P. 1
AIR BRUSH PAINTING

AIR BRUSH PAINTING

|Views: 4,229|Likes:
Published by Trie Djoko Soesilo

More info:

Categories:Types, Graphic Art
Published by: Trie Djoko Soesilo on Feb 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

CARA MENGGUNAKAN AIR BRUSH

DISUSUN OLEH :

SEJARAH AIR BRUSH

Pada zaman pra sejarah manusia purba mulai mengolah rasa estetikanya dengan menerjemahkan imajinasi yang ada dalam pikiran mereka pada saat itu dengan coretan atau gambar sederhana. Mereka menggunakan dinding dinding gua dan tempat di sekitar mereka tinggal sebagai medìanya. Mereka berusaha menceritakan pemahaman tentang manusia,hewan,tumbuhan dan cerita kehidupan sehari-hari melalui dinding gua. Di Argentina didalam gua Pinturas River region Patagonia terdapat lukisan dinding yang menjadi cikal bakal teknik airbrush. Airbrush sederhana ini dilakukan dengan tulang hewan untuk menyemburkan pewarna yang disimpan di dalam mulutnya dan telapak tangan mereka sebagai malnya. == Temuan pertama, 1879 == Dalam catatan sejarah seni lukis [[modern]], airbrush baru berkembang pada akhir abad ke-19. tahun [[1879]] dikenal sebagi tahun penemuan teknik melukis dengan memanfaatkan tekanan angin yang kini dikenal dengan airbrush. Alat yang digunakan untuk mentransfer cat ke media lukis awalnya disebut ''paint distributor''. Orang yang berjasa menemukan alat ini adalah [[Abner Peeler]], seorang penemu professional yang sepanjang hidupnya melakukan berbagai percobaan. Kemudian Peeler menjual patennya kepada '''Lyberty Walkup''' dari perusahaan Walkup brothers pada bulan [[Agustus]] [[1883]]. Ketika di Indianapolis dilakukan kovensi [[fotografi]], paint distributor terjual sebanyak 63 unit pada 1883, Lyberty Walkup mendirikan sebuah pabrik yang dinamakan ''Airbrush Manufacturing Company'' di [[Rockford]], [[Illinois]]. Saat itu pula istilah airbrush diperkenalkan kepada umum. Alat ini banyak digunakan untuk keperluan foto ''retouching''. Sukses Walkup memicu banyak orang meniru langkahnya.

AIR BRUSH PAINTING
Air Brush Painting adalah pekerjaan pengecatan yang hampir sama dengan pekerjaan melukis karena hasil akhirya yang indah. Tidak semua orang dapat melakukan pekerjaan pengecatan dengan teknik air brush, karena diperlukan keahlian khusus, kesabaran dalam melakukannya. Dan jangan lupa untuk melakukan pekerjaan pengecatan air brush dibutuhkan peralatan yang lumayan mahal berupa spray pen, kompresor, solatip, kertas / plastik proteksi.

Untuk teknik sederhana untuk pekerjaan air brush adalah :
• •

• •

Siapkan gambar yang akan dicontoh Buatlah beberapa pola dari gambar tersebut yang nantinya berfungi sebagai moulding / cetakan untuk mempermudah membuat sketsa gambar & aplikasi catnya. Bila sketsa telah berbentuk, barulah gambar tersebut diperhalus / disempurnakan dengan mengatur komposisi kombinasi warna & nozzle spray pen. Apabila gambar telah selesai, lapisan dengan cat transparant yang hasil akhirnya gloss atau matt sesuai selera anda.

Dalam seni lukis modern, air brush dikenal sebagai salah satu seni lukis yang relative belum lama berkembang dibandingkan dengan seni lukis konvensional, air brush dapat dikatakan sangat berbeda terutama pada alat yang di gunakan. Pada peralatan air brush digunakan sprayer dalam melukis. Seniman air brush lebih mengenal dengan sebutan pen (pena atau pulpen). Dewasa ini teknik ini dilakukan dengan memadukan kerja dari tiga peralatan utama yakni, pompa, tangki udara dan pen. Pompa menghasilkan udara yang ditampung dalam tangki udara. Udara yang terkumpul dalam tangki semakin lama semakin tinggi tekanannya kemudian dikeluarkan melalui pen dalam bentuk dorongan angin. Dengan bantuan angin dari tangki udara, cat dapat keluar dalam butiran-butiran yang sangat halus. Air brush adalah teknik yang mudah diterapkan dalam pembuatan karya lukis khususnya, sebab sudah menggunakan tenaga mesin jadi sangat memudahkan dalam pengerjaannya baik dari pembuatan desain misalnya bisa menggunakan teknik cetakan dengan cara membuat desain lalu dipotong – potong sesuai bentuk desainnya. Seorang air brusher harus mampu membuat desing baik secara manual atau menggunakan komputer dengan berbagai macam program design. Air brush dapat diterapkan dalam media apapun seperti media kain, kayu, plat mobil, motor, kain, keramik dan sebagainya. Pemakaian jenis warna tergantung pada media yang akan di air brush. Untuk dapat melukis air brush dengan baik yang paling dasar perlu di ketahui adalah mengenal karakteristik hasil semprotan air brush, dalam melakukan penyemprotan perlu mengetahui penyemprotan air brush, karakteristik semprotan air brush akan berbeda pada jarak tertentu hasilnyapun akan berbeda.

•Ada 2 teknik menggambar air brush :
+ Teknik Cetakan , teknik ini menggunakan cetakan gambar yang sudah disketsa dan di cuting sesuai dengan bentuk gambar. + Teknik Free Hand, teknik menggambar air brush secara langsung tanpa bantuan cetakan atau sketsa. Dalam membuat sebuah lukisan / gambar kedua teknik ini saling mengisi satu sama lainya. Ada kalanya kita membutuhkan sebuah garis tegas yang statis dengan cara free hand tidak bisa didapat, begitu juga dengan teknik free hand kita dapat membuat sebuah gradasi atau warna yang memblur dari tebal ketipis dari warna tua kemuda atau sebaliknya warna muda ke warna tua. • Teknis pengecatan/airbrush : - mal, -stripping, -free hand, dll Pemakaian efek brush dengan glitter/fostor dll • Aplikasi penbrush, spray gun dan teknik grafis, dengan alat tambahan khusus seperti brush/kuas, rapido, spidol, ballpoint, boxy dll. • Unsur pewarnaan yang dinilai adalah keserasian pemakaian warna, colouring, gradasi warna dan kombinasi.

• Pemakaian efek-efek brush, inovasi dan media brush • Mika/bulu/kasa/kain/benang/kapas, dll atau media lain . • Jenis aliran air brush ada grafis-realis-evolution-animasi , mulai dari desain/motif, tingkat kesulitan, komposisi, narasi, detil, motif, grafity,,gradasi, perwarnaan, finishing dll. Airbrush pen Alat utama airbrush ini tersedia mulai dari yang murah (buatan China) hingga yang paling mahal seperti Iwata series dsb. Untuk pemula bisa beli yang murah dulu, namun kekuatan jarum cukup lemah dan mudah bengkok sehingga pengecatan tidak sempurna asal penanganan hati-hati cukup tahan lama). Merek Anzen beli di P&P atau di Glodok (sepertinya banyak banget disana) sudah cukup memadai. Yang mau goes expert bisa ke Iwata series, atau merek luar lainnya - yang menawarkan beberapa feature menarik. (Susah carinya) Cat Dasar cat ini umumnya digunakan untuk melapisi plastik terlebih dahulu agar nantinya cat memiliki daya rekat yang lebih baik. Cat dasar biasa dipakai untuk memeriksa apakah dempul sudah baik/halus, dsb. Thinner Yang ini banyak dijumpai di toko bahan bangunan, bukan digunakan untuk proses pengecatan namun digunakan untuk mencuci airbrush, kuas, dan mengencerkan dempul tertentu atau untuk membersihkan tangan dll dari sisa-sisa cat. Lumayan irit dibandingkan jika membeli cairan khusus Kompressor Airbrush Bisa menggunakan kompresor tipe apa saja meski ada yang khusus untuk airbrush (kecil tipe membran), sedang/besar tipe piston. Dengan tabung atau tidak. Untuk kestabilan aliran udara disarankan tipe tabung. Tipe lainnya adalah tipe silent (ada yang dibuat dari kompressor lemari es, yang sunyi senyap). Komponen penting lainnya adalah regulator udara. Tanpa ini tidak mungkin melakukan airbrushing dengan sempurna. Mengatur aliran udara, terutama untuk airbrushing detil-detil (tekanan rendah) atau untuk pengecatan umum (tekanan lebih tinggi. Masker, Sarung tangan karet, Kaca mata safety Bermanfaat sanga melakukan pengecatan atau pengikisan, bor dengan grinding tool. Untuk melindungi agar kita tidak menghirup debu cat atau bahan kimia lain. Kacamata safety bermanfaat untuk melindungi dari pecahan kecil. Pengalaman pribadi yang buruk saat mengoperasikan grinding tools. Sarung tangan karet saat menangani bahan kimia seperti resin dsb. Atau pengecetan sehingga tangan tetap bersih.

Penggunaan Warna "Pearl" Untuk Menghasilkan Warna Metalik
Cat yang menghasilkan sinar seperti "Pearl". Penggunaan warna yang tepat(memanfaatkan pemantulan sinar) dapat menghasilkan warna mengkilap yang mengagumkan. Mari kita coba menggunakan keunikan cat "Pearl" ini untuk menghasilkan warna keemasan.

1. Cat ini ada dua jenis yaitu dalam bentuk larutan dan bubuk. Sebelum dipakai cat dalam bentuk bubuk dicampur dengan cat clear. Cat ini dijual dalam berbagai warna. Di sebelah kiri adalah larutan cat Yellow Pearl sedangkan di sebelah kanan dalam bentuk bubuk Red Pearl.

2. Parts yang telah dicat dengan cat "Pearl". Masing-masing dibagi menjadi dua bagian, putih dan hitam(lihat warna di bawah masing-masing parts). Di sebelah kiri dilapisi dengan cat silver pearl, di tengah dilapisi cat yellow gold pearl dan di sebelah kanan dilapisi cat blue pearl. Karena bagian parts yang dicat warna dasar putih memantulkan banyak sinar, maka pigmen pearl tidak terlalu kelihatan sehingga warna terlihat tipis. Bagian parts yang dicat warna dasar hitam hanya memantulkan sedikit sinar sehingga pigmen-pigmen pearl terlihat jelas. Proses Pembuatan Warna Pada Cat "Pearl"

Contoh diagram warna dasar putih dilapisi cat pearl Gold. Ada sinar yang dipantulkan oleh pigmen warna pearl ada juga tidak. Karena warna dasar putih memantulkan sinar dengan kuat, maka efek pemantulan sinar yang mengenai pigmen pearl terlihat hanya sedikit.

2. Contoh pemantulan dengan warna dasar hitam. Sinar yang diteruskan dan mengenai warna dasar hitam diserap sehingga sinar dipantulkan oleh pigmen warna pearl terlihat lebih mencolok. Oleh karena itu kilap warna terlihat lebih jelas. Dengan memanfaatkan karakteristik ini akan diperlihatkan cara pengecatan warna metalik. Penggunaan Mr. Crystal Color Topaz Gold

3. Cat metalik yang akan dipakai adalah sejenis cat pearl Yellow(Gold). Kemudian akan dipakai pula produksi terbaru Mr. Crystal Color XC02 warna Topaz Gold.

4. Bentuk sebenarnya cat Topaz Gold. Warnanya terlihat putih susu dan di dalamnya terlihat kilapan warna pigmen kuning. Karena cat ini pekat, maka ditambahkan cairan Mr. Lebering secukupnya.

5. Proses pengecatan. Warna dasar yang disemprotkan adalah cat warna hitam yang berkilap. Cat yang digunakan adalah Mr. Color GX Uino Black. Keringkan cat kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Selanjutnya cat dengan warna Topaz Gold. Parts langsung berwarna metalik. Perlu diperhatikan jika menyemprot cat terlalu kuat, partikel-partikel cat di permukaan parts akan mengalir. Semprotkan cat dengan perlahan dan lembut.

7. Parts yang telah dicat dengan cat Topaz Gold. Pada tahap ini permukaan parts tidak berkilap dan tidak glossy. Supaya permukaan parts terlihat mulus dan berkilap maka parts harus dicat dengan clear.

8. Parts yang telah dicat dengan clear. Warna terlihat lebih bersinar. Warnanya seperti warna Gold. Jika Terlalu Banyak Melapisi Parts Dengan Cat Warna Pearl

Perlu diperhatikan, bila terlalu banyak melapisi parts dengan cat warna Pearl maka akan timbul retakan. Karena sulit untuk memperbaiki hanya di bagian retakan saja, maka satusatunya jalan adalah menghapus semua cat dan melakukan pengecatan ulang dari awal.

Pemakaian Cat Topaz Gold dan Warna Dasar

1. Lihat perubahan warna cat pada contoh di atas. Pigmen warna pearl-nya tidak terlalu mencolok karena warna catnya kental. Tambahkan warna dasar yellow untuk mempertajam pigmen-pigmen warna. Cara pencampuran cat sama dengan pencampuran warna Gold.

2. Parts yang telah dicat dengan campuran cat Topaz Gold dengan warna dasar Yellow. Warna keemasannya jelas terlihat. Pemantulan warna tidak seimbang karena pemantulan warna yang sama kuatnya pada pigmen warna pearl sebelum dan sesudah pengecatan. Oleh karena itu lapisi dengan cat clear color yang mirip dengan warnanya. Meskipun pantulan sinar warna pearlnya sedikit berkurang, tetap masih memantulkan warna keemasan. Warna keemasannya terlihat lebih lembut.

3. Gambar di atas adalah contoh campuran warna pearl yang telah ditambahkan lapisan penambah kilau warna. Di sebelah kiri adalah cat warna Gold, di sebelah kanan adalah cat warna merah dan yang di tengah adalah campuran warna keduanya. Meskipun warnanya berbeda dan terlihat mendekati warna putih, menghasilkan salah satu warna yang berbeda dengan menggunakan cat warna pearl. Apakah Mengecat Parts Dengan Warna Pearl Dapat Menghaluskan Warna?

Di sebelah kiri adalah cat yang telah dicat dengan warna hitam dan diamplas dengan amplas No.800. Jika parts dicat dengan cat pearl, seperti terlihat pada parts di sebelah kanan, goresan-goresan hilang. Karena sinar yang dipantulkan oleh warna dasar hitam sedikit, yang dipantulkan adalah pigmen warna pearl.

Pengecatan Berlapis Warna Silver dengan Clear Color
Mengecat parts dengan dasar warna silver sebagai pemantul, kemudian melapisinya dengan clear color. Hasil warnanya berbeda dengan warna dasar emas, menghasilkan warna lembut. Cara pengecatan ini sering dipakai dalam mengecat model dengan warna metalik. Warna Super Silver dengan Warna Kuning

Warna dasar yang dipakai adalah Mr. Color SM01 Super Silver. Mr. Color Clear Yellow No. 48 sebagai warna lapisannya.

2. Gambar lapisan cat. Prinsipnya sama dengan pemantulan pada cermin yang dilapisi plastik transparan berwarna. Warna silver sebagai warna dasar berfungsi untuk mengontrol sinar yang dipantulkan. Warna kuning di atasnya menentukan warna yang ingin ditampilkan. Jika lapisan dasarnya tebal, maka warna yang ditampilkan pun menjadi gelap. Mempelajari Goresan Pada Permukaan Dasar

Contoh goresan yang dibuat dengan amplas No. 800 pada pramodel yang telah dicat. Di sebelah kiri goresan tampak jelas karena pantulan sinar. Goresan ini adalah goresan pada permukaan pramodel setelah dicat, digosok berapa kalipun tidak akan hilang. Di sebelah kanan adalah plat yang goresannya telah disemprot dengan "surfacer"(1200) kemudian dicat. Supaya warna silver menjadi lebih lembut penting untuk mengerti kondisi lapisan dasar. ("Safu" adalah kependekan dari kata "Surfacer" dalam bahasa Jepang.)

3. Parts yang telah dicat dengan cat SM01 Mr. Color Super Silver. Warna silvernya tidak mencolok. Cat dengan clear color setelah benar-benar kering.

4. Parts yang telah dicat dengan warna Clear Yellow. Warnanya menjadi emas kehijauhijauan. Warnanya menjadi glossy setelah ditambahkan cat clear color. Jika ingin mengubah warna cat dengan lapisan cat clear color.

5. Contoh parts yang dicat dengan Mr. Color No.49 Clear Orange. Warnanya menjadi warna tembaga. Warna ini merupakan warna emas campuran warna clear yellow dengan clear orange. Hasil Warna Lapisan Clear Color

Semakin banyak lapisan clear color, warna menjadi semakin gelap dan lapisan cat pun menjadi semakin tebal. Dengan menggunakan bahan cat yang sama, dari sebelah kiri lapisan cat tipis dan semakin ke kanan lapisan catnya makin tebal karena dicat berlapis. Hati-hati dalam mengecat parts dalam jumlah banyak.

Pengecatan Dengan Spray
Cat tidak hanya dalam bentuk botol tetapi dalam bentuk spray pun ada. Spray yang dipakai adalah bukan cat khusus tetapi cat yang biasanya dipakai untuk keperluan rumah tangga.

1. "Mekki Chou Spray", cat yang dijual di Home Center, untuk keperluan rumah tangga. Cat ini semakin sulit didapatkan. Meskipun cat ini bukan cat khusus, akan dipakai sebagai contoh karena warnanya emas. 2. Parts yang telah dicat. Kandungan cat ini merusak parts, tampak permukaan parts berkerut-kerut. Meskipun hasilnya menarik, tidak bisa dipakai untuk mengecat pramodel.

3. Pada labelnya tertera bisa digunakan untuk jenis plastik, PVC, acrylic. Tidak cocok digunakan untuk pramodel yang bahan utamanya polystyrene(inisial pada "runner":PS). 4. Hasil cat pada resin ABS. Permukaannya tidak berkerut-kerut, menghasilkan warna emas yang bagus. Bahan resin ABS digunakan pada frame bagian dalam dan engsel pramodel. Ternyata cat ini hanya dapat dipakai pada bagian tertentu pramodel.

Persiapan
Sekarang masuk ke langkah-langkah utama. Akan diperlihatkan cara-cara mengecat. Parts dicat dengan cat sejenis laquier(sejenis cairan yang digunakan untuk membuat kayu atau metal mengkilat) dengan menggunakan air brush.

1. Alat-alat yang digunakan untuk mengecat. Cat utama yang dipakai adalah cat jenis lacquier karena ketahanannya. Pengecatannya menggunakan air brush. Selain warna gold, dipakai warna cat silver atau “pearl”, digabungkan dengan “clear color” atau hitam.

2. Contoh parts yang akan dicat adalah 1/100 MG Hyaku Shiki. “Mekki” di bagian luarnya terlihat bagus. Kit Hyaku Shiki+Value and System bukan termasuk “Mekki” tetapi parts biasa berwarna emas. Kit ini dipakai pula untuk mengetes cat. 3. Mengecat warna emas dengan kuas tidak rapi. Oleh karena itu kali ini semua pengecatan menggunakan air brush. Air brush yang digunakan adalah air brush dengan nozzle 0.3 mm. Paling penting mengecat parts dengan perlahan, jangan sampai partikel catnya mengalir di permukaannya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->