Sistem Pemerintahan : 

Sistem 

keseluruhan dari beberapa bagian yang mempunyai hubungan fungsional, baik antarbagian-bagian maupun hubungan struktural sehingga hubungan tersebut menimbulkan suatu ketergantungan. Pemerintahan berasal dari kata ¶Pemerintah·. # Pemerintahan dalam arti luas meliputi badan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. # Pemerintahan dalam arti sempit meliputi Presiden, Wakil Presiden, dan para menteri atau kabinet yang disebut badan eksekutif.

Sistem Pemerintahan suatu tatanan utuh yang terdiri atas berbagai komponen pemerintahan yang bekerja saling bergantung dan berpengaruh dalam mencapai tujuan dan fungsi pemerintahan.

5. 2.Dalam teori Klasik. Aristokrasi Timokrasi Oligarki Demokrasi Tirani Monarki Tirani Aristokrasi Oligarki Politeia Demokrasi Ajaran Polybius (204-122 SM) Dikenal dengan teori siklus Polybius . 3. Ajaran Aristoteles (384-322 SM) 1. bentuk pemerintahan dapat dibedakan atas jumlah orang yang memerintah dan sifat pemerintahannya Ajaran Plato (429-347 SM) 1. 6. 5. 4. 4. 2. 3.

MONARKI Sifatnya baik Untuk kepentingan : Rakyat Dipegang oleh : satu orang Okhlokrasi Sifatnya jelek u/ kepentingan pribadi Dipegang oleh : beberapa orang TIRANI Sifatnya jelek u/ kepentingan: sekelompok orang Dipegang oleh: beberapa orang/ bangsawan Demokrasi Sifatnya baik u/ kepentingan rakyat Dipegang oleh : rakyat Aristokrasi Sifatnya baik u/ kepentingan umum Dipegang oleh : beberapa orang Oligarki Sifatnya jelak u/ kepentingan kelompoknya Dipegang oleh : sekelompok .

2. Republik Absolut Republik Konstitusional Republik Parlementer . Bentuk Pemerintahan Republik 1. Bentuk Pemerintahan Monarki C. 3. 2. Monarki Absolut Monarki Konstitusional Monarki Parlementer 1. 3.B.

.

Kelebihan Kelemahan .

2. Kabinet dibentuk oleh presiden. 5. Presiden tidak bertanggung jawab kepada parlemen. 6.1. 4. Kabinet bertanggung jawab kepada presiden dan tidak bertanggung jawab kepada parlemen/legislatif. Presiden tak dapat membubarkan parlemen Parlemen memiliki kekuasaan legislatif dan menjabat sebagai lembaga perwakilan. 3. Presiden adalah kepala negara dan sekaligus kepala pemerintahan. Presiden tidak berada di bawah pengawasan langsung parlemen. . Penyelenggara negara berada di tangan presiden.

 Kedudukan kepala negara hanya sebagai lambang dan kekuasaan yang nyata dalam pemerintahan tidak nampak. Merupakan sistem pemerintahan antara eksekutif dan legislatif mempunyai hubungan yang bersifat timbal balik dan saling berpengaruh. .

Raja/ratu atau presiden adalah sebagai kepala negara. Apabila terjadi perselisihan antara kabinet dan parlemen dan kepala negara beranggapan kabinet berada dalam pihak yang benar. yg kalah berlaku sebagai pihak oposisi. . maka kepala negara akan membubarkan parlemen. 7. pembentuk kabinet dan sekaligus sebagai perdana menteri adalah ketua partai politik yang memenangkan pemilu. Badan legislatif/parlemen anggotanya dipilih melalui pemilu. Kepala pemerintahan adalah perdana menteri. 3. karena harus mendapat dukungan kepercayaan dari parlemen. Eksekutif bertanggung jawab kepada legislatif. 5. kabinet harus membentuk koalisi.1. 4. Dalam sistem banyak partai. 6. Dalam sistem dua partai. 2. Kedudukan kepala negara tidak dapat diganggu gugat. 8.

Tanggung jawab dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan publik jelas. Parlemen dijadikan tempat kaderisasi partai. Ada pengawas yang kuat dari parlemen terhadap kabinet. Pembuatan kebijakan dapat dilakukan secara cepat.Kelebihan 1. Kedudukan eksekutif tergantung pada dukungan mayoritas parlemen. 3. 3. 2. Kelangsungan kedudukan eksekutif tidak bisa ditentukan. 2. Kelemahan 1. .

. Ilmu pengetahuan Teknologi Globalisasi Perkembangn dunia Contoh pengaruh sistem pemerintahan suatu negara adalah pemilihan langsung presiden dan wakil presiden. 3. pada pemilu 2009 di Indonesia yang meniru pemilu di Amerika Serikat. 4. Sistem pemerintahan negara dapat berdampak positif maupun negatif. Presidensial Parlementer Suatu sistem pemerintahan dapat mempengapuhi sistem pemerintahan negara lain.Ada dua macam sistem pemerintahan yang banyak digunakan 1. 2. Pengaruh dampak tersebut dapat disebabkan oleh : 1. 2.

bahwa sistem pemerintahan Indonesia menganut sistem distribution of power. bahwa tiap kekuasaan itu harus dilakukan oleh suatu organisasi/badan tertentu yang tidak boleh saling campur tangan. Tidak membatasi kekuasaan itu dibagi atas 3 bagian saja dan juga tidak membatasi kekuasaan dilakukan oleh 3 organ saja.Menurut UUD 1945. Tidak membagi habis kekuasaan rakyat yang dilakukan MPR. . Dengan argumentasi. power. kepada lembaga negara lainnya. pasal 1 ayat 2. bahwa UUD 1945 : 1. 3. 2. Tidak membatasi secara tajam.

7. Indonesia adalah negara hukum (Reechstat). Kedaulatan tertinggi berada di tangan rakyat (MPR). 5. 6. Presiden adalah penyelenggara pemerintahan yang tertinggi. 3. . Presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR. 2. Menteri negara adalah pembantu presiden. Sistem Konstitusional.1. 4. Kekuasaan kepada negara terbatas.

. Negara Indonesia adalah negara Hukum. Menteri negara ialah pembantu Presiden. menteri negara tidak ber-tanggungjawab kepada Dewan Perwa-kilan Rakyat. Menteri negara ialah pembantu Presiden. Sistem Konstitusional Kekuasaan negara tertinggi di Tangan Majelis Permusyawaratan Rakyat Presiden ialah penyelenggara pemerintah Negara yang tertinggi menurut UUD. Kekuasaan Kepala Negara tidak tak terbatas. menteri negara tidak ber-tanggungjawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Presiden tidak bertanggungjawab ke-pada Dewan Perwakilan Rakyat. Presiden ialah penyelenggara peme-rintah Negara yang tertinggi menurut UUD.Masa Orde Baru (Sebelum amandemen UUD 1945) Masa Reformasi (Setelah Amandemen UUD 1945) Indonesia adalah negara hukum (rechtssaat) Sistem Konstitusional Kekuasaan negara tertinggi di tangan Majelis Permusyawaratan Rakyat. Presiden tidak bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Kekuasaan Kepala Negara tidak tak terbatas.

Sebelum Amandemen UUD 1945 JIWA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA PANCASILA PEMBUKAAN UUD 1945 UNDANG-UNDANG DASAR 1945 MPR MA BPK DPR PRESIDEN DPA .

Setelah Amandemen UUD 1945 .

Sikap kita sebagai warga negara: Bangga Mendukung Karena. sistem pemerintahan Indonesia sekarang bertujuan untuk mewujudkan sistem pemerintahan demokratis.Pelaksanaan sistem pemerintahan di indonesia berdasar pada UUD 1945 hasil amandemen yang dimulai dengan penyelenggaraan pemilu 2004 yang dilaksanakan untuk memilih: Presiden Anggota Anggota dan wakil presiden dalam satu paket. . DPD (Dewan Perwakilan Daerah). DPR dan DPRD.

Menyampaikan kritik. b. e. Berpartisipasi dalam setiap pembangunan di segala bidang. saran. tidak menciptakan keresahan. dan masukan kepada pemerintah dengan baik terhadap suatu kebijakan.a. d. Memberikan kepercayaam kepada pemerintah untuk melaksanakan pembangunan. c. Berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu Berpartisipasi dalam melaksanakan kebijakan pemerintah baru. .

PARLEMEN (LEGISLATIF) ATAU KONGGRES BADAN PERWAKILAN SENAT MAHKAMAH AGUNG (YUDIKATIF) PRESIDEN (EKSEKUTIF) PEMILIHAN UMUM TETAP PEMILIHAN UMUM R A K Y A T Keterangan : : Checking Power With Power P E M I L I H .

: Pertanggungjawaban dari pihak Eksekutif (PM dan Kabinetnya) kepada parlemen (legislatif). Pemilihan Umum .PERDANA MENTERI DEWAN MENTERI-MENTERI (KABINET) PARLEMEN Artikulasi Kepentingan PEMILIH Keterangan : : Mosi tidak percaya dari pihak Legislatif (Parlemen) kepada Pemerintah (Eksekutif).

sedangkan kepala pemerintahan adalah perdana d. Menggunakan sistem unikameral. Manchu. Bentuk pemerintahan adalah republik dengan sistem demokrasi komunis c. Wu. Hui. Yi Kepala Pemarintah : Perdana Manteri Pokok-pokok sistem pemerintahan di Cina adalah : a. kota dan provinsi untuk masa jabatan 5 tahun.979 orang.Nama resmi Bentuk Pemerintahan Kepala Negara Suku Bangsa Bahasa Gan : Zhonghua Renmin Gonghe Guo : Republik Demokratis : Presiden : China Han. Hokka. Xiang. . Min. daerah. Anggotanya merupakan perwakilan dari wilayah. Yue. Badan ini memiliki kekuasaan penting di Cina dengan anggotanya dari orangorang partai komunis. Korea : Mandarin. Kepala negara adalah presiden. yaitu Kongres Rakyat Nasional (National People¶s Congress or Quanguo Renmin Daibiao Dahui) dengan jumlah 2. Zhuang. Bentuk negara adalah kesatuan yang terdiri atas 23 provinsi b. Mongol.

Menteri-menteri. dan 78 unit lain ¡ ¢ ¥¤¢£ ¡ £ ¤ ¡ ¢¦ D wan gara : P r ana M nt ri 15 Wakil P r ana M nt ri.978 hsien. 5 wilayah otonom.Konferensi Negara Tertinggi Ketua Dewan Pertahanan Nasional Konggr s sional Tingkat Provinsi : 21 Provinsi. 58 hsien otonom. 177 Kotamadya. dan 2 kota yang diperintah secara langsung Dewan-Dewan akyat Konggr s. dan Kepala-Kepala Komisi 49 Kementerian dan Komisi ¢¡ Komisi   t p ¡ ¡ ¡ ¡ ¡ §¡ ¡ ¡ £ ¡¦ §¡ ¡ t Mahkamah Rakyat Tertinggi Kejaksaan Rakyat Tertinggi Kejaksaan Rakyat PengadilanPengadilan Rakyat Menengah Kejaksaan Rakyat .onggr s akyat PengadilanPengadilanRak yat Tertinggi Daerah-daerah Istimewa dan chou otonom Tingkat Kabupaten : 2. 1.291 unit. S kr taris J nderal.

yaitu Majelis Nasional dan Dewan Nasional Provinsi. Parlemen terdiri atas dua bagian (bikameral). Kekuasaan yudikatif dijalankan oleh badanbadan Constitusional Court. Yaitu sitem politik yang membedakan warga atas warna kulit. Supreme Court of Appeal. Sistem pemerintahan presidensial e. . High Courts.Pokok sistem pemerintahan Afrika Selatan: a. Merupakan negara kesatuan c. menerapkan sistem politik demokrasi anti apartheid. f. Bentuk pemerintahan Republik d. b. Sejak tahun 1994. dan Magistrate Courts.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful