Penyebab Punah/Kepunahan Spesies Hewan/Binatang dan Tumbuhan Dari Muka Bumi

Sat, 31/01/2009 - 9:49am ² godam64

Setiap makhluk hidup pasti akan mati termasuk kita manusia tidak terkecuali hewan dan tumbuhan. Kematian suatu jenis makhluk hidup secara terus menerus yang tidak diimbangi dengan regenarasi generasi penerus / keturunan (berkembang biak) adalah merupakan kepunahan. Punah berarti tidak akan ada lagi makhluk hidup itu selama-lamanya di muka bumi. Contoh spesies yang sudah punah adalah dinosaurus jenis t-rex. Faktor Alasan Penyebab Kepunahan Suatu Spesies : 1. Daya Regenerasi Yang Rendah Banyak hewan yang butuh waktu lama untuk masuk ke tahap berkembang biak, biasa memiliki satu anak perkelahiran, butuh waktu lama untuk merawat anak, sulit untuk kawin, anaknya sulit untuk bertahan hidup hingga dewasa, dan sebagainya. Tumbuhan tertentu pun juga terkadang membutuhkan persyaratan situasi dan kondisi yang langka untuk bisa tumbuh berkembang. Hal tersebut menyulitkan spesies yang memiliki daya regenerasi / memiliki keturunan rendah untuk memperbanyak dirinya secara signifikan. Berbeda dengan tikus, ayam, lalat, kelinci, dll yang mudah untuk melakukan regenerasi. 2. Campur Tangan Manusia Adanya manusia terkadang menjadi malapetaka bagi keseimbangan makhluk hidup di suatu tempat. Manusia kadang untuk mendapatkan sesuatu yang berharga rela membunuh secara membabi buta tanpa memikirkan regenerasi hewan atau tumbuhan tersebut. Gajah misalnya dibunuhi para pemburu hanya untuk diambil gadingnya, harimau untuk kulitnya, monyet untuk dijadikan binatang peliharaan, dan lain sebagainya. Perubahan areal hutan menjadi pemukiman, pertanian dan perkebunan juga menjadi salah satu penyebab percepatan kepunahan spesies tertentu. Mungkin di jakarta jaman dulu terdapat banyak spesies lokal, namun seiring terjadinya perubahan banyak spesies itu hilang atau pindah ke daerah wilayah lain yang lebih aman. 3. Bencana Alam Besar Adanya bencana super dahsyat seperti tumbukan meteor seperti yang terjadi ketika jaman dinosaurus memungkinkan banyak spesies yang mati dan punah tanpa ada satu pun yang selamat untuk meneruskan keturunan di bumi. Sama halnya dengan jika habitat spesies tertentu yang hidup di lokasi yang sempit terkena bencana besar seperti bancir, kebakaran, tanah longsor, tsunami, tumbukan meteor, dan lain sebagainya maka kepunahan mungkin tidak akan terelakkan lagi.

. Didesak Populasi Lain Yang Kuat Kompetisi antar predator seperti macan tutul dengan harimau mampu membuat pesaing yang lemah akan terdesak ke wilayah lain atau bahkan bisa mati kelaparan secara masal yang menyebabkan kepunahan. ----Untuk itulah mari kita jaga satwa langka serta tumbuhan langka yang tersisa agar tidak punah dimakan waktu sehingga anak cucu kita bisa melihat hewan dan tumbuhan tersebut secara langsung.4.

yaitu seperti : 1. Contoh : hutan lindung. Perlindungan Hutan Perlindungan hutan adalah suatu perlindungan yang diberikan kepada hutan agar tetap terjaga dari kerusakan. Contoh : cagar alam ujung kulon. Suaka Margasatwa Suaka margasatwa adalah suatu perlindungan yang diberikan kepada hewan/binatang yang hampir punah. 2. Cagar Alam Pengertian/definisi cagar alam adalah suatu tempat yang dilindungi baik dari segi tanaman maupun binatang yang hidup di dalamnya yang nantinya dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan di masa kini dan masa mendatang. taman laut togean. taman wisata. dll. Taman nasional lorentz. taman laut selat pantar. hutan buru. suaka margasatwa. orangutan.Metode Pelestarian Alam Thu. Taman Laut Taman laut adalah suatu laut yang dilindungi oleh undang-undang sebagai teknik upaya untuk melindungi kelestariannya dengan bentuk cagar alam.7:26am ² godam64 Flora dan fauna adalah kekayaan alam yang dapat diperbaharui dan sangat berguna bagi kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya di bumi. 28/02/2008 . Taman Nasional Taman nasional adalah perlindungan yang diberikan kepada suatu daerah yang luas yang meliputi sarana dan prasarana pariwisata di dalamnya. . Contoh : harimau. dan banyak lagi contoh lainnya. 3. komodo. taman laut taka bonerate. dsb. hutan wisata. dan lain sebagainya. cagar alam way kambas. taman nasional komodo. dsb. Contoh : Taman laut bunaken. dan lain sebagainya. taman nasional gunung leuser. 6. Kebun Binatang / Kebun Raya Kebun raya atau kebun binatang yaitu adalah suatu perlindungan lokasi yang dijadikan sebagai tempat obyek penelitian atau objek wisata yang memiliki koleksi flora dan atau fauna yang masih hidup. tapir.Macam/Jenis Perlindungan Flora Dan Fauna / Hewan Dan Tumbuhan . Untuk melindungi binatang dan tanaman yang dirasa perlu dilindungi dari kerusakan maupun kepunahan. 5. 4. dapat dilakukan beberapa macam upaya manusia dengan Undang-Undang.

Sebenarnya awal mula adanya Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah adanya Konferensi Internasional pada tanggal 5 ² 16 Juni 1972. Satu Masa Depan) yang merupakan tema WED 2010 diharapkan mampu mengajak seluruh dunia untuk melestarikan keragaman kehidupan di bumi. Jutaan orang dan jutaan cialis free spesies berbagi bersama dalam satu planet yang sama. Konferensi ini merupakan pertemuan umum pertama Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dengan ¶Human Environment· yang diselenggarakan di Stockholm. advokasi lingkungan. Manusia hanyalah satu dari jutaan spesies yang ada. PBB mengeluarkan resolusi No. dan lain sebagainya. tema yang diangkat adalah ´Many Species. Satu Planet. ·Many Species. Lebih dari dua pertiga spesies yang diperiksa dalam sebuah studi keanekaragaman hayati . Tema WED kali ini berhubungan dengan pencanangan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Keanekaragaman Hayati (International Year of Biodiversity) dengan COP 10 Convention on Biological Diversity (CBD) di Nagoya. Diperkirakan terdapat 5 juta ² 100 juta spesies makhluk hidup dan yang baru teridentifikasi sekitar 2 juta spesies. Jepang yang berlangsung pada 18-29 Oktober 2010. Berdasarkan resolusi PBB tersebut. Isu-isu lingkungan selalu diangkat setiap peringatan hari lingkungan hidup. pendidikan lingkungan. WED dan Keanekaragaman Spesies Tema WED tahun ini mengingatkan kita betapa beranekanya makhluk hidup di muka bumi ini. Tidak terkecuali Indonesia. sebagai salah satu masyarakat dunia juga turut memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. One Future· (Banyak Species. Swedia. One Planet. Satu Planet. setiap negara memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini setiap tahunnya. One Futureµ (Banyak Species. Memberikan kesadaran bahwa sebuah dunia tanpa keanekaragaman hayati adalah prospek yang sangat suram. Dengan harapan adanya peningkatan kepedulian terhadap pengelolaan lingkungan yang baik.World Environment Day 5 Juni merupakan hari penting dalam kalender dunia. dan hanya dengan bersama-sama kita semua bisa menikmati masa depan yang lebih aman dan lebih makmur. seperti pembangunan berkelanjutan. Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) tahun 2010ini. One Planet. Pada tanggal 15 Desember 1972. Tak terkecuali Indonesia. Karena pada tanggal ini diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day). Satu Masa Depan). 2994 (XXVII) yang menetapkan tanggal 5 Juni ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup sedunia.

Bila tingkat laju kepunahan berlanjut atau terus meningkat. Menurut hasil penelitian Global Species Assessment (GSA) dalam Siaran Pers bulan November 2004. diperkirakan berada dalam resiko kepunahan. Di Aceh saja hampir 30 hektar hutan Aceh rusak setiap tahunnya. Akibat dari rusaknya hutan dan pencemaran lingkungan adalah semakin meningkatnya pemanasan global (global warming) yang berdampak pada perubahan iklim.3 juta hektare atau sekitar 62. hingga semua spesies musnah dan ekosistem menjadi rusak .589 spesies yang terdiri dari 7. sekaligus pihak yang mendukung hak hidup untuk semua spesies hewan. Pimm dalam The Future Of Biodiversity mengemukakan bahwa laju kepunahan spesies saat ini adalah 10 hingga 100 kali lipat dari laju kepunahan alami.L. sekaligus menjadi isu moral bagi pihak yang berpendapat manusia sebagai penanggung jawab kelestarian lingkungan. S.internesional disimpukan terancam kepunahan. 17. jumlah spesies yang menjadi punah dalam dekade berikut bisa berjumlah jutaan. Pemilihan tema WED yang disesuaikan dengan The International Year of Biodiversity tentu saja untuk lebih menegaskan tentang pentingnya keanekaragaman spesies dan pentingnya untuk tetap menjaga keberadaannya.677 yang termasuk dalam daftar merah spesies terancam punah. Ini termasuk 21% jenis mamalia. Begitu seterusnya. Selain itu akibat perubahan iklim dan kehilangan habitat dan ekspansi yang dilakukan oleh manusia. Para ilmuwan telah menunjukkan dengan penelitian intensif bahwa planet bumi telah terancam. Total luas hutan di Aceh adalah 3. Hilangnya satu spesies dari muka bumi berarti berkurangnya kekayaan alam.291 diantaranya sangat terancam. kepunahan spesies semaking bertambah tinggi. Selain itu. karena dunia tanpa keanekaragaman spesies atau banyaknya spesies yang punah akan menimbulkan masa depan yang sangat suram bagi kehidupan. Sebagian besar orang hanya berpikir hanya spesies mamalia berukuran besar dan burung yang terancam kepunahan. kerusakan hutan juga berperan andil dalam menurunnya kenekaragaman hayati (spesies). Keanekaragaman hayati mempunyai peranan penting dalam ekosistem. sekitar 15. tapi sebenarnya kestabilan seluruh ekosistem menjadi terganggu dengan punahnya spesies kunci pada salah satu rantai makanan.7 persen luas total wilayah Aceh.266 spesies satwa dan 8. Belum lagi ditambah dengan jenis makhluk hidup lain yang tidak teridentifikasi. 70% jenis tumbuhan dan 35% hewan bertulang belakang. Pembalakan liar dan pembukaan lahan untuk perkebunan kelapa sawit meruapakan faktor terbesar rusaknya hutan Aceh. Dari 47. 30% jenis amfibi. Kepunahan suatu spesies yang menjadi mangsa atau pemangsa dalam suatu ekosistem berdampak pada peningkatan atau penurunan jumlah populasi spesies lain.323 spesies tumbuhan dan lumut kerak.

setiap spesies memiliki materi genetik yang unik yang tersimpan dalam DNA. sebagai pemangku jabatan kalifah di muka bumi ini. Banyak hal sederhan . Bahan kimia dari tumbuhan. merupakan sebuah kewajiban bagi kita untuk menjaga bumi termasuk melestarikan keanekaragaman spesies makhluk hidup dari kepunahan. Sudah sangat banyak bukti yang menunjukkan betapa lingkungan telah semakin rusak dan beraneka ragam spesies yang semakin punah. misalnya sangat berpotensi untuk digunakan sebagai senyawa obat-obatan dalam industri farmasi. dan menghasilkan bahan kimia yang unik sesuai instruksi genetik yang dimiliki. Selain itu.dan tidak bisa kembali seperti semula. Oleh karena itu.