang-orang pilihan di surga). Caranya dengan berselang-seling.adalah seorang panglima perang bani Israil yang diangkat menjadi nabi dan rasul oleh Allah swt. Isa AS. Tepatnya di wilayah seputar sungai Yordan. yang secara lahiriyah tidak mungkin lagi bisa melahirkan seorang anak. di surga). 22. Ia lahir atas kehendak Allah swt. Nabi Ilyas sudah tua. Muhammad saw. Beliaulah yang dianggap sebagai Yesus Kristus oleh umat Kristen. Kelahirannya merupakan keajaiban. suka tirakat. 24. . Bukti utama beriman kepada Rasulullah saw. Ilyasa AS. seorang nabi yang dikenal sebagai pengasuh dan pembimbing Siti Maryam di Baitul Maqdis. diberikan kitab suci yaitu Zabur. putra Abdullah. yaitu puasa dalam waktu yang lama.  Manfaat Mengikuti Rasululah SAW Salah satu rukun iman yang harus diyakini oleh setiap muslim adalah iman kepada para rasul. 19. di antaranya: mahabbatullah (cinta dari Allah). 18.Mesir. sehari tidak. karena terlahir dari seorang ibu dan ayah (nabi Zakaria) yang saat itu sudah tua renta. adalah putra Zakaria.

juga ditolak oleh Allah swt. berlepas diri dari orang tersebut. selalu mentaati beliau dalam setiap perintah dan larangan yang beliau sampaikan... dan Rasulullah saw. ketika menjelaskan makna ³Ahsanu µamala´ dalam surat Al-Mulk ayat 2 berkata. Dan siapapun yang mengaku melaksanakan Al-Qur¶an namun tidak ittiba¶ dengan sunnah Rasulullah saw. karena Al-Qur¶an hanya memerintahkan kita mendirikan shalat tanpa menjelaskan rincian tata cara shalat. ³Dan Kami turunkan kepadamu Al-Qur¶an agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan. Mengingkari salah satu rukun iman berarti mengingkari semuanya. Baru diterima jika memenuhi kedua syarat tersebut (ikhlas dan benar). fungsi hadits Rasulullah saw. sedangkan yang dimaksud dengan benar . Sebagai contoh. Intinya. : . maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.´ (An-Nahl: 44) Salah seorang ulama besar.. shaum (puasa). yang paling utama adalah mengikuti beliau dalam segala sisi kehidupannya. ³Yang dimaksud dengan ahsanu¶ amala (amal yang terbaik) adalah yang paling ikhlas dan paling benar. mengikuti dan mentaati Rasulullah saw. maka amal itu tidak diterima oleh Allah. tidak dalam Al-Qur¶an.´ (An-Nisa: 80) Barangsiapa mengaku mentaati Allah swt. haji. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu). ³Barangsiapa yang mentaati Rasul itu. Yang dimaksud dengan ikhlas adalah semata karena Allah. adalah bukti kongkret mengikuti Al-Qur¶an. sesungguhnya ia telah mentaati Allah. dan mengikuti sunnah Rasulullah saw. untuk dapat melaksanakan shalat dengan sempurna kita memerlukan hadits Rasulullah saw. namun tidak mau ittiba¶ Rasulullah saw. Karena sebuah amal jika dilakukan dengan ikhlas tapi tidak benar. adalah bukti ketaatan kita kepada Allah swt. Bahwa shalat diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam merupakan penjelasan yang kita temukan dalam hadits Rasulullah saw. Begitu pula dengan rincian pelaksanaan zakat. dan ibadah-ibadah lain. Fudhail bin µIyadh. : .Pada pembahasan-pembahasan sebelumnya telah ditegaskan bahwa beriman kepada para rasul ± alihimus salam ± adalah salah satu rukun iman dari rangkaian kesatuan 6 rukun iman. maka pengakuannya hanyalah pengakuan palsu belaka. Begitu pula sebaliknya. begitu pula dengan iman kepada rasul. jika amal itu benar tapi tidak ikhlas. adalah menjelaskan ayat-ayat AlQur¶an atau dengan bahasa lain kita tidak akan bisa mengamalkan Al-Qur¶an tanpa mengikuti sunnah Rasulullah saw. maka ketaatannya itu tidak sah menurut Al-Qur¶an. Sebab.. Ittiba¶ adalah bukti keimanan Bukti keimanan kepada Rasulullah saw.

