VI.

FUNGSI EKSPONEN DAN FUNGSI LOGARITMA

6.1 Pendahuluan A. Tujuan Setelah mempelajari bagian ini diharapkan mahasiswa dapat: 1. menuliskan bentuk umum fungsi eksponen; 2. menggambar grafik fungsi eksponen; 3. menuliskan bentuk umum fungsi logaritma; 4. menggambar grafik fungsi logaritma.

B. Deskripsi Singkat Isi Bab Bab ini berisi uraian tentang: 1. fungsi eksponen; 2. fungsi logaritma.

Kata kunci: fungsi, eksponen, logaritma

6.2 Fungsi eksponen Bentuk Umum Bentuk umum fungsi eksponen adalah y = ax, dengan a  0 dan a  1

Grafik fungsi konstan dibedakan menjadi dua yaitu untuk 0 < a < 1 dan untuk a > 1. grafik y =  21  x -2 4 dapat digambarkan seperti di bawah ini. untuk 0 < a < 1 Dipelajari salah satu kasus yaitu y = Fungsi y =  21  x . d) untuk x = 0 y = 1. ditambah dengan tabel yang berisi beberapa nilai fungsi berikut ini. Dari uraian di atas. x -3 8 -1 2 Y 0 1 1 1 2 2 1 4 3 1 8  21  x y=  21  x 1 X 0 . c) jika x bernilai besar sekali dan bertanda positip maka y bernilai mendekati nol dan bertanda positip. 1 Grafik y = ax.  21  x memiliki sifat-sifat: a) terdefinisi untuk semua x  R. b) jika x bernilai kecil sekali dan bertanda negatip maka y besar sekali dan bertanda positip.

Bilangan e adalah bilangan real irasional dengan besar e = 2. ditambah dengan tabel yang berisi beberapa nilai fungsi berikut ini. c) jika x bernilai besar sekali dan bertanda positip maka y bernilai besar sekali dan bertanda positip. Dari uraian di atas.7183… .2 Grafik y = ax. Fungsi y = 2 x memiliki sifat-sifat: a) terdefinisi untuk semua x  R. . x -3 1 8 -2 1 4 -1 1 2 0 1 Y 1 2 2 4 3 8 2x y = 2x 1 X 0 Dalam fungsi eksponen dikenal satu fungsi khusus yaitu fungsi eksponen dengan bilangan pokok e. d) untuk x = 0 y = 1. untuk a > 1 Dipelajari salah satu kasus yaitu y = 2 x . Dengan demikian grafik fungsi y = e x ini mirip dengan y = 2 x . b) jika x bernilai kecil sekali dan bertanda negatip maka y mendekati nol dan bertanda positip. grafik y = 2 x dapat digambarkan seperti di bawah ini.

y = 0 d) untuk x lebih besar dari 1. Jika x semakin besar. grafik y = 2 log x dapat digambarkan seperti di bawah ini. Dari uraian di atas.3 Fungsi Logaritma Bentuk Umum Jika ay = x dengan a  0 dan a  1 maka y  a log x Grafik fungsi logaritma dibedakan menjadi dua yaitu untuk 0<a<1 dan untuk a > 1. ditambah dengan tabel yang berisi beberapa nilai fungsi 1 berikut ini. 1 Fungsi y = 2 log x memiliki sifat-sifat: a) terdefinisi untuk semua x >0. c) untuk x = 1. y berharga negatip. Grafik y  a log x . untuk 0 < a < 1 1 Dipelajari salah satu kasus yaitu y = 2 log x . 1.6. maka y semakin kecil. b) jika x mendekati nol maka y besar sekali dan bertanda positip. x 1 2 1 2 1 0 Y 2 -1 4 -2 8 -3 16 -4 log x 1 1 y = 2 log x 0 1 X .

c) untuk x = 1. . Jadi logaritma dengan bilangan pokok e adalah y = e log x = ln x. untuk a > 1 Dipelajari salah satu kasus yaitu y = 2 log x . x 2 1 2 1 0 Y 2 1 4 2 8 3 16 4 log x -1 y = 2 log x 0 1 X Dalam fungsi logaritma dikenal satu fungsi khusus yaitu fungsi logaritma dengan bilangan pokok e. b) jika x mendekati nol maka y kecil sekali dan bertanda negatip. Dari uraian di atas. yang disebut logaritma Napier. ditambah dengan tabel yang berisi beberapa nilai fungsi berikut ini. Jika x semakin besar.2. y berharga positip. grafik y = 2 log x dapat digambarkan seperti di bawah ini. Fungsi y = 2 log x memiliki sifat-sifat: a) terdefinisi untuk semua x >0. disingkat ln (dibaca len). y = 0 d) untuk x lebih besar dari 1. Grafik y  a log x . maka y semakin besar pula.

Dalam fungsi logaritma dikenal satu fungsi khusus yaitu fungsi logaritma dengan bilangan pokok e. 4. Jika ay = x dengan a  0 dan a  1 maka y  a log x . Grafik fungsi logaritma dibedakan menjadi dua yaitu untuk 0<a<1 dan untuk a>1. yang disebut logaritma Napier. Grafik fungsi eksponen dibedakan menjadi dua yaitu untuk 0<a<1 dan untuk a>1 3.Rangkuman 1. . dengan a  0 dan a  1 2. Jadi logaritma dengan bilangan pokok e adalah y = e log x = ln x. Bentuk umum fungsi eksponen adalah y = ax. 5. disingkat ln (dibaca len).

Tuliskan bentuk umum fungsi eksponen! 2. Gambarkan grafik fungsi berikut ini: a) y = 1 3 log x b) y = log x c) y = d) y = 1 3 3 log( x  1) log( x  1) 2 . . Gambarkan grafik fungsi berikut ini: a) y =  13  x 1  4  x1 b) y = 3 x c) y = d) y = 2 x1 3. Tuliskan bentuk umum fungsi logaritma 4.Latihan 1.

Daerah definisi fungsi y = f(x) adalah himpunan semua nilai x sehingga nilai y ada. a2. …. a2. 3. 3. a3.. an = 0. Tinjauan Umum 1. Jika untuk fungsi polinomial harga a2. 2. Bentuk umum fungsi polinomial adalah. an adalah konstanta dan disebut koefisien fungsi polinomial. an = 0. Grafik fungsi digunakan untuk mempresentasikan fungsi secara grafis.. …. 2. yang disebut fungsi kuadrat. maka diperoleh p(x) = ao + a1x + a2x2. …. Fungsi Polinomial 1. Diketahui A dan B adalah dua himpunan yang tidak kosong. a1. p( x)  a0  a1 x  a2 x 2  a3 x 3 . maka diperoleh p(x) = ao + a1x + a2x2 + a3x3. 5. an = 0. dengan ao. …. mekanika tanah. Suatu fungsi dari A ke B adalah suatu aturan yang memetakan setiap elemen di A dengan tepat satu elemen di B. Fungsi 1.Rangkuman Keseluruhan I. an = 0. yang disebut fungsi pangkat tiga. maka diperoleh p(x) = ao yang disebut fungsi konstan. a3. III. Jika untuk fungsi polinomial harga a3. ….. a3. 3. ..an x n . Fungsi digunakan dalam teknik sipil untuk menyatakan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Fungsi-fungsi tersebut digunakan dalam berbagai kajian bidang teknik sipil seperti struktur. Jika untuk fungsi polinomial harga a4. 4. 2. II. Daerah definisi fungsi y = f(x) adalah himpunan semua nilai y dengan x berasal dari daerah definisi. teknik keairan dan lain-lain. Jika untuk fungsi polinomial harga a1. maka diperoleh p(x) = ao + a1x. yang disebut fungsi linier.

dengan x adalah satuan ukuran sudut. Bentuk umum fungsi cosinus adalah f(x) = cos x. and tangent) C A Segitiga ABC siku-siku di B Sinus A = B BC AC Cosinus A = AB AC Tangen A = BC AB 2. maka fungsi invers dari sinus didefinisikan dengan y = arc sin x. Fungsi Eksponen dan Fungsi Logaritma . Definisi sinus. Fungsi Trigonometri dan Fungsi Invers Trigonometri 1. Bentuk umum fungsi sinus adalah f(x) = sin x. 5. Fungsi Rasional 1. jika x = cos y maka inversnya adalah y = arc sin x. Jika x = sin y. 3. dengan x adalah satuan ukuran sudut. x = tan y maka inversnya adalah y = arc tan x.IV. Dengan cara yang sama. dan tangen (sine. 2. 4. Bentuk umum fungsi rasional adalah r ( x )  fungsi polinomial dan q(x)  0. p( x ) dengan p(x) dan q(x) adalah q( x) V. 3. Fungsi rasional tidak sejati yaitu jika derajat p(x) lebih tinggi atau sama dengan derajat q(x). dengan x adalah satuan ukuran sudut. Fungsi rasional sejati yaitu jika derajat p(x) lebih rendah dari derajat q(x). cosine. Bentuk umum fungsi tangen adalah f(x) = tan x. VI. cosinus.

dengan a  0 dan a  1 2. Grafik fungsi eksponen dibedakan menjadi dua yaitu untuk 0<a<1 dan untuk a>1 3. Daftar Pustaka . Jadi logaritma dengan bilangan pokok e adalah y = e log x = ln x.1. Dalam fungsi logaritma dikenal satu fungsi khusus yaitu fungsi logaritma dengan bilangan pokok e. yang disebut logaritma Napier. 5. disingkat ln (dibaca len). Jika ay = x dengan a  0 dan a  1 maka y  a log x . Grafik fungsi logaritma dibedakan menjadi dua yaitu untuk 0<a<1 dan untuk a>1. Bentuk umum fungsi eksponen adalah y = ax. 4.

M. INC.. 2002. New York. Inc. Analisis Nonlinier Geometri Struktur Frame-Truss 3D dengan Metode Elemen Hingga. Penerbit Erlangga. 1981. New York Karyadi. . Tesis Program Pasca Sarjana. Frick. Introduction to Engineering Mathematics. 1956. Bandung.J.. Henderson... Jakarta. Jakarta. Spiegel. Macmillan Publishing CO. 1995.. McGraw-Hill. Mekanika Tanah. Penerbit Erlangga. UGM Yogyakarta. M. Kalkulus. 1985.M. N. K. Martono. A. Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik I. F. Addison-Wesley. Penerbit Yayasan kanisius. Yogyakarta.. 1985.Croft. Davison. 1979. Open Chanel Flow. Theory and Problem of College Algebra.. R. H. Hargreaves. 1966..R.. Soemartojo. M. Mekanika Teknik I Statika dan Kegunaanya. Smith.. Penerbit Angkasa. New York.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful