PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN KOMUNIKASI STUDI KASUS : MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MINUMAN KESEHATAN “LARUTAN PENYEGAR CAP KAKI

TIGA (CKT)”

Nama / NPM Jurusan Mata Kuliah Dosen

: DANY / 2009. 2131. 0006 : Magister Ilmu Komunikasi (MIK) : Perencanaan Dan Pengelolaan Komunikasi :

SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS SAHID JAKARTA 2010

. 6 Strategi Presentasi Persuasif...................................................... 5 Strategi dan Key Public................... 12 2 ........................................................... Latar Belakang............................. Calendering.................................................... Taktik................................................................................................................................... 8 4............................................................. 10 5...........................................Daftar Isi 1................................................................................................. 10 Crossing The Chasm........................... 3 Analisa Swot... Tujuan dan Sasaran Program Komunikasi.................................... 7 Key Public............................................................................................................... 4 2...................... 3.............

Cap Kaki Tiga adalah larutan penyegar yang mengandung air alami di peroleh dari sumber natural. salep dan puyer. ada tulisan Arab di botol supaya masyarakat Islam tertarik. orang yang percaya panas dalam adalah orang yang masih minum jamu. ada gambar badak bercula yang merupakan lambang tradisional dan merk kaki tiga itu sendiri sudah lama dikenal di kalangan Cina. empat tahun setelah di produksi. bahwa Visi perusahaan adalah: menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.seperti air minum biasa). demam. diracik dengan resep tradisional Cina. seperti obat gosok. sakit tenggorokan. dan susah buang air besar. Namun sesungguhnya hal ini tidak bertentangan terhadap misi dan visi perusahaan.I. karena dapat mengaburkan konsumen terhadap kategori yang telah dipilih. yang memproduksi obatobatan tradisional dan modern. Seperti yang tercantum di dalam website PT. Meskipun menurut Al Reis & Jack Trout . Sinde Budi Sentosa sendiri. Sinde Budi Sentosa. dengan dukungan teknologi canggih yang sesuai dengan 3 . ektensi merk dalam jangka panjang berpotensi merugikan perusahaan. Selain manfaatnya yang berkhasiat menyegarkan badan. dan kemudian diproses dengan mesin berteknologi mutakhir.. pilek. mengobati panas dalam. Asumsinya. Positioning CKT sebagai obat panas dalam dimulai dari tahun 1990-an. sariawan. Latar Belakang Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga adalah salah satu produk Best Selling dari PT. makanan dan minuman kesehatan. Sukses dengan larutan penyegar membuat PT Sinde Budi Sentosa mulai melakukan ekstensi (perluasan) merek. keistimewaan Larutan Penyegar adalah bentuknya yang bening/tidak berwarna (colorless) dan tidak berasa (tasteless . strategi beriklan di TPI (sekarang MNC TV) ternyata tepat dan membuat produk ini menjadi market leader. serta produk kesehatan lainnya. Jamu yang sudah dimodifikasi ini menarik perhatian masyarakat. Kemasannya ikut menunjang. CKT memiliki target market : orang yang masih percaya ada penyakit panas dalam.

Memproduksi makanan dan minuman kesehatan. ANALISA SWOT Analisa situasi yang didapatkan setelah melihat keadaan pasar. sehingga kurang efisien dalam penyimpanan. Tidak pernah mendapatkan pemberitaan di media. Produk Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga telah diberikan sertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan telah mendapatkan SNI. yang dapat memenuhi keinginan konsumen dan menguntungkan semua pihak. mempunyai sistem pengawasan mutu yang ketat. Kemasan produk tidak pernah diubah. dan asetaset CKT. sesuai dengan alasan mengapa perusahaan berusaha memperluas pasar. seiring dengan penetrasi pasar oleh pemain – pemain baru dalam kategori larutan penyegar. sehingga strategi komunikasi untuk meningkatkan Brand Awareness perlu lebih diprioritaskan. STRENGTH: • Produk-produk kesehatan Sinde Budi Sentosa. Sebagai merk yang pernah menjadi market leader. CKT dalam beberapa tahun belakangan ini nampak tidak sesukses pada tahun 1990-an. obat – obatan tradisional dan modern. badan-badan • • • accreditasi berpegang pada standar internasional dan sebagai bukti komitmen dalam international memproduksi produk yang aman untuk konsumen. baik di pasar domestik maupun pasar ekspor. dikategorikan dalam analisa SWOT di bawah ini. 4 . yang dapat bersaing secara sehat.standar GMP (Good Manufacturing Practice) dan Misi perusahaan adalah Memasarkan dan memproduksi produk farmasi buatan sendiri maupun buatan mitra bisnis dengan harga terjangkau. Pengalaman (experience) Mempunyai organisasi nasional dan cabang di seluruh Indonesia WEAKNESS • • • Terlalu lama tenggelam di pasar.

Tidak pernah mendapatkan pemberitaan buruk di media. THREAT • • • • II. CKT memiliki jenis kemasan yang unik. mengaburkan konsumen terhadap kategori. Memiliki database outlet yang terdaftar.  Untuk memberikan pengetahuan kepada publik bahwa Larutan penyegar CKT. SASARAN PROGRAM KOMUNIKASI : 5 . OPPORTUNITIES • • • • • Diferensiasi produk. Permintaan terhadap produk mulai bergerak lambat. Ekstensi merk. aman di konsumsi. Jumlah pesaing meningkat baik dari segi ukuran maupun kemampuan Peraturan dan kebijakan pemerintah khususnya BP-POM dalam masalah makanan dan minuman kesehatan. Untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand CKT Untuk meningkatkan kesadaran publik dan memberikan informasi tentang penyakit panas dalam. Preferensi merek dan loyalitas konsumen. berbeda dengan produk pesaing.• Kategorisasi penyakit panas dalam yang belum mendapatkan komentar dari ahli kesehatan. sehingga brand image masih terjaga Mempunyai keuangan yang kuat. Tujuan dan sasaran Program Komunikasi TUJUAN PROGRAM KOMUNIKASI :    Untuk meningkatkan brand awareness.

Hasil berupa tingkah laku konsumen lama yang setia terhadap CKT akan semakin setia dan mendorong konsumsi Larutan Penyegar CKT kepada konsumen baru. Strategi dan Key Public Era informasi menuntut agar strategi komunikasi direncanakan dengan cermat. Pengetahuan Situasional: Informasi yang dimiliki oleh Tim Strategi Komunikasi. melalui rekomendasi ahli – ahli kesehatan. gaya penyampaian. 2. Hal. 2009. Adanya perubahan pengetahuan publik tentang penyakit panas dalam. publik selalu memilih CKT yang aman dan layak dikonsumsi. mengadakan pertemuan antara konsultan komunikasi dengan pihak 6 . 3. Eksekusi Strategi: Pelaksanaan strategi oleh tim konsultan dengan mempertimbangkan faktor – faktor kompetensi komunikasi yang telah di ketahui. dkk. saluran. 5. Ada lima tahapan dalam merumuskan strategi yang tepat (Dixon Lynda Dee. dan tindakan pencegahan dengan mengkonsumsi larutan penyegar yang tepat dan yang sudah teruji kehalalan maupun keamanannya melalui rekomendasi ahli kesehatan. Kecenderungan publik terhadap produk. Kompetensi komunikasi: tuntutan situasi. sehingga diharapkan saat memilih minuman segar. maka kemudian tujuan dapat dihasilkan sesuai dengan faktor – faktor analisa SWOT. Memilih faktor – faktor seperti tipe pesan. banyak opsi yang mesti dipertimbangkan. III. setiap enam bulan sekali. key public dan penyesuaian yang tepat dengan 4. Penentuan Tujuan: Setelah analisa dirumuskan. 30). Evaluasi Strategi: Setelah strategi dilaksanakan.   1. dapat diperoleh melalui analisa SWOT dan pengumpulan data.

sikap. atau nilai pendengar membantah keyakinan. Strategi presentasi persuasif mempunyai empat fungsi. Sehubungan dengan tujuan dan sasaran. Strategi Presentasi Persuasif Setelah mengetahui latar belakang dan menganalisa situasi. memperkuat keyakinan. bahwa produk larutan penyegar cap kaki tiga 7 . atau nilai pendengar dan. tindakan. dkk dalam Strategic Communication in Business and the Professions Edisi Keenam (2009) adalah identifikasi dan promosi ide dan opsi untuk membawa pendengar melakukan tindakan yang diinginkan. 1. Sinde Budi Sentosa. adalah opsi dan ide kami agar brand larutan penyegar CKT menjadi kecendrungan publik saat memilih minuman segar. dan respons publik yang kami ingin capai adalah saat seseorang merasakan panas dalam maka yang terlintas dibenaknya adalah Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga.Larutan Penyegar CKT. 4. Meski awalnya strategi ini digunakan untuk menginformasikan sesuatu kepada audiens. aksi. 2. Dengan mempertimbangkan aspek – aspek yang tercantum di latar belakang serta analisa situasi. Tujuan strategi persuasif terkait dengan fungsi. untuk mendiskusikan masalah – masalah serta hambatan di lapangan dalam rangka meningkatkan brand awreness. audiens atau key public dan settingnya. Persuasi terkait erat dengan kultur masyarakat. dimana kebutuhan mendesak adalah meningkatkan awareness publik terhadap produk Larutan Penyegar CKT maka strategi yang akan kami gunakan adalah strategi presentasi persuasif. Presentasi persuasif menurut Dixon Lynda Dee. namun tujuan akhir dari strategi ini adalah mengubah keyakinan pendengar dan mengajak pendengar melakukan tindakan setelahnya. 3. mengajak pendengar melakukan tindakan. atau nilai pendengar mengubah keyakinan. sebagai konsultan komunikasi PT.

selain produk Larutan penyegar Cap Kaki Tiga. Serta aspek berikutnya tentang panas dalam. Dan terlebih lagi jumlah penduduk yang memeluk agama Islam di Indonesia 8 . 1. lambang gambar badak bercula satu yang merupakan representasi simbol masyarakat tradisional yang lebih mempercayai obat – obatan natural (unsur alam) dibandingkan obat-obatan kimia. Dan lambang cap kaki tiga yang merupakan representasi simbol akan China.adalah sebuah produk yang bentuk kemasannya menyertakan tulisan Arab. dan pendapat masyarakat tentang minuman kesehatan. Komunitas Islam Alasan kami menetapkan masyarakat Islam. bahwa tulisan Arab menyimbolkan Islam. Gunanya adalah untuk mengetahui stereotype seperti apa yang ada di masyarakat. dimana masih banyak orang yang meyakini adanya penyakit panas dalam dan awal kemunculan iklan CKT yang sederhana dan tak bertele – tele. dibawah ini adalah empat key public yang kami rasa cukup tepat untuk meningkatkan awareness terhadap brand Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga. studi sosial. dimana negara Cina terkenal dengan gaya pengobatan tradisional dan obat – obatan natural. Key Public Penentuan key public kami lakukan sebelumnya dengan mengadakan survey di masyarakat. dan melakukan wawancara dengan nara sumber dan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion. Hal ini juga kami harapkan akan membentuk citra di masyarakat bahwa produk Larutan Penyegar CKT memperhatikan konsumennya dan menghargai pendapat-pendapat serta kritik-kritik yang membangun untuk kemajuan dan keberhasilan produk CKT lainnya. maka dengan memperhatikan aspek – aspek ini kami akan menentukan siapa saja key public untuk strategi komunikasi persuasif ini. Dari kegiatan-kegiatan yang telah kami lakukan untuk menentukan key public. karena bentuk kemasan CKT yang mengadopsi simbol Islam dengan membubuhkan tulisan Arab. dimana ada generalisasi di Indonesia khususnya.

kami akan mencoba penetrasi pasar di sektor akademisi. akan menyiratkan pesan bahwa perbedaan adalah eksklusif dan meninggalkan kesan bahwa CKT bukan produk yang ikut . 3. dan berani tampil berbeda.cukup besar. dimana ada stereotype bahwa produk jamu adalah produk tradisional. Karena masyarakat akademisi adalah 9 . tidak ikut-ikutan. merupakan sebuah pangsa pasar yang layak untuk dipenetrasi oleh produk ini. CKT akan membawa pesan tagline sebagai suatu produk yang eksklusif. lebih dari 50% penduduk. maka akan lebih mudah untuk meningkatkan brand awareness CKT melalui masyarakat Islam. perputaran produk terjadi sangat cepat di wilayah-wilayah perkotaan. Kaum eksekutif adalah orang-orang ekslusif. tidak mengekor orang lain. orang-orang yang berpikir bebas. maka kenaikan brand awareness secara signifikan akan dapat diraih. 2. Bentuk kemasan yang berbeda. unik. dimana kami menetapkan masyarakat eksekutif dan masyarakat urban. namun inilah yang akan membuat CKT menjadi berbeda dan unik dibandingkan dengan pesaing – pesaingnya. Urban Kaum perkotaan adalah salah satu penyumbang terbesar dalam aktivitas belanja. unik. Sesuai dengan sasaran kami untuk meningkatkan kecendrungan publik terhadap produk CKT. Terlebih produk CKT sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. apabila kecendrungan ini meningkat di wilayah perkotaan atau wilayah urban dan berhasil untuk mempersuasi pangsa pasar perkotaan. dan berani tampil beda. Maka untuk mempenetrasi pasar ini.ikutan. Akademisi Alasan kami memilih akademisi sebagai key public berhubungan dengan key public sebelumnya. 4. tidak mengikuti pemikiran orang lain. Eksekutif Muda Mungkin pangsa pasar ini pangsa yang baru bagi sebuah produk larutan penyegar. Guna meningkatkan kepercayaan publik perkotaan dan eksekutif akan produk jamu dan penyakit panas dalam.

itu artinya produk tersebut akan dapat memasuki dan merebut pasar sesungguhnya (mainstream market) yang jumlahnya 84% dari total market. Sehingga saat kaum akademisi memilih suatu produk. mereka bersifat ingin tahu. dan telah melewati uji standarisasi mutu serta bukan jenis produk yang “kacangan”. berani mencoba untuk menjadi yang 10 . Ringkasnya. IV. dan sering disebut-sebut sebagai “kuburan” bagi produk-produk baru. bahwa produk adalah jenis produk yang dipilih melalui daya intelektual.masyarakat yang berlatar belakang terdidik. akan menimbulkan citra untuk key public yang lain. Sebuah produk akan berhasil meraih positioning jika bisa melewati chasm (parit) yang menghubungkan pelanggan inovator dan pelanggan visioner. Taktik Taktik yang akan digunakan adalah model Crossing The Chasm dari Geoffrey A. terpelajar. Namun sebaliknya jika suatu produk berhasil menyeberangi chasm ini. Crossing The Chasm! Chasm merupakan fase kritikal yang sering gagal dilalui.Moore (2001). ciri-ciri karakter konsumen visioner lebih menyukai revolusi produk. serta ilmiah. Menurut Hermawan Kartajaya. chasm adalah fasa dimana terjadi perbedaan cara adopsi antara konsumen di pasar awal yang bersifat visioner dan konsumen di pasar sesungguhnya yang bersifat pragmatis.

dan merasa belum mempunyai cukup referensi untuk melakukan pembelian Di sini kami tempatkan tipe pragmatis adalah kaum Perkotaan yang berada di perbatasan Jakarta seperti di daerah Bogor. Tangerang. pengenalan produk di pusat-pusat keramaian Urban di jakarta dan bandung seperti di Cilandak Town Square. cenderung bersikap menunggu. yaitu larutan penyegar CKT. berani mengambil resiko mencoba produk baru yang belum terbukti kualitasnya. daerah sepanjang jalan Tebet dimana tempat tersebut menjadi areal kongkow-kongkow anak muda Jakarta. Sedangkan untuk kaum eksekutif. Mendekati komunitas akademisi tidak mudah. akan lebih signifikan dalam meningkatkan brand awareness kepada komunitas pragmatis. kami rasa merupakan taktik yang tepat untuk mempenetrasi komunitas akademisi.pertama. sistem jemput bola aktif kepada komunitas pragmatis yang lebih banyak menunggu dalam mendapatkan informasi tentang produk. areal perkantoran Sudirman. Dilihat dari key public yang telah kami tetapkan. Alasannya. yang diperlukan oleh key public tipe ini adalah alasan dan bukti ilmiah mengapa larutan penyegar CKT mampu mengobati penyakit panas dalam. Konsumen visioner adalah komunitas yang terpelajar dan mengikuti informasi. sepanjang Jalan Dago dan Braga di bandung. Bekasi dan Depok yang aktif mengikuti pengajian – pengajian dan Jemaah Majelis Taklim. dibutuhkan suatu acara talk show secara live. baik media radio maupun media televisi. maka konsumen yang menjadi atau termasuk kedalam konsumen visioner adalah kaum akademisi dan kaum eksekutif untuk. yang ditayangkan di media massa. Tipe berikutnya adalah konsumen pragmatis dimana tipe komunitas ini lebih menyukai evolusi produk. Serta memberikan suvenir-suvenir CKT yang dikemas dengan simbol Islam dan dibagikan saat 11 . khususnya media massa yang berisikan informasi – informasi gaya hidup. Sedangkan ciri karakter konsumen pragmatis lebih menyukai evolusi inovasi produk. dan mereka merasa belum mempunyai cukup referensi untuk melakukan pembelian. cenderung bersikap menunggu. Suatu seminar kesehatan yang mencoba membahas tentang penyakit panas dalam dan menyisipkan pesan akan minuman kesehatan yang mampu meredakan panas dalam.

aktif dalam mencari informasi dan tidak mudah percaya dengan simbol-simbol Arab. Hal ini kami lakukan agar menghilangkan kebosanan publik akan event yang monoton. Semangat Anti Panas di Dalam”. Taktik lainnya dalam mendekati Jemaah Majelis Taklim ini ikut mensponsori even – even Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. V. adalah berikut ini: 12 . Suatu pertunjukan musik yang diisi tiga band papan atas Indonesia saat ini . Namun event – event yang akan kami lakukan akan di ubah tiap tiga bulan sekali. yaitu Ungu. buka puasa bersama maupun sahur bersama di bulan Ramadhan. Dan komunitas Islam Tradisional yang pragmatis. dan Nidji akan diadakan di Lapangan Gazibu Bandung. • Januari 2011 – Maret 2011 1 JANUARI 2011 Bertepatan dengan event Tahun Baru.acara-acara pengajian dan Majelis Taklim akan meningkatkan suatu referensi baru bahwa produk CKT halal dan layak dikonsumsi oleh umat Islam. lebih menyukai kemasan poduk yang bersimbol Islam dan Timur Tengah. Calendering Calendering / penjadwalan kegiatan strategi komunikasi kami adalah strategi komunikasi jangka pendek selama satu tahun kedepan. Komunitas Islam sendiri kami bagi menjadi dua. dengan tema “Semangat Tahun Baru. Slank. Tabligh Akbar yang sering diadakan oleh Habaib tiap akhir minggu. dan acara-acara lain yang diklasifikasikan sebagai even hari – hari besar Islam. Alasan mengadakan acara ini di bandung serta tema yang kami angkat. dimana ada komunitas Islam Akademisi yang cenderung lebih moderat dan bertipe visioner. maka kami juga akan mengadakan acara “Old and New” yang akan lebih kami fokuskan kepada komunitas Urban anak muda.

Rencana judul seminar “Tubuh segar tanpa panas di dalam. Hembing Wijayakusuma. walaupun suasana di luar tubuh panas dan ramai. pemikiran komunitas akademisi tetap harus berada dalam platform yang kritis dan siap kapan saja untuk menganalisis serta memberikan solusi bagi tiap permasalahan. sekaligus mengingatkan bahwa sebagai intelektual. serta pentingnya mengkonsumsi larutan penyegar dengan teratur. Prof. 2) Tema “Anti Panas di Dalam” juga sekaligus mengingatkan kepada komunitas Urban Muda. Lula Kamal. Serta untuk moderator kami percayakan kepada Butet Kartaredjasa. Prof. Hembing Wijayakusuma dan Dr. bekerjasama dengan Senat UI. seringkali acara – acara tahun baru berakhir dengan kerusuhan maupun perkelahian antar teman. Diadakan di Auditorium FISIP UI. 9 JANUARI 2011 Mengadakan seminar sehari. 10 JANUARI . Hidayat Nur Wahid golongan Islam Moderat mewakili key public Komunitas Akademisi Islam. dan mewakili key public kaum akademisi. Lula Kamal mewakili ahli kesehatan yang akan menerangkan dan mempersuasi publik agar mempercayai tentang penyakit panas dalam. Akan lebih baik bila kami memperkenalkan CKT di daerah yang tidak seramai di Jakarta. Moderator Butet Kartaredjasa dipilih karena humorhumornya yang segar dan mewakili kesegaran Larutan penyegar Cap Kaki Tiga. Jadi. karena mereka telah dikenal sebagai seseorang yang kritis. dan Dr. Untuk sementara pembicara-pembicara yang kami rencanakan adalah Amien Rais.30 JANUARI 2011 13 . Tujuan seminar adalah memperkenalkan CKT kepada komunitas akademisi. namun suasana dalam tubuh kita tetap harus segar dan dingin. tidak takut berbicara di hadapan publik. Hidayat Nur Wahid. Alasan dipilihnya Bapak Amien Rais dan Franz Magnis Suseno sebagai pembicara. Franz Magnis Suseno. Depok. sehingga akan kurang efektif dalam penyampaian pesan bila menambah jumlah hiburan di Jakarta.1) Daerah Ibukota Jakarta sudah banyak hiburan menyambut tahun baru 2011. langkah mewujudkan pemikiran kritis dan analisis”.

Adrian Maulana dan Prof. dengan mengangkat tema kesehatan dan menjaga kebugaran. April 2011 – Juni 2011 01 April – 30 Juni 2011 Menggunakan media televisi untuk meningkatkan positioning Produk. maka kemungkinan iklan akan diingat oleh publik akan semakin besar. Key publicnya adalah mahasiswa UI yang mewakili komunitas akademisi sekaligus komunitas anak muda. 10 Juni 2010 Mensponsori Acara Isra Mi’raj di Kediaman Habib Said Al Assegaf. Pembicara Ade Rai.Dilanjutkan dengan endorsement di kantin UI Depok. Pemasangan iklan di jam-jam prime time. Tujuannya agar mahasiswa yang memiliki pergaulan yang luas dengan semua strata masyarakat. mensponsori program Bioskop Trans TV. Menjaring key public eksekutif muda dan kaum urban yang aktif berolahraga. Tiap tahun acara Isra Mi’raj di kediaman Habib Said Al Assegaf selalu ramai didatangi anggota-anggota Majelis Taklim. di Jalan Bambu Kuning. Hembing Wijayakusuma. 29 Maret – 31 Maret 2011: Evaluasi Strategi di internal tim Konsultan Komunikasi • 1. Jakarta Timur. awareness publik dengan key public komunitas Islam wilayah jakarta timur dan bekasi diharapkan bisa diraih melalui acara ini. Mengadakan talk show di radio Jak FM. dapat mengingat kembali tentang CKT dan memilih larutan penyegar CKT sebagai minuman segar saat santai dan menularkan kebiasaannya kepada teman mahasiswa lainnya. 1. Dikarenakan program Bioskop Trans TV dimulai dari merupakan salah satu tayangan yang mendapatkan rating tinggi. 3. 20 Juni 2010 Menggunakan media radio untuk meningkatkan brand awareness. 14 .

Sinde Budi Sentosa dan pihak Konsultan Komunikasi. • 1. Band Gigi dan Ungu mewakili key public anak muda yang kreatif dan berani tampil beda. 2. Tujuan agar publik yang melalui jalur pantura maupun jalur selatan bisa 15 . Sasarannya. mengundang 30 Juli 2011 Event buka puasa bersama. terutama produk makanan atau minuman kesehatan. 27 Juni – 30 Juli 2011 Evaluasi Strategi bersama pihak PT. pembicara dari BP-POM dan Hidayat Nur Wahid. berbeda tapi tidak terlihat beda itu baru luar biasa”. Juli 2011 – September 2011 11 Juli 2011 Event menyambut Ramadhan dengan mengadakan acara konser musik dengan menampilkan Gigi. Quraish Shihab. Membuat posko – posko mudik di sepanjang jalur Pantura dan Selatan.4. 01 Agustus – 01 September 2011 Event Idul Fitri. Opick dan presenter Indra Bekti dan Desy Ratnasari. Opick mewakili key public komunitas anak muda Islami yang kreatif dan inovatif. Dr. dengan tagline “mau mudik aman. telah melalui uji pemeriksaan kandungan berbahaya. ya harus segar”. sesuai dengan tagline baru dari larutan penyegar CKT “berbeda itu biasa. dengan pembicara-pembicara Islam. Salah satunya adalah dengan menjamin bahwa produk yang mendapat sertifikasi halal. Ada beberapa standarisasi yang harus dipenuhi oleh suatu produk untuk mendapatkan sertifikasi halal. Ungu. pembicara dari Majelis Ulama Indonesia. lokasi di mesjid Sunda Kelapa. 3. Tujuannya untuk menjelaskan kepada publik bahwa sertifikasi halal bukanlah sesuatu yang mudah diperoleh. publik menjadi lebih yakin bahwa produk larutan penyegar CKT halal dan aman dikonsumsi baik tua maupum muda.

untuk meningkatkan positioning produk dengan memperkenalkan kepada publik tentang produk – produk lain CKT 16 . Sasarannya.beristirahat di posko – posko mudik CKT agar badan kembali segar dan aman di perjalanan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful