PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI INDONESIA KINI DAN DI MASA MENDATANG

Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Problematika Bidang Studi Biologi Yang dibina oleh Prof. Dr. Yusuf Abdurrajak

Disusun oleh: Andi Rahmat Saleh 100 341 507 517 Kelas A

PROGRAM PASCASARJANA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2011

Kurangnya media pembelajaran biologi seperti torso. Guru biologi yang kurang menguasai materi pembelajaran sehingga banyak terjadi miskonsepsi tentang konsep-konsep biologi Proses perekrutan guru biologi khususnya PNS yang terkadang tidak transparan Adanya guru biologi yang bukan berlatar ilmu biologi tapi misalnya ilmu pertanian atau perikanan yang hanya mengambil akta supaya bisa mengajar Guru yang kurang menguasai metode ataupun cara mengajar Kurang menguasai teknologi dan bahasa asing khususnya bahasa inggris sehingga kurang mengikuti perkembangan keilmuan Kurangnya minat untuk meneliti dalam rangka pengembangan ilmu dan kemampuan mengajar Kurang kontekstual dalam mengajar biologi sehingga siswa cenderung hanya mempelajari teori dan tidak dapat mengaitkan dengan dunia nyata .Permasalahan Dalam Pembelajaran Biologi Yang Sekarang Terjadi Di Indonesia 1. Buku teks yang dibagikan ke sekolah-sekolah kurang berkualitas dan kurang terkini (up to date) sehingga tidak menimbulkan minat bagi siswa untuk mempelajarinya. model dan sebagainya Kurangnya sarana pendukung pembelajaran seperti LCD. Faktor kualitas guru. komputer dan hal lainnya khususnya di daerah terpencil. memadai dan layak untuk mendukung 2. Faktor sarana fisik Bangunan sekolah yang tidak proses pembelajaran Laboratorium biologi yang kurang memiliki sarana dan prasarana untuk mengembangkan kemampuan guru dan siswa.

Siswa kurang termotivasi untuk belajar lebih jauh Siswa kurang bisa membatasi diri khususnya dalam faktor teknologi seperti game. pendidikan gratis malah cenderung mengurangi kualitas pendidikan . Faktor siswa. Faktor lain-lain Gaji guru baik PNS maupun honorer yang masih rendah Kurangnya perhatian masyarakat dan orangtua terhadap proses pembelajaran yang terjadi Lingkungan yang terkadang kurang kondusif bagi siswa untuk belajar Biaya pendidikan yang mahal.3. internet dan lain-lain sehingga mereka tidak bisa memanfaatkannya untuk pembelajaran Kurangnya kemampuan akan teknologi dan bahasa asing 4. Faktor Kurikulum Ganti menteri ganti kurikulum Kurikulum yang terus terganti mengakibatkan implementasinya tidak maksimal Terlalu banyak beban belajar yang harus ditanggung siswa sehingga siswa menjadi kurang fokus Penerapan kurikulum di lapangan terkadang tidak bisa mengakomodir kebutuhan siswa Pendidikan yang tidak merata Kurikulum yang menjadikan siswa terlalu dipacu ke hasil bukan proses pembelajaran yang dialaminya 5.

kurangnya kompetensi yang dimiliki guru baik kompetensi pedagogik.Prediksi Permasalahan Dalam Pembelajaran Biologi Yang Sekarang Terjadi Di Indonesia Di Masa Mendatang Berdasarkan analisis permasalahan pembelajaran biologi yang telah dipaparkan sebelumnya. hanya memanfaatkan untuk bersenang-senang Kurangnya motivasi dan kemandirian siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Kemungkinan kurikulum yang masih terus berubah akan menyulitkan para pihak yang berkaitan dengan dunia pendidikan Globalisasi yang kurang dimanfaatkan makin menyebabkan para guru dan siswa kurang bisa bersaing dan megikuti perkembangan pendidikan di luar negeri Pendidikan yang masih belum merata . maka prediksi permasalahan pembelajaran biologi yang dihadapi Indonesia di masa mendatang yaitu: Masih berkutat dengan rendahnya kualitas guru karena proses penerimaan guru yang masih belum bersih. menimbang kompleksnya permasalahan beserta kondisi yang sedang terjadi sekarang ini. materi dan lain-lain Siswa kurang bisa memanfaatkan teknologi ke dalam pembelajaran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful