P. 1
Pencarian Akar Suatu Bilangan (penarikan07)

Pencarian Akar Suatu Bilangan (penarikan07)

|Views: 507|Likes:

More info:

Published by: Taufiqurrahman Karim on Feb 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/02/2013

pdf

text

original

PENARIKAN AKAR PANGKAT DUA SUATU BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN POLA BILANGAN GANJIL Oleh : Prayitno∗ Abstrak

Tantangan bagi seorang guru dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dan Menengah adalah bagaimana membuat sistematika pembelajaran yang baik sehingga materi pelajaran tersebut dapat dipahami oleh siswa dengan mudah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru seperti menguasai materi dengan baik, memilih metode yang sesuai dan menguasai strategi yang jitu untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Salah satu diantara masalah yang dihadapi siswa yaitu penarikan akar suatu bilangan. Kata kunci : Penarikan akar, Pola bilangan ganjil Pendahuluan Matematika merupakan salah satu bidang studi yang diajarkan di SD dan mempunyai peranan penting dalam memberi dasar atau bekal kemampuan berhitung dan kemampuan menalar. Hal ini sesuai dengan pendapat Soedjadi (2000) yang menyatakan bahwa tujuan pendidikan matematika pada jenjang persekolahan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : (1) tujuan yang bersifat formal, yaitu tujuan yang menekankan kepada penataan nalar anak dan pembentukan sikap, dan (2) tujuan yang bersifat material, yaitu tujuan yang menekankan pada keterampilan hitung, menyelesaikan soal dan penerapan matematika Pada prinsipnya, pendidikan matematika di tingkat dasar dan menengah merupakan tahap pendidikan yang sangat menentukan keberhasilan siswa atau mahasiswa di tingkat pendidikan mereka yang lebih tinggi. Bahkan pemerintah menegaskan bahwa penguasaan Sains dan Teknologi pada jenjang Pendidikan yang lebih tinggi harus didukung oleh penguasaan Matematika dan IPA di seluruh jenjang Pendidikan nasional (Hadi,2005). Itulah sebabnya mengapa Matematika di sekolah

Prayitno, S.Pd. adalah dosen Jurusan Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang. Kini sedang menempuh S2 pada Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya

merupakan prioritas dalam pembangunan pendidikan. dan ini menuntut tanggung jawab guru matematika yang sebenarnya cukup berat. . Salah satu tantangan bagi guru dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dan menengah adalah bagaimana membuat sistematika pembelajaran yang baik sehingga bahan pelajaran tersebut dapat disampaikan dan dipahami siswa dengan mudah. Penyajian konsep penarikan akar pangkat dua selama ini disajikan menggunakan algoritma yang sepertinya menggunakan aturanaturan tanpa alasan. dan menentukan akar pangkat dua (akar) dari suatu bilangan yang diberikan. Menurut Niss (Hadi. pada tulisan ini akan dibahas langkah-langkah penarikan akar suatu bilangan yang lebih sederhana. artinya setiap langkah yang diberikan seakan memaksa siswa untuk menerimanya saja sebagai suatu aturan yang harus dihafal. yakni dengan mengaitkannya dengan konsep tertentu yang telah dikuasai siswa. diharapkan matematika di sekolah dapat dikuasai dengan baik oleh para siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut. Berdasarkan uraian di atas. Topik yang dipelajari terkait dengan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar tersebut adalah bilangan.2005) salah satu alasan utama diberikan matematika kepada siswa-siswa di sekolah adalah untuk memberikan kepada setiap individu pengetahuan yang dapat membantu mereka untuk mengatasi berbagai hal dalam kehidupan. Konsep yang dimaksud adalah Pola jumlah bilangan ganjil. dan kompetensi dasar menghitung perpangkatan dan akar sederhana. Salah satu standar kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar adalah melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

Disebelah bilangan yang didapat pada langkah d. Tulis pula kuadrat dari angka yang didapat dibawah bilangan yang di kiri tadi. 5 | 29 = 2 3 4 129 43 × 3 = 129 0 i. Hitung selisih dari angka yang tak terambil dengan angka yang dibawahnya. d. dan letakkan disebelah kanan tanda akar. Usahakan ada satu angka yang memenuhi 4 persyaratan tertentu. maka langkah-langkah penarikkan akar bilangan tersebut tampak pada Table 1 Tabel 1 Langkah-langkah penarikkan akar pangkat dua dari 529 Ambil dan pisahkan dua buah angka dari sebelah kanan. 5 | 29 5 | 29 =2 5 | 29 = 2 4 5 | 29 4 1 =2 5 | 29 = 2 4 1 29 5 | 29 = 2 4 1 29 × = 129 g. c. 529 = 23 Langkah-langkah yang digunakan di atas sama sekali tidak menunjuk pada konsep yang telah dipelajari dan aturan-aturan yang diberlakukan sepertinya aturan- . 5 | 29 = 2 3 4 1 29 4 3 × 3 = 1 29 h. turunkan dua angka yang diambil pada langkah a. b. Bilangan yang didapat pada langkah e dikurangkan dengan bilangan pada langkah g. dan tulis bilangan itu disebelah kiri bawah tanda akar. f. Gandakan angka yang ditulis dikanan. Bilangan disebelah tanda sama dengan adalah akar yang dicari. Angka yang didapat ditulis di sebelah kanan angka pada langkah b.Teknik Penarikan Akar Pangkat Dua Suatu Bilangan yang Biasa Digunakan dan Permasalahannya Operasi penarikkan akar pangkat dua yang umum dilakukan adalah sebagai berikut. perhatikan angka/bilangan disebelah kirinya. Tulis angka terbesar yang pangkatnya kecil atau sama dengan angka yang dikiri tadi. a. Misalkan kita mengajarkan cara mencari akar pangkat dua dari bilangan 529. e.

Sebagai contoh. maka a2 = a × a. yang memaksa siswa untuk menerima saja sebagai suatu hafalan. Pola jumlahan n bilangan ganjil pertama Sesuai dengan definisi suatu bilangan kuadrat. jika a sebarang bilangan. akan kembali menghasilkan p. maka barisan berikut menampilkan n bilangan kuadrat suatu bilangan asli. 16. Akar pangkat dua dari suatu bilangan p adalah sebuah bilangan lain yang bila dipangkatkan dua. Tabel 2 menunjukkan bahwa setiap bilangan kuadrat tersebut merupakan penjumlahan bilangan ganjil.aturan tanpa alasan. Jadi 2 p = x jika x2 = p 1. cara mempartisi 2 angka dari belakang dan proses pengerjaannya adalah aturan yang memaksa siswa untuk menghafal saja. Sebagai contoh. … . Tabel 2 Bilangan kuadrat dan jumlah bilangan ganjil Pangkat dua dari n 1 = 12 1 + 3 = 4 = 22 1 + 3 + 5 = 9 = 32 1 + 3 + 5 + 7 = 16 = 4 2 1 + 3 + 5 + 7 + 9 = 25 = 52 dan seterusnya … Penjumlahan n bilangan ganjil pertama penjumlahan satu bilangan ganjil pertama penjumlahan dua bilangan ganjil pertama penjumlahan tiga bilangan ganjil pertama penjumlahan empat bilangan ganjil penjumlahan lima bilangan ganjil pertama Siswa diharapkan melihat pola keteraturan ini. yaitu : 1. 9. Penerapan Pola Bilangan Ganjil Dalam Penarikan Akar Pangkat Dua Bilangan pangkat dua (bilangan kuadrat) adalah suatu bilangan yang didapat dari hasil kali suatu bilangan dengan dirinya sendiri. yaitu : Jumlah n bilangan ganjil pertama sama dengan n2 . 4.

..+ (2k – 1) +[2(k+1)-1] = k2 +[2(k+1)-1] = k2 +2k+2 -1 = k2 +2k+2 -1 = (k+1)2 Hasil pada ruas kanan menyatakan kebenaran pernyataan (*) untuk n = k+1 iii) Kesimpulan : Pernyataan (*) Benar untuk setiap n bilangan asli.1-1 = 12 = 1 [(*)Benar untuk n = 1) ii) Asumsikan bahwa (*) Benar untuk n = k yaitu 1 + 3 + 5 + . kebenaran pola tersebut dapat dibuktikan dengan menggunakan Prinsip Induksi Matematika...... Buktinya adalah berikut.. Pola Jumlah Bilangan Ganjil dan Penarikan Akar Pangkat Dua Suatu Bilangan . dapat dipelajari pada tingkat sekolah dasar.. tetapi deskripsi kebenaran pernyataan (*). Kedua objek dasar matematika itu. maka untuk n = k + 1..+ (2k. Terbukti Uraian pembuktian ini tentu saja tidak dipelajari pada tingkatan Sekolah Dasar.1) = k2. dapat digunakan untuk mempelajari konsep-konsep pada tingkatan tersebut. 2.. Pernyataan dalam kotak di atas.... sebagaimana diuraikan dalam Tabel 2.. berlaku : ∑ (2i − 1) = n i =1 n 2 .. Diperoleh : 1 = 2. Untuk setiap bilangan asli n..(*) Bukti : i) Ambil n = 1.... Alasannya adalah objek dasar matematika yang diperlukan untuk mempelajari deskripsi kebenaran pernyataan (*) adalah operasi kuadrat dan penjumlahan bilangan asli....Dalam struktur matematika.... diperoleh : 1 + 3 + 5 + .. dapat ditulis.

1 =1 4=2 9 =3 16 = 4 25 = 5 Perhatikan bahwa : n2 jika dikurangi dengan n jumlah bilangan ganjil pertama sama dengan 0 Langkah-langkah yang digunakan dalam mencari akar pangkat dua dari suatu bilangan adalah sebagai berikut : . 16 – 1 – 3 – 5 – 7 = 0. 4 – 1 – 3 = 0. Sehingga dengan operasi kebalikannya. akan diperoleh hasilhasil yang tampak dalam Tabel 3 Tabel 3 Hubungan pola pengurangan n bilangan ganjil pertama dengan operasi akar pangkat dua Akar Pengurangan n bilangan ganjil pertama Bilangan dari n2 pangkat dua Pengurangan satu bilangan ganjil pertama Pengurangan dua bilangan ganjil pertama Pengurangan tiga bilangan ganjil pertama Pengurangan empat bilangan ganjil pertama Pengurangan lima bilangan ganjil pertama dan seterusnya … 1 – 1 = 0. 2007) . dan misalkan n2 = x. • Jika dengan menambahkan n buah bilangan ganjil pertama secara berturutturut akan diperoleh bilangan pangkat dua dari n atau n 2. 9 – 1 – 3 – 5 = 0. 25 – 1 – 3 – 5 – 7 – 9 = 0. maka pendekatan bisa dimulai dengan melihat kebalikan dari operasi pangkat dua suatu bilangan dalam contoh di atas.• Dengan pemahaman bahwa akar pangkat dua adalah operasi kebalikan dari pangkat dua. maka jika dikurangkan nilai x dengan n buah bilangan ganjil berturut-turut sampai didapat bilangan 0 akan diperoleh akar pangkat dua dari x (Desfitri.

Pola Bilangan Ganjil Lebih Lanjut n bilangan ganjil pertama Pola Bilangan Ganjil n 1 2 3 4 5 6 … Seterusnya didapat: • Bilangan ganjil ke 25 • Bilangan ganjil ke 70 1 3 5 7 9 11 … 2 (1) – 1 2 (2) – 1 2 (3) – 1 2 (4) – 1 2 (5) – 1 2 (6) – 1 = 2 (25) . maka bisa dikenalkan dengan cara sebagai berikut.§ Misalkan kita ingin menyuruh anak mencari akar pangkat dua dari 36. yaitu § 36 – 1 – 3 – 5 – 7 – 9 – 11 = 0.1 = 139 . 36 -1 -3 -5 -7 -9 -11 35 32 27 20 11 0 1 kali pengurangan 2 kali pengurangan 3 kali pengurangan 4 kali pengurangan 5 kali pengurangan 6 kali pengurangan § Karena kita sudah mengenalkan kepada siswa bahwa mengurangi 36 dengan enam bilangan ganjil pertama berturut-turut dan menghasilkan 0. maka dapat disimpulkan : 36 = 6 3.1 = 49 = 2 (70) .

Menurut pola bilangan ganjil. Lanjutkan dengan cara yang sama. Mengurangi 100 sama dengan mengurangi 102 atau jumlah 10 bilangan ganjil pertama. Selanjutnya hasil pengurangan tersebut (44) dikurangkan dengan bilangan ganjil ke-11. yakni mengurangkan dengan bilangan ganjil berikutnya yaitu 23 (bilangan ganjil ke-12) dan hasilnya 0. Ini berarti proses pengurangan berhenti pada pengurangan dengan bilangan ganjil ke-12. Ketika hasil pengurangan 0 (nol).Bilangan ganjil yang ke -n = 2n – 1 4.1 = 21 Jadi 44 – 21 = 23. bilangan itu adalah: 2(11) . Mencari akar pangkat dua dengan mengurangi nilai pangkat dua terdekat/termudah Contoh : Carilah akar pangkat dua dari 144. Langkah-langkah itu secara ringkas tampak pada tabel berikut. Misalnya bilangan tersebut adalah 100. Langkah 2 Kurangi 144 dengan 100 (diperoleh 44). atau hitunglah 144 Jawab : Langkah 1 Carilah bilangan pangkat dua yang kurang dari 144 (sebaiknya bilangan yang terdekat dengan 144). langkah pengurangan berhenti. Bilangan Pengurang Bilangan Hasil Pengurangan dengan : Bilangan Ganjil yang ke- .

diperoleh fakta bahwa bilangan ganjil yang ke n nilainya adalah 2n – 1. Bila dilihat lebih jauh pola urutan bilangan ganjil. dan misalkan n 2 = x. Penutup . Berarti 144 = 122. maka jika dikurangkan nilai x dengan n buah bilangan ganjil berturut-turut sampai didapat bilangan 0 akan diperoleh akar pangkat dua dari x atau x = n. sehingga tidak memerlukan proses yang panjang dan memakan waktu yang lama. Jadi : 144 = 12 Secara singkat. ternyata 144 dikurangkan dengan 12 ganjil pertama menghasilkan 0. Pola ini akan sangat membantu jika seseorang ingin mencari akar kuadrat dari suatu bilangan yang cukup besar. jika kuadrat dari suatu bilangan n atau n2 didapat dengan menambahkan n buah bilangan ganjil pertama secara berturut-turut. Dengan demikian akar pangkat dua dari suatu bilangan kuadrat bisa dicari dengan melihat akar pangkat dua dari bilangan terdekat yang sudah diketahui sebelumnya.144 100 21 23 44 23 0 10 11 12 Langkah 3 Melalui langkah-langkah di atas.

Selanjutnya kurangkan hasilnya dengan bilangan ganjil kek bilangan ganjil k + 1. Pendidikan Matematika Realistik. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Cari bilangan kuadrat yang kurang dari n. Buatlah kesimpulan dengan mengingat bahwa n2 sama dengan jumlah n bilangan ganjil pertama. Diagnosis Kemampuan Menguasai Konsep dan Melakukan Operasi Hitung Mahasiswa FPMIPA IKIP Surabaya Angkatan 1991/1992. Mencari Akar Pangkat Dua dari Suatu Bilangan Dengan Kajian Pola Bilangan Ganjil. Sebaiknya bilangan kuadrat yang terdekat dengan n. Makalah yang dipersentasikan pada Konferensi Nasional Guru Matematika di Bandung Hadi. 1992. Jika hasil pengurangan belum sama dengan 0. 2004. Depdiknas. Misalkan kita mencari akar pangkat dua dari n. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Sekolah Soedjadi. maka lanjutkan pengurangan dengan bilangan ganjil berikutnya hingga diperoleh hasil 0. misalkan k (berarti k adalah jumlah pertama) 2. 2005. Banjarmasin : Tulip Nur. maka dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan akar suatu bilangan kuadrat dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut. Edisi 4. Jakarta : Dirjen Dikti. DAFTAR PUSTAKA Desfiri. 3.Berdasarkan uraian dalam penjelasan sebelumnya. 2000. Sukahar. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. 1. Hitung n – k. Surabaya: FPMIPA IKIP Surabaya ooooooooooooooOOOOOOOOOoooooooooooo .Mohamad dan Wikandari Prima Retno. Rita. 2007. Sutarto.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->