P. 1
Sifat Benda Dan Kegunaanya

Sifat Benda Dan Kegunaanya

|Views: 2,914|Likes:
Published by Kurnia Septa

More info:

Published by: Kurnia Septa on Feb 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/28/2013

pdf

text

original

Sifat Benda dan Kegunaanya

Uraian Materi Pelajaran Dengan mengunakan akal pikirannya, manusia membuat berbagai benda untuk mempermudah pekerjaan dan menikmati hidup. Manusia memanfaatkan berbagai macam bahan yang tersedia di alam. Kayu untuk membuat kursi dan lemari. Kapuk untuk membuat kasur dan bantal. Batu dan pasir untuk membuat tembok. Semua bahan yang digunakan untuk membuat benda-benda itu tidak asal dimanfaatkan. Dari waktu ke waktu berbagai bahan teruji kegunaan dan kekuatannya. Ternyata setiap bahan paling cocok dijadikan benda dengan menfaatkan sifat benda itu. Kamu akan belajar tentang berbagai sifat bahan. Setiap bahan berguna untuk membuat benda-benda yang kita butuhkan. Biasanya setiap bahan memiliki sifat. Demikian pula, untuk membuat sebuah benda digunakan berbagai macam bahan.

A. HUBUNGAN SIFAT BAHAN DANKEGUNAANNYA Dengan mengetahui sifat bahan kita menggunakan untuk tujuan tertentu yang sesuai dengan sifat bahan itu. Misalnya, plastik tahan terhadap air, maka kita gunakan plastik untuk wadah air. Plastik ternyata mudah terbakar, maka kita tidak bisa menggunakan plastik sebagai bahan untuk membuat panci atau penggorengan. Panci dan penggorengan harus dibuat dari logam agar tidak dapat terbakar. Karena plastik tidak dapat ditembus air maka plastik tidak dapat digunakan untuk menyerapa air. Itu berarti plastik tidak dapat digunakan untuk menyeka tumpahan air. Jadi jika kamu ingin menyeka tumpahan air di meja tau keringat di wajahmu, tentu kamu tidak menggunakan selembar plastik. Bahan apa yang kamu gunakan untuk itu?

B. BERBAGAI SIFAT BAHAN DAN KEGUNAANNYA. 1. Bahan Yang Tidak Tembus Air

http://sekolah-dasar.blogspot.com/

Sifat tidak tembus air berarti air tidak akan merembes melalui bahan itu. Bahan yang tidak tembus air antara lain, platik, tanah liat, yang dibakar dan gelas kaca. Bahan yang tidak tembus air digunakan untuk berbagai keperluaan yang berhubungan dengan air. Berbagai wadah air dibuat dari bahan yang tidak tembus air. Ember dan baskom dibuat dari plastik. Cangkir dan teko dibuat dari keramik. Kolam renang dilapisi dengan ubin keramik. Keramik dibuat dari tanah liat yang dibakar. Atap rumah dibuat dari bahanyang tidak tembus air agar bagian rumah terlindung dari air hujan. Genteng dibuat dari tanah liat adapula atap rumah yang dibuat dari esbes, seng, dan palstik. Agar terlindung dari air hujan tubuh kita perlu pelindung. Payung dan jas hujan dibuat dari plastik dan nilon.

2. Bahan yang Menyerap Air Bahan yang menyerap air antara lain kain katun, kain pel, kaos, dan kertas. Bahan yang menyerap air digunakan untuk pakaian dan pembersih. Pakaian yang dibuat dari bahan yang menyerap air agar keringat tidak membasahi tubuh kita. Bahan yang menyerap keringat membuat pakaian menjadi nyaman dipakai. Berbagai baju dan celana dibuat dari kain katun dan kaos. Alat pembersih atau lap dibuat dari bahan yang mudah menyerap air. Lap untuk meja dan lantai dibuat dari kain flanel dan kain pel. Lap tubuh, terutama sehabis mandi, dibuat dari kain handuk. Lap keringat dibuat dari kertas tisu. Semua jenis kertas dan kain dapat menyerap air, tetapi kekuatan serapnya tidak sama. Oleh karena itu, orang memilih kertas atau kain tertentu untuk mengelap air.

3. Bahan yang Tahan Air Sifat tahan api berarti api tidak dapat membakar bahan itu. Bahan tahan yang tahan api antara lain logam dan serat esbes. Berbagai alat memasak dibuat dari bahan tahan api. Panci, penggorengan, dan kompor dibuat dari logam alumunium dan besi (stainless steel). Walaupun tahan api bahan dari ogam mudah menyerap panas. Pasukan pemadam kebakaran dan penjinak bom memakai pakaian yang tahan api . pakaian mereka terbuat dari serat esbes.serat asbes tahan api,cukup ringan, dan tidak menyerap panas.

http://sekolah-dasar.blogspot.com/

Hampir semua perusahaan, terutama bank memiliki lemari tahan api ini disebut brankas. Brankas dibuat dari logam. Brankas digunakan untuk menyimpan benda-benda penting, misalnya surat berharga (dokumen), uang, dan perhiasan.

4. Bahan yang Lembut dan Lentur Sifat lembut dan lentur dibutuhkan untuk memberikan kenyamanan pada tubuh. Bahan yang lembut dan lentur antara lain, kain katun, kain sutera, kapuk, busa dan kulit. Pakaian dibuat dari bahan yang lembut. Baju, celana, dan jaket dibuat dari kain katun, sutera dan kulit. Kulit hewan yang biasanya dipakai adalah kulit sapi. Selain untuk jaket, kulit digunakan untuk tas dan sepatu. Sofa dan kasur dibuat dari bahan yang lembut dan lentur. Sofa dan matras dibuat dari busa. Untuk mebuat sofa, busa dilapisi dengan kulit atau kain sofa. Kasur dibuat dari kapuk dan busa. Sekarang orang mulai banyak menggunakan kasur per (spring bed). Kasur per terbuat dari kawat yang lentur dan dilapisi dengan busa.

5. Bahan Yang Kuat Dan Keras Sifat bahan yang kuat dan keras berguna untuk menahan berat benda lain. Bahan yang kuat dan keras dibutuhkan untuk membuat alat rumah tangga, furnitur dan bangunan. Untuk membuat bangunan dibutuhkan bahan yang kuat dan keras. Tiang dan tembok rumah dibuat dari besi, besi, kayu, batu, dan semen. Jembatan dibuat dari besi dan batu. Untuk membuat berbagai furnitur (mebel) dibutuhkan bahan yang kuat. Lemari, kursi, dan meja dibuat dari kayu jati dan besi. Selain kuat, kayu jati memilikinilai seni yang tinggi. Guratan kayu memberikan motif yang indah pada furnitur. Sifat kayu yang cukup ringan membuat kayu mudah diangkat atau dipindahkan. Untuk membuat alat pemotong dibutuhkan bahan yang kaut dan keras. Pisau, gergaji, dan gunting dibuat dari logam besi atau baja.

6. Bahan yang Keras dan Lentur Perhatiakn ban motor atau ban mobil. Terbuat dari bahan apakah ban kendaraan itu? Ban motor dan mobil terbuat dari karet. Karet memiliki sifat yang lentur dan keras. Karena sifat itu, ban karet dapat menyangga bobot mobil yang amat berat tetapi tahan terhadap gonjangan. Selain itu, ban karet dapat mencengkram jalan dengan kuat. Dengan begitu mobil tidak mudah tegelincir di jalan licin.

http://sekolah-dasar.blogspot.com/

Ingatkah kamu dari bahan apakah kasur per (spring bed) dibuat? Bagian dalm kasur per dibuat dari per logam (kawat per). Per logam ini memiliki sifat yang keras, tetapi lentur sehinggga cocok untuk dibuat menjadi tempat tidur yang nyaman.

7. bahan yang Tembus Pandang Sifat tembus pandang berarti dapat dilalui cahaya. Dengan begitu kita dapat melihat keadaan di balik (belakang) bahan itu. Bahan yang dapat tembus cahaya adalah gelas (kaca). Gelas digunakan untuk membuat kaca jendela rumah dan mobil. Karena sifatnya itu, rumah menjadi terang di siang hari karena mendapat cahaya matahari.

D. BENDA DIBUAT DARI BERBAGAI BAHAN perpaduan berbagai bahan dapat menghasilkan benda yang sangat berguan. Saat kamu pergi ke toko atau pasar swalayan, perhatikan berbagai bahan pembukus makanan. Ada susu yang dikemas dalam kaleng makanan, ada pula yang dalam kardus. Ada miniman yang dikemas dalambotol gelas, botol plastik atau kardus. Biasanya makanan yang dikemas dalam kaleng atau kardus harganya lebih mahal. Oleh karena itu, orang pun mencari bahan lain yang sama sifatnya tetapi harganya lebih murah. Misalnya kardus yang dilapisi bahan tahan air. Mengapa kardus (kertas) dapat digunakan untuk membungkus susu cair atau sari buah? Sebenarnya kardus itu tidak sama dengan kardus biasa. Permukaan kardus telah dilapisi oleh bahan plastik. Bagian dalam kardus dilapisi oleh lembaran logam alumunium. Jadi bahan kemasan itu teteap tahan air, tetapi harganya lebih murah.

RANGKUMAN 1. Setiap bahan yang dijadikan benda yang dibutuhkan dengan memanfaatkan sifat bahan itu. 2. Berbagai wadah air dibuat dari bahan tidak tembus air, misalnya plastik, tanah liat yang dibakar, dan gelas (kaca). 3. Pakaian dan alat pembersih dibuat dari bahan yang menyerapair, misalnya kain kaos, katun, kain pel, atau kertas tisu. 4. berbagai alat dapur dibuat dari bahan tahan api, misalnya logam. 5. Sofa dan kasur dibuat dari bahan yang lembut dan lentur, misalnya busa dan kapuk. 6. Furnitur dibuat dari bahan yang kuat dan keras, misalnya kayu dan besi . 7. Ban mobil dibuat dari bahan yang keras dan lentur, yaitu karet. http://sekolah-dasar.blogspot.com/

8. Kaca jendela dibuat dari bahan yang tembus pandang, yaitu gelas (kaca) 9. Sebuah benda dibuat dari paduan berbagai bahan.

SOAL-SOAL LATIHAN Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Sebutkan tiga bahan yang tidak tembus air? 2. Bahan yang menyerap air biasanya digunak untuk apa? 3. Mengapa panci dibuat dari logam alumunium? 4. Mengapa ban motor tau mobil terbuat dari karet? 5. Sebutkan contoh benda yang terbuat dari perpaduan berbagai bahan?

LKS 2 1. Berikut iniadlah benda yang tidak tembus air,kecuali «« a. gelas b. genteng c. kertas d. plastik

2. Alat pembersih atau lap dibuat dari bahan yang «. a. mudah menyerap air b. plastik c. sulit menyerap air d. kain nilon

3. Bahan yang tidak dapat menyerap air adalah «.. a. tisu b. nilon c. katun d. kaos

4. Alat memasak terbuat dari bahan yang tahan panas yaitu «. a. plastik b. kaca c. karet d alumunium

5. Bahan yang lembut dan lentur antara lain, kecuali «.. a. katun b. kapuk c. sutera d. kayu

6. Beriku ini benda yang terbuat dari bahan yang lembut dan lentur kecuali « a. panci b. matras c. sofa d. kasur

7. Berikut ini bahan-bahan yang kuat dan keras, kecuali «. a. besi c. spon

http://sekolah-dasar.blogspot.com/

b. batu

d. besi

8.Furnitur dibuat dari kayu karena «. a. berat b. kuat c. sulit dibentuk d. mudah dimakan rayap

9. Ban mobil dibuat dari bahan yang kuat dan lentur yaitu «. a. kayu b. karet c. besi d. keramik

10. Sifat tembus pandang berarti dapat dilalui «. a. air c. udara c. cahaya d. asap

KUNCI JAWABAN 1. C 2. A 3. B 4. D 5. D 6. A 7. C 8. B 9. B 10. C

http://sekolah-dasar.blogspot.com/

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->