LAPORAN KERJA PRAKTEK DI PT.

PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk PALEMBANG

Di buat untuk memenuhi persyaratan mata kuliah kerja praktek pada Program Diploma III Teknik mesin Fakultas Teknik Universitas Tridinanti

Oleh : DAUD ACAH 080601006

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG 2010

UNIVERSITAS TRIDINANTI FAKULTAS TEKNIK PROGRAM DIPLOMA III TEKNIK MESIN

LAPORAN KERJA PRAKTEK Di PT.Prasidha Aneka Niaga Tbk Palembang Tanggal 2 November s/d 2 Desember 2010

Supervisor PT.Prasidha Aneka Niaga Tbk

Mengetahui, manager PT.Prasidha Aneka Niaga Tbk

BERLIAND.D

DJOENAIDI

Jaini Ir.MT .Amin Fatoni.MT Mengetahui Ketua Program D III Teknik Mesin Ir.A.PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk PALEMBANG Dosen Pembimbing I Dosen Pembimbing II Ir.Muin. M.LAPORAN KERJA PRAKTEK Di PT.

KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) ini dengan baik dan tepat pada waktunya.Jaini selaku Pembimbing 1 Praktek Kerja Lapangan. Bapak Ir.Kemudian kami menyadari bahwa penyusunan laporan ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya bantuan dari semua pihak yang ada hubungannya dengan laporan ini.M.A.MT selaku Ketua Jurusan D III Teknik mesin Universitas Tridinanti Palembang 3.Amin F. kami menyampaikan terima kasih kepada : 1. Bapak Ir. Bapak Husin Selaku pimpinan PT.MT selaku Pembimbing 2 Praktek Kerja Lapangan 5.PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk. Bapak Ir.PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk Palembang.Ibnu Aziz.Oleh karena itu.MT selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Tridinanti Palembang. Bapak Zulkifli Selaku Kepala Mekanik PT. Bapak Ir. 2. . 4. 6.Muin. Palembang. Laporan ini disusun sebagai syarat untuk kurikulum pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Tridinanti Palembang dalam mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Palembang. Rekan – rekan angkatan 2008 D III Teknik Mesin yang telah membantu Terselesainya Laporan ini. memberikan imbalan yang sesuai kepada yang telah membantu dalam penulisan Laporan ini. Dalam penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) ini penulisMenyadari masih banyak terdapat kekurangan. Bapak dan ibu tercinta.Akhir kata penulis harapkan semoga Allah SWT. yang telah memberikan Doa dan dukungan baik Secara moril dan materil. Penulis.Untuk itu kritik yang membangun dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan penyusunan Laporan ini. 8.7. desember 2010 DAUD ACAH .

........ 1. 3.... Sistematika Penulisan……………………………………… 2 BAB II SEJARAH PERUSAHAAN 2.. ii iv vi viii ix BAB I PENDAHULUAN 1.......3 BAB III Sejarah singkat Perusahaan ………………………………… 4 Kepegawaian ………………………………………………....4..... i LEMBAR PENGESAHAN………………………………………………… KATA PENGANTAR……………………………………………………… DAFTAR ISI………………………………………………………………....2 Tujuan Kerja Praktek ……………………………………… 1... Fungsi Kopling.....1 Latar Belakang ……………………………………………..3 1 1 Manfaat …………………………………………………… 2 1................1 2................ DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………...........1............ DAFTAR GAMBAR………………………………………………………......DAFTAR ISI Halaman HALAMAN………………………………………………………..............2 2. 6 LANDASAN TEORI 3.............. ..2 komponen utama pada kopling... 6 Strukutur Organisasi Perusahaan……………………………................

.............1 Kesimpulan..................................................................1 Prinsip kerja Kopling...................... 4............................... DAFTAR PUSTAKA ...BAB 1V PEMBAHASAN 4............ 5.............................2 Perawatan komponen-komponen pada Kopling................... BAB V PENUTUP 5............................................2 Saran.................

Jika manusia tertinggal dari masyarakat global pada umumnya. Untuk menciptakan teknisi yang siap pakai dan berkualitas.maka tidak cukup dengan praktek dibengkel dan dan laboratorium yang berada di universitas saja. Penulis dapat membandingkan secara langsung ilmu teoritis yang telah di pejari di bangku kuliah dengan ilmu praktis yang ada dilapangan. .1 Latar Belakang Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya permesinan yang semakin canggih seperti sekarang ini.BAB 1 PENDAHULUAN 1. 1.2 Tujuan kerja Praktek Adapun tujuan kerja praktek adalah : 1.Oleh karena itu perlu ditunjang dengan kerja praktek yang bertujuan untuk mengenal situasi kerja dalam instansi atau perusahaan yang nantinya diharapkan agar mahasiswa mempunyai kemampuan dan pengetahuan tentang dunia kerja.mengembangkan ilmu dan teknologi adalah sangat penting.Oleh karena itu untuk memenuhi tuntutan tersebut perlu dilakukan persiapan dengan mendidik dan menciptakan teknisi yang siap pakai dan berkualitas. Dengan kerja praktek ini mahasiswa diharapakan dapat menerapkan ilmu yang telah didapat dibangku kuliah dan dapat mengaplikasikan langsung dilapangan. maka tuntutan manusia untuk menguasai.

2. Mendapatkan ilmu dari dunia industri yang tidak didapatkan dibangku perkuliahan.3 Manfaat Adapun manfaat dari kerja praktek yang penulis lakukan di PT. Dengan kerja praktek ini.menjelaskan tentang latar belakang tujuan.PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk. dan kepegawaian. . Pada Bab III landasan teori ini menguraikan proses pekerjaan di workshop engine. 1. Bab ini menguraikan tentang sejarah singakat PT. Pada Bab II Gambaran umum perusahaan. 3. Bab ini menerangkan sistem kerja pada kopling dan perbaikan serta pemeriksaan kopling. Menambah pengalaman yang sangat berharga bagi penulis.4 Sistematika Penulisan Sistematika produk ini di bagi dalam 5 ( lima ) Bab. 1. dengan di mulai Bab 1 pendahuluan.2. manfaat dan sistematika penulisan.dan Daftar Pustaka.saran. adalah : 1. keadaan organisasi. Sebagai salah satu sarana menambah pengetahuan dibidang teknik mesin. Pada Bab IV Pembahasan. Bab ini menerangkan hasil kesimpulan. Meliputi manjajemen perusahaan. menambah bekal pengetahuan yang dapat dugunakan jika terjun kedunia industri.PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk. Bab V Penutup.

.

Ogan Baru No.Prasidha Aneka Niaga Tbk.PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk didirikan pada tahun 1974.1 Sejarah Singkat Perusahaan Perusahaan PT.Ki Kemas Rindho.PRASIDHA ANEKA NIAGA adalah pabrik pengolahan Chrumb Rubber / karet remah yang memiliki kantor beralamat di Jl.18. termasuk fasilitas perumahan tenaga kerja. bagi pelamar yang ingin bekerja sebagai karyawan harus melalui proses seperti membuat berkas lamaran baik yang diserahkan secara langsung maupun lainnya kepada personalia perusahaan tersebut. sarana olahraga dan intasi pengolahan air limbah. biasanya akan di training bagi setiap karyawannya .kota madya palembang. kecamatan kertapati. sumatera selatan. Selanjutnya kepegawaian dalam dalam PT. Kemudian pelamar tersebut menunggu panggilan untuk mengkuti test interview seperti biasa bagi yang lulus test interview tersebut dapat menjadi pegawai atau tenaga kerja baru. Luas wilayah perusahaan sekitar 11 ( sebelas ) Hektar. 2.PT. Indonesia. .Tujuan dari training itu sendiri adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan kepada pegawai sehingga pegawai tersebut menjadi trampil dalam mengusai bidang yang mereka geluti.Prasidha Aneka Niaga Tbk.BAB II SEJARAH PERUSAHAAN 2.2 Kepegawaian Di dalam kepegawaian ini yaitu penerimaan pegawai baru di PT.

2. yaitu menguraikan tentang organisasi PT. dalam menentukan kebijakan.Prasidha Aneka Niaga Tbk.Prasidha Aneka Niaga Tbk.Prasidha Aneka Niaga mempunyai pedoman mutu.3 Struktur Organisasi Perusahaan Struktur organisasi perusahaan merupakan suatu gambaran tentang kelompok dalam jabatan tertentu pada perusahaan yang akan mengelola operasi demi mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.sasaran. Sistem manajemen mutu PT.19-19001-2001 / ISO 9001 : 2008 dan persyaratan pelanggan serta kebijakan perusahaan.berkaitan dengan Chrum Rubber ( SIR ) yang merupakan bahan baku pabrik ban dan pabrik industri barang teknik lainnya. . telah dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan SNI.organisasi. dan tanggung jawab untuk memelihara sistem mutu perusahaan. Di PT.

STRUKTUR ORGANISASI PT.PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk .

Membuat bekerjanya perpindahan gear pada Transmission.1 Fungsi Kopling Kopling di tempatkan antara engine dan transmision berfungsi untuk : 1.1 Disc Clutch : Berfungsi sebagai perantara perpindahan putaran dari Engine ( Flywheel ) Ke Tansmission. harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :  Dapat memutuskan dan menghubungkan putaran engine ke Transmission dengan cepat dan lancar.  Tidak mudah selip  Balance atau seimbang  Kuat dan tahan terhadap putaran yang tinggi. 2.2 Komponen utama pada Kopling 3.2.  Tahan terhadap panas dan gesekan. Agar Kopling dapat bekerja dengan fungsinya. Supaya kendaraan dapat bergerak lembut / lambat pada saat kendaraan mulai bergerak. yang berfungsi untuk meredam kejutan . Memutuskan dan menghubungkan putaran engine ke Transmission.Hubungan antara hub dengan facing melaui beberapa dumper spring atau dumper rubber.BAB III LANDASAN TEORI 3. 3. 3.

Facing di rivet dengan cushloning plate yang juga berfungsi untuk meredam kejutan. clutch spring berupa coil spring atau diaphragma spring seperti yang digunakan pada semua kendaraan.pada saat clutch mulai bergerak. karena pada type ini release lever sekaligus berfungsi sebagai diaphragma. Gambar 3. pressure plate.2 Disc Clutch 3.Pada clutch cover dilengkapi dengan beberapa komponen yaitu. Pengguna clutch cover assy seperti ini mempunyai beberapa keuntungan :  Konstruksinya kompak  Balance / seimbang sehingga tahan untuk putaran tinggi maupun putaran rendah. .  Tidak memerlukan penyetelan ketinggian release lever.2.2 Clutch Cover Assy Clutch Cover diikat dengan baut pada Fly wheel yang berfungsi untuk menjepit clutch disc terhadap Fly wheel.

2.3 Release Bearing Supaya Release lever / diaphragm yang selalu berputar dapat ditekan oleh komponen yang tidak berputar. Gambar.4 Clutch release fork Berfungsi untuk menekan release bearing. diperlukan release bearing.3.3.4 Clutch release fork .Clutch release fork digerakan langsung oleh clutch pedal melaui cabel. Yang perlu diingat release bearing tidak boleh dicuci dengan bensin.2. Gambar.3.3 Release Bearing 3.

Cara kerja Bila clutch pedal diinjak / ditekan maka clutch release lever fork menekan release bearing kedepan sekaligus menekan diaghragma spring mengungkit pressure plate untuk membebaskan jepitan disc clutch terhadap flywheel. Bila clutch pedal lepas. release fork kembali keposisi semula dan release bearing tidak menekan diaphragma spring. putaran engine tidak dapat diteruskan.Dengan demikian diaphragma tidak mengungkit pressure plate dan disc clutch kembali terjepit ke flywheel sehingga putaran diteruskan.Karena disc clutch tidak tertekan. .

Ketika pedal Kopling ditekan release bearing menekan tuas penekan kopling ( Clutch pressure lever ).1 Sistem kerja pada Kopling a. b. tekanan pressure lever berlawanan dengan tekanan coil spring. Pada saat pedal kopling tidak diinjak plat kopling tertekan karena roda penerus oleh plat penekan karena adanya tekanan dari coil spring ( lihat Gambar 8 ). Apabilah prors engkol berputar. plat kopling berhubungan dengan alur – alur input shalf hal ini menyebabkan input shalf berputar searah putaran kopling. hal ini menyebabkan pressure plate tertarik kearah keluar sehingga kopling bebas ( lihat gambar 8 ) dan tidak terjadi perubahan tenaga mesin ke input shalf. Pada saat kopling berhubungan. Pada saat Kopling tidak berhubungan ( bebas ). . akibatnya tenaga mesin dipindahkan ke transmisi.BAB IV PEMBAHASAN 4.

Gambar. Model Hidrolik.Penggerak atau pembebas Kopling pada Forklift yaitu jenis sistem Hidrolik yang mana mengunakan Clutch Master Cylinder yang berfungsi untuk menghasilkan tekanan minyak yang dihasilkan oleh Sistem Hidrolik.Clutch Cylinder pada Forklift yaitu Jenis Master Cylinder portless type. . . Gambar. Master Cylinder portless type.

sehingga push rod menekan garpu pembebas untuk membebaskan kopling. .Release Cylinder Fungsi release cylinder untuk meneruskan tekanan minyak dari master cylinder yang selanjutnya digunakan untuk menekan piston dan push rod pada release cylinder. Bleader plung yang terdapat pada release cylinder berfungsi untuk membuang udara yang terdapat didalam cylinder. Tinggi pedal kopling Tinggi pedal kopling adalah jarak antara lantai dengan permukaan atas dari pedal kopling. Gambar Konstruksi release cylinder. Kebebasan pedal kopling dari posisi bebas tidak diinjak sampai terdapat pada garpu pembebas ketika mulai diinjak. Kebebasan Pedal Kopling.Release cylinder biasanya terbuat dari cast cron.

Kebebasan garpu pembebasan. Pembebasan garpu pembebasan.Gambar Kebebasan dan tinggi pedal kopling. Adalah langkah garpu pembebasan dari mulai keadaan bebas sampai garpu pembebasan mulai menekan release bearing terhadap diaphragm spring. Gambar. .

Backlash disc clutch.5 mm. Periksa backlash disc clutch.4. Ada tempat yang harus disetel yaitu yang terdapat pada dudukan engine dan pada arm release clutch. Standar Batas : 1. Jika tidak sesuai lakukan penyetelan. .2 mm. sehingga clutch pedal sejajar dengan gerak bebas ( pedal play ). : 0. Clutch arm play Clutch pedal play : 20 – 30 mm. Batas service : 0.1 Perawatan Komponen – komponen pada Kopling. Hal yang harus di periksa : a. Spesifikasi : : 2 – 4 mm. Kedalaman kepala paku keling.5 mm. Penyetelan Clutch Pedal : Stel ketinggian clutch pedal. b. Ukur kedalaman paku keling dengan menggunakan vernier caliper.

PENYETELAN. Kebebasan pedal kopling. Setelah jalan terpenuhi kencangakan mur pengunci dengan menahan mur penyetel. Setelah jaraknya terpenuhi kencangkan mur pengunci dengan menahan mur penyetel. Tinggi pedal kopling Alat yang diperlukan : Tool Set Virnier Califer Cara penyetelan : 1. Gambar. Stel tinggi kopling dengan memutar baut stopper ( 2 ) apabila baut stopper dipendekkan maka pedal akan berkurang. 3. Longgarkan mur pengunci. Tahanlah kabel kopling dengan spaner dan putar mur penyetel ( 3 ) sampai jarak kebebasan kopling sesuai dengan harga standar. 2. .

ada beberapa saran yang sekitarnya dapat memberikan kemajuan bagi perusahaan sebagai berikut : 1. Akan lebih baik jika PT.BAB V PENUTUP 5. tidak hanya sekedar teori yang didapatkan. Selain iti kita bisa mengenal lebih dekat persoalan atau permasalahan yang dihadapi jika kita berhadapan langsung dan segera mencari solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi secara langsung dengan praktek. Kegiatan praktek – praktek di lapangan sangat penting dillakukan.PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk.1 Kesimpulan Sejak mulai melakukan kerja praktek hingga selasai.PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk sebagai berikut : 1. 2. karena ilmu yang kita dapat dari bangku perkuliahan harus diimbangi dengan praktek. Penulis dapat mengetahui fungsi dan prinsip kerja komponen – komponen yang ada pada Forklift.PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk . yang dapat diperoleh hasil dan pengalaman dari melakukan kerj praktek di PT. 3. Kerja praktek dapat memberikan pengalaman serta menambah ilmu yang bermanfaat untuk menghadapi dunia kerja. 5.2 Saran Selama kerja praktek di PT.

PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk di masa yang akan datang. Demikian yang dapat kami berikan.2. perlu adanya penjelasan teori berkaitan dengan mata pelajaran pada suatu ruang sebagai ajang tanya jawab bagi siswa yang mengikuti praktek kerja lapangan sebagai bentuk dukungan perusahaan pada dunia pendidikan.Sebaiknya peralatan tersebut diperbaiki atau diganti dengan yang baru. alat yang tidak layak pakai lagi agar tidak digunakan lagi karena dapat menimbulkan kecelakaan kerja. ada kebocoron pada selang radiator yang menyebabkan mesin sering panas. Dalam penggunaan alat untuk mengerjakan alat berat. 3. Seperti yang dialami sewaktu praktek. Dalam melaksanakan pekerjaan hendaknya hati – hati. jangan sampai terjadi kesalahan. 4. semoga dapat bermanfaat bagi PT. .