P. 1
Perilaku Terpuji Dan Berkarya

Perilaku Terpuji Dan Berkarya

|Views: 1,562|Likes:
Published by Ida Nurhidayati

More info:

Published by: Ida Nurhidayati on Feb 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

Tugas agama BERPERILAKU TERPUJI

Perilaku terpuji adalah metode kebiasaan perjalanan hidup atau perilaku baik yang dilakukan oleh manusia yang mendatangkan manfaat. Contoh perilaku terpuji antara lain adalah : • Tawadhu : rendah hati • Qana’ah :berfikir positif • Taat kepada jalan Allah • Jujur pada setiap perkataan • Ikhlas dan sabar menjalani cobaan • Adil dalam suatu hal • Besyukur atas nikmat yang didapat • Husnuzan : bebaik sangka pada Allah • Menghargai karya orang lain A. Etikat Islam dalam Berkarya dan Tujuannya Berkarya berasal dari bahasa sansekerta yaitu “karya” yang berarti kerja, usaha, atau ikhtiar. Berkarya bisa juga diartikan bekerja yang merupakan keinginan manusia untuk melakukan sesuatu yang mendapatkan hasil. Perintah bekerja atau berkarya disebutkan dalam Al-Qur’an surat AL-Qasas ayat 77: ‫الخرۖ ول تنس نصيبك من الدن ۖ وأحسن كما أحسن ال إلي ۖ ول تبغ الفساد في‬ ِ َ َ َ ْ ِ ْ َ َ َ ‫ْ ِ َة َ َ َ ْ َ َ ِ َ َ ِ َ ّ ْيا ََ ْ ِ ْ َ َ َ ْ َ َ ّ ِ َ ْك‬ َ ُ َ َ Artinya: “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan jangan lah kamu melupakan bahagiamu dari (kenikmatan) duniawi.” (QS. Al Qasas, 28: 77) Sabda Rosulullah SAW : “Bekerja mencari rezeki yang halal itu wajib bagi setiap muslim.” (H.R Thabrani) Sebagai seorang muslim di dalam berkarya dan bekerja hendaknya sesuai dengan etika Islam yaitu: 1. melandasi setiap pekerjaan ikhlas semata-mata karena Allah SWT , dan hanya mengharapkan Ridha-nya. 2. mencintai pekerjaannya. 3. memulai setiap pekerjaan dengan berdoa. 4. melaksanakan pekerjaan dengan cara halal dan baik.

5. 6. 7. 8.

tidak melakukan kegiatan bekerja yang dilarang. tidak membebani diri dengan hal-hal diluar batas kemampuan. memiliki sifat-sifat terpuji. bersabar jika menghadapi kesulitan-kesulitan dan bersyukur jika meraih kesuksesan. 9. menjaga keseimbangan bekerja. Tidak hanya kepentingan dunia tetapi juga akhirat. B. Menghargai Karya Orang Lain Maksud dan tujuan menghargai karya orang lain adalah: 1. menjalin hubungan tali kasih sayang, khususnya yang memberi penghargaan dan yang diberi penghargaan. 2. membuat senang/gembira orang atas hasil karya yang dihargai. 3. mendorong diri (khususnya yang berkarya) untuk meningkatkan kualitas karyanya supaya lebih baik. 4. menjauhkan diri dari suka menghina atau mencela hasil karya orang lain 5. meningkatkan taraf hidup orang yang diberi penghargaan , apabila penghargaan tersebut berupa uang, tugas belajar, atau kenaikan pangkat. Sikap menghargai karya orang lain dapat diwujudkan melalui beberapa cara. Penghargaan tersebut antara lain adalah : 1. menghargai dengan sikap. misalnya bertegur sapa kepada orang yang berkarya 2. menghargai dengan ucapan/lisan. Misalnya dengan pujian dan pernyataan bahwa hasil karya tersebut benilai tinggi. 3. menghargai melalui tulisan. Misalnya memberikan piagam kepada orang yang berprestasi di bidangnya. 4. menghargai dengan perbuatan. Misalnya memberikan hadiah kepada yang beprstasi dan mengucapkan selamat disertai dengan saling berjabat tangan. Hikmah menghargai karya orang lain dengan membiasakan perilaku menghargai karya orang lain. Kebiasaan seprti itu yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkungan pergaulan (keluarga, sekolah, dan masyarakat) tentu akan mendatangkan manfaat yang banyak, baik diri kita maupun orang lain. Seorang yang menghargai karya orang lain, tentu tidak akan iri hati dan dengki serta tidak akan melakukan perbuatan yang merugikan orang yang berkarya.

Nama: nurhidayati Kelas : XI IPA 2

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->