Allah swt. niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.´ (Ali Imran: 31) Cinta kepada Allah swt. ³Perumpamaanku dan perumpamaan risalah yang diberikan Allah kepadaku seperti seorang laki-laki yang mendatangi suatu kaum lalu ia berkata. akan melahirkan buah manis berupa cinta Allah swt. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma¶ruf. yang dibuktikan dengan ittiba¶ kepada Rasulullah saw. pastilah orangorang yang berbuat baik atau ihsan (ingat makna ahsanu µamala menurut Fudhail bin µIyadh di atas). Katakanlah (hai Muhammad). sedangkan yang lain mendustakannya hingga pasukan itu menemui mereka dan meluluhlantakkan mereka. dan setiap perintah Allah swt. amat ingin menyelamatkan kita dari bencana dunia dan akhirat dengan syariat dan dakwah yang ia bawa. Buah Ittiba¶ Berikut ini adalah buah ittiba¶ kepada Rasulullah saw. karena syariat Islam adalah penyelamat bagi kita dari kehinaan dunia dan penderitaan di akhirat. apabila kita laksanakan dengan ikhlas dan benar pasti akan mendatangkan cinta dari-Nya. jika kita lakukan dengan benar adalah mahabbatullah (cinta dari Allah swt) sekaligus maghfirah (ampunan)Nya. 2. : (( )). Mahabbatullah Natijah (buah) dari ittiba¶ kita kepada Rasulullah saw. memerintahkan kita mengikuti Rasulullah saw. mencegah . maka segala kekurangan dan dosa yang terjadi akan mudah diampuni oleh Allah swt. Rasulullah saw telah bersabda. kuperingatkan kalian dengan sungguh-sungguh! Segeralah cari selamat (dari keganasan mereka)!¶ Lalu sebagian mereka mentaatinya sehingga mereka segera menghindar dari pasukan kejam itu hingga selamat.a. : ( ).´ (Dikutip oleh Ibnu Taimiyah dalam Majmu¶ Fatawa vol 18/hlm 250). ³Dan orang-orang yang beriman. sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Rahmatullah Orang-orang yang mentaati Rasulullah saw. µAku telah melihat pasukan tentara dengan kedua mataku. dengan mengikuti sunnah beliau akan memperolah rahmat dari Allah swt. dan orang-orang yang berbuat ihsan amat dekat dengan rahmat Allah swt. Ketika Allah telah mencintai hamba-Nya. Karena orang-orang yang mencontoh Rasulullah saw. ³Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah. Dari Abu Musa r.: 1. lelaki dan perempuan. berkata..adalah mengikuti sunnah Rasulullah. ikutilah aku.´ (Bukhari) Kita dapat merasakan dari hadits shahih di atas betapa Rasulullah saw.

dan shalat yang ditegakkan. Dan mereka Itulah teman yang sebaik-baiknya. Ahmad dalam Musnadnya. Orang yang ittiba¶ kepada Rasulullah saw. dan orang-orang saleh. mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah.´ (At-Taubah: 71) ³Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Mushahabatul Akhyar fil Jannah ³Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya). bersabda. orang-orang yang shiddiq. Maka barangsiapa kelesuannya tetap dalam sunnahku berarti ia telah mendapat petunjuk (dari Allah). orang-orang yang mati syahid. Hadits di atas menegaskan bahwa tetap berada dalam sunnah Rasulullah saw. berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan.´ (Al-A¶raf: 56). As-Syafaah :« ´ :³ »( ). para shiddiiqiin. »( Rasulullah saw. bersabda. Al-Baihaqi dalam Syu¶abul Iman. Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya. 4. ³Sesungguhnya setiap amal itu mempunyai puncak semangat. dalam segala keadaan akan mendatangkan tambahan petunjuk dari Allah swt. syuhada.dari yang munkar. yaitu para nabi. dan setiap semangat memiliki titik jemu (lesu). maka akan mendapat syafaatku di hari kiamat. ³Barangsiapa berdoa ketika mendengar panggilan adzan: µYa Allah Rabb seruan yang sempurna ini. dan barangsiapa kelesuannya tidak dalam sunnahku berarti ia celaka.´ (Bukhari). At-Thabarani dan Abu Nu¶aim). bangkitkan dia dengan kedudukan mulia yang telah Engkau janjikan kepadanya¶. akan dikumpulkan bersama orang-orang pilihan di surga nanti. (HR. sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan RasulNya.´ (AnNisa: 69). Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah. Hidayatullah « ). . dan shalihin. yaitu nabi-nabi. orangorang yang beriman selalu berusaha mengikuti sunnah Rasulullah saw. mendirikan shalat. ketika sedang bersemangat atau sedang lesu (kurang semangat). Rasulullah saw. Oleh karenanya. Ia tidak membiarkan dirinya hanyut dan terbawa bisikan setan sehingga membuatnya jauh dari hidayah Allah swt. 3.

7. adalah mendengarkan. dan menghapal hadits Rasulullah saw. 5. dengan mengikuti sunnah beliau. Dan boleh jadi pembawa fiqih bukanlah seorang yang faqih. Atau bahkan bisa jadi yang menyampaikan sebuah riwayat tidak memahami riwayat tersebut. memahami. Hadits di atas juga menyatakan bahwa mungkin saja orang yang disampaikan kepadanya suatu ilmu kemudian ia lebih paham daripada yang menyampaikan. Boleh jadi seorang pembawa fiqih menyampaikan (ilmunya) kepada orang yang lebih paham. Logikanya. Orang yang mempelajari hadits Rasulullah saw. Nadharatul Wajhi Salah satu bentuk ittiba¶ Rasulullah saw. adalah sesuatu yang membuat kita berhak mendapatkan syafaat dari beliau.´ (Tirmidzi).´ (Tirmidzi dan Thabarani di Al-Mu¶jam Al-Awsath).. dan barangsiapa mencintaiku. « ). saja yakni membaca doa setelah adzan. menghafal kemudian menyampaikannya apa adanya tanpa menambah atau mengurangi. dan memahami hadits Rasulullah saw. Jika kita itu kita lakukan kita berhak mendapatkan wajah yang bersinar di hari kiamat nanti. kemudian menyampaikan teks hadits itu apa adanya dengan penuh amanah tanpa menambah atau mengurangi sedikitpun. akan membuat pembacanya berhak mendapatkan syafaat beliau. Rasulullah saw.Hadits di atas menunjukkan keutamaan doa setelah adzan.. maka orang itu lebih berhak untuk mendapatkan syafaat beliau. maka ia bersamaku di surga. berarti ia mencintaiku. sedangkan yang disampaikan justru memahaminya dengan baik. seperti sabda beliau: (( )) ( ) »( ³Barangsiapa menghidupkan sunnahku. 6. Izzatun Nafsi . kemudian menyampaikannya kepada orang lain. menghafal. jika mentaati satu perintah Rasulullah saw. ³Semoga Allah menyinari (wajah) seseorang yang mendengar hadits dari kami. Hadits di atas mendorong kita untuk selalu bersemangat mempelajari. apalagi dengan mengikuti dan mentaati sunnah beliau secara keseluruhan. Ia juga mengisyaratkan bahwa mengikuti perintah dan arahan Rasulullah saw. bersabda. lalu ia hafal sehingga ia menyampaikannya kepada orang lain.. maka ia akan berusaha sekuat tenaga untuk ittiba¶ kepada Rasulullah saw. mempelajari. Mujawaratur Rasul Orang yang mencintai Rasulullah saw. maka Allah akan membuat wajahnya berseri dan bersinar. Maka orang ini akan bersama Rasulullah saw di surga.

di atas adalah orang-orang yang pasti berbahagia hidupnya dengan kebahagiaan hakiki di dunia maupun di akhirat. Betapa tidak? Ia telah mendapatkan kecintaan. ia tidak lagi peduli dengan kemuliaan di mata manusia selama ia mulia di sisi Allah. mereka itulah orangorang yang beruntung. akan meraih kemuliaan dan kekuatan jiwa dihadapan Allah swt. 8. Jika kepada Nabi Muhammad SAW itu berupa Kitab Suci Al-Qur¶an. Ingatlah. Dengan itu semua terangkatlah dirinya menuju tempat yang tinggi dan mulia. dan dari celah-celah . dan berbagai anugrah lain dari Allah swt. dari kejauhan melihat bara api yang membara. 4.´ (An-Nahl: 97)  Cara Nabi dan Rasul Menerima Wahyu Para rasul menerima wahyu dari Allah SWT ada beberapa cara: 1. 3. Malalui Tabir Mimpi. ampunan. kemuliaan itu terletak pada mengikuti Allah Al-µAziz (yang memiliki Izzah atau keperkasaan) dan mengikuti Rasul-Nya. Al-Falah ³Maka orang-orang yang beriman kepadanya (Muhammad saw). baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman. Lansung dari Allah SWT. dengan ikhlas semata-mata karena mencintai Allah dan Rasul-Nya.´ (AlMunafiqun: 8). tetapi orang-orang munafik itu tiada mengetahui. rahmat. maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.Orang yang mengikuti Rasulullah saw.´ (Al-A¶raf: 157) Keberuntungan pasti akan diperoleh oleh mereka yang selalu ittiba¶ kepada Rasulullah saw. bagi Rasul-Nya dan bagi orang-orang mukmin. Dengan Perantara Malaikat Jibril. dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur¶an). hidayah. tanpa perantara. Sehingga beliau terdorong untuk mendekatinya. memuliakannya. menolong (ajaran)nya. ³Padahal µizzah itu hanyalah bagi Allah. memuliakannya. dan selalu mengikuti cahaya Al-Qur¶an. 9. Nabi Ibrahim AS. menerima wahyu agar menyembelih putranya Nabi Ismail AS. Jika kepada Nabi Muhammad SAW itu disebut dengan hadits Qudsi. Dari Balik Tabir Suatu Benda. Suatu ketika Nabi Musa AS. Kebahagiaan hakiki di dunia dan akhirat Tak dapat diragukan lagi bahwa orang yang mendapatkan semua nataij dari mengikuti Rasulullah saw. 2. Nabi Ibrahim menerima wahyu itu disaat tidur malalui mimpinya. dengan beriman kepadanya. menolongnya. ³Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh.

menyampaikan risalah-Nya. Mencintai para rasul dan memuji mereka dengan tidak berlebih-lebihan (ghuluw). karena mereka hanyalah seorang utusan Allah yang juga beribadah hanya kepada Allah Ta¶ala.api itulah keluar suara Allah yang ternyata wahyu yang Allah berikan kepada Nabi Musa AS. 6. Mengetahui rahmat dan pertolongan Allah kepada hamba-Nya. dan memberi nasehat kepada hamba-hamba-Nya. 2. di mana keberadaan para rasul merupakan petunjuk jalan hidayah kepada Allah Ta¶ala. . 1.  Faedah Beriman Kepada para Rasul dan Nabi 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful