ETIKA

PROFESI

HACKER

DALAM

DUNIA MAYA
A. LATAR BELAKANG Internet merupakan salah satu produk gabungan teknologi komputer dan telekomunikasi yang sukses. Internet yang pada awalnya ditujukan untuk kepentingan militer saat ini telah digunakan sebagai media untuk melakukan bisnis dan kegiatan sehari-hari. Yang sering menjadi pertanyaan adalah tingkat kemanan dari teknologi internet. Keamanan di internet sebetulnya sudah pada tahap yang dapat diterima, hanya hal ini perlu mendapat pengesahan dari pemerintah atau otoritas lainnya sehingga pelaku bisnis mendapatkan kepastian hukum. Identitas seseorang dapat diberikan dengan menggunakan digital signature (tanda tangan digital) yang dikelola oleh Certification Authority (CA). Permasalahannya adalah tanda tangan digital ini harus dapat dianggap sebagai alat bukti yang sah setelah melalui prosedur dan mekanisme keamanan yang tinggi. Kejahatan yang ditimbulkan oleh teknologi komputer dan telekomunikasi perlu diantisipasi. Istilah hacker, cracker, dan cybercrime telah sering terdengar dan menjadi bagian dari khazanah hukum pidana. Kejahatan yang melibatkan orang Indonesia sudah terjadi. Ada juga kejahatan yang dilakukan oleh pengguna di Indonesia dengan tidak mengirimkan barang atau uang yang sudah disepakati dalam transaksi e-commerce. Tindak kejahatan semacam ini pada umumnya dapat ditelusuri (trace) dengan bantuan catatan (logfile) yang ada di server ISP yang digunakan oleh cracker. Akan tetapi seringkali ISP tidak melakukan pencatatan (logging) atau hanya menyimpan log dalam kurun waktu yang singkat. Logfile ini dapat menjadi bukti adanya akses cracker tersebut. Penyidikan kejahatan cyber ini membutuhkan keahlian khusus. Pihak penegak hukum harus lebih cepat tanggap dalam menguasai teknologi baru ini. Eksistensi teknologi informasi disamping menjanjikan sejumlah harapan, pada saat yang sama juga melahirkan kecemasankecemasan baru antara lain munculnya kejahatan baru yang lebih canggih dalam bentuk cyber crime. Disamping itu, mengingat teknologi informasi yang tidak mengenal batas-batas teritorial

dan sepenuhnya beroperasi secara maya (virtual). teknologi informasi juga melahirkan aktivitasaktivitas baru yang harus diatur oleh hukum yang berlaku saat ini. Tahun 1983. Adakah peraturan yang mengatur dunia maya ? 7. RUMUSAN MASALAH 1. PEMBAHASAN Hacker muncul pada tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artificial Massachussets Institute Of Technology (MIT). Kenyataan ini telah menyadarkan masyarakat akan perlunya regulasi yang mengatur mengenai aktivitas-aktivitas yang melibatkan teknologi informasi. Perkembangan selanjutnya ada kelompok yang menyebut dirinya sebagai hacker. Kata ³hacker´ pertama kali muncul dengan arti positif untuk memberi menyebut seorang anggota yang mempunyai keahlian dalam bidang computer dan mampu membuat program computer yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama. B. Hacker sejati menyebut kelompok ini ³cracker´ dan tidak suka . Apakah peraturan tersebut efektif ? C. Sebutkan aturan main seorang hacker ? 6.kelompok tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 komputer dari computer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Sebutkan kode etik seorang hacker ? 5. Sebutkan tingkatan dari hacker ? 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hacker ? 2. 414 merupakan kode area local mereka. analogi hacker semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan menguasai system computer. padahal bukan. Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi computer dan mereka beroperasi dengan sejumlah komputer mainframe. Apa fungsi kode etik profesi ? 4. Mereka yaitu terutama para pria dewasa yang mendapat kepuasan lewat membobol computer dan mengakali telepon (phreaking). Pasalnya pada tahun tersebut pertama kali FBI menangkap kelompok krimunal computer The 414s yang bebasis di Milwaukee AS.

Ajang pertemuan hacker terbesar di dunia tersebut dinamakan Def Con. mendeface (merubah halaman muka web) orang lain bahkan sampai menghapus data orang lain. Para hacker melakukan penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. sengaja melawan keamanan computer. Sebagai contoh ³digigumi´ (Grup Digital) yaitu sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan computer. membuat program kecil dan membagikannya dengan orang ± orang di internet. Contonya game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat dirubah menjadi bahasa Indonesia. Hacker sejati memandang cracker sebagai orang malas. status digigumi adalah hacker bukan sebagai perusak. .bergaul dengan mereka. Para hacker mengadakan pertemuan setiap tahun sekali pada pertengahan bulan Juli di Las Vegas. Digigumi memggunakan teknik ± teknik hexadecimal untuk merubah teks yang terdapat di dalam game. Dari pernyataan di atas munculah pertanyaan siapa sebenarnya yang disebut hacker dan siapa yang di maksud cracker ? Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan computer. Contoh perusahan yang menggunakan hacker yaitu perusahaan asuransi dan auditing Price Waterhouse dengan nama Tiger Team. dan tidak terlalu cerdas. menguji keamanan jaringan dari lubang keamanan yang memungkinkan para cracker mengobrak ± abrik jaringannya. Sedangkan cracker merupakan sebutan untuk mereka yang memasuki sistem orang lain dan mempunyai sifat destruktif. Acara tersebut lebih kepada ajang pertukaran informasi dan teknologi yang berkaitan dengan aktivitas hacking. tidak bertanggung jawab. membypass password atau lisensi program computer. Hacker disini artinya mencari. maksud jahat atau karena ada tantangan. Mereka juga menguji sistem sekuriti client mereka. Hacker sejati tidak setuju jika menerobos keamanan seseorang telah menjadi hacker. Oleh karena iti. mencuri data untuk keuntungan sendiri. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukkan kelemahan keamanan sistem. Rata ± rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) memiliki hacker yang bertugas menjaga jaringan dari kemungkinan perusahaan pihak luar atau para cracker. mempelajari. Biasanya di jaringan kkomputer. dan mengubah sesuatu untuk hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game.

selalu mengikuti peraturan yang ada.Hacker mempunyai hirarki / tingkatan yaitu : y Elite Ciri-ciri . hacking dengan software Trojan. tukar menukar software. menggunakan pengetahuannya dengan tepat. y Developed Kiddie Cirri-ciri : masih ABG dan sekolah. Tingkat ni sering disebut dengan µsuhu¶. sanggup mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global. effisien dan terampil. kemampuan programnya cukup untuk merubah program eksplosit. y Lamer Cirri-ciri : tidak punya pengetahuan dan pengalaman tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai µwanna-be¶ hacker. mencuri kartu kredit. melakukan pemrograman setiap hari. nuke dan DoS. tidak menghancurkan data. tidak lepas dari GUI. mengetahui sistem luar dalam. IRC. mempunyai pengetahuan kemampuan luas tentang computer. y Script Kiddie Cirri-ciri : mengetahu pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Penggunaan computer hanya untuk main game. hacking dilakukan menggunakan Trojan untuk menakuti dan menyusahkan hidup sebagian pengguna internet. membaca metode hacking dan caranya di berbagai kesempatan. meyombongkan diri melalui IRC channel. mengerti tentang sistem operasi termasuk lubang keamananya. dan mencoba berbagai sistemsampai behasil. y Semi Elite Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite. masih menggunakan Garfik User Interface (GUI) dan baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi. .

Kode etik profesi mencegah campur tangan pihak diluar organisasi profesi tentang hubungan etika dalam keanggotaan profesi. profesi dapat dengan mudahnya disalahgunakan oleh seseorang seperti pada penyalahgunaan profesi seseorang dibidang komputer misalnya pada kasus kejahatan komputer yang berhasil mengcopy program komersial untuk diperjualbelikan lagi tanpa ijin dari hak pencipta atas program yang dikomersikan itu. Memegang teguh komitmen tidak membela dominasi ekonomi industri software tertentu . Kode etik profesi memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan. 2. Etika Profesi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang telah dilakukan seseorang. Tidak percata pada otoritas atau memperluas desentralisasi 4. 3. Kode Etik Seorang Hacker yaitu : 1. Mampu mengakses computer tak terbatas dan totalitas 2. Kode etik profesi merupakan sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan. Tidak memakai identitas palsu 5. Mampu membuat seni keindahan dalam komputer 6. Akan tetapi tanpa disertai suatu kesadaran diri yang tinggi. Pekerjaan dilakukan semata ± mata untuk kebenaran informasi yang harus disebarluaskan 8. Semua informasi haruslah FREE 3. Sangatlah perlu untuk menjaga profesi dikalangan masyarakat atau terhadap konsumen (klien atau objek). Dengan kata lain orientasi utama profesi adalah untuk kepentingan masyarakat dengan menggunakan keahlian yang dimiliki. Kode etik profesi merupakan sarana untuk membantu para pelaksana seseorang sebagai seseorang yang professional supaya tidak dapat merusak etika profesi. Ada tiga hal pokok yang merupakan fungsi dari kode etik profesi : 1. Komputer dapat mengubah hidup menjadi lebih baik 7. Sehingga perlu pemahaman atas etika profesi dengan memahami kode etik profesi.Dari sinilah etika profesi diperlukan untuk membatasi para hacker bertindak dan untuk tetap menjaga citra para hacker di mata masyarakat dunia.

Hormati mesin yang di hack dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri Hacker sejati akan selalu bertindak berlandaskan kode etik dan aturan main hacker.Tidak mendistribusikan dan mengumpulkan software bajakan .Tidak pernah secara sengaja menghapus dan merusak file di komputer yang dihack .Jangan mengambil keuntungan yang tidak fair dari hack . hacker tersebut biasanya . Adanya hacker dan cracker menimbulkan banyak akibat.Selalu bersedia untuk secara terbuka / bebas / gratis memberitahukan dan mengajarkan berbagai informasi dan metode yang diperoleh . Hacking maupun Phreaking adalah satu ± satunya jalan lain untuk menyebarkan informasi pada massa agar tak gagap dalam komputer Seorang hacker sebelum menjalankan kegiatanya harus memahami atuaran main ketika hacking.Di atas segalanya. Biasanya seorang hacker memberikan akibat positif.9. Menurut Scorpio gambaran umum aturan main seorang hacker yaitu : .Tidak pernah memberikan akses untuk seseorang yang ingin membuat kerusakan . tetapi ada juga hacker yang memberikan akibat negatif.Tidak pernah mengambil resiko yang bodoh yaitu dengan selalu mengetahui kemampuan sendiri .Memberitahukan sistem administrator akan adanya pelanggaran keamanan / lubang keamanan yang dilihat .Tidak pernah meng-hack suatu sistem untuk mencuri uang . hormati pengetahuan dan kebebasan informasi . Hacking adalah senjata mayoritas dalam perang melawan pelanggaran batas teknologi komputer 10.

yaitu hukum yang terkait dengan masalah dunia cyber. Contohnya pembobolan situs di http://tnp. Majelis hakim PN Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman bulan 21 hari penjara kepada hacker situs KPU tersebut. Jadi.id yang dilakukan oleh Dani Firmansyah konsultan TI PT Danareksa di Jakarta berhasil membobol situs milik KPU tersebut yaitu dengan mengubah nama ± nama partai didalamnya dengan nama yang unik seperti Partai Kolor Ijo. Ada sebuah pendapat bahwa tidak ada negara yang vakum hukum. Cracker banyak melakukan kejahatan dalam dunia computer yang bersifat maya. Banyak orang yang beranggapan bahwa lebih baik pemerintah tidak ikut campur dalam urusan aturan. bisnis lebih menyukai adanya identitas yang jelas. Terkait dengan cybercrime belakangan ini banyak pertanyaan tentang cyberlaw. Kita dapat menggunakan undang-undang lain untuk menangani kasus ± kasus yang terjadi. Masih banyak UU lain yang bisa digunakan seperti Pasal 40 UU Telekomunikasi : ´Setiap orang dilarang melakukan kegiatan penyadapan atas informasi yang disalurkan melalui jaringan telekomunikasi dalam bentuk apapun´ dengan ketentuan pidana Pasal 56 UU Telekomunikasi : . dan biarkan mekanisme pasar (baca: bisnis atau e-commerce) yang menentukan. Kalau kita perhatikan lebih teliti. Partai Mbah Jambon. bukan anonimity. Tetapi Dani tertangkap dan menjalani proses peradilan. Maka dari itu muncullah istilah ³cybercrime´ untuk menyebut kejahatan yang dilakukan oleh para hacker jahat (cracker).kpu. Dani didakwa melakukan pelanggaran Pasal 22 c jo 50 UU No 36 Tahun 1999 mengenai Telekomunikasi. Mungkin hal ini tidak terlalu intuitif. Partai Jambu. Dani menggunakan teknik SQL Injection dengan mengetikkan perintah atau string tertentu di address bar browser. sebetulnya mekanisme pasar akan membuat dunia cyber lebih mudah diatur. Kedua RUU tersebut sebenarnya tinggal menunggu kesepakatan dari DPR. dan lainnya. yaitu RUU Pemanfaatan Teknologi Informasi yang terdiri dari 43 pasal dan RUU Informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik. Di Indonesia saat ini sudah ada dua Rancangan Undang-Undang (RUU) yang berhubungan dengan dunia cyber. Apakah ada hukum yang mengaturnya. apakah orang dapat berbuat semena ± mena di dunia cyber? Tentu saja tidak. Selama belum ada UU cyberlaw tersebut.disebut sebagai hacker jahat atau cracker.go.

php?mod=userpage&menu=2&page_id=4 . internet ada dan bisa kita nikmati sekarang ini bahkan terus diperbaiki agar menjadi sistem yang lebih baik lagi.id/~22033373/index. Maka hacker bisa disebut sebagai pahlawan jaringan dan sebaliknya cracker dapat disebut sebagai penjahat jaringan.ukdw.ac. misalnya yang berurusan dengan nama domain atau penipuan-penipuan. UU cyberlaw tersebut masih tetap dibutuhkan dan dibutuhkan sesegera mungkin. DAFTAR PUSTAKA McLeod Jr. Jangan sampai melanggar batas kode etik profesi hacker jika kita nanti bekerja dalam bidang IT khususnya networking. http://students. KESIMPULAN Sebenarnya dengan adanya hacker. Raymond dan George P. penerbitan dan percetakan´ dan pelanggaran 9 jenis yaitu ´Pelanggaran keamanan umum bagi orang atau barang dan kesehatan sampai pelanggaran pelayanan´. Ada juga Pidana dalam KUHP tentang kejahatan 30 jenis yaitu ´Dari kejahatan terhadap keamanan negara sampai kejahatan penadahan. Karena selain kriminal kita juga bisa dijerat dengan UU yang ada. Undang ± undang tersebut bisa untuk menindak para pelanggar kejahatan di dunia maya. Jadi.2007.Schell. membutuhkan penyelesaian yang cepat.Sistem Informasi Manajemen. Masalahnya UU yang ada saat ini tidak efektif dan efisien untuk menangani kasus yang terjadi.id/mod. D.´Barang siapa yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 40 dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun´.pdspatklin. dan selalu memahami dengan baik atas Etika Profesi yang membangun dan bukan untuk merugikan orang lain. Kesadaran itu penting dan lebih penting lagi kesadaran itu timbul dari diri kita masing ± masing yang sebentar lagi akan menjadi pelaksana profesi di bidang komputer disetiap tempat kita bekerja.html http://www.or. Indonesia : PT Indeks. Permasalahan yang terjadi di dunia cyber.

blogspot.com .http://jibis.pnri.id/artikel/perpustakaan/thn/2005/bln/03/tgl/22/id/172 bondanmanajemen.go.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful