Bentuk Molekul

1. Teori Domain Elektron ●Bentuk molekul tergantung pada susunan ruang pasangan elektron ikatan (PEI dan pasangan elektron bebas (PEB) atom pusat dalam molekul. Dapat dijelaskan dengan teori tolakan pasangan elektron kulit valensi atau teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repultion) ● Molekul kovalen terdapat pasangan-pasangan elektron baik PEI maupun PEB. Karena pasangan-pasangan elektron mempunyai muatan sejenis, maka tolakmenolak antarpasangan elektron. Tolakan (PEB - PEB) > tolakan (PEB - PEI) > tolakan (PEI - PEI) ● Adanya gaya tolak-menolak menyebabkan atom-atom yang berikatan membentuk struktur ruang yang tertentu dari suatu molekul dengan demikian bentuk molekul dipengaruhi oleh banyaknya PEI maupun PEB yang dimiliki pada atom pusat. ● Bentuk molekul ditentukan oleh pasangan elektron ikatannya Contoh molekul CH4 memiliki 4 PEI

2. Merumuskan Tipe Molekul 1) Atom pusat dilambangkan dengan A 2) Domain elektron ikatan dilambangkan dengan X 3) Domain elektron bebas dinyatakan dengan E Tabel tipe molekul Jumlah Pasangan Jumlah Pasangan Elektron Ikatan Elektron Bebas (E) (X) 2 0 3 0 2 1 4 0 3 1 2 2 5 0 4 1 3 2 2 3 6 0 5 1 Rumus (AXnEm) AX2 AX3 AX2E AX4 AX3E AX2E2 AX5 AX4E AX3E2 AX2E3 AX6 AX5E Bentuk Molekul Linear Trigonal planar Bengkok Tetrahedron Piramida trigonal Planar bentuk V Bipiramida trigonal Bipiramida trigonal Planar bentuk T Linear Oktahedron Piramida sisiempat Contoh CO2 BCl3 SO2 CH4 NH3 H2O PCl5 SF4 IF3 XeF2 SF6 IF5

sehingga meninggalkan 2 pasangan elektron bebas pada atom pusat Xe. Pertama kita harus mementukan struktur lewis masing-masing molekul.(lihat gambar dibawah). sedangkan PET akan menempati posisi aksial yaitu pada bagian atas dan bawah. Posisi inilah posisi yang stabil apabila terdapat atom dengan 2 PET dan 3 PEB sehingga menghasilkan bentuk molekul linear. dan XeF6.(lihat gambar dibawah) Struktur Lewis XeF2 seperti gambar sebelah kiri.4 2 AX4E2 Sisiempat datar XeF4 Dengan menggunakan teori VSEPR maka kita dapat meramalkan bentuk geometri suatu molekul. Karena terdapat 3 PEB maka PEB ini masing masing akan menempati posisi ekuatorial pada kerangka trigonal bipiramid. Dalam artikel ini maka akan di contohkan menentukan bentuk geometri molekul XeF2. Lihat gambar diatas XeF2 memiliki 2 pasangan elekktron terikat (PET) dan 3 pasangan elektron bebas (PEB) jadi total ada 5 pasangan elektron yang terdapat pada XeF2. jadi molekul-molekul tersebut adalah contoh yang bagus untuk lebih memahami teori VSEPR. Jadi bentul molekul XeF2 adalah linier. . dua elektron Xe masing-masing diapakai untuk berikatan secara kovalen dengan 2 atom F sehingga meninggalkan 3 pasangan elektron bebas pada atom pusat Xe. Hal yang sama terjadi pada molekul XeF4 dimana 4 elektron Xe dipakai untuk berikatan dengan 4 elektron dari 4 atom F. hal ini menandakan bahwa geometri molekul atau kerangka dasar molekul XeF2 adalah trigonal bipiramid. Diantara molekul-molekul tersebut ada yang memiliki pasangan elektron bebas dan ada yang tidak. Xe memiliki jumlah elektron valensi 8 sedangkan F elektron valensinya adalah 7. XeF4.

Lihat gambar strutur lewis XeF4 memiliki 4 pasangan elekktron terikat (PET) dan 2 pasangan elektron bebas (PEB) jadi total ada 6 pasangan elektron yang terdapat pada XeF4. Posisi inilah posisi yang stabil apabila terdapat atom dengan 4 PET dan 2 PEB sehingga menghasilkan bentuk molekul yang disebut segiempat planar. Perhatikan gambar berbagai bentuk molekul berikut ini ! X : atom pusat E : pasangan elektron bebas . sedangkan PET akan menempati posisi ekuatorial.(lihat gambar dibawah). Bentuk molekul akan sama dengan susunan ruang elektron yang ada pada atom pusat jika tidak pasangan elektron bebas. Jadi bentul molekul XeF2 adalah segiempat planar. hal ini menandakan bahwa geometri molekul atau kerangka dasar molekul XeF4 adalah oktahedral. Karena terdapat 2 PEB maka PEB ini masing masing akan menempati posisi aksial pada kerangka oktahedral.

User yang telah melakukan registrasi dapat mengupload struktur. PubMed. Data yang ada di ChemSpider bersifat dapat diakses dan digunakan oleh siapa saja. video. website ini mampu memberikan gambaran struktur senyawa kimia beserta dengan informasi lengkap mengenainya serta bagaimana kita dapat melakukan sintesis terhadapnya. beserta daftar tautan terkait dari mana sumber data tersebut telah didapatkan. audio yang berhubungan dengan senyawa tersebut. Terima kasih pada Royal Society of Chemistry (RSC) yang telah menyediakan layanan ini pada kita. Dan lebih asik lagi siapa pun dimanapun dia berada dapat menggunakan layanan ini secara GRATIS. menambahkan data spektra. Yahoo. dan didownload. Apa yang dapat diberikan ChemSpider pada kita? • • • • • Memberikan data senyawa kimia. disertai dengan “koment” dan perangkat koreksi sserta review dari ahlinya. Bagaimana Cara Menggunakan ChemSpider? Berikut diuraikan cara bagaimana Anda bisa menggunkan ChemSpider: . sifat. Pemeriksaan struktur senyawaan kimia secara otomatis. Bing dsb-Tapi Kami Punya ChemSpider! Berbahagialah bagi para pemerhati Kimia diseluruh dunia (khususnya Kimiawan) karena kini telah hadir ChemSpider. sifat. nama trivialnya. struktur. ChemSpider mengundang siapa saja untuk dapat mempublikasikan secara online data senyawa kimia berupa struktur. dan data-data yang lain. ChemSpider diintegrasi dengan tautan dari berbagai sumber terpecaya misalnya RSC jurnal. Dengan berbagi inilah maka diharapkan ilmu kimia aka dapat berkembang dengan pesat. Dengan semakin banyaknya data yang diterbitkan secara online maka.Anda Punya Google. yaitu sebuah website yang menyediakan database koleksi senyawa yang dikumpulkan dari berbagai macam website diseluruh dunia hampir 25 milyard senyawa berhasil dikumpulkan dari 400 sumber data. dan buku-buku RSC.

chemspider. Memang sih ChemSpider ini masih versi beta (istilah yang .com.1. 2. Selanjutnya Klik menu “Search” yang terdapat pada menu navigasi ChemSpider. Ketikkan nama reaksi pada kolom “search” yang telah disediakan disini saya mencoba untuk mencari reaksi “ester hydrolysis” maka hasil pencarian akan ditampilkan seperti gambar berikut: Untuk melihat prosedur bagaimana reaksi itu berjalan Anda tinggal mengklik nama reaksi yang bersangkutan. Kunjungi disini situs ChemSpider (akan terbuka pada tab baru di browser Anda). Saya coba dengan mencari struktur “resveratrol” setelah diklik maka saya dapatkan hasil sebagai berikut: Untuk melihat keterangan dan details Anda bisa mengklik link yang terdpat dihalaman pencarian Anda. Bila ingin melihat jenis-jenis reaksi dari berbgai macam jurnal maka tinggal mengunjungi cssp.

Xe memiliki jumlah elektron valensi 8 sedangkan F elektron valensinya adalah 7. dua elektron Xe masing-masing diapakai untuk berikatan secara kovalen dengan 2 atom F sehingga meninggalkan 3 pasangan elektron bebas pada atom pusat Xe. Dalam artikel ini maka akan di contohkan menentukan bentuk geometri molekul XeF2. Diantara molekul-molekul tersebut ada yang memiliki pasangan elektron bebas dan ada yang tidak. dan XeF6.dipakai dalam dunia online jika suatu program/software baru diluncurkan untuk ditest performanya) tapi saya rasa sudah bisa dijadikan rujukan yang cukup baik untuk mencari data senyawa kimia Dengan menggunakan teori VSEPR maka kita dapat meramalkan bentuk geometri suatu molekul.(lihat gambar dibawah) Struktur Lewis XeF2 seperti gambar sebelah kiri. Hal yang sama terjadi pada molekul XeF4 . XeF4. jadi molekul-molekul tersebut adalah contoh yang bagus untuk lebih memahami teori VSEPR. Pertama kita harus mementukan struktur lewis masing-masing molekul.

Lihat gambar diatas XeF2 memiliki 2 pasangan elekktron terikat (PET) dan 3 pasangan elektron bebas (PEB) jadi total ada 5 pasangan elektron yang terdapat pada XeF2. sedangkan PET akan menempati posisi aksial yaitu pada bagian atas dan bawah.(lihat gambar dibawah). Jadi bentul molekul XeF2 adalah linier. . sehingga meninggalkan 2 pasangan elektron bebas pada atom pusat Xe. Karena terdapat 3 PEB maka PEB ini masing masing akan menempati posisi ekuatorial pada kerangka trigonal bipiramid.dimana 4 elektron Xe dipakai untuk berikatan dengan 4 elektron dari 4 atom F. hal ini menandakan bahwa geometri molekul atau kerangka dasar molekul XeF2 adalah trigonal bipiramid. Posisi inilah posisi yang stabil apabila terdapat atom dengan 2 PET dan 3 PEB sehingga menghasilkan bentuk molekul linear.

sedangkan PET akan menempati posisi ekuatorial. Posisi inilah posisi yang stabil apabila terdapat atom dengan 4 PET dan 2 PEB sehingga menghasilkan bentuk molekul yang disebut segiempat planar. Jadi bentul molekul XeF2 adalah segiempat planar.(lihat gambar dibawah). Karena terdapat 2 PEB maka PEB ini masing masing akan menempati posisi aksial pada kerangka oktahedral. . hal ini menandakan bahwa geometri molekul atau kerangka dasar molekul XeF4 adalah oktahedral.Lihat gambar strutur lewis XeF4 memiliki 4 pasangan elekktron terikat (PET) dan 2 pasangan elektron bebas (PEB) jadi total ada 6 pasangan elektron yang terdapat pada XeF4.