Politik Luar Negeri Indonesia di Era Globalisasi

Politik Luar Negeri Indonesia
Sebuah negara yang merdeka pastilah berhak menentukan politik luar negerinya begitupun Indonesia yang telah merdeka sejak 66 tahun yang lalu atau tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945.Sejak itulah indonesia sebagai negara yang merdeka dan terbebas dari campur tangan pihak lain memiliki wewenang penuh dalam menentukan politik luar negerinya, yaitu politik luar negeri bebas aktif. Politik Luar negeri sendiri memiliki adalah kebijakan yang ditetapkan suatu negara yang merdeka dan terbebas dari negara lain untuk mengatur mekanisme hubungan dengan negara lain.Politik luar negeri berbeda beda tiap negara.Perbedaan tersebut antara lain dipengaruhi kondisi dan letak geografis, kekayaan, dan kemampuan penduduk serta latar belakang sejarah negara yang bersangkutan.

Landasan Hukum Politik Luar Negeri Indonesia

Politik luar negeri Indonesia memiliki landasan hukum yang kuat yang tercantum dalam y Pembukaan UUD 1945 alenia ke II dan IV y Pasal 1 ayat 2 UU no. 37 tahun 1999 y Pasal 11 ayat 1 UUD 1945 y Pasal 11 ayat 2 UUD 1945 y Pasal 11 ayat 3 UUD 1945 y Pasal 13 ayat 1 UUD 1945 y Pasal 13 ayat 2 UUD 1945 y Pasal 13 ayat 3 UUD 1945 Jika pembukaan UUD 1945 dikaji lebih dalam, maka kita akan menemukan intisari yang terkandung didalamnya yaitu 1. Bangsa Indonesia menginginkan agar setiap manusia di muka bumi bergaul dengan damai satu sama lain, Menghormati hak asasi manusia, dan kedaulatan negara masing masing. 2. Indonesia menghendaki pergaulan dunia yang tertib dan damai tanpa pertikaian dan peperangan 3. Indonesia mengupayakan tidak terjadi kesenjangan ekonomi, sosial dan politik antar negara 4. Indonesisa berusaha agar hasil pembangunan nasional juga dapat disumbangakan bagi masyarakat di negara lain.
Politik Luar Negeri kelompok 2 Page 1

adil.Politik bebas aktif sendiri memiliki makana yaitu Politik Luar Negeri kelompok 2 Page 2 . 5.Sebab tanpa kemerdekaan. Membentuk negara Indonesia yang demokratis. Tujuan Politik Luar Negeri Indonesia Dibuatnya politik luar negeri Indonesia tidak semata mata hanyalah sebagai gengsi belaka namun ada tujuannya yaitu 1. 3. Negara Indonesia dalam lingkungan PBB berusaha menyokong perjuangan kemerdekaan bangsa bangsa yang masih terjajah. Politik Bebas Aktif Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Politik luar negeri yang dianut Indonesia adalah Politik bebas aktif. Membentuk persahabatan dan kerjasama dengan negara negara di dunia terutama dengan negara negara yang berada di benua hitam dan benua kuning. dan makmur baik lahir maupun batin. Negara Indonesia Berusaha mempermudah jalannya pertukaran pembayaran internasional 3. bersatu dan berdaulat dari sabang sampai merauke. persaudaraan dan perdamaian internasional tidak akan terwujud. Negara Indonesia memperkuat sendi sendi hukum inetrnasional dan organisasi internasional untuk menjamin perdamaian dunia yang abadi.5. Negara Indonesia menjalankan politik damai 2. Membentuk masyarakat Indonesia yang sejahtera. Negara Indonesia bersahabat dengan segala bangsa atas dasar saling menghargai dan tidak saling mencampuri urusan dalam negeri masing ± masing negara. Indonesia berusaha memperkuat sandi hukum internasional dan berpartisipasi aktif dalam organisasi internasional untuk mewujudkan perdamaian dunia.Isi pedoman serta prinsip pokok yang menjadi dasar politik luar negeri adalah sebagai berikut 1. 6. Prinsip Pokok Politik Luar Nageri Indonesia Penegasan pedoman serta prinsip pokok politik luar negeri Indonesia pertama kali di tegaskan dalam sidang Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat tanggal 2 September 1948. 4. 2. Negara Indonesia membantu pelaksanaan keadilan sosial internasional dengan berpedoman pada piagam PBB.

memiliki dua makna yaitu makna bahwa Indonesia bebas menentukan sikap dan pandangannya tentang masalah internasional. Mewujudkan dukungan masyarakat internasional terhadap keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI 2. vi. hubungan ini pun dapat saja menimbulkan hal yang tak diinginkan. Mengembangkan kerjasama ekonomi unutuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat 5. Pelaksanaan Politik Bebas Aktif Di era globalisasi ini. Memantapkan dan memperluas hubungan juga kerjasama bilateral Politik Luar Negeri kelompok 2 Page 3 .Indonesia pun aktif dalam dalam mewujudkan keadilan. filipina dan lain lain Membantu Penyelesaian konflik di Negara Iran. iii.y y Bebas. v. vii. i. Aktif. Mewujudkan kepemimpinan Indonesia dalam proses interegasi ASEAN community 6. ii.Indonesia pun aktif dalam peristiwa ± peristiwa penting dunia serta memprakarsai beberapa organisasi dunia.Berikut merupakan beberapa peran penting Indonesia dalam dunia Internasional.Hal ini mendorong Hubungan antar negara didunia termasuk Indonesia. yaitu 1. Meningkatkan penyelesaian perbatasan wilayah indonesia secara diplomatis 3. iv. Memprakarsai Gerakan Non ± Blog pada tahun 1961 Memprakarsai berdirinya ASEAN Menyelenggarakan Konferensi Asia ± Afrika Membantu penyelesaian konflik di kampuchea. Membantu Penyelesaian konflik negara Palestina dan Israel Membantu Penyelesaian konflik di Bangkok Dalam rangka mewujudkan pencapaian pengelolaan kebijakan politik luar negeri secara efisien dan efektif.Namun. maka misi departemen luar negeri republik Indonesia dijabarkan dalam beberapa tujuan strategik. Indonesia sering sekali mengadakan kegiatan internasional agar dapat menerapkan politik luar negerinya semaksimal mungkin. memiliki makna Indonesia aktif dalam memperjuangkan perdamaian dan ketertiban dunia.Oleh karena itu Indonesia aktif dalam pergaulan dunia guna mewujudkan perdamaian dan ketertiban dunia. Memperkuat hubungan dan kerjasama Indonesia dengan negara negara kawasan asia pasifik 7.Makna kedua adalah bahwa Indonesia tidak memihak pihak manapun . Meningkatkan fasilitasi bagi perluasan kesempatan kerja diluar negeri 4. kebebasan dan kemerdekaan bagi bangsa bangsa di seluruh dunia. teknologi dan informasi terus berkembang. Bosnia.

Mewujudkan organisasi Departemen Luar Negeri yang profesional 14. Meningkatkan pelayanan dan perlindungan warga negara Indonesia dan badan hukum Indonesia di luar negeri 12. Meningkatkan dukungan dan kepercayaan masyarakat internasional terhadap Indonesia 10. Meningkatkan komitmen terhadap perdamaian dunia 11. Memperkuat kerjasama di forum regional dan multilateral 9. Meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam penyelenggaraan hubungan luar negeri dan pelaksanaan politik luar negeri Politik Luar Negeri kelompok 2 Page 4 .8. Meningkatkan upaya diplomasi kemanusiaan dalam menangani bencana alam 13.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful