PEMELIHARAAN BATERAI 110 VOLT DC DI UBP KAMOJANG

Oleh Panji Wisuda 08311051

PROGRAM STUDI TEKNIK LISTRIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI BANDUNG

Latar Belakang Masalah
y Seiring dengan perkembangan dunia industri batere

banyak digunakan mulai dari bidang rumah tangga hingga bidang industri. Secara umum batere berfungsi sebagai sumber arus searah yang mempunyai kapasitas penyimpanan tertentu. Batere di gunakan sebagai penyuplai tegangan dc pada lampu-lampu, rele proteksi maupun penggerak motor pada PMT

Tujuan Penulisan y Memberikan informasi kepada pembaca tentang batere 110 volt dc y Memberikan informasi tentang jenis-jenis pemeliharaan batere 110 volt dc y Mengamati serta menganalisis kondisi baterai di UBP Kamojang y Menganalisis penyebab adanya drop tegangan pada sel baterai dan memberikan solusi terkait masalah tersebut. .

. baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan darurat (emergency).Sistem DC Power y DC Power adalah alat bantu utama yang sangat diperlukan sebagai suplai arus searah (direct current) yang digunakan untuk peralatan-peralatan kontrol. peralatan proteksi dan peralatan lainnya yang menggunakan sumber arus DC.

.Baterai y Baterai atau akumulator adalah sebuah sel listrik yang dimana didalamnya berlangsung proses elektrokimia yang dapat berbalikan (reversible) dengan efisiensinya yang tinggi yang terdiri dari 2 bagian utama yaitu elektroda dan elektrolit.

. PMS. Sumber tenaga untuk relay proteksi. Sumber tenaga untuk peralatan telekomunikasi. Sumber tenaga motor-motor untuk PMT. tanda-tanda y y y y isyarat (signalling and alarm). pengawasan. tapchanging trafo tenaga dan sebagainya.Fungsi Baterai y Sumber tenaga untuk alat kontrol. Sumber tenaga untuk penerangan darurat.

Jenis-Jenis Baterai y Menurut Kapasitas Baterai y Harga rendah / menengah y Harga tinggi y Menurut Bahan Elektrolit y Baterai Asam y Baterai Alkali y Menurut Sel Baterai y Plastic Containeer y Steel Containeer .

y Proteksi. y Telekomunikasi. Yang berfungsi sebagai sumber DC untuk : y Alat kontrol. dan y Penerangan darurat. y Motor-motor PMT dan PMS. y Penerangan darurat. . tanda-tanda isyarat.Baterai di UBP Kamojang y Menurut kapasitasnya termasuk baterai dengan harga tinggi (baterai 110 volt).

18 Volt y Pengisian secara cepat (equalizing) : 2.37 Volt y Pengisian awal (Initial Charge) : 2.7 Volt .25 Volt y Pengisian dengan harga tinggi (boosting) : 2.Tegangan Pengisian y Tegangan pengisian per sel y Tegangan nominal per sel : 2 Volt y Pengisian secara terapung (floating) :2.

Hal ini untuk mencegah terjadinya hubung singkat antar sel baterai dengan rak baterai apabila terjadi kerusakan atau kebocoran elektrolit baterai. .Jenis Bejana Penyimpanan y Menurut sel baterainya termasuk sel baterai dengan bejana (containeer) terbuat dari plastic dan ditempatkan dalam rak besi yang diisolasi.

Rangkaian Baterai y Hubungan Seri Hubungan Paralel Hubungan Kombinasi y Seri-Paralel y Paralel-Seri y y .

Rangkaian Baterai di UBP Kamojang y Rangkaian baterai yang digunakan adalah hubungan seri yang dimaksudkan untuk dapat menaikkan tegangan baterai sesuai dengan tegangan kerja yang dibutuhkan atau sesuai tegangan peralatan yang ada. (55 sel untuk tegangan 110 volt ) .

Rangkaian Baterai dan Penyearah y Sistem Sederhana (simple system) y Sistem Cadangan (standby system) y Sistem Terapung (floating system) y Sistem Ganda (duplicate system) .

Pengisian Ulang Baterai yang Beroperasi y Cycle-charging y Boost & quick charging y Floating charging y Equalizing charging y Trickle charging .

.Pemeliharaan y Pemeliharaan peralatan listrik tegangan tinggi adalah serangkaian tindakan atau proses kegiatan untuk mempertahankan kondisi dan meyakinkan bahwa peralatan dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga dapat dicegah terjadinya gangguan yang menyebabkan kerusakan.

Jenis-jenis Pemeliharaan y Predictive Maintenance (Conditional Maintenance) y Preventive Maintenance (Time Base Maintenance) y Corrective Maintenance y Breakdown Maintenance .

Pemeliharaan Baterai di UBP Kamojang y Pemeliharaan baterai di UBP Kamojang meliputi pemeliharaan mingguan dan pemeliharaan Bulanan yang pekerjaannya meliputi : y Pemeriksaan Fisik Baterai y Pengukuran Tegangan y Pengukuran tegangan per sel y Pengukuran tegangan seluruh sel y Pengukuran Berat Jenis Elektrolit .

One Line Diagram TRAFO PS RECTIFIER UNIT 1 RECTIFIER UNIT 2 BATERAI UNIT 1 BATERAI UNIT 2 BEBAN BEBAN BEBAN .

y Boost charging adalah tambahan pengisian dalam periode yang .Analisa Pemeliharaan y Pada baterai 110 Volt dengan nomor sel 36 terjadi drop tegangan. singkat dan hanya cukup untuk pelayanan satu hari. Setelah itu sebaiknya dilakukan rekondisi atau bahkan langsung diganti dengan sel baterai yang baru demi menjaga keandalan peralatan. Hal ini terjadi akibat float charging dalam waktu yang Singkat sehingga untuk tindakan pertama sebaiknya dilakukan boost charging.

y Sumber tenaga untuk peralatan telekomunikasi . y Sumber tenaga untuk relay proteksi.SIMPULAN Penggunaan baterai di UBP Kamojang berfungsi untuk : y Sumber tenaga untuk alat kontrol. pengawasan. tapchanging trafo tenaga dan sebagainya. y Sumber tenaga untuk penerangan darurat. tandatanda isyarat (signalling and alarm). PMS. y Sumber tenaga motor-motor untuk PMT.

Setelah itu sebaiknya dilakukan rekondisi atau bahkan langsung diganti dengan sel baterai yang baru demi menjaga keandalan peralatan. Hal ini dapat dilihat dari sudah sesuainya pelaksanaan pemeliharaan baterai di lapangan dengan buku panduan yang ada. Hal ini terjadi akibat float charging dalam waktu yang singkat.SIMPULAN y Pelaksanaan kegiatan pemeliharaan baterai yang dilakukan di UBP Kamojang sudah sangat baik secara teknis. sehingga untuk tindakan pertama sebaiknya dilakukan boost charging. y Pada baterai 110 Volt dengan nomor sel 36 terjadi drop tegangan. .

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful