Cara membuat antena penguat signal GPRS, 3G dan HSDPA kali ini memang sedikit susah.

Saya sendiri belum mencobanya karena memang posisi sekarang tidak mendukung dalam aktivitas coba mencoba sebuah alat untuk menambah kecepatan koneksi internet. Jangankan alat, lha wong edit blog aja kadang malesnya bukan main. Semua ini karena saya sedang ada di jawa tengah dan sedang sibuk urusi kerjaan offline. Tapi setelah kemarin di SMS ama Kakak Ipar saya memberitahukan kalau ada surat datang dari luar negeri katanya. Pikiran saya langsung tertuju pada PIN Google adsense yang sudah 1 bulan saya minta tapi belum juga sampai ke alamat tujuan. Berhubung PIN Google adsenseku sudah sampai dengan selamat ke alamatku, jadi aktivitas blogging jadi tambah SEMANGAT. Oya, cara meminta PIN Google adsense bisa baca di PIN Google adsense. <<± Tidak panjang lebar, berikut cara membuat antena wajan bolic / antena wajan holic penguat signal GPRS 3G dan HSDPA yang saya baca dan tulis ulang dari salah satu blog tepatnya di http://solocybercity.wordpress.com/2009/01/25/cara-buat-antena-wajanbolic/ dengan penambahan penjelasan sedikit . Untuk membuat antena wajan bolic / wajan holic ini hanya menggunakan peralatan dan bahan yang bisa di cari di pasar ikan. Eh salah, maksud saya bisa dicari di toko. hehehe.. Langkah-langkah membuat antena wajan bolic / antena wajan bolic penguat signal GPRS / 3G / HSDPA : Sebelumnya perhatikan skema antena wajan bolic / wajan holic dibawah ini :

1. Siapkan material atau bahan membuat antena wajan bolic / antena wajan holic : USB WLAN, wajan / penggorengan, pipa pralon 3?, pipa pralon 1.25? dan dop pralon, kabel USB yang di perpanjang dan USB Extender jika di perlukan.

body wajan tersebut akan tampak kelihatan montok dengan ekornya ( baut ). Hehehehe«. Jika dilihat dari belakang. Siapkan Modem USB WLAN anda. Lubangi wajan sebesar baut untuk menempelkan dop ( tutup ) paralon 3 tersebut. hasilnya akan seperti dibawah ini : 3.2. 4. Siapkan dop ( tutup ) paralon 3 . Tutup modem USB WLAN dengan karet untuk melindunginya dari hujan. Kemudian pasang dop ( tutup ) paralon 3 ke dasar wajan. .

Posisikan modem USB WLAN sekitar 5. sehingga hasilnya akan menjadi seperti dibawah ini : 6. Lapisi dinding dalam dop ( tutup ) paralon 3 dengan lakban aluminium atau alumunium foil dan tempelkan dop ( tutup ) paralon 1. Masukan karet pelindung ke modem USB WLAN.25 .25 sebagai dudukan. Masukan modem USB WLAN yang dilindungi karet ke paralon 1.25 diatasnya. 7. USB modem WLAN pada paralon. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini : .25 . jika dilihat dari ujung yang lain : 8.5. Siapkan dop ( tutup ) paralon 1. Siapkan dop ( tutup ) paralon 3 dan dop ( tutup ) paralon 1.3 cm dari ujung paralon yang paling jauh dari wajan.

untuk connector modem USB WLAN. Siapkan paralon 3 sepanjang 20cm dan lapisi permukaan luar dengan lakban aluminium atau alumunium foil tapi jangan sampai ujung.9. Sisakan beberapa sentimeter yang dihitung dari fokus wajan. Kombinasi dop paralon 3 dan 1. Lubangi paralon 3 sekitar 5.3 cm dari ujung paralon. ujung modem USB WLAN akan tampak keluar pada jarak sekitar 5.3 cm dari ujung.25 jika dilihat dari belakang akan seperti ini : 10. modem USB WLAN sudah dimasukan ke paralon. . 11.

12. Sambungkan kabel USB yang sudah di perpanjang dengan kabel UTP. 13. Akan tampak seperti dibawah ini : . Masukan ujung paralon yang satunya ke dop ( tutup ) paralon 3 yang sudah dibautkan ke wajan tadi. Antena wajan bolic / wajan holic selesai. Masukan/ pasang dop ( tutup ) paralon 3 ke ujung paralon yang lebih dekat dengan modem USB WLAN. Antena wajan bolic atau antena wajan holic siap digunakan. 14.

000 / 900.. tapi untuk yang di tarohin kaleng aku malah belum bisa melihat perbedaannya antara di kasih kaleng ama enggak. teori antena itu kalau gak salah Kecepatan cahaya di bagi Frekwensi. yang pake CD lah yang pake Kaleng lah.. tapis setelah di coba emang naik .. Modemnya di masukan di lobang CD nya jadi tegak... waduh. Signal telkomsel (900mhz) itu loncat loncat kayak katak sebanyak 900juta kali perdetik. Soal teori. tapi saya mah cenderung ke CD nya.3 meter = 30cm Nah Antena model kaya gini modem yang di tegakan di atas CD itu mirip ama antena monopole design (itu berdasarkan keterangan dari koran yang gue jadiin alas duduk waktu solah idul fitri) .. dia penjual kerupuk di daerah cililitan.... namanya Om yagi. wah berarti memang ngaruhnya gede kan.000.....000. jadi kan gini kata yang empunya teori. dan emang naik sekitar 2 bar...000= 3/9= 0.Memperkuat Signal Modem USB dengan CD Bekas October 25th. trus CD dan modem yang posisinya udah kayak antena parabola di arahin ke arah BTS. 2010 | Author: Haryanto Blog Beneran tadinya gue gak percaya.. sedangkan cahaya itu kecepatannya 300km/detik.. pas aku puter arahnya ke tempat lain trus jadi turun lagi. jadi satu kali loncat signal itu menempuh jarak 300.

nah kenapa ini berpengaruh pada CD ya karena panjang modem kan rata rata segitu. 7 cm.. makanya begitu di tegakan di atas CD maka itu sama persis designa dengan antena tipe monopole design ..antena jenis ini terdiri dari satu plat datar sebagai grounding... jadi itunyannya 30/4 = 7 cm.. dan 1 kawat tegak yang panjangnya=1/4 dari panjang gelombang atau jarak loncatan katak di atas.

Usb extention / Kabel perpanjangan USB ( harganya sekitar 4-5 ribuan ) 4. panjang antara 23 . Langsung saja saya masuk kecara pembuatannya : Ini bahan-bahan yang dibutuhkan: 1. cutter. tutorial Cara Membuat Antena Bazzoka 3:22 PM Internet Berkembang pesat dinegara ini. boleh lebih atau kurang. . berikut gambar nya: 2. aku pake ukuran 50 cm biar nggak terlalu panjang. Lubangi pipa pralon pada posisi 6. pakai cutter pada lubang USB untuk memastikan bahwa modem USB 3G dapat kita masukan ke lubang USB di pipa pralon. Dan mungkin Tips berikut ini dapat membuat anda untuk sedikit kreatif jadi dapat memanfaatkan jaringan 3G yang tersedia diPonsel/ HandPhone/Modem (jika ada) anda untuk berinternet ria dengan mudah dan tidak kalah dengan kecepatan diwarnet atau manapun. siapkan pipa 4 inch. Disini saya akan mensharekan cara membuat antena bazzoka penguat sinyal 3G.8cm untuk memasukan USB modem 3G. Tutup/Dop paralon 4 dim lakban Aluminium ( harga lumayan mahal karena harus beli 1 roll. Peralatan tuk membuat antena (gergaji besi yang kecil. 3. lalu potong sepanjang 50 cm. Lapisi seluruh permukaan pipa pralon menggunakan lakban aluminium. June 1.) . 2010 Categorized | Info IT. bor kecil tuk melubangi bag usb) Cara Pembuatannya: 1.. Pipa paralon 4 dim panjangnya 60 cm catatan : paralon panjangnya bisa dibawah 60cm. Setiap harinya selama 24 jam Warnet dan sarana penyedia layanan internet selalu ramai oleh pengunjung. batas minimal >23 cm. 2.Tuesday.60 cm.

4. Lapisi pinggiran lubang USB modem 3G dengan lakban aluminium agar nantinya ground USB modem 3G akan bersentuhan dengan lakban aluminium. beri isoalasi alumunium pada bagian dalam nya hingga merata . yang nantinya digunakan untuk di pasang di tang atau tower . supaya dapat kontak danterhubung langsung dengan body paralon bagian luar.3. Lubangi lakban aluminium pada posisi 6. lubangi bagian tengahnya untuk tempat mur dan baut. Siapkan dop pipa 4 inch untuk menutup pipanya.8cm tempat USB modem 3G akan di masukan.

jika tidak maka jarak antara lubang usb dengan pangkal dopnya berubah..5. selamat mencoba.. Semoga Bermanfaat ^_^ .mesti membutuhkan kesabaran. tutup pipa paralon dengan dop nya hingga benar -benar rata. Begitulah cara pembuatannya dan yang tersulit dalam hal ini adalah proses pointing(pencarian sinyal). cari sinyal yang terkuat. ingat harus rata .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful