BATANG TUMBUHAN Ciri-ciri batang * umumnya berbentuk panjang bulat seperti silinder atau dapat pula mempunyai

bentuk lain. * terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing dibatasi buku-buku dan pada buku-buku inilah terdapat daun. * biasanya tumbuhnya ke atas. * ujungnya selalu bertambah panjang. * mengadakan percabangan. * umumnya tidak berwarna hijau kecuali tumbuhan yang umurnya pendek. Fungsi batang : * Mendukung bagian-bagian tumbuhan seperti daun, bunga, dan buah. * Dengan percabanganya memperluas bidang asimilasi. * Sebagai jalan pengangkutan air dan zat-zat makanan dari bawah ke atas dan sebagai jalan pengangkutan hasil-hasil asimilasi dari atas ke bawah. * Menjadi tempat penimbunan zat-zat asimilasi makanan cadangan.

TUMBUHAN YANG TIDAK BERBATANG (PLANTA ACAULIS) Batang tumbuhan ini amat pendek, semua daunnya seakan-akan keluar dari bagian atas akarnya dan tersusun rapat sehingga batangnya tidak tampak. Contoh : lobak (Raphanus sativus L.). TUMBUHAN YANG JELAS BERBATANG * Batang basah (herbaceus). Contohnya batang bayam (Amaranthus spinosus L.)

misalnya pada sengon (Albizzia stipulata Boiv) * Lepasnya kerak (bagian kulit batang yang mati) misalnya pada jambu biji (Psidium guajava L.Segi empat (quadrangularis).).kladodia contohnya kaktus (Opuntia vulgaris Mill. Contoh pada iler (Coleus scutellarioides Benth. . .).) * Memperlihatkan bekas-bekas daun penumpu . Contohnya batang padi (Oryza sativa L. Haw.* Batang berkayu (lignosus).) * Batang rumput (calmus). Contohnya pada batang mendong (Fimbristylis globulosa Kunth). tetapi mengenai arahnya dapat memperlihatkan variasi dan bertalian dengan sifat ini dibedakan batang yang tumbuhnya : a.).) * Batang mendong (calamus). misalnya pada keluwih (Artocarpus communis Forst) * Memperlihatkan banyak lentisel. iler (Coleus scutellarioides Benth).Bangun segitiga (tringularis) contohnya batang teki (Cyperus rotundus) . contohnya pada batang markisah (Passiflora qudadrangularis L. Dilihat permukaanya.). Contoh Batang jagung (Zea mays L. misalnya jenis Anggrek (Orchidaceae) dan Zebrina pendula Schnitzl.filokladia contohnya pada Muehlenbeckia platyclada Meissn. Menggantung (dependens. pendulus). misalnya papaya (Carica papaya L.). misalnya pada papaya (Carica papaya L. Tegak lurus (erectus). yaitu jika arahnya lurus ke atas. * Pipih .). Contohnya pada Cereus peruvianus (L). BENTUK BATANG * Bulat (teres). * Bersayap (alatus) contohnya pada markisah (Passiflora quadrangularis L.). b. * Berusuk (costatus).) * Berambut (pilosus) pada tembakau (Nicotiana tabacum L. Contohnya batang mangga (Mangifera indica L. * Beralur (sulcatus). Contohnya bambu (Bambusa sp) * Bersegi (angularis) . ARAH TUMBUH BATANG walaupun seperti telah dibahas sebelumnya bahwa batang umumnya tumbuh ke arah ke arah cahaya. batang tumbuh-tumbuhan juga memperlihatkan sifat yang bermacam-macam seperti : * Licin (leavis). meninggalkan tanah dan air.) * Berduri (spinosus) pada mawar (Rosa sp) * Memperlihatkan bekas-bekas daun.

* akar pembelit. yaitu cara percabangan yang batangnya setiap kali bercabang menjadi dua cabang yang sama besarnya. * cabang pembelit. Menurut arah melilitnya dibedakan lagi menjadi batang yang: * Membelit ke kiri (sinistrorsum volubilis).). batang pokok sukar dibedakan dengan cabangnya.). misalnya pada batang kacang tanah (Arachis hypogaea L.).). Contohnya gadung (Dioscorea hispida Dennst).). 2. * daun pembelit misalnya kembang sungsang (Gloriosa superba L. misalnya pada pohon cemara (Casuarina equisetifolia L.). Serong ke atas/ condong (ascendens). Contohnya pada sawo manila (Achras zapota L. biasanya dibedakan tiga macam cara percabangan.). .). h. Memanjat (scandens). Misalnya pada kembang telang (Clitoria ternatea L. misalnya dengan: * akar pelekat. Mengangguk (nutans) misalnya pada bunga matahari (Helianthus annuus L. Menggarpu atau dikotom. e. misalnya panili (Vanilla planifolia Andr. 3.). PERCABANGAN PADA BATANG Cara percabangan ada bermacam-macam. Monodial yaitu batang pokok selalu tampak jelas. * Membelit ke kanan (dextrorsum volubilis).c. misalnya pada semangka (Citrullus vulgaris Schrad. Simpodial. Misalnya pada paku andam (Gleichenia linearis).). misalnya anggur (Vitis vinifera L. karena lebih besar dan lebih panjang daripada cabangnya. Berbaring. yaitu : 1. Penunjang dapat berupa benda mati ataupun tumbuhan lain. g. tumbuh dengan menggunakan penunjang. d. contohnya sirih (Piper betle L. f. dan pada waktu naik keatas batang menggunakan alat-alat khusus untuk "berpegangan" pada penunjangnya ini.). Membelit (volubilis). misalnya batang ubi jalar (Ipomoea batatas Poir. Menjalar atau merayap (repens).

930 kg/m3. • Akitivitas kambium lebih aktif pada musim hujan daripada musim kemarau/ kering. Ciri-ciri : Pohon Tinggi pohon bisa mencapai 50 meter dengan Ø hingga 1. Memiliki daya tahan yang kuat terhadap jamur. Xylem : Mengangkut air dan zat hara dari tanah. densitas kayu jati berada pada kisaran 700 . Pada beberapa jenis kayu jati terdapat warna kemerahan pada saat baru saja dibelah Densitas pada level MC rata-rata 12%. Kambium : Sel-sel aktif membelah.1. Empulur : Menyimpan makanan. busuk karena udara lembab atau serangan serangga. . Lingkaran Tahun • Terjadi pada batang pohon yang tumbuh di daerah panas dan dingin atau penghujan/ kemarau yang berselang-seling. • Kortek : terdiri dari sel-sel penyimpan dan sel penyangga.2 meter. Umur pohon jati yang ideal untuk mendapatkan kualitas terbaik adalah di atas 40 tahun. Keawetan Kayu Jati tergolong pada kayu dengan kelas awet I. BATANG POHON JATI Bagian batang dari luar kedalam: • Epidermis : Sebagai pelindung. Bagian kayu gubal berwarna krem atau bahkan putih kecoklatan. Kayu Jati juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan perubahan suhu. • Stele : Perikambium/ lapisan sel tepi Floem : Mengangkut hasil fotosintesis. Warna Batang Coklat dan emas warna gelap pada kayu terasnya.

Secara ekonomis kayu karet sangat efisien karena hanya akan ditebang dan dijadikan bahan baku industri furniture ketika sudah tidak menghasilkan karet. 3. sedikit krem ketika baru saja dibelah atau dipotong. Diamater rata-rata adalah 70-90cm. Ketika sudah mulai mengering akan berubah sedikit kecoklatan. Warna Batang Kayu karet berwarna putih kekuningan. Densitas Kayu karet tergolong kayu lunak .2. Batang Pohon Karet Pohon Pohon karet bisa tumbuh hingga ketinggian 30 meter dan akan mulai diambil getahnya pada umur 5-6 tahun. tapi lumayan berat dengan densitas antara 435625 kg/m3 dalam level kekeringan kayu 12%. dengan warna gubal lebih terang. . Tidak terdapat perbedaan warna yang menyolok pada kayu gubal dengan kayu teras. Bahkan bisa mencapai 1050 kg/m3. BATANG POHON BANGKIRAI Ciri-ciri . Pada saat baru saja dibelah/potong. Bisa dikatakan hampir tidak terdapat kayu teras pada rubberwood. Warna Batang Kayu berwarna kuning dan kadang agak kecoklatan. Densitas Kekerasan kayu Bangkirai cukup tinggi. antara 880-990 kg/m3 pada kekeringan MC 12%. Pohon Bangkirai bisa berdiameter hingga 120 cm dan tinggi pohon mencapai 40 meter. oleh karena itulah disebut yellow balau. Perbedaan antara kayu gubal dan kayu teras cukup jelas. bagian kayu teras kadang terlihat coklat kemerahan.keras. Setelah berumur 25 tahun pohon karet tidak lagi menghasilkan 'latex' sehingga sudah saatnya harus ditebang dan digantikan dengan pohon baru.

4. 5. Kayu Gubal (sapwood) berwarna krem keputihan. Acacia mangium membutuhkan 5-7 tahun untuk mencapai diameter 30cm. BATANG POHON MERBAU Ciri-ciri : Pohon: Diameter pohon merbau bisa mencapai 150cm dan tinggi 15 meter. Batas antara kayu gubal dan kayu teras cukup jelas. dan akan berubah coklat kemerahan setelah beberapa waktu.600 kg/m3. Kurang baik untuk pemakaian yang langsung diletakkan di atas tanah. cukup tahan terhadap cuaca dan kondisi normal akan tetapi akan mudah terserang jamur dan serangga apabila diletakkan pada kondisi luar ruangan yang terlalu basah. Rata-rata diameter yang bisa digunakan untuk membuat furniture minimum 25cm untuk mendapatkan rendemen yang baik. Warna Kayu: Kayu glubal Merbau berwarna agak kekuningan dengan ketebalan 4-5 cm.900 kg/m3. rata-rata 800 kg/m3 pada level MC 12% . BATANG KAYU AKASIA Ciri-ciri : Pohon Tinggi pohon bisa mencapai 30 meter dengan diameter hingga 1 meter. Warna Batang Kayu teras berwarna dari coklat muda hingga coklat tua kehijauan. Densitas: 740 . bagian dan jenis tertentu bisa mencapai hingga 800 kg/m3. sangat jelas dan mudah dibedakan dengan kayu terasnya. Densitas Pada level MC 12% densitas sekitar 450 . Pada pori-porinya seringkali terlihat garis-garis pendek dan halus berwarna kuning. Keawetan Akasia termasuk pada kayu kelas awet 3. Bagian kayu terasnya berwarna Kekuningan dan oranye pada saat dibelah.

Area Tumbuh: Australia (740 ribu hektar). Beberapa eksporter juga berasal dari Selandia Baru namun tidak murni plantation. Warna Kayu: Kayu teras berwarna merah kecoklatan dan kayu gubal berwarna kuning dan krem. Pinus Radiata termasuk jenis pohon yang cepat tumbuh dan berbatang lurus. Afrika Selatan dan Amerika. Biasanya Selandia Baru mengekspor kayu ini sudah dalam bentuk S2S atau S4S. BATANG POHON PINUS Ciri-ciri : Pohon: Antara 15 .2 juta hektar). Selandia Baru (1.80 cm dan tinggi antara 15 . Densitas: 480 . Hutan paling besar untuk kayu ini diketahui adalah dari Chili.25 tahun kayu Pinus Radiata bisa memiliki diameter batang 30 . Chili (sekitar 1. .3 juta hektar).520 kg/m3 pada MC 12% Serat kayu: Cenderung lurus tapi terdapat banyak mata kayu karena pohon pinus radiata memiliki banyak cabang kecil pada batangnya.6. Garis lingkaran tahun pinus radiata lumayan jelas terlihat sehingga garis serat kayu pada pembelahan tangensial bisa terlihat jelas pula.30 meter.

tebal dan berkayu. khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik). Buah besar. sedangkan bunga jantan di bagian yang jauh dari pangkal. berwarna kuning. duduk pada batang. Bungatersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea. pelepah pada ibu tangkai daun pendek. diameter 10 cm sampai 20 cm atau bahkan lebih. berumah satu. dan fasa padatannya mengendap pada dinding endokarp ketika buah menua. menyirip sejajar tunggal. warna daun hijau kekuningan.Kayunya kurang baik digunakan untuk bangunan. atau coklat. berkayu. terdapat bunga jantan dan betina. Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Batang beruas-ruas namun bila sudah tua tidak terlalu tampak. Daun tersusun secara majemuk. adaptif pada lahan berpasir pantai. bunga betina terletak di pangkal karangan. buah tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin. embrio kecil dan baru membesar ketika buah siap untuk berkecambah (disebut kentos). endokarp melindungibiji yang hanya dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dalam endokarp. namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Akar serabut.7. namun akan mengalami pelambatan pertumbuhan. Endospermium berupa cairan yang mengandung banyak enzim. disebut sabut. hijau. . BATANG POHON KELAPA Ciri-ciri : Pohon dengan batang tunggal atau kadang-kadang bercabang. Ia berasal dari pesisirSamudera Hindia. melindungi bagian endokarp yang keras (disebut batok) dan kedap air. berkerumun membentuk bonggol. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

halaman sekolah (jika masih ada halaman sekolah yang besar disini *meringis*) ataupun pekarangan rumah yang mempunyai area tanah yang sangat luas. Bandingkan dengan pohon biasa yang rata-rata mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya. Selain kelebihan diatas ternyata pohon trembesi juga mampu menyerap CO2 puluhan kali dari pohon biasa.5 ton karbondiokasida setiap tahunnya. Daunnya juga sangat sensitif terhadap cahaya dan menutup secara bersamaan dalam cuaca mendung (ataupun gelap) sehingga air hujan dapat menyentuh tanah langsung melewati lebatnya kanopi pohon ini. . Dinegara asalnya pohon ini dipergunakan sebagai pohon penyejuk di perkebunan maupun taman. Mungkin karena kemampuan menyerap CO2 inilah maka pemerintah meluncurkan program Penanaman 1 Miliar Pohon tahun 2010 dengan trembesi sebagai pohon utama untuk ditanam. Rerumputan juga berwarna lebih hijau dibawah pohon hujan dibandingkan dengan rumput disekelilingnya. Pohon trembesi mampu menyerap 28. Dan pohon trembesi ini akan tumbuh melebar melebihi ketinggian pohonnya (gak kebayang ademnya kalau ditanam di tengah lapangan Simpang Lima).8. Pohon Trembesi Ciri-ciri D isebut Pohon Hujan (Rain Tree) karena air yang sering menetes dari tajuknya yang disebabkan kemampuannya menyerap air tanah yang kuat. Ciri pohon trembesi ini sangat mudah dikenali dari karakteristik dahan pohonnya yang akan membentuk seperti bentuk payung. Pohon ini memang diperuntukkan bagi ruang publik yang sangat luas seperti taman atau taman.

berubah menjadi cokelat tua. beralur dangkal seperti sisik. . beralur dan mengelupassetelah tua. sedangkan kulit batang berwarna abu – abudan halus ketika masih muda. Kulit luar berwarna cokelatkehitaman. POHON MAHONI Batangnya lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir.9.

berwarna hijau gelap di atas dan keputih-putihan oleh karena lapisan lilin di sisi bawahnya.5 m. . jukatau duk. panjang hingga 5 m dengan tangkai daun hingga 1. dapat mencapai 25 m. batang pokoknya kukuh dan pada bagian atas diselimuti oleh serabut berwarna Ijuk hitam yang adalah dikenal bagian sebagai ijuk. Anak daun seperti pita bergelombang. hingga 7 x 145 cm. seperti daun kelapa. Daunnya majemuk menyirip.10. Berdiameter hingga 65 cm. sebenarnya dari pelepah daun yang menyelubungi batang. Enau atau Palma Cirri-ciri Palma yang besar dan tinggi. injuk.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful